Jelajah Kuliner Jogja Yang Murah Meriah Namun Rasa Tidak Murahan

25 Jelajah Kuliner Jogja Yang Murah Meriah Namun Rasa Tidak Murahan

Selain menjelajahi sebuah tempat wisata, mencoba kuliner di tempat wisata tersebut menjadi tujuan yang kedua sekaligus untuk menggantikan tenaga setelah berkeliling mengarungi tempat wisata. Jogjakarta selain memiliki destinasi wisata yang menakjubkan, tetapi juga memilki wisata kuliner yang wajib untuk dicicipi.

Untuk urusan makan, di Jogja tidak harus memilki budget yang besar untuk mendapatkan makanan yang lezat. Makanan di Jogja sangat murah meriah dan rasa yang disajikan tidak murahan. Berikut ini daftar tempat makan di Jogja yang enak, dengan harga yang murah meriah dan wajib kamu coba.

 

  1. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Di ayam goreng Mbah Cemplung, kamu akan dimanjakan dengan berbagai menu olahan ayam goreng kampung, dengan daging yang ditawarkan pun sangat empuk dan gurih. Jika kamu pecinta ayam goreng kampung, maka tempat ini wajib kamu kunjungi. Diberi nama ayam goreng Mbah Cemplung karena pemilik warung makan ini adalah seorang nenek yang berasal dari kampung Cemplung. Alamat Ayam Goreng Mbah Cemplung berada di Sendang Semanggi, RT 05, Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Harga yang dibanderol di tempat makan ini cukup murah, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 45.000. Warung makan ini akan memulai membuka lapaknya pada pukul 08.00 hingga 19.00 WIB.

 

Gudeg Pawon

  1. Gudeg Pawon

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib dicicipi, apalagi jika menikmatinya langsung di dapurnya. Keunikan tersebut ada di Gudeg Pawon di mana kamu menyantap Gudeg Pawon langsung di dapur tak jauh dari tungku perapian. Untuk dapat menikmati satu porsi Gudeg Pawon ini, kamu juga harus berjuang untuk bisa menembus desakan orang yang ada di dapur yang juga ingin menikmati gudeg tersebut. Tak heran jika tempat ini selalu dipadati pengunjung, meskipun tempat makan ini sangat sederhana karena rasanya yang lezat yang mampu menggoyang lidah. Harga yang ditawarkan juga cukup murah yaitu mulai dari Rp 7.000 – Rp 5.000. Gudeg Pawon berada di Jalan Janturan UH/IV, nomor 36, Umbulharjo, Warungboto.

 

Brongkos Bu Padmo

  1. Brongkos Bu Padmo

Brongkos adalah salah satu makanan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX. Salah satu brongkos yang terkenal adalah Brongkos Bu Padma yang terletak tak jauh dari alun-alun selatan Jogja. Kamu dapat menikmati brongkos dengan berbagai macam isi seperti daging, telur dan telur bebek. Brongkos Bu Padma berada di Jalan Magelang, Nomor 12, Margorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Harga yang ditawarkan juga cukup ramah yaitu kisaran Rp10.000 – 15.000, lampaknya akan mulai dibuka pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

 

Soto Kadipiro

  1. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro adalah salah satu tempat makan yang ada di Jogja dan tidak asing lagi bahkan soto ini telah memiliki beberapa cabang untuk memudahkan pelanggan mencari keberadaan soto Kadipiro, namun kamu foto yang pertama adalah Warung Soto yang terletak di Jalan Wates Nomor 33. Di tempat ini tersedia menu soto ayam yang dicampur kan dengan kol toge bawang goreng dan seledri, kamu juga dapat menambahkan beberapa lauk seperti perkedel sate usus satu telur puyuh tempe dan tahu bacem ke dalam soto sesuai selera kamu. Dengan bandrol harga Rp21.000 kamu akan mendapatkan rasa yang sangat lezat dan suka ditunggu mulai dibuka pada pukul 7 Hingga 21.

