Home / Jawa Barat / Inilah Curug Terindah Yang Ada Di Bogor Jawa Barat
Inilah Curug Terindah Yang Ada Di Bogor Jawa Barat

Inilah Curug Terindah Yang Ada Di Bogor Jawa Barat

Salah satu kota di provinsi Jawa Barat adalah Bogor yang memiliki beraneka ragam wisata alam hingga wisata budaya lokal dengan karakteristik yang berbeda ada dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Kota yang lebih dikenal dengan kota hujan ini adalah salah satu alternatif wisata bagi anda yang gemar berwisata alam dan terutama bagi Anda yang berdomisili di daerah Jabodetabek.

Curug yang ada di Bogor dapat menjadi pilihan Anda, dengan menikmati suara gemericik air yang seolah melantunkan sebuah lagu ditambah dengan hawa yang sangat sejuk menjadikan pikiran Anda lebih jernih. Banyak sekali kita dapat temukan air terjun cantik di Bogor, dan karena itulah Bogor juga dijuluki sebagai Kota 1000 Curug. Berikut ini adalah beberapa curug di Bogor yang dapat anda jadikan pilihan untuk mengisi liburan anda bersama keluarga.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo Cibadak Bogor Jawa Barat berada di desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat kurang lebih lama perjalanan 4 jam dari Jakarta. Leuwi Hejo dalam bahasa Sunda artinya kolam hijau, dengan kolam air alami dengan warna yang sangat jernih kehijauan karena pantulan dari warna lembut bebatuan dan pohon di sekelilingnya. Air yang terdapat di Curug ini sangat jernih dan dingin udaranya pun cukup sejuk, karena berada di tengah alam pegunungan yang indah serta masih banyak ditumbuhi pohon-pohon di sekitarnya.

Mengisi liburan di Curug Leuwi Hejo akhir pekan bersama keluarga ataupun sahabat akan lebih mengesankan, dengan panoramanya yang sangat asri dan hawa pegunungan yang terasa hingga ke tulang. Kita dapat bermain basah-basahan atau berenang, tetapi disarankan bagi yang belum mahir berenang sebaiknya ditemani oleh orang yang lebih mahir karena demi keselamatan di kolam tersebut.

Curug Pelangi

Curug Pelangi

Curug Cimahi lebih dikenal dengan nama Curug Pelangi memiliki ketinggian sekitar 27 m, diberikan nama sebagai Curug Pelangi karena pengelola tempat tersebut yaitu Perhutani melakukan terobosan baru dengan menambahkan lampu di ujung Curug, sehingga akan terlihat pancaran sinar lampu warna-warni bagaikan pelangi. Meskipun menggunakan lampu, curug ini juga sangat indah di siang hari. Sumber air Curug Pelangi berasal dari Situ Lembang yang mengalir di Kota Cimahi. Lokasi Curug Pelangi berada di atas ketinggian 1050 mdpl yang menjadi faktor utama tempat ini memiliki udara yang cukup sejuk bahkan sangat dingin. Dalam keadaan normal suhu udara di kawasan ini berkisar antara 18 hingga 22 derajat Celcius.

Salah satu daya tarik Curug Pelangi adalah keindahan alam yang dimilikinya, yaitu air terjun Pelangi atau The Rainbow Waterfall, di mana kita dapat menikmati pancaran sinar warna-warni sehingga menambah romantisme panorama air terjun. Adanya Curug Pelangi ini tak lepas dari keberadaan satwa lindungnya seperti monyet monyet hutan yang jinak dan juga banyak, yang juga menjadi hiburan para wisatawan yang dapat berinteraksi langsung dengan monyet tersebut seperti, memberi makan atau berfoto bersama, dan itulah yang menjadi salah satu alasan utama banyak wisatawan yang betah untuk berada di tempat ini. Dari pusat Kota Bandung menuju ke Curug Pelangi sekitar 20 KM atau 1 jam perjalanan, alternatif menuju ke objek wisata ini juga cukup banyak.

Curug Seribu

Curug Seribu

Curug Seribu Bogor Jawa Barat dikenal memiliki nuansa mistis tetapi tidak mengurangi jumlah pengunjung yang datang. Kisah di belakang air terjun ini yang justru banyak menarik wisatawan untuk datang ke sini. Untuk menuju ke Curug Seribu ini anda akan melewati jalan setapak yang masih bagus hingga menemui balan berbatu yang terjal, sembari menikmati pemandangan yang disuguhkan yang cukup menghibur. Di pertengahan perjalanan, Anda akan menemukan beberapa mata air yang masih segar dan sangat jernih yang bisa anda minum secara langsung. Selain itu  Anda juga akan menemui beberapa kelompok monyet hutan yang bergelantungan di pohon-pohon disepanjang perjalanan, dan hindari mengeluarkan makanan atau ponsel, karena monyet di sana masih sangat liar sehingga bisa aja mengambil barang bawaan anda. Setelah 1 jam perjalanan, anda akan mendengar suara gemercik air yang jatuh dari ketinggian, dan pohon tumbang yang menghalangi jalan anda sehingga Anda harus menunduk untuk melaluinya dan melanjutkan perjalanan.

yak lembah-lembah yang sangat terjal mendukung suasana mistis. Konon cerita warga setempat, curug Seribu memang selalu ada korban akibat tidak adanya penjagaan di objek wisata ini, tetapi ketika objek wisata ini telah dikelola oleh warga sekitar maka hampir tidak ada lagi korban di Curug ini, intinya adalah menjaga sikap di tempat ini. Di curug ini masih banyak yang belum dikelola secara total, itu terbukti dari adanya pembatas yang tidak boleh  dilalui, karena sebelum ada di batas tersebut,  sering ada korban yang tenggelam di curug ini. Dulu pernah kejadian wisatawan yang tenggelam dan tidak mengapung, jadi untuk menemukan jasadnya harus meminta bantuan tim SAR dan itupun tidak boleh menyelam lebih dari 5 menit, karena dinginnya air maka badan bisa membeku. Anjuran dari pengelola saat berkunjung ke curug hanya sampai pukul 16.00 WIB tidak boleh lebih dari jam tersebut.

Curug Cikuluwung

Curug Cikuluwung

Saat sekarang ini berburu wisata air terjun sudah menjadi hits, terutama bagi Anda yang Instagramable yang tentunya akan mencari tempat-tempat yang unik untuk dijadikan latar foto yang kemudian Anda unggah ke Instagram pribadi anda. Berada di Bogor sangat mudah untuk menemukan wisata alam yang satu ini, yang meskipun tidak semuanya dapat dijangkau dengan mudah tetapi tetap memiliki pesona tersendiri. Termasuk Curug Cikuluwung yang meskipun tidak terlalu besar, tetapi memiliki karakteristik yang unik. Anda  akan menemui kolam yang jernih serta berwarna kebiruan yang didampingi oleh tebing berbatu yang sangat menjulang tinggi, membuat suasana menjadi indah dan hawa yang sejuk dan menyegarkan. Banyak Spot foto menarik yang dapat anda temukan di di Curug Cikuluwung, selain panorama yang indah Anda dapat mendengarkan suara kicauan burung yang seolah bernyanyi diiringi suara derasnya air sungai seolah menyambut kedatangan anda.

Curug Cikuluwung berada di kampung Suka Asih, desa Cibitung Wetan, kecamatan Pamijahan. Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan saat berada di Curug Cikuluwung ini, selain dapat mandi, berendam atau bermain air anda juga akan merasakan tracking yang seru karena untuk menuju ke Curug Cikuluwung, setelah parkiran Anda harus berjalan kaki melewati jalur setapak menuruni tebing dengan tangga yang sangat sederhana.

Baca Juga :  Wisata Edukasi Lembang Yang Cocok Untuk Anak Anak Mengisi Liburan

Curug Cigamea

Curug Cigamea

Curug Cigamea memiliki keunikan yaitu memiliki dua macam air terjun dengan karakter yang berbeda. Air terjun yang pertama tak jauh dari pintu masuk, berkarakter berupa dinding tebing yang curam dan juga terdapat batuan yang sebagian besar adalah berwarna hitam, sedangkan air terjun kedua berjarak 30 m dari pintu masuk, memiliki ketinggian 50 m dari dasar air terjun yang dapat digunakan untuk berenang karena areanya yang sangat luas, curug ini juga terdapat tumbuhan liar hutan tropis sehingga memiliki hawa sejuk dan juga alami. Ada beberapa daya tarik yang disuguhkan oleh Curug cigamea antara lain,

Air Terjun Kembar

Air terjun di Curug Cigamea ini berjumlah 2 buah, yang disebut kembar karena letaknya yang bersebelahan dan memiliki karakter yang berbeda. Pada air terjun pertama volume air tidak terlalu deras, hanya mengalir di permukaan dinding tebing saja dan kolam penampungannya tidak terlalu luas  sehingga kita akan merasa aman untuk berenang di tempat ini. Air terjun yang kedua memiliki dominasi warna hitam dan coklat dengan aliran air yang lebih deras dibandingkan air terjun pertama dan polanya yang semakin melebar ke bawah.

Monyet Liar

Selama berada di sini anda akan menemukan segerombolan monyet yang berkeliaran yang memang habitat mereka di Gunung Salak tak jauh dari Curug Cigamea. Ada banyak jenis monyet yang berkumpul di sini, yang menurut cerita warga sekitar ini telah ada sejak zaman dahulu. Warga sekitar mempercayai bahwa zaman dahulu ada sebuah kerajaan kera di Curug Cigamea, yang kemudian dijadikan tempat ziarah oleh pihak-pihak tertentu yang ingin kaya dengan instan atau pesugihan. Peziarah yang datang akan memberikan beberapa sesajen dan menunggu respon dari monyet monyet sebagai penghubung ritual, tetapi sayangnya tidak semua monyet adalah penghubung ritual. Monyet-monyet penghubung ritual biasanya berukuran besar dan tinggi. Biasanya monyet yang di harapkan adalah monyet berwarna putih yang diartikan pertanda baik yaitu peziarah diterima oleh penduduk sekitarnya, tetapi tidak semua orang dapat menemukan monyet putih tersebut.

Yang mengunjungi objek wisata selain menikmati pemandangan pasti juga bertujuan untuk mengabadikan momen tersebut dalam Spot foto yang menarik  jika berada di Curug Cigamea. Banyak yang dapat anda jadikan latar belakang  yang cantik, jika anda jeli melihat sudut-sudut foto pasti banyak yang dapat anda abadikan. Hampir setiap hari Curug Cigamea dipadati oleh pengunjung, oleh karena itu pengelola telah menyiapkan beberapa fasilitas yang memadai seperti kios penjual makanan, tempat peristirahatan yang bahkan juga ada hotel dan vila yang tak jauh dari lokasi.

Curug Ciputri

Curug Ciputri

Curug Ciputri memiliki panorama yang sangat menyejukkan mata, karena panoramanya yang indah bagaikan surga di kaki gunung Salak. Suara gemercik air serta hembusan udara sejuk khas pegunungan membuat Anda serasa menyatu dengan alam. Dengan aliran air yang berasal dari aliran gugusan Gunung Halimun Salak serta curug yang ditumbuhi dengan hutan pinus sehingga panorama yang disuguhkan  terasa sangat Asri. Curug Ciputri ada di desa Tapos, kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yang telah banyak dikunjungi wisatawan dari dalam ataupun luar negeri. Terutama pada saat weekend  dipadati oleh pengunjung yang ingin menghabiskan liburan, foto ataupun acara berkemah campground di Curug Ciputri.

Curug Ciputri lebih cocok dikunjungi oleh para pecinta alam ataupun yang memiliki hobi petualangan, udara di pegunungan masih sangat terasa asli. Fasilitas yang disediakan di Curug Ciputri sudah cukup lengkap, sehingga dapat membuat rasa nyaman pengunjung yang datang ke tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain ataupun kamar mandi yang ada di beberapa lokasi,keamanan di tempat ini juga sangat terjamin baik keamanan transportasi dan keselamatan pengunjung. Selain itu juga tersedia mushola, gazebo, penyewaan alat untuk camping dengan harga yang cukup murah.

Itulah beberapa destinasi wisata di Jawa Barat yang dapat menjadi alternatif liburan Anda bersama keluarga, jika Anda berada di Bogor, Jawa Barat. Semoga informasi dapat membantu Anda untuk menemukan tempat liburan yang cocok bersama teman atau keluarga Anda.

Check Also

wisata Dataran Tinggi Dieng

Info lengkap wisata Dataran Tinggi Dieng yang sayang banget kalau dilewatkan!

Dataran   tinggi   Dieng   atau   biasa   dikenal   dengan   sebutan   Dieng   Plateau merupakan  salah  satu  tempat  wisata  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *