Home / Maluku / Ini dia 8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Berkunjung ke Pulau Morotai, Maluku Utara
Ini dia 8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Berkunjung ke Pulau Morotai Maluku Utara

Ini dia 8 Alasan Kenapa Kamu Wajib Berkunjung ke Pulau Morotai, Maluku Utara

Pulau Morotai ialah salah satu destinasi  wisata favorit   yang berada di Indonesia bagian timur. Wisata yang satu ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia yang letaknya ada di utara Pulau Halmahera, Maluku Utara. Pulau Morotai  memang menyimpan keindahan yang sangat mempesona mulai dari pesona pulaunya, bawah lautnya, hingga pesona sejarahnya.

Dengan jumlah penduduk mencapai 53.000 jiwa, pulau ini memiliki banyak sekali destinasi wisata dengan pesona yang teramat memukau. Pulau ini bahkan berbatasan langsung dengan Laut Halmahera di sebelah timur, Laut Sulawesi di sebelah barat,  Samudera Pasifik di sebelah utara, dan selat Morotai di sebelah Selatan. Maka dari itu, banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya disini. Nah mengapa sih kamu wajib mengunjungi Pulau Morotai saat berlibur ke Maluku? Yuk simak 8 alasannya di bawah ini.

 

  1. Terdapat cerita sejarah dan peninggalan perang yang mengagumkam

Pada abad ke-15 dan 16, Pulau Morotai  awalnya berada di bawah kekuasaan Kesultanan Ternate, maka dari itu pulau ini memiliki sejarah perang. Tempat ini pernah menjadi lokasi pertempuran sengit dari puluhan pesawat  tempur  pada Perang Dunia II yang berlangsung pada 1944-1946 yang lalu. Ada sekitar 10 ribu tentara bertebaran di Pulau Morotai dan kapal angkatan laut yang berlabuh membawa pasokan kebutuhan perang Tentara. Dulunya pulau ini pernah digunakan sebagai tempat pertahanan Jepang saat Perang Dunia ke II. Namun akhirnya  diambil alih oleh Sekutu lalu digunakan sebagai landasan pesawat untuk menyerang Borneo Timur dan Filipina. Setelah itu pasukan Sekutu meninggalkan Pulau Morotai. Tetapi sebelum pergi, mereka membakar semua bangunan yang pernah mereka bangun disini. Peristiwa Perang Dunia ke II meninggalkan banyak sejarah dan peninggalan perang  di Morotai. Diantaranya berupa landasan pesawat, gua persembunyian, bangkai pesawat tempur, kapal, rongsokan tank, dan masih banyak lagi. Peninggalan gua yang terkenal disini ialah gua Nakamura yang menjadi tempat persembunyian tentara Jepang. Ditemukan juga bangkai pesawat tempur yang paling terkenal yaitu pesawat Bristol yang berada di lautan sebelah selatan Morotai.

 

  1. Mendapat julukan pulau dengan 3 matahari

Mungkin beberapa kamu merasa aneh kok dinamakan pulau dengan 3  matahari? Bayangkan saja satu matahari aja sudah panas kan, apalagi kalau ada 3 matahari? Maksudnya itu bukan mataharinya ada 3 ya, melainkan karena pulau ini hawanya memang panas banget berasa ada 3 matahari . Untuk itu sebelum kamu kesini jangan lupa untuk membawa dan memakai sunblock serta sunscreen ya! Sunblock dan sunscreen sangat penting karena berfungsi melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit terbakar dan gosong.

Baca Juga :  Wisata Edukasi Lembang Yang Cocok Untuk Anak Anak Mengisi Liburan
  1. Dikelilingi banyak pulau

Salah satu yang menjadi keunikan dari Pulau Morotai ialah dikelilingi puluhan pulau yang indah, yakni 35 pulau kecil dan 2 pulau besar, seperti Pulau Dodola dan Pulau Zumzum. Dikarenakan dikelilingi pulau-pulau yang menawan, kamu jadi bisa bebas berpetualang mengelilingi pulau-pulau dengan menaiki perahu. Kamu juga bisa langsung terjun ke laut merasakan segarnya dan jernihnya air laut. Seru banget deh pokoknya!

  

  1. Mempunyai pantai-pantai yang cantik dan mempesona

Pulau Morotai sudah seperti surganya dunia karena mempunyai pantai-pantai yang cantik. Saat tiba disini, kamu akan disuguhkan dengan  panorama alam yang sangat terawat, air laut sebening kristal, air laut bewarna biru kehijauan yang membentang luas, serta pasir pantai yang lembut banget sehingga kamu bisa seru-seruan  main di pinggir pantai.

  1. Terdapat spot snorkeling dan diving yang mengagumkan

Bagi kamu yag suka mengeksplor keindahan bawah laut, di pulau ini kamu bisa melakukannya. Sudah banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Pulau Morotai untuk bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Kamu bisa melihat hamparan karang yang cantik, ikan-ikan cantik yang berenang bebas di laut, serta sekumpulan koral warna-warni. Disini terdapat 28 spot diving yang menajubkan. Ada salah satu spot diving yang paling istimewa, yaitu spot Peninggalan Perang Dunia II.

  1. Aneka kuliner yang menggugah selera

Tak hanya keindahan alamnya yang bisa kamu nikmati, di Pulau Morota  kamu juga bisa menikmati aneka kuliner lokal. Liburan jadi belum lengkap kalau kamu belum mencicipi hidangan khas masyarakat sini. Karena wilayahnya dikelilingi laut yang luas, tak heran kalau makanan disini kebanyakan berjenis seafood. Contohnya ada ikan fufu, ikan bakar dabu-dabu, bia rica-rica, papeda, nasi bulu, dan lain-lain. Dijamin kamu bakal suka deh dengan rasanya!

Baca Juga :  Info lengkap wisata Grafika Cikole tempat wisata keluarga yang menarik dan wajib dikunjungi!
  1. Punya kerajinan besi putih

Walaupun Pulau Morotai berada di tepi laut, jangan salah kalau Pulau Morotai juga punya kerajinan yang unik. Disini kamu bisa berburu kerajinan besi putih dan aksesoris cantik yang bahannya berasal dari sisa-sisa besi Perang Dunia ke II. Wah kreatif banget ya! cocok banget deh dijadikan oleh-oleh.

  1. Akomodasi wisata Pulau Morotai

Walaupun Pulau Morotai letaknya berada di tepi Samudera Pasifik yang ada di gugusan pulau luar di Indonesia, kamu nggak perlu khawatir soal akomodasi di Pulau Morotai. Kini, di Pulau Morotai  sudah ada tersedia banyak transportasi udara dari Ternate menuju ke Morotai. Fasilitas disini juga sudah bagus, ada penginapan-penginapan dengan harga yang bermacam-macam. Dengan begitu, kamu bisa  bebas menyelusuri Pulau Morotai.

Itu dia 8 alasan kenapa kamu wajib berkunjung ke Pulau Morotai. Semoga, setelah membaca informasi diatas bisa kamu menambahkan Pulau Morotai sebagai destinasi liburanmu nanti ya! Oh iya selama kamu berada di Pulau Morotai, jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam, oke!

Check Also

Kuliner Raja Ampat

Kuliner Khas Raja Ampat Yang Terbilang Ekstrim Namun Menyehatkan

Setiap  wilayah  pasti  memiliki  kuliner  khas,termasuk  kepulauan  Raja  Ampat  yang  juga  memiliki  kuliner yang  wajib …