 

kedai poci

  1. Kedai Poci

Kedai poci adalah tempat makan dengan beragam menu seperti nasi goreng capcay berbagai macam sate seperti sate usus sapi telur puyuh dan menu lainnya. Sesuai dengan namanya minuman yang sering dipesan di tempat ini adalah minuman teh yang diseduh di dalam sebuah poci, lesehan membuat pengunjung benar-benar berada di pedesaan, tak heran jika banyak pengunjung yang betah berada di tempat ini. Berada di Jalan Boyong Dusun Kaliurang Barat Desa hargobinangun Pakem, patokan harga pun sangat murah yaitu mulai dari Rp4.000. Kedai Puji juga buka 24 jam, jika pada saat-saat tertentu kamu merasa lapar di tengah malam maka datang saja ke kedai poci.

 

mangut lele mbah marto

  1. Mangut Lele Mbah Marto

Tempat rekomendasi berikutnya adalah warung makan Mangut Lele Mbah Marto yang menyediakan rasa mangut lele yang pedas dan juga gurih yang membuat siapa pun tergugah seleranya dan ingin kembali untuk makan di tempat ini. Mangut lele Mbah Marto memiliki ciri khas berupa santan kuah kuning dengan sensasi pedas dan gurih. Di tempat ini juga tersedia lele asap, lele bakar, lele goreng dan beberapa menu lainnya. Kamu bisa datang ke Sewon Panggungharjo, Bantul, Jogjakarta, dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 25.000. Untuk bisa mencoba menu ini, kamu bisa datang mulai pukul 11.00 hingga pukul 16.00 WIB.

 

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

  1. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Bagi kamu penggemar masakan pedas, maka kamu harus mencoba ke tempat yang satu ini yaitu oseng-oseng mercon Bu Narti. Oseng-oseng mercon adalah masakan yang paling populer di Jogja, karena memiliki rasa pedas yang mampu membuat lidahmu terbakar, oleh sebab itu masakan ini disebut dengan oseng-oseng mercon. Oseng-oseng mercon menjadi salah satu tempat kuliner yang ada di kawasan Malioboro, jika kamu belum memiliki pengalaman memakan menu yang satu ini, sebaiknya siapkan air mineral untuk membantu meredakan rasa pedas. Oseng-oseng mercon Bu Narti beralamat di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Ngampilan, kota Yogyakarta yang dijual dengan harga Rp 20.000 dan lapaknya akan mulai dibuka pada pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.

 

Gudeg Yu Djum

  1. Gudeg Yu Djum

Gudeg merupakan kuliner yang ada di Jogja bahkan menjadi ikon kota Jogja, kamu akan mudah mendapatkan gudeg mulai dari pertama kamu menginjakkan kaki di Jogja, namun gudeg yang paling populer adalah gudeg Yu Djum. Kelebihan gedeg Yu Djum adalah kamu dapat menggunakan jasa delivery yang disediakan di rumah makan ini jika kamu enggan untuk keluar rumah. Gudeg Yu Djum tersedia beberapa menu serba gudeg seperti gudeg kering, gudeg Kendil, gudeg basah dan gudeg lainnya, dan jangan lupa untuk menambahkan sambal krecek sebagai teman makan gudeg. Gudeg Yu Djum berada di Jalan Wijilan, Panembahan, Kraton, Panembahan, Yogyakarta, dibanderol mulai harga Rp 10.000 dan yang termahal Rp 285.000. Jam buka tempat makan ini dimulai dari pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB.

 

Jadah Tempe Mbah Carik

  1. Jadah Tempe Mbah Carik

Jika dilihat dari namanya sedikit unik, namun menu makanan ini adalah menu makanan yang populer di Jogjakarta. Meskipun menu makanan ini sangat sederhana, namun makanan ini sangat digemari oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX. Jadah tempe memiliki rasa yang kenyal, gurih serta manis karena didapatkan dari tempenya. Jadah tempa Mbah Carik adalah  salah satu tempat kuliner yang terpopuler yang lokasinya berada di Jalan Kaliurang, tak jauh dari kaki gunung Merapi. Harganya pun cukup murah yaitu mulai dari Rp 10.000, dan lapaknya akan mulai dibuka pada pukul  08.00 hingga 18.00 WIB.

 

Nasi Goreng Beringharjo

  1. Nasi Goreng Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah salah satu tempat tujuan wisata yang selalu dipadati oleh pengunjung, di mana di Pasar Beringharjo terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan barang seperti pakaian, sepatu tas, bahan masakan dan berbagai macam kuliner. Salah satu kuliner yang bisa ditemukan di tempat ini dan cukup legendaris adalah nasi goreng Beringharjo. Nasi goreng Beringharjo sudah berdiri sejak tahun 1960, sudah cukup lama namun nasi goreng ini tetap memiliki cita rasa yang sama seperti dulu. Lezat dan gurih adalah ciri khas nasi goreng Beringharjo, jadi tak heran jika tempat makan ini masih memiliki penggemar setia bahkan dari waktu ke waktu terus bertambah. Menu lain selain nasi goreng adalah bihun goreng atau bakmi goreng yang juga rasanya selezat nasi goreng legendarisnya. Nasi goreng Beringharjo berada di Jalan Mayor Suryotomo, nomor 7, Gondomanan, Yogyakarta dengan harga mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Lapaknya akan mulai dibuka pada pukul 19.00 hingga dagangannya habis.

 

Sate Klathak Pak Pong

  1. Sate Klathak Pak Pong

Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang biasanya ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari bahan bambu, namun ada yang berbeda dengan sate klathak Pak Pong yaitu sate klatak di tusuk menggunakan jeruji besi. Jeruji besi menjadi penyalur panas, sehingga daging sate yang tidak terkena bara api tetap akan matang hingga ke bagian dalam. Selain sate klatak, di tempat ini juga tersedia menu olahan lain yang berbahan daging kambing seperti gulai, tongseng, tengkleng dan menu lainnya. Sate klathak Pak Pong berada di Jalan Imogiri Timur, Wonokromo, Pleret, Bantul dan dijual mulai harga Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Lapak sate klathak Pak Pong mulai dibuka pukul 08.30 hingga 23.00 WIB.

 

Bong Kopitown

  1. Bong Kopitown

Tempat makan yang satu ini sedikit unik, karena kamu akan merasakan bagaimana makan di dalam penjara, tetapi bukan dipenjara sungguhan karena kesannya saja yang unik dan akan memberikan pengalaman baru buatmu. Keunikan lainnya terdapat pada buku menu, jika pada umumnya menu katalog berupa buku, namun ditempat ini menu katalognya berbentuk seperti koran. Penyajiannya juga cukup unik yaitu menggunakan piring seng layaknya di penjara, namun menu yang disediakan cukup modern seperti penang fried noodle, chicken atau beef rice claypot serta Singapore laksa noodle dengan minuman andalan teh tarik. Tempat makan ini berada di Jalan Sagan Kidul, No 4 Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 35.000. Dan membuka lapak tempat makan ini adalah pukul 10.00 hingga 24.00 WIB.

 

Kastil Mang Engking

  1. Kastil Mang Engking

Kastil Mang Engking adalah tempat makan yang semua menunya berbahan di seafood, kamu dapat  menikmati berbagai macam olahan seafood mulai dari kepiting, udang dan ikan bakar. Keunikan lain di tempat ini adalah adanya kastil di dalam restoran ini. Kastil ini dibangun layaknya kastil kerajaan, sehingga kamu akan merasa seperti menjadi raja meskipun hanya 1 hari. Selain kastil, restoran ini juga menyediakan tempat makan yang berada di luar ruangan seperti Pondok Bambu yang dibangun diatas kolam ikan, sehingga kamu dapat melihat secara langsung ikan-ikan yang pada saat-saat tertentu muncul ke permukaan meskipun hanya sesaat. Penasaran dengan restoran ini, datang saja ke Jalan Soragan, nomor 13, Daerah Istimewa Yogyakarta dan harga yang ditawarkan juga cukup murah mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 85.000. Restoran ini mulai melayani pengunjung pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Baca Juga :  Inilah Tempat Paling Hits Di Jogjakarta Untuk Berburu Buah Tangan

 

Pondok Makan Pelem Golek

  1. Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek menawarkan sensasi makan bernuansa alam, di mana kamu dapat menikmati lantunan suara gemercik air terjun beserta nyanyian kicauan burung yang merdu. Rumah makan ini terletak tepat di pinggir sungai yang sangat bersih dan airnya juga sangat bening. Menu yang ditawarkan di tempat ini adalah gurameh tabur permata, udang saus lada hitam dan menu-menu lainnya. Menu yang tersedia di restoran ini sebagian besar adalah seafood. Jika penasaran dengan restoran ini, datang saja ke Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 7, Sendangdadi, Mlati, Sleman dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 73.000. Restoran ini akan membuka pelayanan mulai pukul 10.00 hingga 22.30 WIB.

 

Roaster and Bear

  1. Roaster and Bear

Roster and Bear adalah sebuah Cafe yang pada dindingnya dihiasi gambar ayam dan beruang. Cafe ini memang masih baru, namun menu yang disiapkan patut untuk dicoba seperti pizza, carbonara dan dessert yang terkenal enak dan menyegarkan. Untuk mencicipinya kamu dapat datang ke Jalan Margo Utomo, nomor 52, Gowongan Jetis, Yogyakarta, harga yang ditawarkan juga cukup murah yaitu Rp 12.000 hingga Rp 55.000, dan lapaknya akan mulai dibuka pukul 07.00 hingga  23. 45 WIB.

 

  1. Sawa Steaks and Grills

Sesuai dengan namanya, di restoran yang satu ini menyediakan makanan steak yang dipadukan dengan nuansa alam yang indah, sehingga tercipta keunikan tersendiri. Keunikan tersebut nampak jelas pada desain interior yang mengangkat konsep pedesaan Jogja dan Bali. Di tempat ini adalah menu-menu yang berbau Western seperti pasta, spaghetti, chicken teriyaki, tempura dan steak. Yang populer di tempat ini adalah prime sirloin. Alamat restoran ini berada di Jalan Damai Mudal Sariharjo, Ngaglik, Sleman dan harganya juga cukup murah mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 300.000 dan dibuka mulai pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

 

Secret Garden Coffee and Chocolate

  1. Secret Garden Coffee and Chocolate

Restoran yang satu ini adalah restoran yang cocok buat kamu yang sedang memadu kasih, karena restoran ini memiliki nuansa romantis. Tempat ini memang belum lama didirikan, namun telah mampu menarik rasa penasaran masyarakat di Jogja. Akan lebih indah jika mengunjungi restoran ini pada malam hari, karena saat malam hari suasana romantis akan semakin terasa apalagi tempat makan ini berada di outdoor dengan hiasan aneka warna lampu sehingga kamu dan pasanganmu semakin dekat. Tempat ini tersedia kopi dan minuman coklat, namun selain itu juga minuman lain. Tersedia jus, mocktail dan lain-lain, sedangkan menu makanan menyediakan steak dan makanan Indonesia serta main course. Secret Garden Coffe and Chocolate beralamat di Jalan Amri Yahya, nomor 3, Gampingan, Wirobrajan, Pakuncen dengan harga mulai Rp 6.000 hingga Rp 29.000. Restorant ini mulai dibuka pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

