panorama NTT
wisata.manggaraibaratkab.go.id

Inilah Tempat Wisata di NTT yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi!

Tempat  wisata  di  NTT  yang  terkenal telah  banyak  menarik  perhatian  para  wisatawan. Walaupun provinsi Nusa Tenggara Timur terletak di daerah timur tetapi di provinsi tersebut kamu   bisa   menemukan   banyak   destinasi   wisata   yang   menarik,   unik   dan   mempunyai pemandangan alam yang sangat luar biasa. Jika kamu mengunjungi ke salah satu tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur, maka kamu  akan  dibuat  takjub  dengan  keindahan  yang  terdapat  didalamnya.

Objek  wisata  yang diandalkan dari lokasi ini merupakan objek wisata alam. Hal ini karena memang provinsi ini mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona dan tentunya menakjubkan. Tidak hanya mempunyai banyak tempat wisata, kamu juga dapat mencoba untuk mengunjungi tempat wisata kuliner yang ada di Nusa Tenggara Timur, seperti yang ada di Kota Kupang. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur serta tempat wisata kuliner di Kupangyang sayang kalau dilewatkan.

a)Tempat wisata di NTT yang terkenalBeberapa tempat wisata di NTT yang menarik untuk dikunjungi, yaitu:

 

Pantai Koka
2.bp.blogspot.com

1. Pantai Koka

Rekomendasi tempat wisata pertama yang dapat kamu jelajahi ketika berada di Nusa Tenggara Timur, yaitu Pantai Koka. Pantai Koka adalah salah satu pantai yang dapat kamu temukan di Kabupaten  Sikka,  Provinsi  Nusa  Tenggara  Timur.  Tepatnya  berada  di  Desa  Wlowiro, Kecamatan Paga. Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Maumere, maka akan menempuh jarak kurang lebih 48 km.

Pantai Koka dapat dikatakan sebagai pantai yang sangat atraktif dengan adanya pemandangan laut yang sangat bersih. Begitu juga dengan airnya yang sangat jernih. Selain itu, terdapat juga hamparan pasir putih lembut  yang membentuk segmen. Pada bagian kiri dan kanan terdapat tebing yang membuat pantai ini menjadi semakin unik. Walaupun Pantai Koka mempunyai ombak yang cukup besar, namun tetap cukup aman apabila kamu ingin berenang di pantai ini.

Berjalan-jalan di atas pasir menjadi salah satu aktivitas favorit yang juga dapat dilakukan pada malam hari. Ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan.Selain dapat berjalan-jalan di sepanjang garis Pantai Koka, kamu juga bisa menikmati dua batu besar.  Sebenarnya, batuan  ini  menjadi  pemisah  antara  dua  pantai.  Bagi  kamu  yang  tertarik untuk melakukan aktivitas snorkeling, maka kamu bisa menyaksikan keindahan dari aneka ikan serta  terumbu  karang  yang  sangat  indah.  Selain  itu,  kamu  juga  dapat  melakukan  aktivitas surfingkarena pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, bahkan bisa mencapai ketinggian 1.5 meter.

 

Taman Nasional Pulau Komodo
nusatrip.com

2. Taman Nasional Pulau Komodo

Tempat  wisata  yang  satu  ini  merupakan  salah  satu  tempat  wisata  yang  menarik  untuk dikunjungi  dan  sayang  kalau  dilewatkan.  Tempat  inijuga  menjadi  suatu  kebanggan  bagi masyarakat  yang  ada  di  Nusa  Tenggara  Timur  dan  juga  Indonesia  tentunya.  Hal  ini  karena dengan adanya keberadaan pulau ini sudah menjadi keunikan tersendiri bagi dunia wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya itu,beberapa tahun yang lalu jugatempat wisata yang satu ini sempat diusulkan untuk masuk ke dalam daftar keajaiban dunia yang baru.

Salah  satu  keunikan  yang  dapat  kamu  temui  di  tempat  wisata  ini,  yaitu  adanya  Komodo. Komodo merupakan sebuah reptil yang dapat dikatakan merupakan hewan endemik dari lokasi ini  sendiri.  Apabila  kamu  mengunjungi  berbagi  tempat  wisata  di  dunia  dan  menemukan keberadaan  Komodo,  maka  bisa  dipastikan  bahwa  hewan  itu  berasal  dari  Nusa  Tenggara Timur. Selain itu, pemandangan yang ada di Pulau Komodo ini juga tak kalah indah.

Baca Juga :  9 Objek Wisata Bali Terkenal Di Dunia Tahun 2020

 

Pulau Alor
eljohnnews.com

3. Pulau Alor

Pulau Alor dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi yang terdapat di Nusa Tenggara Timur. Tempat yang satu ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun turis mancanegera. Bahkan, nampaknya turis asing lebih mengenal Pulau Alor, hal ini karena telah banyak situs-situs  yang  menggunakan  bahasa  Inggris  dan  menceritakan  pulau  kecil  yang  berada  di  Nusa Tenggara Timur ini. Selain itu, pulau yang satu ini juga menjadi tempat untuk diving terbaik yang wajib kamu coba. Pulau  ini  mempunyai  air  yang  bening  yang  didalamnya  dilengkapi  dengan  ikan  berwarna-warni  yang  menjadi  daya  tarik  tersendiri.  Pemandangan  bawah  laut  dari  pulau  ini  memang sangat menawan.

 

Pink Beach
4.bp.blogspot.com

4. Pink Beach

Pantai Pink Beach menjadi salah satu pantai yang unik karena mempunyai pasir yang berwarna merah muda yang sangat indah. Pantai ini beraa di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Selain memiliki kondisi pantai yang indah dan juga unik, pantai ini juga mempunyai kehidupan bawah  laut  yang  menyimpan  banyak  keindahan  serta  kekayaan  yang  sangat  menarik  untuk diselami.

Taman  bawah  laut  dari  pantai  ini  menjadi  istana  bagi  ratusan  jenis  batu  karang, berbagai macam jenis ikan serta berbagai jenis biota yang lainnya. Oleh sebab itu, melakukan aktivitas diving atau snorkeling menjadi salah satu hal yang sayang untuk dilewatkan.

 

Danau Kelimutu
rimbakita.com

5. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu juga biasa dikenal sebagai danau tiga warna. Disebut sebagai danau tiga warna karena danau ini memang mempunyai tiga macam warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna tersebut dikarenakan adanya kadar kandungan belerang serta mineral lainnya yang berada di bawah danau itu sendiri. Danau  Kelimutu  menjadi  salah  satu  danau  terindah  yang  juga  terdapat  di  Indonesia,  seperti Danau Sentani, Danau Toba, Danau Batur Kintamani dan lain sebagainya.

Jika  kamu  ingin  mengunjungi  wisata  ini,  maka  waktu  yang  dianggap  paling  tepat  untuk mengujungi  Danau  Kelimutu  adalah  pada  pagi  hari  pada  saat  menjelang  matahari  terbit. Namun, kamu juga dapat mengunjunginya Danau Kelimutu untuk menikmati keindahan sunset di tempat ini.

 

Labuan Bajo
kreatiforganizer.com

6. Labuan Bajo

Taukah kamu bahwa Labuan Bajo tidak selalu mengenai Komodo, tetapi juga terdapat berbagai tempat  wisata  lainnya  yang  tak  kalah  menarik  untuk  dikunjungi.  Selain  itu,  seiring  dengan berkembangnya zaman, saat ini Labuan Bajo juga sudah semakin maju. Bahkan, pemerintah setempat   juga   membangun   akses   serta   fasilitas   yang   baik   bagi   para  wisatawan   yang mengunjungi tempat ini. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini juga tidak hanya berasal dari penduduk lokal saja, melainkan juga berasal dari luar negeri.

 

Pantai Neam 1
winnyradc.files.wordpress.com

7. Pantai Neam

Di pantai ini, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah yang dilengkapi dengan adanya hamparan pasir putih yang sangat cantik dan membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah berada di tempat wisata ini. Selain  itu,  ombak  di Pantai  Neam  juga  cukup  besar,  sehingga  dapat  digunakan  untuk melakukan permainan selancar yang sangat menyenangkan. Tidak  hanya  itu,  kamu  juga  bisa  menemukan  penginapan  serta  hotel  yang  berada  disini. Sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila ingin bermalam di Pantai Neam.

 

b)Wisata kuliner di Kupang

Berikut  ini  beberapa  tempat  wisata  kuliner  yang  ada  di  Kupang  dan  sayang  sekali  jika dilewatkan.

 

Waroenk Resto and Cafe
i.ytimg.com

1. Waroenk Resto and Cafe

Bagi para anak muda, berkumpul serta bercengkrama dengan teman di suatu cafe merupakan hal yang menyenangkan. Bagi kamu yang sangat menyukai kopi, maka destinasi wisata yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi. Waroenk Resto and Cafe bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk bersantai serta menikmati suasana cafe yang sangat nyaman.

Tempat  kuliner  ini  menyuguhkan  berbagai  macam  pilihan  kopi  yang  tentunya  juga  menjadi favorit bagi para pengunjung. Kamu dapat memilih untuk menikmati kopi yang berdasarkan dengan biji kopi tertentu serta tingkat yang panas ataupun dingin.Waroenk Resto and Cafe berlokasi di Jl. W.J. Lalamentik, Kelurahan Oebufu TDM, Oebufu, Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Harga yang ditawarkan dari tempat ini berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Cafe Tebing
kataomed.com

2. Cafe Tebing

Cafe  yang  satu  ini menjadi  cafe  yang  sangat  populer  karena lokasinya  yang  berada  di  dekat tebing. Tempat ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk berkumpul bersama keluarga ataupun teman-teman kamu. Cafe  ini  biasanya  ramai  dikunjungi  pada  sore  hari  karena  para  pengunjung  bisa  menikmati pemandangan  matahari  terbenam  serta  pemandangan  laut  yang  sangat  indah. Mengenai menunya, kamu bisa memesan berbagai macam makanan, seperti sandwich dan lain-lain.Cafeini  berlokasi  di  Alak,  Kota  Kupang,  Nusa  Tenggara  Timur.  Harga  yang  ditawarkan  di tempat ini berkisar Rp 100.000 untuk dua orang.

Baca Juga :  Menikmati Sensasi Berendam Di Pemandian Air Panas Soa Mengeruda

 

Kampung Solor
1.bp.blogspot.com

3. Kampung Solor

Tempat yang satu ini menjadi pusatu untuk makanan laut yang dapat kamu temukan di Kota Kupang.  Tempat  ini  menjadi  rekomendasi  utama  bagi  para  wisatawan  yang  ingin  mencoba berbagai macam hidangan seafood terlengkap.Di  Kampung  Solor,  kamu  bisa  menemukan  mulai  dari  udang,  ikan  laut,  cumi  dan  lain sebagainya.  Selain  itu,  harga  yang  ditawarkan  di  tempat  wisata  kuliner  ini  juga  cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 25.000 sampai dengan Rp 50.000.Kampung  Solor  berlokasi  di  Jalan  Siliwangi,  Kelurahan  Kampung  Solor,  Kecamatan  Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

 

Warung Sate dan Gule 10 Oebufu
cdn2.tstatic.net

4. Warung Sate dan Gule 10 Oebufu

Destinasi  wisata  yang  satu  ini  menjadi  salah  satu  destinasi  wisata  yang  sayang  sekali  jika dilewatkan. Tempat ini juga selalu ramai dikunjungi pada waktu-waktu liburan. Perpaduan antara  hangatnya  daging  sate  serta  gurihnya  bumbu  kacang  menjadi  incaran  bagi wisatawan yang menyukai kuliner ayam dan kambing.Destinasi  wisata  ini  berlokasi  di  Oebufu,  Kecamatan  Oeobo,  Kota  Kupang,  Nusa  Tenggara Timur. Harga yang ditawarkan ditempat ini berkisar Rp 20.000.

 

Indigo Restoran
fastly.4sqi.net

5. Indigo Restoran

Restoran  yang  satu  ini  menjadi  salah  satu  restoran  yang  juga  menarik  perhatian  banyak pengunjung. Selain itu, restoran ini juga selalu ramai karena terkenal dengan rasa makanannya yang lezat. Restoran ini bisa menjadi tempat untuk kamu berkumpul bersama keluarga ataupun bersama teman-teman kamu.Indigo  Restoran  berlokasi  di  Jalan  Suprapto  No.30,  Oebobo,  Kupang,  Kota  Kupang,  Nusa Tenggara Timur.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di NTT serta tempat wisata kuliner yang ada di Kupang yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

hidangan khas Bangka Belitung

Kuliner Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Makanan  khas  menjadi  ciri  khas  masing-masing daerah yang  ada  di  Indonesia,  termasuk kepulauan Bangka Belitung. …