Monday , February 17 2020
Home / Sumatera Barat / Keseruan Berlibur Di Kepulauan Mentawai Surganya Para Peselancar, Kamu Wajib Datang!
mentawai

Keseruan Berlibur Di Kepulauan Mentawai Surganya Para Peselancar, Kamu Wajib Datang!


Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke Provinsi Sumatera Barat dan sedang mencari destinasi wisata disana, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kepulauan Mentawai yang memiliki julukan Bumi Sikarel dan menjadi salah satu pulau dengan potensi wisata yang cukup besar didalamnya.
Di Kepulauan Mentawai, wistawan dapat memilih untuk mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang terletak di daerah tersebut seperti wisata danau, pegunungan, air terjun hingga pantai yang terdapat di kawasan tersebut.
Sebelum berlibur ke Kepulauan Mentawai, terdapat beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai daerah tersebut, yaitu:
Fakta-fakta menarik Kepulauan Mentawai
Agar kamu lebih banyak mengetahui informasi tentang Kepulauan Mentawai, berikut beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui dari pulau tersebut


1. Merupakan Spot Surfing yang mendunia
Laut yang berada di Kepulauan Mentawai berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Tentunya hal ini membuat laut di pulau tersebut memiliki ombak yang cukup ganas dan pastinya disukai oleh para peselancar dari berbagai belahan dunia. Pulau ini pernah menjadi tuan rumah untuk kompetisi surfing kelas dunia bernama Mentawai Pro pada tahun 2016. Pulau ini memiliki total 71 spot surfing dimana 7 dari 71 spot surfing tersebut masuk kedalam kategori 10 spot titik surfing terbaik di dunia. Menarik bukan?
2. Memiliki 4 pulau induk
Banyak yang tidak mengetahui bahwa Kepulauan Mentawai sebenarnya memiliki terdiri atas 4 pulau induk yang memiliki ukuran cukup besar. Empat pulau tersebut adalah Pulau Pagai Utara, Pulau Pagai Selatan, Pulau Siberut dan Pulau Sipora.
Tiap-tiap pulau yang berada di Kepulauan Mentawai tentunya memiliki pesona alam yang sangat indah serta pesona alam yang masih asli dan terjaga. Selain itu, beberapa spot surfing yang mendunia juga bisa kamu temukan dalam empat pulau yang telah disebutkan diatas.

3. Ditetapkan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO
Cagar Biosfer merupakan suatu kawasan ekosistem dimana keberadaannya diakui oleh dunia internasional sebagai bagian dari program Man and Biosphere (MAB).
Cagar Biosfer yang berada di Kepulauan Mentawai terletak di Taman Nasional Ciberut yang ditetapkan sejak tahun 1983. Taman Nasional Ciberut memiliki luas inti 190.500 ha yang didalamnya terdapat 31 spesies mamaila, 134 spesies burung dan 896 spesies tumbuhan berkayu. Beberapa contoh satwa endemik yang hidup di kepulauan ini yaitu lilou, simakobu, bokkoi dan lutung mentawai.
Spot Wisata favorit yang wajib kamu kunjungi di Kepulauan Mentawai


1. Pantai Bulasat
Salah satu pantai yang banyak menarik perhatian para wisatawan adalah Pantai Bulasat yang terletak di Dusun Bulasat, Kepualauan Mentawai, Sumatera Barat.
Pantai Bulasat memiliki hamparan pasir putih dengan perpaduan warna biru air laut serta udara yang sejuk dan angin yang cukup deras membuat siapa saja yang berkunjung ke pantai ini merasa betah untuk menikmati keindahan pantai ini.
Untuk menuju pantai ini, para wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari kota kecamatan dengan melewati perbukitan, selama perjalanan kamu dapat menjumpai warung-warung dipinggir jalan yang menjual berbagai macam makanan atau buah-buahan.
2. Teluk Sinakak
Teluk Sinakak merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi apabila berada di Kepulauan Mentawai. Teluk Sinakak terletak di Desa Sinakak. Untuk menuju teluk ini, para wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari kota kecamatan, setelah itu para wisatawan harus menggunakan transportasi laut.
Tetapi kamu tidak perlu khawatir, setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, para wisatawan akan dibuat takjub dengan keindahan teluk ini. Kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam pada sore hari di pinggiran pantai sambil menikmati udara sejuk yang berada di teluk tersebut.


3. Air Terjun Kulu Kubuk
Tidak lengkap rasanya apabila kita berada di Kepulauan Mentawai tanpa mengunjungi destinasi wisata air terjun yang berada disana. Salah satu destinasi wisata air terjun yang dapat kamu kunjungi di Kepulauan Mentawai adalah Air Terjun Kulu Kubuk.
Air Terjun Kulu Kubuk terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
Air terjun ini memiliki keindahan alam yang alami dan masih terjaga, salah satu faktor terjaganya keaslian air terjun ini adalah karena lokasinya yang cukup jauh dari pemukiman penduduk setempat sehingga tempat ini masih terawat sampai sekarang.
Sesampainya di air terjun ini kamu akan merasakan kesejukan udara serta segarnya air tawar yang jernih dari Air Terjun Kulu Kubuk ini. Kamu bisa berfoto selfie di area air terjun tersebut serta mandi dan merasakan kesegaran air terjun ini.

4. Pantai (Pulau) Nyang Nyang
Pantai Nyangnyang merupakan pantai yang sudah banyak dikenal oleh para wisatawan. Pantai ini terletak di Pulau Nyangnyang, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas dan menggulung-gulung. Ombak di Pantai ini bisa mencapai 4 meter, ombak setinggi 4 meter itu biasa terjadi pada pertengahan tahun sekitar bulan juni-agustus yang merupakan musim ombak. Tidak heran apabila ombak di pantai ini dinobatkan sebagai ombak terbaik nomor 3 setelah Hawai dan Tahiti.
Ombak-ombak yang berada di Pantai Nyangnyang memiliki nama yang berasal dari para peselancar yang telah berhasil menaklukkan ombak tersebut. Beberapa nama ombak-ombak tersebut adalah Bank Vaults, E Bay, Beng-Beng, Nifusi dan Pit Stop, ombak-ombak ini merupakan ombak yang cukup menantang di pantai ini.
Yang paling unik dari ombak-ombak di Pantai Nyangnyang adalah ombak Beng-Beng yang namanya didapatkan dari karakteristik air di sekitar lokasi pantai tersebut. Air di lokasi tersebut berwarna kecokelatan dan hampir sama dengan warna makanan ringan dengan merk yang sama juga. Selain itu, tidak semua peselancar bisa mencoba menaklukkan ombak Beng-Beng ini, hanya peselancar yang berpengalaman saja yang diperbolehkan mencoba menaklukkan ombak ini karena ombaknya yang besar disertai dengan bebatuan karang pada titik-titik tertentu.
Selain berselancar, kamu juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas lainnya seperti berkeliling di sekitar pantai. diving, snorkeling, scuba diving atau memancing.
Tips liburan aman dan nyaman
Saat berlibur tentunya kita ingin bersenang-senang tanpa ada masalah sedikitpun. Oleh sebab itu, terdapat beberapa tips liburan untuk mewujudkan keinginanmu memiliki liburan yang aman dan nyaman, yaitu:
1. Menjaga kondisi badan agar tetap sehat
Terkadang beberapa orang lupa untuk menjaga kesehatan mereka karena terlalu asik berlibur. Sebaiknya, kamu tetap menjaga kondisi keseahtan kamu dengan tetap menjaga pola makan yang teratur serta mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi tinggi.
2. Menjaga barang bawaan
Salah satu hal yang paling penting saat berlibur adalah memastikan bahwa barang bawaan anda aman dan sesuai dengan barang yang seharusnya anda bawa. Jangan lengah dan jangan sampai kehilangan barang-barang tersebut.
3. Membuat jadwal kegiatan
Jadwal kegiatan penting untuk dibuat agar ketika sampai di kota yang ingin kamu kunjungi, kamu tidak bingung lagi. Kamu hanya perlu mengikuti jadwal yang sudah kamu buat sebelumnya, dengan begitu waktu yang dikeluarkan juga menjadi lebih efisien.
4. Datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan
Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya keterlambatan. Kebiasaan seseorang yang memepetkan waktu dapat menyebabkan terjadinya kerugian seperti buget membengkak, waktu perjalanan yang terbuang sia-sia atau bahkan tidak disukai orang lain.
Itulah beberapa informasi dan destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi apabila berada di Kepulauan Mentawai. Sebagai pengunjung, hendaknya kita tetap menjaga kebersihan tempat wisata yang kita kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Check Also

spot instagramable seminyak bali

Berburu Tempat Instagrammable Di Seminyak Dan Ubud Bali

Seminyak Bali adalah salah satu destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi. Seminyak merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *