Home / Papua / Menelusuri Air Terjun Kiti-Kiti , Wisata Alam Bahari Di Fakfak Papua
Air Terjun Kiti Kiti

Menelusuri Air Terjun Kiti-Kiti , Wisata Alam Bahari Di Fakfak Papua

Air terjun Kiti-Kiti merupakan air terjun indah yang berada di kota Fak-Fak, Papua Barat. Air terjun Kiti-Kiti mempunyai nama yang cukup unik. Masyarakat setempat menyebutnya air Kiti-Kiti, yaitu air terjun yang  jatuh ke laut. Namun tahukah kamu kalau air terjun ini berbeda dari air  terjun pada umumnya?

Biasanya air terjun mengalir ke sebuah kawah yang ada di bawahnya, tetapi tidak bagi Air Terjun Kiti-Kiti.  Air Terjun Kiti-Kiti mengalir langsung ke laut lepas, mungkin agak mirip dengan pantai jargon yang berlokasi di Yogyakarta. Kamu akan berwisata 2 macam sekaligus yaitu menikmati keindahan air terjun sekaligus menikmati keindahan laut lepas. Kawasan ini dikelilingi banyak hutan hujan tropis, pepohonan yang rindang, pegunungan, serta pantai indah bewarma biru.

Keuinkan dari Air Terjun Kiti-Kiti yaitu saat air laut sedang surut, di bawah air terjun akan terbentuk sebuah pantai. Berbeda saat air laut sedang pasang, air terjun akan terus mengalir tak berbatas. Nah bagi kamu yang ingin berwisata  2 wisata sekaligus, sebaiknya kamu berkunjung saat kondisi air laut sedang surut.  Nah berikut pembahasan lebih lanjut mengenai Air Terjun Kiti-Kiti.

Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Air Terjun Kiti-Kiti

Selain pemandangan alam yang mempesona, pemandangan bawah laut di kawasan Air Terjun Kiti-Kiti juga sangat mempesona lho! Tempat wisata yang satu ini cantik sekali dijadikan latar berfoto, berpose apa pun akan terlihat bagus deh  hasilnya! Selain mendapatkan hasil foto yang bagus, disini kamu bisa menghirup  udara yang segar disertai mendengar suara gemuruh air terjun yang deras.  Di tempat ini kamu bisa melakukan aKitivitas bawah laut seperti diving dan snorkeling. Saat menyelam, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan  terumbu karang warna-warni yang cantik serta beranekaragam jenis ikan berenang bebas disini. Kalau takut menyelam, dengan berenang kamu bisa merasakan sensasi mandi di air laut dan air tawar secara langsung.  Tak hanya itu, kawasan Air Terjun Kiti-Kiti juga menjadi surganya memancing lho! Bagi kamu yang hobi memancing, nggak akan rugi deh memancing di tempat ini. Ada beberapa pulau yang tidak berpenghuni di area ini, sehingga jika kamu ingin bermalam kamu  bisa berkemah  dengan mendirikan tenda bareng teman-teman. Makin ramai jadi tambah seru deh pokoknya!

Akses Menuju Air Terjun Kiti-Kiti

Akses ke wisata Air Terjun Kiti-Kiti memang masih terbatas, karena hanya bisa ditempuh dengan jalur laut. Perjalanan dimulai dari kabupaten FakFak menuju pelabuhan FakFak yang ditempuh dengan jarak 7 km dan memakan waktu sekitar 20 menit. Nah setelah sampai di Pelabuhan Fakfak, kamu bisa melanjutkan perjalanan laut dengan menyewa sebuah speed boat yang akan mengatarmu ke Air Terjun Kiti-Kiti. Namun perlu diketahuhi kalau biaya menyewa speed boat bisa dibilang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 3.500.000. Harga segitu sudah sebanding deh dengan keindahan alam Air Terjun Kiti-Kiti yang akan kamu nikmati nantinya! Oh iya perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu kurang lebih 4 jam an. Tidak perlu khawatir bosan, karena kamu bisa menikmati aneka panorama indah selama perjalananan. Dijamin akan jadi pengalaman liburan yang seru deh! Oh iya hindari melakukan perjalanan saat musim angin timur karena ombak lautnya cenderung deras dan berbahaya.

Baca Juga :  17 Tempat Wisata Populer Tahun 2020 Di Bali

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Kiti-Kiti

Sangat disayangkan karena wisata alam yang begitu memukau ini, mulai dari keindahan alamnya, pesona bawah lautnya hingga keunikan air terjunnya belum mempunyai fasilitas yang memadai layaknya tempat wisata pada umumnya. Kita doakan saja semoga kedepannya pemerintah lebih mengembangkan wisata Air Terjun Kiti-Kiti ini sehingga akses wisatawan ke tempat ini menjadi lebih mudah.

Tips Sebelum Memulai Perjalanan ke Air Terjun Kiti-Kiti

Sebelum memulai perjalanan, jangan lupa siapkan semua keperluan untuk liburan termasuk biaya makanan, biaya transportasi, baju ganti( bila perlu), obat-obatan(bila perlu) dan biaya lainnya. Akan lebih baik jika kamu membawa bekal makanan dari rumah karena di kawasan wisata Air Terjun Kiti-Kiti belum ada warung atau kedai yang menjual makanan dan minuman.

Nah itu dia infomasi seputar wisata Air Terjun Kiti-Kiti, semoga bisa menambah referensi liburanmu saat berkunjung ke Papua.  Oh iya selama berwisata di Air Terjun Kiti-Kiti, usahakan selalu menjaga kelestarian alam sekitar ya!

Check Also

Objek Wisata di Kupang NTT

9 Objek Wisata di Kupang NTT dengan Keindahannya yang Menarik untuk Dikunjungi!

Objek wisata di Kupang NTT tentunya menjadi salah satu hal yang menarik untuk di jelajahi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *