hidangan khas Bangka Belitung
belitunginparadise.com

Kuliner Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Makanan  khas  menjadi  ciri  khas  masing-masing daerah yang  ada  di  Indonesia,  termasuk kepulauan Bangka Belitung. Selain populer dengan wisata alamnya, pulau Bangka juga memiliki makanan khas yang mampu menggugah  selera siapa  saja  yang  menikmatinya.  Makanan  khas  dari Bangka Belitung  memiliki cita rasa yang unik, banyak makanan khas Bangka Belitung perpaduan antara makanan khas Tionghoa dan Melayu. Berikut ini adalah makanan khas Kepulauan Bangka Belitungyang wajib dicicipi,

 

Sup Gangan
indonesiakaya.com

1. Sup Gangan

Bangka  Belitung  adalah  kawasan  yang  letaknya  tak  jauh  dengan  laut,sehingga  tak  heran  jika  banyak makanan  yang  berbahan  dasar  seafood  termasuk  sup  gangan.  Jenis  makanan  ini  adalah  hidangan  yang berkuah  dan  terbuat  dari olahan  hasil  ikan  laut.  Masyarakat  Bangka  Belitung  sering  menggunakan  ikan tenggiri segar sebagai bahan dasar untuk memasak sup gangan. Bahan  untuk  membuat  sup  ini  adalah  ikan  tenggiri  dicampur  dengan  berbagai  macam  rempah-rempah seperti kunyit,lengkuas,bawang,cabe dan lain-lain. Sup ini memang menggunakan ikan tenggiri,tetapi kamu tidak akan mencium aroma amis pada sup. Sup ini memiliki kuah berwarna kuning dengan rasa yang gurih,pedas dan asam yang menciptakan satu rasa yang unik.

 

Pantiaw
i0.wp.com

2. Pantiaw

Sebagian  makanan  khas  Bangka  Belitung,  sudah tercampur  dengan  budaya  dan  citarasa  Tionghoa, tak heran jika kamu akan menemukan banyak macam olahan mie khas Bangka Belitung, salah satunya adalah pantiaw. Makanan ini berbentuk menyerupai kwetiau yang juga menjadi  makanan khas  dari Tionghoa. Pantiaw adalah makanan berbentuk mie yang berwarna putih yang biasanya dihidangkan bersama kuah bumbu  dan  daging  ikan  di  dalamnya.  Tak  berbeda  dengan  kuetiaw,pantiaw juga  memiliki  sensasi  rasa pedas dan manis, makanan ini juga hadir dengan dua jenis yaitu pantiaw beras dan pantai gandum.

 

Mie Belitung
gastronomyaficionado.files.wordpress.com

3. Mie Belitung

Mie Belitung adalah makanan khas yang berupa mie kuning dicampur dengan kaldu udang. Rempah yang digunakan juga beragam sehingga tak heran jika mie Belitung memiliki rasa yang sangat lezat. Menyantap mie  belitung biasanya  dilengkapi  dengan  timun  dan  kentang  rebus.  Kamu  tak  akan  kesulitan  untuk menemukan penjual mie Belitung, dan penjual mie yang sudah populer adalah mie Belitung Atep karena di  tempat  ini  memiliki  cita  rasa yang  sangat  lezat yang  akan  membuatmu enggan berhenti  untuk menikmatinya apalagi dalam keadaan hangat.

 

Bong Li Piang
i0.wp.com

4. Bong Li Piang

Dilihat dari namanya,makanan ini cukup unik dan seperti makanan khas Tiongkok, meskipun begitu Bong Li Piang merupakan makanan asli dari Bangka. Bong Li Piang adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari  tepung  terigu,  gula  aren,santan  dan  nanas.  Paduan  bahan-bahan tersebut membuat  kue  ini bertekstur lembut dan banyak disukai orang. Bong Li Piang kini memiliki berbagai macam varian rasa, yang tentu sangat cocok dijadikan teman minum teh.

 

Sambal Rusip
4.bp.blogspot.com

5. Sambal Rusip

Bangka Belitung juga memiliki olahan sambal yang khas dan wajib dicoba, Sambal rusip namanya. Sambal rusip terbuat  daribahan  ikan  yang  sudah  di  fermentasi menggunakan  gula  merah dan  garam.  Setelah melewati proses fermentasi,ikan dicampur dengan cabe,bawang merah dan jeruk kunci. Selain rasa pedas, sambal ini juga memiliki cita rasa manis yang mampu menggugah selera siapa saja yang menikmatinya.  Selain  sebagai  cocolan,  sambal  rusip  juga diolah  bersamaan  dengan  sayuran  seperti terong.

 

Soto Ketupat
sahabatnesia.com

6. Soto Ketupat

Soto  juga  menjadi  makanan  khas  Bangka  Belitung  yaitu  soto  ketupat  atau  soto  mie  ketupat.  Soto  khas Bangka  ini  dilengkapi  dengan  potongan  ketupat  dan  mie  kuning  di  dalamnya,sehingga  sering  disebut sebagai soto ketupat. Saat menyanyikan,soto akan dilengkapi dengan kerupuk berwarna merah muda, dan biasanya disajikan pada saat hari besar seperti hari raya Idul Fitri atau momen-momen spesial lainnya.

Baca Juga :  Kuliner Murah Di Kota Kembang Yang Dapat Mengenyangkan

 

Sambal Lingkung
2.bp.blogspot.com

7. Sambal Lingkung

Sambal lingkung  terlihat  seperti serundeng  atau  abon.  Sambal  lingkung terbuat  dari  bahan  ikan  santan kelapa yang sudah dicampur dengan berbagai macam rempah. Biasanya sambel lingkung ada  pada saat momen spesial seperti hari raya idul fitri atau acara-acara lainnya. Selain dinikmati dengan nasi hangat, sambal  lingkung juga  bisa  dijadikan  sebagai  isian  untuk  roti  atau  kue.  Kini  kamu  juga  bisa  menemukan sambal lingkung dalam bentuk kemasan sebagai oleh-oleh dari Bangka Belitung.

 

Belacan
ecs7.tokopedia.net

8. Belacan

Sambal  belacan  khas  Bangka  terbuat  dari  udang  atau  ikan  yang  telah  melalui  proses  fermentasi.  Bagi masyarakat  Jawa  adalah  terasi,  namun  warnanya  lebih  cerah  jika  dibandingkan  dengan  terasi.  Belacan biasanya dijadikan bumbu tambahan dalam mengolah berbagai masakan. Belacan juga bisa kamu jadikan oleh-oleh dan rasakan sensasi masakan dengan tambahan bahan belacan.

 

9. Kecalo

Makanan khas Belitung yang satu ini memiliki nama cukup unikdantidak boleh kamu lewatkan. Kecaloadalah  makanan  khas  yang  terbuat  dari  udang  yang  lagi-lagi telah  melalui  prosesfermentasi.  Proses fermentasi  menggunakan  garam  menciptakan  rasa  asin.  Makanan ini  memiliki  sensasi  pedas  dan  asin. Selain sebagai sambal, kecalo jugacocok dijadikan sebagaicampuran saat menggoreng telur. Jika kamu adalah peminat rasa pedas dan asin,maka kamu wajib mencoba makanan yang satu ini.

 

Martabak Bangka
b.zmtcdn.com

10. Martabak Bangka

Martabak Bangka juga menjadi salah satu makanan ringan khas yang dapat dinikmati. Martabak bangka sudah  sangat  populer,  kan  kamu  juga  dapat  menemukannya  di  daerah  lainyang  biasa  disebut  dengan martabak manis. Populernya  martabak  bangka membuatmu  tak  akan  kesulitan  menemukan  makanan khas  yang  satu ini meskipun  tidak  sedang  berada  di  Bangka  Belitung.  Bagi  masyarakat  Kepulauan  Bangka,martabak  ini disebut dengan hoklopan yang merupakan martabak manis dengan adonan yang cukup tebal. Martabak manis namun tidak meninggalkan rasa gurih, martabak ini juga identik dengan warna kecoklatan.

 

Getas
4.bp.blogspot.com

11. Getas

Makanan ringan yang satu ini juga menjadi makanan khas Bangka Belitung yang berbentuk menyerupai pletak. Getas adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan ikan tenggiri segar, dengan rasa yang gurih membuat  banyak orang  yang jatuh  hati dengan makanan  yang  satu ini. Selain bisa  langsung  dinikmati, getas juga bisa kamu jadikan teman makan nasi atau sajian berkuah lainnya.

 

Kemplang
i1.wp.com

12. Kemplang

Kemplang adalah kerupuk khas Bangka yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri, namun kini juga ada yang terbuat dari cumi-cumi hingga udang. Makanan ini memiliki bentuk bulat dengan ukuran dan tipis. Kerupuk yang satu ini sangat enak jika langsung dinikmati atau kamu hidangkan bersama cocolan sambal, bahkan dapat  menemanimu  untuk makan nasi. Kemplang  juga menjadi oleh-oleh khas  Bangka Belitung yang banyak diborong oleh para wisatawan.

 

Mie Koba
backpackerjakarta.com

13. Mie Koba

Satu lagi olahan mie yang menjadi makanan khas Bangka Belitung dengan rasa yang tidak kalah dengan olahan mie lainnya. Mie Koba disajikan bersama ikan tenggiri, dimana untuk membangkitkan citarasa yang lezat, kuah yang ada di dalam mie koba merupakan kaldu dari ikan tenggiriitu sendiri. Mie Koba biasanya disajikan bersama daun  seledri,bawang  goreng dan telur. Tak lupa tambahan perasan jeruk kunci yang membuatmu mie koba semakin lezat. Mie koba jangan sampai kamu lewatkan jikaberada di Pulau Bangka Belitung.

 

Lakso Bangka
img-global.cpcdn.com

14. Lakso Bangka

Lakso Bangka adalah olahan mie khas Bangka Belitung dengan mie yang berwarna putih. Mie pada laksoBangka terbuat dari  tepung  beras,hanya  saja  langsung lakso Bangka  dilengkapi  dengan  kuah  santan berwarna kuning yang kaya akan rempah-rempah. Tekstur mie laksa sangat kenyal dan enak yang biasa disajikan dengan dilengkapi serpihan daging yang tentu saja dapat menggugah selera penikmatnya.

 

Beragam makanan khas Bangka Belitung yang disebutkan di atas jangan sampai kamu lewatkan saat kamu melakukan perjalanan wisata ke Bangka Belitung. Selamat mencoba!

Check Also

Pesona Pontianak

Jelajah Kuliner Di Kalimantan Barat

Berwisata  bukan  berarti  hanya  menjelajahi  tempat  tempat  wisata  di  suatu  daerah,  kamu  juga  harus memasukkan …