Home / Bali / Kolam Pemandian Air Panas Yang Tak Kalah Dengan Wisata Pantai Di Bali
Kolam Pemandian Air Panas Yang Tak Kalah Dengan Wisata Pantai Di Bali

Kolam Pemandian Air Panas Yang Tak Kalah Dengan Wisata Pantai Di Bali

Liburan ke Pulau Dewata menjadi salah satu pilihan yang sering dijadikan sebagai untuk mengisi liburan akhir tahun yang sudah pasti bisa dibuat akan meningkatkan jumlah wisatawan yang datang menjelang akhir tahun. Pantai memang identik dengan pulau Bali, tetapi jika anda merasa bosan dengan wisata pantai anda dapat memilih alternatif pemandian air panas di Tabanan yang tentunya  sangat menenangkan pikiran Anda, apalagi sambil menikmati pemandangan alam seperti gunung. Berikut ini adalah wisata pemandian air panas yang ada di pulau Bali yang dapat anda jadikan alternatif untuk menikmati liburan akhir tahun Anda.

 

Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan

Pulau Bali juga memiliki banyak pemandian air panas serta sumber air panas yang memiliki sumber air dari daerah pegunungan gunung berapi, bukan air panas yang menggunakan mesin pemanas. Air panas yang berasal dari pegunungan yang  mengandung mineral seperti belerang yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan serta untuk meremajakan kulit Anda, juga dapat menghilangkan bekas memar pada kulit, manfaat lainnya adalah membantu pemulihan rematik dan juga sebagai relaksasi guna menenangkan pikiran.

Pemandian air panas Penatahan berlokasi di tepi sungai di sebuah desa yang bernama Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, warga sekitar juga lebih mengenal tempat pemandian air panas ini sebagai Pemandian Yeh Panes. Untuk menuju ke pemandian air panas ini cukup mudah, karena di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan penunjuk jalan untuk menuju lokasi, apalagi di zaman modern ini telah ada GPS pada gadget kesayangan Anda yang juga dapat membantu menemukan lokasi air panas Penatahan ini.

Berada di pemandian air panas Penatahan Tabanan akan  di suguhkan pemandangan sawah serta hutan yang masih Asri, yang membuat udara di sekitar pemandian air panas menjadi sangat sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan. Sumber air panas di tempat ini berasal dari sebuah pura yang bernama Pura Yeh Panes. Keunikan lain yang dimiliki oleh pemandian air panas Penatahan adalah desainnya yang sangat unik, karena mirip sekali dengan konsep spa dengan kolam private. Anda dapat menemukan 8 kolam  di bagian atas dan juga di bagian bawah yang masing-masing tersedia sebuah meja yang berfungsi untuk menaruh barang, ada juga pancuran air panas yang berada di sudut kolam. Sedangkan 4 kolam private air panas yang di bagian bawah memiliki tembok bambu.

Anda dapat menemukan tiga kolam umum di ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort yang dapat menjadi pilihan anda,

  • Kolam pertama lokasinya paling dekat dengan pinggir sungai dengan ukuran terkecil dengan suhu air dingin dan juga dikelilingi batu besar. Kolam ini termasuk kolam favorit karena dapat berendam sambil melihat pemandangan di sungai.
  • Pada kolam kedua memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kolam pertama dan juga memiliki suhu air panas. Terdapat juga Pancuran bambu dengan suhu air sekitar 38 – 40 derajat Celcius
  • Kolam 3 lokasinya di atas dan memiliki luas terbesar dibandingkan kolam yang pertama dan yang kedua, suhu airnya pun cukup hangat dengan kedalaman kolam sekitar 1 meter yang menjadi alternatif untuk bermain anak-anak.
Baca Juga :  Inilah Curug Terindah Yang Ada Di Bogor Jawa Barat

 

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Toya Bungkah adalah sebuah nama pemandian air panas Kintamani yang dikenal dengan nama Batur Natural Hot Spring. Toya Bungkah berasal dari kata toya dan bungkah yang artinya adalah bongkahan batu yang menjadi sumber air panas dengan kedalaman 632 m dari permukaan tanah dengan suhu sekitar 50 derajat celcius. Suhu air 50 derajat celcius memang sangat panas untuk di buat mandi,tetapi saat dialirkan ke kolam pemandian suhu akan turun menjadi sekitar 37 – 40 derajat celcius karena daerah pemandian terletak di kawasan pegunungan yang memiliki suhu sangat sejuk. Air panas di tempat ini bersumber dari mata air tanah tanpa mengalami pengolahan hingga benar-benar alami. Air panas juga mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tubuh pada umumnya. Ada 4 jenis kolam di pemandian air panas Toya Bungkah, antara lain,

  • Kolam air panas untuk anak-anak
  • Natural Therapy Hot Spring Water yang khusus untuk terapi air panas dengan tampungan air panas bersuhu 38 – 50 derajat Celcius
  • Kolam untuk berendam sambil berjemur di bawah sinar matahari
  • Kolam khusus untuk berenang

Pemandian air panas Toya Bungkah sangat unik dengan letaknya yang berada di pinggir jalan danau Batur, jadi saat Anda ke sana anda akan berenang sambil menikmati pemandangan Danau Batur Kintamani. Di tempat ini Anda tidak akan menemukan kolam air panas alami saja, tetapi letaknya yang tak jauh dari Danau Batur  anda dapat menikmati keindahan alam Danau Batur secara langsung terutama pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Selain pemandangan dan anda  juga dapat menikmati pemandangan di area perbukitan hijau lokasi desa Cibunian dikenal sebagai desa wisata karena adat istiadat penguburan mayat yang berbeda.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan selama berada di objek wisata Toya bungkah. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Batur yang berdiri kokoh di depan mata, Anda juga dapat menyaksikan agrowisata sayur mayur yang ada di tepi danau Batur, tersedia juga tempat penyewaan alat pancing dan dapat memancing dengan bebas di tepi danau dan juga ada penyewaan perahu untuk menuju ke objek wisata Desa Trunyan.

Wisatawan banyak menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk berlibur dan menenangkan pikiran, pengelola terus meningkatkan pembangunan fasilitas pemandian dilakukan demi kenyamanan pengunjung seperti, tersedianya restoran, pool bar, toilet,  ruang ganti baju dan gazebo.

Baca Juga :  Serunya Berlibur Di Kawasan Wisata Kintamani Bali

 

Pemandian Air Panas Angseri Tabanan

Pemandian Air Panas Angseri Tabanan

Letak pemandian air panas angseri ada di Kabupaten Tabanan, tetapi belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Pemandian air panas alami yang saling memiliki keunikan dengan bangunannya yang menyatu dengan alam semesta sehingga sangatlah wajar jika objek wisata alam air panas Angseri dijadikan tempat destinasi wisata pilihan di Pulau Bali.

Objek wisata ini dibangun pada tahun 2007 dengan desain yang sedikit berbeda dengan objek wisata lainnya, yaitu terdapat desain kebun yang sangat tertata rapi yang ditumbuhi pohon kelapa, pohon pakis serta tatanan rumput hijau yang elok, serta sebuah area sawah yang terlihat dari kolam air panas Angseri. Pemandian air panas alami Angseri memiliki ruang privasi untuk berendam di kolam air panas yang di batasi tembok bambu, sehingga tidak akan terlihat orang dari luar. Fasilitas yang tersedia di sini juga dilengkapi dengan ruang ganti, toilet, kantin dan juga restoran. Lokasi kolam air panas Angseri berada di desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Untuk transportasi menuju lokasi pemandian air panas belum cukup memadai, sehingga sebagian besar wisatawan yang ingin menuju ke kebun menggunakan menggunakan kendaraan pribadi.

Check Also

Pantai Kuala Raja 2

Sayang Banget Dilewatkan! 7 Tempat Wisata di Bireuen yang Menyimpan Keindahan Tersembunyi

Membahas mengenai wisata Aceh memang tidak akan ada habisnya karena Aceh memang menyimpan wisata yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *