Home / Kalimantan Barat / Jelajah Kuliner Di Kalimantan Barat
Pesona Pontianak
pegipegi.com

Jelajah Kuliner Di Kalimantan Barat

Berwisata  bukan  berarti  hanya  menjelajahi  tempat  tempat  wisata  di  suatu  daerah,  kamu  juga  harus memasukkan wisata kuliner ke dalam agenda wisatamu untuk menambah rasa kuliner mu. Termasuk di Kalimantan  Barat  yang  sudah pasti  juga  memiliki  kuliner  kuliner  khas  daerah  mereka.  Seperti  berikut  ini adalah beberapa makanan khas Kalimantan Barat yang wajib kamu coba.

 

Bubur Pedas
foodnesia.net

1. Bubur Pedas

Bubur  yang  satu  ini  untuk  masalah  penampilan  memang  kurang  menarik,  dan  kebanyakan  orang  yang belum pernah mencicipi bubur ini mungkin hanya melihat tanpa ada niat untuk mencobanya. Tetapi jika orang yang sudah pernah mencicipi bubur ini, sudah pasti orang tersebut pasti akan ketagihan. Kuliner yang memiliki nama asli bubbor paddas ini sebenarnya tidak memiliki cita rasa pedas, karena nama tersebut hanya sebuah perumpamaan dimana di bubur tersebut terdapat berbagai macam sayuran dan rempah  rempah  yang  membuat  bubur  tersebut  menjadi  nikmat.

Di  dalam  bubur  ini  terdapat  beberapa sayuran seperti kangkung,daun kunyi, daun pakis, jagung yang sudah disisir dan daun kesum.Untuk rempah yang terkandung di dalam bubur ini antara lain bawang merah, bawang putih, lada hitam, daun salam, tulang dan tetelan sapi yang dimasak bersama kaldu sapi hingga matang. Bagaimana? Apakah kam tertarik untuk mencobanya!

 

Bakmi Keriting
kuliner.ilmci.com

2. Bakmi Keriting

Siapa yang tak kenal dengan bakmi keriting, tentu semua akrab dengan makanan yang satu ini. Namun di Kalimantan Barat ada yang berbeda pada bakmi keritingnya yaitu bakmi di daerah ini dilengkapi dengan sawi, potongan daging ayam dan daging kepiting. Penampilannya sangat menarik dan membuat siapa saja ingin mencicipinya.

Bakmi keriting di Kalimantan Barat ini bernuansa seafood dengan rasanya yang gurih. Mie yang digunakan adalah mie yang berukuran kecil dengan tekstur yang cukup kenyaldengan hasil rasa asin dan gurih. Bakmi keriting  bisa  dikatakan  sebagai  makanan  wajib,  jadi  kamu  tak  akan  susah  untuk  menemukan  pedagang bakmi keriting.

 

Sotong Pangkong
panoramaindonesiaku.files.wordpress.com

3. Sotong Pangkong

Sotong  pangkong  adalah  makanan  yang  banyak di  temui  saat  bulan  Ramadhan  tiba.  Sotong  pangkong adalah  kuliner  yang  terbuat  dari sotong  atau  cumi  yang  sebelumnya telah  dikeringkan  lalu dibakar  dan dipukul  pukul  mengguanakan  palu,  kemudia  disajikan  bersama  kuah  sambal  kacang.  Akan  lebih  nikmat jika kamu tambahkan saus cabai dan cuka.

Perpaduan rasa manis, asin dan pedas ini membuat bumbu kacang dan ebi menjadi pas di santap bersama sotong pangkong, dan cara menikmatinya adalah menyiramkan bumbu kacang ke atas sotong. Diamkan sesaat agar bumbu meresap  dan ikan sotong mengembang. Ikan sotong ini sangat lembut, jadi kamu bisa memotongnya hanya dengan menggunakan tangan. Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat lengkap, sehingga kamu tak boleh melewatkan untuk mencicipi sotong pangkong.

 

Pengkang
febrinaamel.files.wordpress.com

4. Pengkang

Makanan  khas  dari  Kalimantan  Barat  yang  juga  harus  kamu  cicipi  adalah  pengkang.  Pengkang  dibuat dengan  bahan  dasar  berupa  beras  ketan  atau  warga  setempat  menyebutnya  dengan  beras  pulut. Makanan ini hampir mirip dengan lemper, hanya saja pengkang berisi udang kering atau ebi,sedangkan lemper biasanya berisikan abon atau potongan ayam. Kamu bisa mendapatkan pengkang dengan mudah di  daerah  peniti  atau  Jalan  Raya  Pontianak  Sungai  Pinyuh.  Cara  memasak  menggunakan  teknik  dibakar dan akan terasa nikmat jika disajikan bersama sambal kepah.

 

Burung Punai
indonesiatraveler.id

5. Burung Punai

Burung  punai  juga  termasuk  makanan  khas  dari  Kalimantan  Barat  yang  penampilannya  mirip  seperti burung dara atau burung merpati. Burung punai memiliki bulu berwarna dengan paruh yang kemerahan. Burung punai  dapat  dengan  mudah  kamu  temukan  di  kawasan  Kalimantan  Barat  dan  biasanya  hidup secara berkelompok,sehingga cukup mudah untuk berburu burung yang satu ini.

