Home / Maluku / Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia Tersembunyi di Pantai Ora Maluku
Pantai Ora Maluku

Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia Tersembunyi di Pantai Ora Maluku

Maluku memang terkenal akan keindahan alam yang sangat mempesona. Ada banyak objek wisata bernuansa alam disini. Sayangnya, masih banyak objek wisata Maluku yang belum terekspos dengan luas. Nah salah satu objek wisata Maluku dengan pesona alam memukau ialah Pantai Ora. Pantai cantik ini memang lokasinya sangat jauh dari perkotaan.  Tak heran kondisi alam di pantai ini masih sangat asri karena masih sedikit yang berkunjung kesini. Letaknya berada di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah.  Wisata yang satu ini letaknya ada di sebelah barat Desa Sawai dan Desa Saleman, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Daya tarik dan Pesona Pantai Ora

 Pantai Ora terkenal dengan  airnya yang bewarna biru jernih, keindahan biota bawah lautnya, hingga hamparan pasir putih yang begitu lembut. Saking jernihnya, kamu bisa  bercemin di permukaan air lho! Pantai ini bahkan sama indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Maladewa, Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik, dan juga Pantai Boracay di Filipina. Kini Pantai Ora telah menjadi  ikon wisata di Pulau Seram, Maluku. Mulai banyak wistawan yang meluangkan waktunya untuk berlibur kesini walaupun masih terbilang sepi. Bukan karena tempatnya yang tidak indah, melainkan karena akomodasi liburan kesini yang terbilang mahal.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Ora

Pantai Ora dihiasi dengan pemandangan hutan hujan tropis. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini. Kamu mengelilingi pantai menaiki perahu dan langsung melihat jenis-jenis koral, hamparan terumbu karang, serta ikan-ikan yang berenang bebas dari atas perahu.  Nah kalau kamu ingin mengeskplor lebih dalam, kamu bisa snorkeling dan diving. Pantai Ora memiliki kedalaman air yang cukup dangkal, di kedalaman 2 meter saja kamu sudah bisa melakukan snorkeling lho! Berbeda dengan pantai lain yang harus melewati kedalaman 5 meter. Jika kamu tidak membawa baju  ganti, kamu tetap bisa melakukan hal seru lain snorkeling dan diving kok! Seperti berjalan-jalan di pinggir pantai, berjemur di bawah terik matahari, sampai membuat istana pasir. Oh iya di sekitar kawasan wisata Pantai Ora ini kamu juga bisa melihat langsung aktivitas penduduk setempat seperti memetik buah kelapa, dan melihat proses pembuatan sagu. Tempat ini juga sering digunakan dalam pengambilan sesi foto pra wedding yang akan menikah. Pada malam hari pun Pantai Ora masih terlihat indah lho! Dengan duduk di dermaga, kamu akan disuguhkan dengan panorama cantik bintang-bintang di langit.

Baca Juga :  Benteng Belgica, Benteng Unik Peninggalan Bangsa Portugis yang Menyimpan Banyak Sejarah

Fasilitas dan Akomodasi yang ada di Pantai Ora

Fasilitas yang ada di kawasan objek wisata Pantai Ora belum terlalu lengkap. Namun untuk penginapan, tidak perlu khawatir karena di Pantai Ora sudah terdapat tempat untuk bermalam. Yang unik dari penginapan di Pantai Ora ini yaitu rumah penginapannya berbentuk rumah panggung yang berada di atas laut. Penginapan ini diberi nama Ora Beach Resort. Keistimewaan dari Ora Beach Resort yaitu latar belakangnya merupakan Perbukitan Taman Nasional Manusela. Penginapannya juga langsung terhubung dengan jembatan kayu yang ada di Pantai Ora. Walaupun penginapannya sederhana, namun suasana yang tercipta disini begitu nyaman. Untuk tarif penginapan, bermacam-macam harganya disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Tipe rumah darat dengan harga 400 ribu per malamnya , tipe rumah panggung dengan 450 ribu per malamya, serta tipe yang paling mahal yakni tipe rumah terapung seharga 750 ribu per malamnya.

Rute menuju  Pantai Ora

Kalau kamu berasal dari luar kota, sepeti Jakarta , kamu harus menempuh perjalanan lewat jalur udara ke kota Ambon. Sesudah sampai di kota Ambon, perjalanan menuju Pantai Ora dilanjutkan melalui Pelabuhan Hulnara, Tuleho. Disini kamu akan menjumpai kapal feri yang bisa menampung hingga 350 orang. Nah pilihlah perjalanan menaiki kapal feri dengan tujuan Pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Perjalanan menuju Pulau Sera mini hanya berlangsung dua kali dalam sehari dengan harga tiket perjalanan sebesar 90 ribuan untuk kelas ekonomi, dan 150 ribu rupiah untuk kelas VIP.  Dalam perjalanan kali ini kamu akan memakan waktu hingga 2 jam perjalanan. Setelah tiba di Pelabuhan Ahamai, perjalanan dilanjutkan lagi yaitu menuju  Desa Sawai, Maluku Tengah. Kamu bisa menaiki kendaraan umum untuk menuju Desa Sawai sepeti mobil rental dan Trans Seram.  Nantinya kamu akan diantarkan menuju pelabuhan Desa Sawai. Untuk bisa sampai ke Pantai Ora, perjalanan akan ditempuh kurang lebih 15 menit dengan menaiki sebuah perahu bermesin. Nantinya kamu akan berjalan kaki lagi melewati jalan setapak di pesisir Teluk Sawai. Baru deh sampai di Pantai Ora! Perjalanan panjang yang melelahkan akan segera terbalaskan dengan keindahan alam Pantai Ora.

Tips sebelum melakukan perjalanan ke Pantai Ora

Dikarenakan perjalanan yang dilewati akan begitu panjang, ada tips-tipsnya nih. Usahakan sebelum memulai perjalanan kondisi tubuhmu harus fit dan sehat ya! Untuk tiket pesawat, ada baiknya beli dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan supaya harga tiket pesawatnya lebih murah. Oh iya jangan lupa membawa bekal makanan ringan dan minuman dari rumah ya, karena disini belum terdapat fasilitas warung makanan dan restoran. Nah jika kamu berencana untuk snorkeling ataupun diving, bawa lah peralatan selam sendiri. Bisa kamu bawa dari rumah atau pun membelinya di kota Ambon terlebih dahulu. Sebelumnya sudah dijelaskan kalau di Pantai Ora terdapat Ora Beach Resort.  Kalau kamu ingin menginap disana  sebaiknya memesan kamar terlebih dahulu, takutnya setelah kamu sampai disana malah tidak ada kamar yang kosong.

Setelah membaca mengenai Pantai Ora, apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya? Kalau tertarik, yuk segera rencanakan waktu untuk belibur ke Pantai Ora. Dijamin kamu bakal terkagum-kagum deh melihat pesonanya!

Check Also

Pantai Melasti Ungasan

Mengunjungi Pantai Melasti Ungasan, Tempat Wisata Yang Banyak Menarik Minat Wisatawan!

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang banyak menarik perhatian para wisatawan baik wisatawan lokal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *