kebun raya cibodas wisata alam memukau yang wajib kamu kunjungijpg

Keistimewaan Kebun Raya Cibodas, Salah Satunya Ada Bunga Sakura

Cibodas Botanical Garden atau Kebun Raya Cibodas berada di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas adalah salah satu kekayaan alam wisata Bogor yang memiliki daya tarik tersendiri, kamu yang sudah pernah kesana pasti ingin kembali menikmati kesejukkan alam di tempat ini. Pemandangan kebun raya ini sangat alami dan asri, membuat siapa saja yang singgah ke tempat ini merasa betah bahkan tak ingin meninggalkan tempat ini.

Tak hanya hiburan semata yang kamu dapatkan di kebun raya Cibodas, karena kamu juga akan mendapatkan edukasi. Tak heran jika tempat dipadati pengunjung disaat hari libur dan akhir pekan. Ternyata tak hanya populer di Indonesia saja, Kebun Raya Cibodas telah mendunia. Banyak wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Jawa Barat hanya untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Apalagi kebun raya Cibodas termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Kawasan Kebun Raya Cibodas adalah peninggalan penjajahan Belanda di tahun 1850-an. Kemudian seorang kurator asal Belanda Johannes Ellias Teijmann membangun Kebun Raya Cibodas yang dulu bernama Bergtuin te Tjibodas pada tanggal 11 April 1852. Awalnya kebun ini dibangun hanya untuk tempat aklimatisasi beragam jenis tumbuhan yang berasal dari luar negeri dan memiliki nilai ekonomi tinggi yang kemudian berkembang dengan nama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas.

Dan tiap tanggal 11 April diperingati sebagai hari berdirinya kebun raya ini dan akan ada yang istimewa yaitu pengunjung bisa masuk dengan gratis tanpa harus membayar tiket. Tahun 2003 kebun raya ini lebih mandiri sebagai UPT atau Unit Pelaksana Teknis Balai konservasi tumbuhan di bawah kedeputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI (Lembaga Pengetahuan Indonesia).

Kebun Raya Cibodas memiliki berbagai macam varian koleksi pepohonan, tak salah jika Kebun Raya Cibodas termasuk kategori Botanical Garden. Hingga saat ini koleksi tumbuhan yang dimiliki sudah mencapai 5831 dari tanaman 1206 jenis pepohonan muda ataupun tua. Dan saat kamu mengunjungi Kebun Raya Cibodas, kamu akan mendapatkan pengetahuan seputar tanaman, tak hanya itu karena di kebun Raya Cibodas juga terdapat beberapa spot menarik yang sayang untuk di lewatkan.

1. Rumah Kaca
Pada umumnya tempat konservasi tanaman pasti memiliki rumah kaca untuk melindungiberbagai jenis tanaman. Tanaman yang ada di rumah kaca seperti bunga agnggrek, kaktus dan beragam tanaman yang dilindungi. Ada sekitar 4000 koleksi tanaman, yaitu 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek dan tanaman unik lainnya.

2. Araucaria Aveneu
Kebun Raya Cibodas ini semakin terlihat alami ketika kamu melihat sebuah jalan batu yang tersusun rapi dari wisma tamu hingga ke kolam besar. Jalan batu itu disebut araucaria aveneu. Jalan batu ini terlihat sangat eksotis, karena pada bagian kanan dan kirinya terdapat pohon araucaria yang berumur sekitar 150 tahun, karena pohon ini sudah ada sejak tahun 1866.

3. Taman Sakura
Ingin melihat bunga khas Jepang, kini tak perlu jauh-jauh harus keluar negeri untuk melihatnya secara langsung. Di Kebun Raya Cibodas terdapat pohon sakura yang menyajikan pemandangan ala Jepang. Pada umumnya bunga sakura hanya bisa hidup di tanah 4 musim, namun keberadaan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas dapat tumbuh dengan subur. Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian lebih dari 1400 m dari permukaan laut, jadi tak heran bunga sakura tumbuh dengan subur karena habitat di Kebun Raya Cibodas sangat cocok untuk pertumbuhan sakura.
Jika di negara asalnya sakura hanya berbunga setahun sekali, hanya pada bulan april waktu musim semi tiba. Namun di Kebun Raya Cibodas yang beriklim tropis justru dapat berbubgfa dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari – Februari dan bulan Juli – Agustus. Dan jika kamu ingin melihat bunga sakura berbunga, maka datanglah di bulan-bulan tersebut. Bunga sakura memiliki sekitar 300 varian, namun di Cibodas hanya memiliki 7 varian saja karena iklim Indonesia bukanlah habitat bunga sakura yang sebenarnya. Cibodas memiliki 7 varian sakura, itu sudah termasuk luar biasa.

Baca Juga :  Wisata Minahasa Yang Seru Untuk di Kunjungi

4. Air Terjun Cibeureum
Air terjun Ciebeureum berada di area taman nasional Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian air mencapai 1675 meter dari permukaan laut serta ketinggian air mencapai 50 meter bercurah deras, apalagi jika musim hujan tiba. Namun untuk bisa sampai ke air terjun ini, kamu membutuhkan perjuangan karena kamu harus mendaki dengan jalur yang sma ke pendakian Gunung Gede Pangrango melalui Cibodas. Terdapat papan-papan penunjuk arah jalan, jadi kamu tidak usah khawatir akan tersesat.

5. Taman Lumut
Selain dapat melihat keindahan bunga khas Jepang yaitu sakura, di tempat ini juga ada pemandangan taman lumut. Sekitar 235 jenis lumut yang hidup di Kebun Raya Cibodas.

6. Beragam Tumbuhan Paku
Di tempat ini juga terdapat koleksi tumbuhan paku, kurang lebih ada sekitar 34 jenis paku-pakuan yang berasal dari penjuru Indonesia. Tanaman paku memiliki khasiat sebgai obat-obatan, bahan makanan dan bahan media tanam.

7. Bunga Bangkai Raksasa
Tentu kamu tak asing lagi dengan keberadaan bunga bangkai atau dengan nama lain raflesia arnoldi, yaitu bunga yang berukuran raksasa dengan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Di Kebun Raya Cibodas ikut membudidayakan tanaman ini. Pada tahun 2000, bunga bangkai tersebut didatangkan dari Jambi. Biasanya bunga bangkai akan berbunga 4 tahun sekali, dan di tahun 2020 bunga bangkai tumbuh dengan ketinggian sekitar 3 meter.

8. Jalan Air
Selain jalan batu, di tempat ini juga terdapat jalan air yang merupakan suatu aliran air dari sungai Cibogo Gunung Gede. Air pada jalan ini terlihat sangat jernih dan menyegarkan, sehingga pengelola berinisiatif membuat wahan-wahana khusus anak-anak dengan tujuan mereka dapat menikmati liburan di tempat ini.

9. Kolam Besar
Dan yang menjadi spot terakhir adalah sebuah kolam besar yang menjadi habitat segala jenis tumbuhan air. Kolam ini didirikan pada tahun 1901.

kebun raya cibodas wisata alam
Fasilitas

Sebagai objek wisata yang sudah cukup populer bahkan hingga ke mancanegara, pengelola terus membenahi tempat ini seperti memperlengkap fasilitas yang ada. Kebn Raya Cibodas telah melengkapi fasilitas berupa musholla, toilet, gazebo, shelter, papan petunjuk jalan, stand jalan, dan peta lokasi wisata.

Tempat parkir pun cukup luas, terbagi menjadi 2 area parkir yaitu mobil dan motor area parkir terletak di dalam area Kebun Raya Cibodas, sedangkan untuk bis berada diluar pintu masuk. Namun saat hari libur semua kendaraan di parkir di luar area Kebun Raya Cibodas. Fasilitas lain yang bisa kamu temui adalah minibus yang siap mengantar pengunjung menjelajahi area wisata dengan biaya tambahan Rp 10.000 per orang untuk satu kali putaran.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas per 1 Maret 2020 sebesar Rp 16.500/ orang, dan mulai dibuka pukul 08.00 – 17.00 WIB. Biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp 5000, dan roda empat Rp 16.000. Sebagai saran, sebaiknya ambilah paket tour Kebun Raya Cibodas, agar kamu tak harus sibuk mengurus semua, hanya satu kali bayar saja kamu sudah puas menikmati Kebun Raya Cibodas.

Rute Menuju Lokasi

Kebun Raya Cibodas beralamat di subscriber district Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya tak jauh dari istana Cipanas, yaitu sekitar beberapa kilometer saja jika dari arah Bandung dan kawasan Puncak Bogor. Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari Jakarta, namun semua juga tergantung pada situasi jalanan dalam keadaan macet atau tidak.

Rute yang harus di lalui adalah Bogor atau Jakarta melalui kebun the dan Puncak Pass, hingga pertigaan Paragajen ambil jalur menuju Cibodas. Jika berangkat dari Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Istana Cipanas ikuti jalan hingga menemui pertigaan Paragejan dan belok kiri untuk menuju ke Cibodas.

Itulah informasi seputar Kebun Raya Cibodas, semoga dapat menjadi arahan yang tepat untuk bisa menuju ke kebun raya ini, karena Kebun Raya Cibodas adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selamat berlibur!

Check Also

Dusun Bambu Lembang yang mempesona

Menyusuri Wisata Dusun Bambu Lembang Yang Membuat Wisatawan Terpesona

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di Jawa Barat, dan kota ini …