kota bajawa NTT
i.ytimg.com

Inilah Tempat Wisata di Bajawa NTT yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bajawa  merupakan  ibukota  dari  Kabupaten  Ngada,  Nusa  Tenggara  Timur.  Bajawa  sendiri berlokasi  di  tengah  Pulau  Flores  dan  berbatasan  dengan  Kabupaten  Nagekeo  dan  juga Kabupaten Manggarai Timur. Menurut penduduk setempat, Bajawa adalah kota yang berbentuk seperti mangkok atau berada didalam mangkok, selain itu banyak juga penduduknya yang berasal dari pulau Jawa.

Menurut  penuturan  masyarakat  lokal  yang  berada  di  sana,  Bajawa  berasalah  dari  kata “Bhajawa”. Bhajawa sendiri adalah nama dari salah satu kampung terbesar dari tujuh kampung yang ada di Kota Bajawa. Sedangkan, sebagian menuturkan bahwa Bajawa berasal dari kata “Bha” yang berarti mangkung atau piring dan “Djawa” yang artinya Pulau Jawa. Mengenai wisata alam yang berada di Bajawa, kamu tidak perlu khawatir karena di kota ini kamu  dapat  menemukan  banyak  tempat  wisata  yang  tentunya  menarik  untuk  dikunjungi, seperti beberapa tempat wisata yang ada dibawah ini:

 

Wisata Alam Laut 17 Riung Kabupaten Ngada
1.bp.blogspot.com

1. Wisata Alam Laut 17 Riung Kabupaten Ngada

Rekomendasi tempat wisata pertama yang dapat kamu kunjungi, yaitu Wisata Alam Laut 17 Riung. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Riung, sebelah utara wilayah Kabupaten Ngada. Taman laut yang satu ini sebagian wilayahnya berada di daratan Pulau Flores dan sebagiannya lagi berada di perairan teluk Riung dan dengan tebaran pulau-pulaunya yang tentunya sangat indah.Di  kawasan  ini,  ada  17  pulau  besar  serta  kecil  yang  lokasinya  berdekatan  antara  yang  satu dengan yang lainnya.

Pulau-pulau tersebut, adalah Pulau Pata, Bampa, Bangko, Rutong, Telu, Sua,  Kolong,  Mborong,  Ontoloe,  Wire, Sui,  Meja,  Batu,  Taor,  Wingkureo,  WawidanLaingjawa. Kamu  dapat  melihat  pulau-pulau  tersebut  dengan  berkeliling  menggunakan Speedboat dengan waktu kurang lebih dua setengah jam. Tidak hanya itu, perairan yang ada di kawasan ini juga mempunyai beberapa jenis karang yang lembut dan juga keras. Selain itu, terdapat juga ikan hias berwarna-warni yang sangat cantik.

Seluruh  keindahan  bawah  laut  tersebut  bisa  kamu  nikmati  dengan  mata  telanjang  dari  atas perahu  ketika  laut  sedang  dalam  keadaan  tenang  pada  pagi  hari,  yaitu  sekitar  pukul  05.00 –06.00. Jika terdapat wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut secara langsung, maka bisa memnafaatkan peralatan diving yang ada di Wisma Pesona Riung.

 

Pemandian Air panas Mengeruda Bajawa
4.bp.blogspot.com

2. Pemandian Air panas Mengeruda Bajawa

Selanjutnya, terdapat Pemandian Air Panas Mengeruda yang berada di Desa Piga, Kecamtan Soa, kurang lebih 25 km ke arah utara Kota Bajawa. Di pemandian air panas ini, airnya memiliki kandungan belerang yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Pada saat ini, Pemandian Air Panas Mengeruda sedang dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti  kolam  renang  permanen, cottage  atau  penginapan,  pelataran  parkir,  restoran  dan lain sebagainya untuk kenyamanan dari para wisatawan.

Baca Juga :  Wisata Air Terjun di NTT dengan Keindahan yang Memukau dan Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Gunung Inerie Kabupaten Ngada
1.bp.blogspot.com

3. Gunung Inerie Kabupaten Ngada

Gunung  Inerie  adalah  gunung  tertinggi  dari  sekian  banyak  gunung  yang  ada  di  Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Flores. Gunung yang satu ini mempunyai ketinggian mencapai 2.245 meter diatas permukaan laut dimana bentuknya menyerupai kerucut. Apabila  kamuingin  mendaki  gunung  ini,  maka  kamu  dapat  memulainya  pendakian  di  Desa Watumeze  karena  desa  ini  menjadi  titik  awal  dari  pendakian.

Desa  Watumeze  dapat  kamu kunjungi  dengan  waktu  tempuh  selama  kurang  lebih  30  menit  dari  Bajawa.  Dari  Desa Watumeze, untuk sampai pada puncak gunung ini, maka membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.  Apabila  kamu  telah  sampai  di  puncak  Gunung  Inerie,  maka  kamu  dapat  melihat pemandangan dari kota Bajawa, laut Sawu serta hutan-hutan yang masih hijau rindang yang berada di wilayah Kabupaten Ngada, Bajawa.

 

Air Terjun Ogi Bajawa
1.bp.blogspot.com

4. Air Terjun Ogi Bajawa

Wisata Air Terjun Ogi berlokasi di Desa Faobata, Kecamatan Bajawa, Flores. Tempat wisata yang satu ini cukup mudah untuk dicapai karena lokasinya yang sangat dekat dengan Bajawa. Bahkan, letaknya hanya sekitar 7km dari kota Bajawa. Namun, karena kurangnya penunjuk jalan yang tersedia untuk menuju lokasi tempat wisata ini, maka para pengunjung disarankan untuk bertanya kepada penduduk sekitar untuk mendapatkan informasi.

Air terjun ini mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dan dikelilingin oleh pohon rindang. Selain itu, udara di sekitar tempat wisata ini juga sangat sejuk yang membuat siapapun akan merasa betah ketika berada di tempat wisata ini.

 

Objek wisata Lekolodo Bajawa
i.ytimg.com

5. Objek wisata Lekolodo Bajawa

Objek  wisata  Lekolodo  berlokasi kurang  lebih  10 km  di  jalan  raya  Bajawa-Almere. Tempat wisata ini mempunyai pemadangan alam  yang tentunya masih terjaga kelestariannya. Selain itu, kamu juga bisa menemukan air terjun serta kolam renang alami yang bisa kamu gunakan sebagai  tempat  untuk  beristirahat untuk  melepaskan  berbagai  kepenatan  karena  berbagai macam kesibukan harian yang biasa kamu jalani.

Selain itu, tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi olahraga untuk mendaki  gunung  sebab  adanya  tantangan  yang  cukup  berat  karena  berada  di  lereng  Gunung Inerie.

 

Wisata Mawar Laut Kabupaten Ngada
pedomanwisata.com

6. Wisata Mawar Laut Kabupaten Ngada

Objek Wisata Mawar Laut adalah salah satu objek wisata menarik yang dapat kamu kunjungi. Objek wisata ini menjadi kumpulan telur Kelinci Laut  yang  saling melekat antara yang satu dengan yang lainnya serta menyerupai bunga mawar. Mawar laut itu tumbuh serta melekat di batu karang yang ada di dasar laut yang berada pada kedalaman antara 5 hingga 10 meter dibawah permukaan laut.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan dari mawar laut tersebut, maka kamu harus bisa menyelam  menggunakan  peralatan  renang  yang  telah  disediakan  oleh  Bidang  Pariwisata Pemda  Ngada  yang  terdapat  di  Wisma  Riung  Pesona.  Selain  itu,  para  perenang  juga  bisa meminta bantuan dari tenaga terampil pemandu wisata yang lebih berpengalaman.

Baca Juga :  Rekomendasi Wisata Pantai yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke NTT!

 

Kampung Bena Kabupaten Ngada
visitngada.com

7. Kampung Bena Kabupaten Ngada

Kampung Benar berlokasi di Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di  Desa  Tiwuriwu,  Kecamatan  Jerebu,  Kabupaten  Ngada.  Untuk  sampai  di  lokasi  ini,  kamu perlu menempuh jarak sejauh kurang lebih 19 km dari pusat Kota Bajawa. Kampung ini terletak di kaki Gunung Inerie. Bentuk  dari  kampung  ini,  yaitu  memanjang  serta  memiliki  kontur  tanah  yang  miring.  L

alu, pintu masuk dari kampung ini berada di arah utara. Sedangkan, di arah selatan adalan puncak dan  juga  tebing  yang  terjal.  Kemudian,  letak  rumah-rumah  di  kampung  ini  saling  berhadap-hadapan dalam dua barisan. Rumah yang ada di kampung ini memiliki bentuk yang seragam. Dindingnya terbuat dari kayu dan  bambu,  hingga  ke  bagian  atap  yang  terbuat  dari  ijuk.

Kemudian,  pada  bagian  tengah kampungterdapat  beberapa  bangunan  yang  biasa  mereka  sebut  dengan  Bhaga  dan  Ngadhu. Selain itu, terdapat juga sebuah lapangan terbuka dimana terdapat batu-batu Megalitikum yang merupakan makam dari para leluhur.

 

Pulau Rutong
indonesiakaya.com

8. Pulau Pasir Putih Kabupaten Ngada

Tempat wisata yang satu ini juga menjadi daya tarik dari wisata kawasan 17 Pulau Riung, Pulau Rutong  yang  mempunyai  pasir  putih  yang  terkenal  dengan  keindahannya.  Sangat  cocok sebagai tempat untuk berjemur, beristirahat dan juga mandi. Pulau  Rutong  lokasinya  sangat  dekat dengan  lokasi  tebaran  berbagai  macam  jenis  terumbu karang.

Berbagai macam jenis terumbu karang tersebut ada yang lembut dan juga keras. Selain  itu,  terumbu  karang  yang  sangat  menakjubkan  juga  bisa  kamu  lihat  dengan  mata telanjang dengan jarak yang relatif dekat pada kedalaman antara 1 meter hingga 20 meter. Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan dari panorama bawah laut ini, sebaiknya berangkat menuju lokasi ini kurang dari jam 06.00 pada pagi hari ketika air laut masih tenang.

 

Pulau Kelelawar Kabupaten Ngada
i.ytimg.com

9. Pulau Kelelawar Kabupaten Ngada

Pulau Kelelawar bauaku berdiam serta menghiasi pulau terbesar yang ada di teluk Riung, yaitu Pulau  Ontoloe.  Kelelawar-kelelawar  bakau  ini  bergantungan  di  ranting-ranting  bakau  baik pada  siang  hari  ataupun  pada  malam  hari.  Hal  ini  menjadi  pemandangan yang  unik  karena jumlahnya yang mencapai puluhan ribu ekor.

 

Bagaimana? Menarik bukan?Itulah  tadi  beberapa  rekomendasi  tempat  wisata  menarik  yang  bisa  kamu  kunjungi  di Kabupaten Ngada, Bajawa. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dari tempat wisatayang dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …