Home / Bali / Inilah Wisata Yang Letaknya Searah Dengan Garuda Wisnu Kencana Yang Dapat Kamu Kunjungi
Garuda wisnu kencana
localsbali.com

Inilah Wisata Yang Letaknya Searah Dengan Garuda Wisnu Kencana Yang Dapat Kamu Kunjungi

Garuda Wisnu Kencana merupakan tempat yang sangat monumental, sebuah proyek yang dibangun untuk Taman Budaya dimana akan diisi dengan berbagai kegiatan seni serta budaya lokal. Garuda Wisnu Kencana dibangun di atas lahan seluas 240 hektar, yang kini telah menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan yang mengunjungi Pulau Dewata Bali.

Telah banyak informasi tentang patung Garuda Wisnu Kencana ini, yang katanya pernah terkendala sehingga hanya beberapa bagian saja yang terselesaikan dengan tempat yang berbeda. Informasi tersebut sering kita dapatkan di internet yaitu kepala patung Garuda menoleh ke kiri dan tubuh dan kepala Dewa Wisnu, tapi kini patung ini telah menjadi kebanggaan warga Bali karena patung telah rampung dikerjakan.

Patung Garuda Wisnu Kencana atau lebih akrab dikenal dengan GWK terlihat sangat megah dengan ketinggian 120 m di atas permukaan bukit, patung ini dibuat oleh I Nyoman Nuarta seorang pematung yang sangat ternama di Bali.

Baca Juga :  Tempat Wisata Ini Dapat Membuatmu Memiliki Pengalaman Baru Yang Mengesankan
gwk
ungarannews.com

Patung GWK ini memiliki tinggi yang melebihi dari Patung Liberty yang hanya memiliki ketinggian 93 m, sungguh merupakan karya anak bangsa yang sangat spektakuler, karena patung Garuda Wisnu Kencana tercatat sebagai patung tertinggi ke-3 dan menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bali.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Bali terletak di Desa Unggasan, Jalan Raya Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Jika berangkat dari Bandar Udara Ngurah Rai, maka kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika berkunjung ke wisata GWK Bali maka kamu dapat merencanakan untuk berkunjung tak hanya ke GWK, karena di sekitar GWK juga terdapat objek wisata lainnya seperti pantai Pandawa, pantai Balangan, pantai Padang-padang, Suluban, Dreamland serta objek wisata Uluwatu, di mana kawasan Bali Selatan memang didominasi dengan keindahan pemandangan alam laut selain Garuda Wisnu Kencana.

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa patung Garuda Wisnu Kencana sangat dikenal dan kepopulerannya semakin meningkat setelah bapak Presiden Joko Widodo meresmikannya di September 2018 silam, bahkan kini patung Garuda Wisnu Kencana telah menjadi ikon wisata Pulau Dewata.

garuda wisnu kencana2
4.bp.blogspot.com

Patung ini terbuat dari Kuningan beserta tembaga terbaik di dunia, sebuah karya anak bangsa yang sangat membanggakan, dan bila dilihat pengerjaannya pun sangat detail yang bahkan patung ini terlihat sangat sempurna tanpa kekurangan segores pun.

Setiap berpergian ke suatu tempat, yang tak boleh ketinggalan tentunya oleh-oleh atau souvenir khas dari tempat yang kita kunjungi. Di sekitar kawasan patung Garuda Wisnu Kencana terdapat toko souvenir yang menjual buah tangan khas Bali terutama khas GWK sebagai buah tangan untuk teman atau saudara di rumah. Tak ketinggalan kamu juga dapat berburu foto, jika ingin mendapatkan foto yang menarik, naiklah ke atas tebing di kawasan Lotus Pand kamu akan mendapatkan latar belakang patung-patung mengesankan yang tentunya akan membuat foto-fotonya yang kamu ambil sangat unik.

Selain itu ada beberapa tempat lain yang bisa kamu abadikanl seperti di Indraloka Garden atau Kura-kura Plaza yang menyajikan berbagai macam pepohonan dan juga kolam-kolam beserta penghuninya. Jadi kamu wajib untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan semua momen saat berada di tempat ini.

Untuk menikmati itu semua kamu akan dikenakan tiket masuk GWK Bali dengan kategori dewasa sebesar Rp125.000 dan anak-anak sebesar Rp100.000, dan jika ingin masuk ke area Patung Garuda Wisnu Kencana maka akan dikenakan biaya yang berbeda yaitu sebesar Rp200.000. Memang biaya yang di keluarkan tidak sedikit, tetapi semua ikut akan terbayar saat kamu telah mendapatkan apa yang disajikan di area kawasan patung Garuda Wisnu Kencana.

Di daerah sekitar jimbaran yang merupakan berdirinya patung Garuda Wisnu Kencana juga terdapat beberapa wisata yang dapat kamu kunjungi karena searah dengan objek wisata GWK Bali. Berikut ini tempat wisata dekat GWK Bali yang dapat kamu kunjungi,

Toya Devasya
2.bp.blogspot.com

Toya Devasya

Toya devasya adalah salah satu wahana yang keberadaannya terletak tak jauh dari kawasan patung Garuda Wisnu Kencana, tepatnya di Jalan Puri Bening, Toya Bungkah, Batur, Kintamani, Bali.

Yang berbeda dari objek wisata yang satu ini adalah dimana biasanya wahana permainan air Waterboom menggunakan air dingin, tetapi di objek wisata ini kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda yaitu  menggunakan air panas dan menjadi yang pertama di dunia sebuah Waterboom menggunakan air panas.

Wahana Waterboom air panas Toya Devasya masih terbilang baru yaitu diresmikan pada akhir tahun 2018 lalu. Awalnya kawasan resort dan spa ini hanyalah sebuah kolam renang yang memiliki suhu hangat, di mana pengunjung dapat berendam, bermain air atau menikmati beragam fasilitas yang disediakan. Tetapi kini Toya Devasya diklaim sebagai waterboom pertama yang menggunakan air panas, yang telah disampaikan oleh sang pemilik yaitu I Ketut Mardjana.

Toya Devasya2
balifactualnews.com

Di tempat ini tersedia beberapa kolam air hangat yang dapat membuat pengunjung merasa nyaman, kurang lebih sekitar 9 kolam renang berbeda yang terletak di tepi danau Batur. Kamu dapat menikmati dua kelebihan sekaligus yaitu kamu dapat berendam untuk menyegarkan pikiran sambil menikmati pemandangan elok danau yang di kanan dan kirinya terdapat Gunung Batur dan gunung Abang. Sungguh sebuah panorama yang sangat indah.

Fasilitas yang tersedia di Toya Devasya sudah cukup lengkap yang akan membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini. Fasilitas tersebut antara lain Waterboom air panas, spa, berendam air hangat serta sederet kegiatan menarik lainnya seperti bersepeda, naik gunung, berkemah atau wisata kuliner yang dapat kamu nikmati di tempat ini. Keberadaannya yang berada di kawasan lingkungan asri sekitar Danau Batur, membuat pemandangan akan tersaji sangat luar biasa dan wajib kamu jadikan destinasi liburan.

 

Taman Satria Gatot Kaca
2.bp.blogspot.com

Taman Satria Gatot Kaca

Taman Satria Gatotkaca adalah objek wisata selanjutnya yang keberadaannya satu arah dengan patung garuda Wisnu Kencana, sekitar 400 meter dari bandara Ngurah Rai. Banyak yang bisa kamu dapatkan di taman ini, serta ada beberapa aktivitas yang juga dapat kamu lakukan di di objek wisata taman Satria Gatot Kaca.

Taman Satria Gatot Kaca cukup ramai karena memang berada di dekat Jalan Raya, tetapi meskipun begitu berada di tempat ini terbilang cukup nyaman untuk dikunjungi. Tak jarang kamu akan melihat orang  bersama pasangan, keluarga ataupun teman, dan memang tempat ini cocok di jadikan pilihan untuk bersantai terutama di sore hari.

Saat kamu berkunjung di sore hari ke taman ini, maka kamu akan melihat keadaan yang sangat ramai karena adanya penjual jagung bakar yang sangat asik dinikmati di sore hari. Pemandangan yang kamu dapat lihat antara lain seperti Bandara Internasional Ngurah Rai, Discovery Shopping Mall, dan juga terlihat Pantai Kuta yang sangat populer.

Baca Juga :  8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Pura Uluwatu
bsd.city

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu termasuk wisata Pura di Bali yang populer, bahkan menjadi salah satu ikon wisata religi di Pulau Dewata. Pura Uluwatu berstatus sebagai pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin Pulau Bali. Keunikan pura ini berada di atas tebing batu karang, sekitar 97 meter di atas permukaan laut.

Pengunjung yang datang ke pura Uluwatu tak hanya datang untuk berwisata religi tetapi juga dapat menikmati wisata alam yang tersaji di kawasan pura Uluwatu. Berada di wisata ini kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan Samudra Hindia serta ombaknya yang yang berturut-turut menghempas kaki tebing, tak ketinggalan kamu juga akan menikmati pemandangan matahari terbenam secara jelas tanpa ada objek lain yang menghalangi.

 

Pantai Kelan
media-cdn.tripadvisor.com

Pantai Kelan

Pantai ini memang masih terdengar karena tidak termasuk di daftar wisata populer di Bali. Belum Terkenal pantai Kelan banyak sekali pesona alam yang tersimpan yang masih sangat alami lengkap dengan pasir putih yang indah, suasananya pun begitu tenang tak sepadat Pantai Kuta atau Pantai Jimbaran sehingga kamu dapat kuat menikmati di dalam ketenangan.

Pemandangan laut biru serta pasir putih beserta pemandangan perahu yang ada di pantai torang akan membuatmu merasa seperti berada di pantai pribadi. Alam terbagi menjadi 3 yaitu area operasional, kelompok usaha, parkir jujur atau perahu nelayan dan kawasan rekreasi juga terdapat area khusus untuk sembahyang.

Karena memang belum terlalu populer maka fasilitas umum yang tersedia di pantai Kelan kurang memadai, karena memang belum dikembangkan agar setara dengan pantai-pantai lain. Tetapi untuk masalah tersebut kamu tak perlu khawatir karena ada sejumlah pedagang yang menjajakan dagangannya di pantai Kelan Bali.

 

Pantai Kedonganan
media-cdn.tripadvisor.com

Pantai Kedonganan

Banyak sekali kita temukan pantai-pantai ada di Pulau Bali seperti yang sudah populer Pantai Kuta dan Pantai Jimbaran yang juga pantai favorit bagi wisatawan untuk menikmati seafood. Tetapi karena sudah cukup populer, kedua pantai ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, lalu bagaimana dengan kamu yang ingin menikmati suasana pantai secara maksimal dengan suasana yang tenang.

Pantai kedongan bisa menjadi jawabannya, di pantai ini juga menyediakan hidangan laut serta pemandangan Sunset yang selalu hadir di pagi hari. Kamu akan menemui deretan cafe-cafe yang menjajakan ikan bakar yang mampu menggoda selera.

Di Pantai Kedonganan kamu juga dapat membeli ikan ikan segar di pasar ikan tradisional yang letaknya berada di sebelah utara Pantai Kedonganan. Ikan yang dijual di Pasar ini adalah ikan segar hasil tangkapan penduduk setempat yang adalah nelayan. Jika ingin mendapatkan ikan yang segar sebaiknya datanglah sebelum jam 11 siang, di mana kamu dapat bebas memilih ikan segar yang berkualitas bagus. Jika kamu terlambat datang, maka kamu hanya akan mendapatkan sisa ikan yang sudah tidak segar dan sisa pilihan dari pelanggan sebelumnya.

Baca Juga :  Pantai Berikut Ini Akan Menjadi Pariwisata Pantai Di Jogja 2020

 

Pantai Muaya
balimio.com

Pantai Muaya

Pantai Muaya juga berada satu arah dengan objek wisata patung Garuda Wisnu Kencana, tepatnya di Jalan Bukit Permai, Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, kabupaten Badung, Bali. Wisata pantai Muaya adalah tempat wisata yang ramai dan selalu dipadati oleh pengunjung di hari libur maupun di hari biasa.

Pantai Muaya memiliki pesona keindahan yang tidak ada duanya, penduduk lokal sekitar pantai saya pun sangat ramah terhadap wisatawan yang datang. Pantai ini sangat indah, memiliki pasir putih serta panorama sunset yang sangat ditunggu-tunggu, terutama lokasinya terletak sangat strategis yaitu tak jauh dari kawasan bandara. Di sekitar pantai juga terdapat restoran dan kafe yang menyediakan masakan dengan menu-menu berbahan ikan laut segar yang akan ramai saat jam makan siang tiba atau sekedar untuk menunggu keindahan matahari tenggelam.