Burung  punai dapat  dijadikan menu yang  cukup  beragam,  hanya  saja kebanyakan  di  tempat  ini  burung punai dimasak  dengan  cara  digoreng  atau  dibakar.  Sebagai  pelengkap  menikmati  ini  biasanya  akan disantap  bersama  nasi  hangat,lalapan  dan  sambal.  Daging  burung  yang  empuk  ini  memiliki  rasa  yang gurih,apalagi  ditambahkan  dalam  bumbu  bumbu tertentu  yang membuat  makanan  ini  sangat  nikmat disantap terutama pada malam hari.

 

Lek Tau Suan
titozheng.files.wordpress.com

6. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah butiran mutiara kacang hijau, dan nama ini sepadan dengan penampilan kuliner yang satu ini yaitu kacang hijau yang berkilauan. Lek tau sanadalah kacang  hijau  yang  sudah  dikupas  dan  kemudian  dimasak  menggunakan  kuah  kental  yang  bening.  Kuah kental berwarna bening tersebut terbuat dari tepung tapioka yang dicampur kan dengan gula dan daun pandan. Untuk menyajikan kuliner ini biasanya akan dilengkapi bersama cakwe dan sangat pas disantap saat malam hari atau pada saat suasana dingin.

 

Kwe Kia Teng
haipedia.com

7. Kwe Kia Teng

Jika kamu seorang muslim sebaiknya tidak mengkonsumsi kuliner yang satu ini,karena terkandung daging babi  di  dalamnya.  Makanan  ini  bentuknya  mirip  seperti  bakso,  untuk  menikmati  kamu  juga  bisa menggunakan telur puyuh,daging,usus dan kulit babi yang disiram dengan kuah kaldu spesial. Untuk kwe kia theng bentuknya lebih miripkwetiau dengan kuah kaldu serta toping kulit daging babi ditambah telur matang berwarna coklat.

 

Sagu Gunting
i.pinimg.com

8. Sagu Gunting

Sagu gunting adalah jajanan minuman es khas dari kota Pontianak yang berbahan dasar tepung beras dan tepung  kanji  yang  kemudian  dipotong  tipis  hingga  berbentuk  mirip  mi.  Sajian  ini biasanya  disajikan bersama ketan hitam,kacang merah, mutiara dan juga bongko. Sangat mudah untuk mendapatkan kuliner yang satu ini,karena sering dijajakan oleh pedagang kaki lima.

 

Bubur Ikan
pdbifiles.nos.jkt-1.neo.id

9. Bubur Ikan

Bubur  ikanmerupakan  makanan  khas  Tionghua yang  ada  di  Pontianak.  Bubur  ikan  adalah  kuliner  yang berbahan dasar bubur dengan tekstur yang agak kerasserta tidak lembut. Nasi biasanya diambil jadi rice cocker yang direbus kembali dengan kuah kaldu yang disajikan bersama potongan ikan kakap putih yang memiliki kadar daging yang cukup tinggi.

 

Kue Kantong Semar
instagram.fbpn2-1.fna.fbcdn.net

10. Kue Kantong Semar

Kue  ini  memiliki  nama  yang  cukup  unik,karena  memang  bentuknya  yang  seperti  kulit  membungkus makanan. Kue kantong semar berasal dari pedalaman dan pesisir Kalimantan Barat. Tumbuhan kantong semar  dijadikan  wadah  adonan  beras  ketan  yang  dicampur  dengan  kacang  merah  yang  telah  dikukus. Tanaman kantong  semar merupakan jenis  tanaman yang dilindungi, namun  pemerintah  tidak melarang menggunakan  bahan  kulit  tersebut  sebagai  kuliner  agar  kuliner  khasbudaya  adatsetempat  tetap dilestarikan.

 

Bingka
1.bp.blogspot.com

11. Bingka

Kue bingka adalah kue yang berbahan dasr tepung terigu, telur dan santan. Bahan bahan yang digunakan sangat  mirip  dengan  kue  lumpur,  tak  heran  jika  kue  ini  memiliki  tekstur  yang  sangat  lembut  dan  juga manis. Kue ini bisa menjadi teman minum teh di pagi hari.

 

Chai Kwe
makanabis.com

12. Chai Kwe

Kebanyakan  kuliner  khas  Pontianak  erat  hubungannya  dengan  budaya  Tionghua  yang  merupakan  hasil akulturasi  budaya  termasuk  kue  chai  kwe.  Chai  kwe  adalah  makanan  yang  berisi  tumisan  sayur  keladi, kucai, bengkoang hingga rebung yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka.

 

Lemang
blue.kumparan.com

13. Lemang

Lemang  adalah  makanan  yang  terbuat  dari  campuran  beras  ketan  yang  dicampur  santan  kental  yang kemudian  dimasak dalam  seruas  bambu  dengan cara dibakar.  Biasanya  makanan ini  wajib hadir  di  saat pesta pesta adat, dan dikombinasikan dengan rendang, telur asin dan lain lain.

 

Itulah  beberapa  makanan  khas  yang  bisa  kamu  jumpai  di  Kalimantan  Barat.  Selain  wisatanya  yang melimpah,  teryata  Kalimantan  Barat  juga  kaya  akan  wisata  kuliner.  Tetapi  bagi  kamu  yang  beragama muslim,  sebaiknya  bertanya  sebelum  memakan  kuliner  yang  akan  disantap,  karena  ada  beberapa makanan yang mengandung daging babi. Selamat berwisata kuliner!

Check Also

tempat makan murah di Bandung

Kuliner Murah Di Kota Kembang Yang Dapat Mengenyangkan

Berlibur  ke  Kota  besar  seperti  Jakarta  dan  Bandung  tentu  banyak  yang  berpikir  akan  mengeluarkan budget  …