Indische Koffie Benteng Vredeburg

  1. Indische Koffie Benteng Vredeburg

Bagi kamu penikmat kopi, ada satu wadah yang wajib kamu kunjungi yaitu Indische Koffie Benteng Vredeburg. Selain menikmati nimatnya kopi, di tempat ini kamu juga dapat mengenang sejarah Jogja tempo dulu. Benteng Vredeburg adalah benteng peninggalan Belanda saat penjajah Belanda berada di Jogja. Keunikkan kafe ini adalah suasanan yang berada di dalam benteng dan juga desain interiornya yang juga klasik terlihat sangat elegan. Café ini menyediakan menu ala Eropa seperti sandwich, kentang goreng, milk shake dan lain-lain. Di tempat ini juga menyediakan menu buffet atau prasmanan dengan menu beragam menu pilihan. Jadi, kamu dapat menikmati kuliner disini secara rombongan. Jumlah yang disediakan sebanyak 30 person. Café ini terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani, No.6, Benteng Vredeburg, Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 – Rp 128.000, dan buka pada pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Kalimilk Jogja

  1. Kalimilk Jogja

Kalimilk Jogja sangat di cocok dikunjungi bagi kamu para pecinta susu sapi, dan lokasinya berada di Jakal Km 4,9. Di tempat ini tersedia susu dalam berbagai macam rasa seperti green tea, caramel, Oreo dan rasa lainnya. Selain itu juga tersedia snack yang bisa kamu nikmati seperti sandwich, kentang goreng dan lain-lain. Kalimilk adalah pelopor minuman susu di Jogja, sampai akhirnya hingga sekarang ini banyak kedai minum susu yang tengah membuming di Jogja. Susu yang disediakan di Kalimilk ini tidak akan meninggalkan kesan amis dan eneg. Jika ingin mencoba kamu bisa datang ke Jalan Kaliurang Km 4, 9, Depok, Sleman dengan patokan harga mulai dari Rp 9.000 sampai dengan Rp 15.000 dan buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

 

Nanamia Pizzeria Mozes

  1. Nanamia Pizzeria Mozes

Nanamia Pizzeria Mozes yang terletak tak jauh dari bandara, menyajikan makanan pizza dengan beragam topping pilihan. Namun berbeda dengan pizza pada umumnya, pizza yang biasa di panggang menggunakan oven listrik, di tempat ini justru dipanggang menggunakan oven kayu yang sangat tradisional. Harganya akan ditentukan berdasarkan jenis dan ukuran, dan temapt ini juga melayani delivery service, namun hanya hingga pukul 3 sore saja. Nanamia Pizzeria Mozes berada di Jalan Mozes Gatotkaca, B 9, dengan harga mulai dari Rp 15.000 – Rp 45.000 dan buka mulai pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

 

Bukit Bintang

  1. Bukit Bintang

Kalau ingin mendapatkan pemandangan exotic kota Jogja di malam hari, jawabannya adalah tempat makan Bukit Bintang di mana kamu dapat menikmati santap malam mu dengan bertabur bintang bintang dari atas bukit. Pemandangan gemerlap lampu kota Jogja layaknya seperti bintang, ditambah lagi dengan bintang yang nyata terlihat yang berada di atas langit. Untuk menuju ke Bukit Bintang, kamu harus melewati jalan yang menanjak dan curam jadi kamu harus berhati-hati. Bukit Bintang menyediakan menu seperti jagung bakar, roti bakar, kopi panas, wedang jahe, pecel lele, bajigur, bakso, ayam goreng, ayam bakar dan lain-lain. Penasaran? Datang saja ke Patuk, Kabupaten Gunung Kidul,  harga yang ditawarkan juga cukup murah yaitu mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Tempat makan Bukit Bintang akan mulai dibuka pada pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

 

Sasanti Restaurant and Gallery

  1. Sasanti Restaurant and Gallery

Bagi kamu pecinta seni, kamu wajib mengunjungi restoran yang berada di daerah Palagan karena restoran ini tak hanya menyajikan menu makanan, tetapi juga menyajikan pemandangan karya seni buatan pengrajin Jogjakarta. Menu masakan yang ada di restoran ini dibuat oleh chef dengan taraf internasional. Nuansa seni sudah terlihat dari desain interior di restoran ini yang mengusung dua kebudayaan yaitu Bali dan Jogja. Menu yang tersedia di tempat ini antara lain adalah barbeque ribs, lamb rack, mushroom soup dan lain-lain. Harga juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 17.000 sampai dengan Rp 110.000, restoran ini dibuka pada pukul 11.00 hingga pukul 22.00 WIB.

 

House of Raminten

  1. House of Raminten

House of Raminten juga menjadi restoran yang wajib dikunjungi. Jika dilihat sekilas, restoran ini bernuansa ke barat-baratan tetapi siapa yang menyangka menu yang ditawarkan di restoran ini adalah menu tradisional. Bahkan waiters di restoran ini menggunakan pakaian tradisional yaitu kemben dan jarik. Selain itu di setiap meja tersedia sebuah kentungan, di mana kentungan itu digunakan untuk memanggil pelayan. Menu yang tersedia di tempat ini antara lain adalah bola tahu, wedang sereh, nasi brongkos dan menu-menu lainnya. Restoran ini buka 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja. Untuk mencoba kuliner di Raminten, kamu bisa datang ke Jalan FM Noto 7 Kotabaru Jogjakarta, harga cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 40.000.

 

The Captain Urban Lounge

  1. The Captain Urban Lounge

Tempat makan yang satu ini cukup unik karena adanya bagian kokpit depan pesawat di restoran ini. Untuk masuk ke restoran ini kamu akan melewati pintu yang berupa bagian kokpit pesawat, dan pada bagian dalam restoran terdapat badan pesawat Fokker 28. Di restoran ini juga sering diselenggarakan live musik. Menu makanan yang ditawarkan di The Captain Urban Lounge adalah snack dan kudapan, jadi menunya tidak untuk mengenyangkan perut dan yang menjadi menu andalan adalah nachos dan tacos. Restoran unik ini beralamat di Jalan Damai 41, Daerah Istimewa Jogjakarta, harganya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 40.000. Kamu dapat mengunjungi restoran ini yang buka mulai pukul 17.00 hingga 24.00 WIB.

 

Kimchi Go

  1. Kimchi Go

Kamu pecinta ala-ala Korea, selain gaya kamu juga tentu ingin mencoba menu ala Korea. Kamu wajib mengunjungi tempat ini, karena tempat makan yang satu ini menyediakan menu ala Korea yang mengenyangkan dan menyehatkan. Belakangan ini Korea menjadi hits di tengah-tengah masyarakat Indonesia, terutama para remaja, tak heran jika mereka juga menggemari segala sesuatu yang erta kaitannya dengan Korea, termasuk kulinernya. Selain kimchi kamu juga dapat memesan menu lain khas Korea lainnya seperti bulgogi, ramyeon, tok bok ki dan menu-menu lainnya. Tempat makan ini bisa kamu jumpai di Jalan Magelang km 6 No. 18 Sinduadi, Sleman. Harganya pun cukup ramah yaitu mulai dari Rp 7000 – Rp 89.000, dan mulai me,ayani pelanggan pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Itulah beberapa tempat makan di Jogja yang sangat recommended, dan wajib kamu kunjungi saat kamu berada di Jogjakarta. Jogjakarta memang terkenal dengan kekentalan adat dan budayanya, destinasi wisata yang berlimpah dan kulinernya yang beragam yang mampu menggugah selera siapa saja yang mencicipinya. Jika menjelajah lebih dalam lagi, masih banyak wisata kuliner di Jogja yang wajib dicoba, dari yang berkonsep tradisional hingga modern. Namun yang menjadi ciri khas kuliner Jogja adalah harganya yang sangat murah, tetapi mampu memberikan rasa yang tak kalah seperti restoran yang mahal. Jadi tunggu apalagi, datanglah ke Jogja dan nikmati jelajah kuliner.

Check Also

Wisata Air Panas Ciater, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Barat

Wisata Air Panas Ciater, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Barat

Pemandian air panas Ciater secara administratif masuk ke dalam wilayah kabupaten Subang, namun lokasinya tak …