Terdapat sejumlah fasilitas yang sudah tersedia seperti restoran, hotel, warung makan dan minuman, penyewaan surfing, layanan pijat, Gazebo serta informasi wisata termasuk sewa mobil ataupun Tour. Tak ketinggalan kamu juga akan menemukan Artshop yang menjual aneka kerajinan lokal serta souvenir seperti baju, celana, kain pantai khas Bali sebagai oleh-oleh khas Bali.

 

Pantai Tegal Wangi2
img.inews.id

Pantai Tegal Wangi

Wisata Pantai Bali memiliki daya tarik berupa pemandangan tebing-tebing khas pantai, sepanjang pesisir pantai yang dikelilingi oleh pepohonan yang hijau menambah suasana pantai semakin asri. Deburan ombak pantai  merupakan salah satu pemandangan yang disuguhkan di pantai ini, ditambah dengan birunya air laut lengkap dengan pasir putihnya yang menimbulkan keinginan untuk betah berlama-lama di tempat ini.

Lokasi pantai Tegal Wangi masih terbilang sunyi, bahkan rute untuk sampai ke pantai ini cukup sulit karena melewati jalan setapak yang berupa batu kapur dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan juga turunan yang harus dilewati.

Setelah sampai di tepi pantai maka perjuanganmu untuk sampai ke pantai ini tidak akan sia-sia, sejauh mata memandang kamu hanya akan melihat panorama alam yang sangat cantik, hembusan anginnya yang menyejukkan serta bisikan ombak yang datang menyambut kedatanganmu.

Karena keindahan pantai, tak jarang kamu akan menemui pasangan yang akan melakukan foto prewedding, memang banyak para fotografer merekomendasikan foto prewedding di tempatini. Selain tempatnya indah, suasana yang sepi dekat pantai yang berpasir putih merupakan salah satu paduan alam yang menciptakan panorama mengagumkan.

Pantai Tegal Wangi
blog.airpaz.com

Kamu juga dapat menyambut keindahan sore menjelang malam di pantai Tegal Wangi, di mana kamu akan mendapatkan moment terindah yaitu saat matahari beranjak pulang ke peraduannya. Hal ini merupakan aktivitas para pengunjung di sore hari menjelang malam, kamu juga akan menemukan pasangan atau sekelompok muda-mudi yang menunggu untuk menyaksikan momen indah tersebut.

Mereka tentu tidak akan menyia-nyiakan untuk mengabadikan terindah tersebut. Bakso tulisan pantai ini tidak kalah bagus dengan pesona keindahan sunset di pantai wisata Lembongan.

Pantai ini dinamakan sebagai pantai Tegal Wangi karena suatu alasan yaitu pantai Tegal Wangi berasal dari dua suku kata yaitu Wangi dan Tegal. Tegal memiliki makna berupa perkebunan dan wangi adalah bermakna harum jadi Tegal Wangi dapat dilakukan seperti sebuah kebun yang memiliki bau yang sangat harum.

Tempat ini sangat dijaga dan dipelihara keasriannya serta kesuciannya oleh penduduk sekitar, hal itu terbukti dari setiap momen hari raya Melasti masyarakat sekitar yang menganut agama Hindu akan melakukan ritualnya di pantai ini. Dalam menyambut hari raya Galungan dan Kuningan, mereka juga melakukan penyucian diri dan prasasti prasasti di pantai ini.

Tidak terbayangkan, hanya dalam satu wilayah, Bali telah memiliki segudang objek wisata menarik yang cocok kamu jadikan destinasi wisata liburanmu. Jika kamu ingin menjelajahi seluruh wisata yang ada di Bali, tak cukup satu minggu kamu menyelesaikannya. Tetapi itulah anugerah dari Tuhan yang patut di syukuri dan patut di banggakan oleh bangsa Indonesia, maka wajiblah bagi kita untuk menjaga kelestarian yang tak hanya objek wisatanya saja, tetapi juda budaya dan adat istiadat yang ada.

Itulah sepenggal informasi tentang objek wisata yang keberadaannya tak jauh dari patung kebanggaan warga Bali yaitu patung Garuda Wisnu Kencana. Semoga dengan artikel ini kamu dapat mengatur dari sekarang rencana selanjutnya untuk berwisata setelah mengunjungi GBK Bali. Selamat berlibur.

Check Also

wisata gembong

5 Destinasi Wisata Terbaru di Gombong Kebumen yang Wajib Kamu Kunjungi!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Gombong  Kebumen memang  menjadi  salah  satu  hal  yang menarik untuk di …