Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Mengenali Keeksotisan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Jakarta di kenal sebagai kota metropolitan yang penuh dengan kemewahan dimana hari-harinya selalu berisi kesibukkan, kemacetan, serta kebisingan yang tak pernah lepas dari ibukota Indonesia ini. Sejauh mata memandang kamu hanya dapat melihat gedung-gedung tinggi perkantoran, mall dan apartemen yang seakan tak ada lahan kosong untuk tempat beristirahat. Hiruk pikuk kota besar memang memiliki tempat hiburan seperti Ancol ataupun Dunia Fantasi atau hiburan malam yang menjadi ruang untuk merilekskan tubuh dan fikiran sejenak bagi warganya.

Taman Mini Indonesia Indah juga menjadi salah satu tempat hiburan yang memberikan edukasi, di mana di tempat ini terdapat miniatur rumah adat di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Kehadiran Taman Mini Indonesia Indah tentu menjadi  salah satu tempat hiburan yang penting untuk pembelajaran dan menambah pengetahuan. Jakarta juga memiliki kawasan wisata alam dengan banyak pilihan mulai dari Kebun Binatang Ragunan yang memiliki ratusan koleksi binatang, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik yang sayang untuk dilewatkan.

Namun di balik kemewahan yang tersaji di Ibukota Jakarta, masih ada tempat wisata alam yang yang tersaji keindahan alam hamparan hijau tepatnya di Pantai Indah Kapuk 2 yang siap memanjakan para wisatawan yang datang ke kota ini. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk 2 menjadi salah satu kawasan wisata alam yang menawarkan kesejukan, di mana kamu dapat merasakan ketenangan di tempat yang saat ini tengah ramai menjadi perbincangan para pecinta alam.

Tentu saja hutan mangrove ini menjadi populer di kalangan wisatawan, karena di tengah hiruk pikuk kota Jakarta masih ada tempat wisata yang alami di tengah modernisasi yang sudah merajalela di kota besar ini. Hutan mangrove tetap menjadi pilihan di kalangan para wisatawan yang ingin mencari ketenangan ditengah hiburan mall-mall ataupun pusat perbelanjaan yang kian marak didirikan di sekitar Jakarta. Warga Kota Jakarta tak perlu jauh-jauh keluar kota Jakarta untuk mencari tempat yang masih alami, karena telah ada hutan mangrove Pantai Indah Kapuk 2. Kamu dapat membawa serta keluarga atau temanmu untuk sementara waktu menjauh dari kebisingan kota besar serta kesibukan yang hampir tak pernah berhenti.

 

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk yang menarik

Akses Menuju Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk 2 berada di daerah Jalan Pantai Indah Utara 1, Penjaringan Jakarta Utara, kamu takkan kesulitan Untuk menjangkau daerah ini menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum. Jika kamu memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu dapat berangkat kapan saja tanpa harus mengikuti jadwal angkutan umum, namun kendalanya kamu akan sering terjebak. Jika berangkat dari Soekarno-Hatta, bisa menempuh jalan tol yang keluar di tol arah Pantai Indah Kapuk dan melanjutkan perjalanan hingga berada di perempatan Grand Cengkareng. Setelah perempatan ambil arah kanan hingga bertemu perempatan lagi, lalu belok ke kanan dan kamu sudah menuju jalan ke lokasi ekowisata. Setelah memasuki Jalan Pantai Indah Utara 1, Penjaringan, sekitar  20 meter di kanan jalan kamu sudah dapat melihat barisan pepohonan hutan hijau mangrove Pondok Indah Kapuk.

Jika memilih untuk menggunakan transportasi umum kamu dapat menggunakan jasa busway atau Transjakarta. Mengambil jalur atau koridor 9 ke arah Shelter Pluit. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan mengendarai ojek online atau au transportasi umum lainnya ke arah ekowisata mangrove tol Sedyatmo  PIK. Jika menggunakan busway koridor 9 menuju Shelter Grogol, maka lanjutkan dengan menaiki angkot B01 ke perempatan Muara Karang yang kemudian akan dilanjutkan naik angkot berwarna merah jalur U-11 menuju mangrove tol Sedyatmo.

Mengeksplor Keindahan Hutan Mangrove

Hutan Mangrove Pondok Indah Kapuk atau dengan nama lain Taman Wisata Alam atau  Angke Kapuk ini menjadi pilihan bagi para wisatawan yang telah jenuh berada di tengah hiruk pikuk kota. Di sini wisatawan dapat menikmati angin sepoi-sepoi yang menembus pepohonan di area hutan mangrove tersebut, pemandangan pun terasa sangat eksotis dengan pepohonan yang rimbun dan mengedepankan konsep modern. Hutan mangrove ini berdiri di atas lahan seluas 99 hektar di mana 40% lahan digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami. Wisata alam ini terletak di daerah paling ujung di dekat Perumahan Pantai Indah Kapuk yang sudah cukup populer.

Kamu akan melewati akses yang cukup unik untuk bisa menuju ke kawasan hutan mangrove ini yaitu melewati jalan yang terbuat dari kayu gelondongan dengan pegangan yang sangat sederhana. Balok ini menjadi jalan utama bagi para wisatawan yang ingin menikmati spot disekitar hutan mangrove tersebut. Jika melewati jalur ini harap berhati-hati. Sebagai saran gunakanlah pakaian serta sepatu atau sandal yang cukup nyaman, sebisa mungkin menggunakan alas kaki yang ringan karena jalur ini memiliki bentuk kayu yang renggang yang akan beresiko jika kamu menggunakan sepatu dan pakaian yang tidak nyaman. Berada di jalur ini kamu akan terasa menyatu dengan alam, karena  penggunaan kayu dan bambu pada jalur Ini menimbulkan kesan alami.

Aktivitas di Hutan Mangrove

Dibuatnya hutan mangrove bertujuan untuk menahan abrasi dari ombak laut yang ada di sekitar Laut Jawa dan sekaligus kawasan ini menjadi tempat rekreasi bagi warga sekitar Jakarta atau wisatawan dari luar Jakarta. Kesejukan udara serta kesegaran pemandangan membuat suasana yang alami dan tenang layaknya di hutan-hutan. Suasana yang asri membuat banyak wisatawan yang mengabadikan gambar di tempat ini, kamera hanya sebatas kamera HP karena wisatawan dilarang membawa kamera DSLR saat mengunjungi tempat ini.

Baca Juga :  Pantai Hits di Jogja Yang Mengandalkan Keindahan

Tetapi jika kamu ingin melakukan kegiatan prewedding maka diperbolehkan, tetapi harus seijin dari pengelola serta membayar dengan sejumlah uang untuk retribusi. Tak heran jika banyak pengambilan gambar prewedding di tempat ini, karena suasana dan panorama yang ditawarkan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk sangat eksotis. Kamu juga dapat melakukan fotografi di tempat ini. Uji kemampuan dengan jeli mencari Spot foto yang akan kamu abadikan disekitar hutan mangrove ini. Meskipun tanpa menggunakan kamera DSLR, keindahan dan keasrian hutan mangrove Pulau Indah Kapuk ini takkan bisa tersamarkan oleh kamera.

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah menemui perairan atau sungai yang mengalir di sekitar hutan. Kamu dapat mengelilingi perairan dan menyusuri sungai tersebut menggunakan perahu yang telah disediakan oleh pengelola di kawasan tersebut. Dan jika kamu berminat untuk mengelilingi perairan di kawasan wisata hutan mangrove ini, kamu harus membayar sebesar Rp250.000 untuk 6 orang, dan untuk 8 orang dikenakan biaya lebih mahal yaitu sebesar Rp350.000, karena perahu yang  digunakan untuk 8 orang berukuran lebih besar. Sambil menikmati indahnya sungai dengan mengelilingi menggunakan perahu kamu dapat merasakan sejuknya angin yang bertiup sepoi-sepoi khas Laut Jawa. Kesejukan akan bertambah dengan pemandangan hamparan hijau di hutan tersebut.

Di tempat ini kamu juga akan mendapatkan sedikit pengetahuan tentang hutan mangrove, di mana pengelola telah menyediakan layanan kepada wisatawan untuk mengetahui cara menanam mangrove dengan mudah. Kamu harus membayar sekitar Rp150.000 dan kamu dapat terjun langsung menanam di sekitar hutan mangrove ini. Jika ingin memberikan nama tanaman yang sudah kamu tanam, maka kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp500.000. Aktivitas bermain kano juga bisa kamu dapatkan disini atau mencoba keseruan sepeda air hanya dengan Rp100.000 kamu dapat menikmati berada di atas sungai. Kamu akan diberi waktu sekitar 45 menit untuk bermain Kano dan sepeda air di sekitar area hutan mangrove tersebut.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk yang eksotis

Rindangnya tanaman yang ada di hutan ini tidak menghalangi sinar matahari untuk membagikan cahaya teriknya. Dan kamu juga harus waspada saat bermain di sekitar aliran sungai, karena terkadang air akan mengalir cukup deras. Kegiatan observasi burung juga dilakukan di hutan mangrove ini, dan kegiatan ini juga populer di kalangan wisatawan. Pengunjung akan dibawa menaiki menara yang ada di sekitar kawasan wisata hutan mangrove tersebut untuk menyaksikan burung-burung yang akan bertebrangan atau singgah di hutan mangrove ini.

Bagi kamu yang ingin menyusuri sungai di kawasan wisata hutan mangrove, kamu harus waspada karena terkadang ada buaya atau biawak yang muncul dari balik hutan. Binatang tersebut muncul tidak setiap saat, hanya ada di musim musim tertentu saja. Bahkan binatang tersebut jarang mengganggu pengunjung, karena buaya dan biawak tersebut hidup di ekosistem hutan mangrove ini. Dan hutan mangrove ini memang lebih banyak rawa, sehingga tak heran jika buaya lebih memilih hidup didaerah hutan tersebut.

Penginapan di Sekitar Hutan Mangrove PIK

Ingin merasakan bermalam di sekitar kawasan hutan mangrove? Jangan khawatir karena telah disediakan aneka penginapan seperti hotel yang terletak di dekat hutan mangrove, atau beberapa Villa yang juga bisa di sewa oleh wisatawan. Bagi kamu yang suka berada di alam bebas, di tempat ini juga terdapat area camping ground yang juga ada di sekitar kawasan wisata hutan mangrove tersebut. Tarif yang ditawarkan juga cukup beragam, disesuaikan dengan lokasi dan kondisi area camping ground tersebut. Dan jangan khawatir soal buaya, karena areal camping ground ini terletak jauh dari ekosistem atau habitat dari buaya hutan mangrove ini.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini sangat lengkap, seperti adanya penyewaan tenda di area camping ground tersebut. Namun jika kamu memiliki tenda maka kamu bisa menggunakannya. Dibalik keeksotisan wisata alam hutan mangrove ini terdengar kabar bahwa hutan ini sedikit angker dan ada beberapa cerita mistis yang sudah tersebar tentang kawasan hutan wisata tersebut.

Tips Liburan

Jika berniat untuk berlibur ke kawasan ini, maka sebaiknya berangkat pada pagi hari jika lokasinya berada cukup jauh dari Pantai Indah Kapuk, karena jika siang jalur atau akses menuju ke kawasan wisata ini cukup padat, karena banyak truk kontainer yang juga menuju ke arah Tanjung Priok. Udara di pagi hari juga tidak terlalu panas. Gunakan pakai sepatu yang nyaman karena di hutan ini banyak nyamuk yang akan menggigit pengunjung yang datang. Jika datang pada musim kemarau, gunakan krim tabir surya dan anti nyamuk agar terbebas dari matahari dan gigitan nyamuk.

Bagi kamu yang ingin berkemah jangan lupa membawa peralatan dan perlengkapan kemah, karena di malam hari kawasan wisata hutan ini akan sangat gelap. Memang di beberapa tempat telah tersedia penerangan, namun tidak terlalu terang jadi akan sedikit merepotkan pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar kawasan wisata alam hutan mangrove. Tak ada salahnya sedikit menghibur dan menenangkan fikiran setelah berkutat dengan kesibukkan yang datang setiap hari. Hutan Mnagrove Pantai Indah Kapuk dapat membantumu sedikit menyegarkan fikiran. Selamat berlibur!

Check Also

25 Tempat Makan Recommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

25 Tempat Makan dan CafeRecommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

Bogor menjadi pilihan utama bagi warga ibukota yang ingin menyegarkan pikiran di akhir pekan, karena …