Home / Jawa Tengah / Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!
Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan

Mengunjungi Serta Menikmati Kemegahan Candi Borobudur Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak menarik minat para wisatawan dan tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan terutama pada hari libur.

Candi Borobudur masuk kedalam warisan budaya dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO karena kemegahan arsitekturnya, sejarahnya serta luas wilayahnya.

Mengunjungi wisata bersejarah Candi Borobudur ini tentunya akan memberikan banyak manfaat seperti menambah pengetahuan mengenai salah satu sejarah yang ada di Indonesia sehingga membuat perjalanan selama liburan menjadi lebih bermakna.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi Candi Borobudur, berikut beberapa info mengenai Candi Borobudur yang wajib kamu ketahui seperti dibawah ini.

Lokasi wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Beberapa orang banyak yang mengira bahwa Candi Borobudur terletak di kota Jogja, padahal lokasi Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang tepatnya di kecamatan Borobudur yang berjarak 21 Km dari pusat Kabupaten Magelang.

Rute menuju wisata Candi Borobudur

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Candi Borobudur, berikut beberapa rute yang dapat kamu gunakan untuk mengunjungi candi ini:

  1. Dari kota Jakarta

Bagi para wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Jakarta, kamu dapat       melewati Tol      Cikampek > Palimanan > Pejagan > Pekalongan >    Semarang > Ungaran. Setelah keluar dari Tol Ungaran, kamu dapat       menuju jalur ke arah Bawen >            Ambarawa > Pringsurat > Secang >      Magelang.

  1. Dari kota Surabaya

Bagi para wisatawan yang memulai perjalanan dari Kota Surabaya dapat menuju Koa Mojokerto > Jombang > Ngawi > Sragen > Solo > Klaten >   Jogja > Magelang.

Baca Juga :  11 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Mendaki Di Gunung Tertinggi Di Indonesia, Gunung Jayawijaya

Harga tiket masuk wisata Candi Borobudur

Setiap pengunjung yang ingin memasuki wisata Candi Borobudur diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000 bagi anak-anak (kategori umur 3-10th) dan Rp. 40.000 bagi pengunjung yang berusia diatas 10 tahun bagi wisatawan lokal.

Sedangkan bagi wisatwan asing diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 202.500 bagi anak-anak dan Rp. 337.500 bagi orang dewasa. Untuk pembelian tiket, para pengunjung dapat melakukan transaksi baik secara online maupun on the spot.

Di wisata Candi Borobudur ini, para pengunjung juga dapat mealakukan aktivitas syuting bukan iklan atau prewedding dengan latar candi. Aktivitas ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000.000 sampai dengan Rp. 2.500.000/sesi. Apabila ingin menggunakan fasilitas seperti drone atau ingin berfoto pada bagian candi tertentu, pengunjung tersebut diharuskan membayar biaya tambahan yang sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola Candi Borobudur.

Jam operasional wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur mulai beroperasi mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas yang dapat dilakukan di wisata Candi Borobudur

Terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Candi Borobudur, seperti:

  1. Berkeliling daerah Candi Borobudur dengan menaiki Gajah

Aktivitas pertama yang dapat kamu lakukan di Candi Borobudur adalah berkeliling didaerah Candi Borobudur dengan menaiki gajah yang berada di Taman Lumbini.

Untuk mengelilingi wilayah Candi Borobudur dengan menggunakan gajah-gajah ini, para wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000/orang selama 10 menit. Apabila kamu ingin menaiki gajah ini dengan waktu yang lebih lama, kamu diharuskan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 250.000/orang selama 30 menit sesuai dengan rute yang telah ditentukan. Apabila kamu merasa masih kurang puas berkeliling dengan menaiki gajah-gajah tersebut, kamu dapat berkeliling dengan waktu yang lebih lama lagi yaitu 60 menit dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 500.000/orang dengan rute Candi Borobudur, Lereng Selatan, Jaten, Timur serta Taman Bermain.

Bagi kamu yang merasa takut untuk menaiki gajah-gajah tersebut, kamu dapat berfoto bersama gajah dengan membayar Rp. 10.000/foto. Kamu juga dapat memberi makan gajah-gajah tersebut dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15.000/makanan.

  1. Menikmati pemandangan matahari tenggelam

Salah satu tujuan para pengunjung wisata Candi Borobudur adalah untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam yang dapat dinikmati dari puncak Candi Borobudur.

Dari area Rupadhatu, kamu dapat menikmati pemandangan kota Magelang dan juga kota Jogja dari ketinggian. Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan indah Gunung Merapi dan Merbabu secara jelas dari area ini.

Pemandangan-pemandangan ini akan terlihat lebih indah dan lebih jelas ketika pukul 17.00 WIB atau lebih tepatnya pada saat sunset.

  1. Mengunjungi Desa Wisata

Aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan didaerah wisata Candi Borobudur adalah mengunjungi desa wisata yang terletak kurang lebih 2 sampai 6 Km dari Candi Borobudur, jarak ini tidak terlalu jauh sehingga kamu tidak akan membutuhkan waktu lama untuk sampai di desa wisata tersebut.

Candi Borobudur memiliki 3 desa wisata yang terletak didaerahnya. Ketiga desa itu adalah Desa Tanjungsari, Desa Tegal Arum dan Desa Wanurejo. Ketiga desa ini selalu siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan dengan budayanya yang masih tradisional dan kental yang dilengkapi dengan keadaan alam yang sangat indah dan masih asli.

  1. Melihat koleksi unik di Museum sekitar wisata Candi Borobudur

Didaerah sekitar wisata Candi Borobudur kamu dapat menemukan beberapa museum yang didalamnya menyimpan berbagai macam koleksi unik dan juga kuno. Museum-museum ini dibangun oleh pihak pengelola Candi Borobudur dengan tujuan memuaskan rasa ingin tahu para pengunjung. Beberapa museum yang dapat kamu temukan disekitar wilayah Candi Borobudur adalah museum Samudraraksa, museum Karmawibhangga dan juga GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur).

Di museum Samudraraksa, para pengunjung dapat mempelajari mengenai kehidupan pada zaman dahulu yang dijalani oleh para nenek moyang Indonesia melalui berbagai macam replika peralatan pada zaman dulu serta berbagai macam dokumen yang tersedia.

Di museum Karmawibhangga, para pengunjung dapat mengetahui cerita versi lengkap mengenai relief yang terdapat pada bagian candi Kamadhatu yang sengaja “disensor”.

Sedangkan di GUSBI, para pengunjung dapat melihat serta menikmati berbagai macam barang-barang kuno yang unik, selain itu terdapat film dokumenter mengenai letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi.

Untuk memasuki museum Samudraraksa dan museum Karmawibhangga para pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk, tetapi untuk memasuki GUSBI para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Cukup murah bukan?

Baca Juga :  Menikmati Keindahan Bukit Campuhan Ubud Bali Yang Tersembunyi!

Tips mengunjungi wisata Candi Borobudur

Untuk melancarkan perjalananmu salama mengunjungi wisata Candi Borobudur, berikut beberapa tips yang perlu kamu ketahui:

  • Gunakan alas kaki yang aman dan juga empuk karena medan yang akan dituju cukup menantang. Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang memiliki hak tinggi ataupun sepatu kulit.
  • Membawa payung atau topi untuk melindungi diri dari cuaca panas.
  • Membawa air minum atau minuman ion agar tidak dehidrasi
  • Gunakan pakaian yang sopan dan juga nyaman (disarankan menggunakan pakaian berbahan katun)
  • Sediakan uang tunai terlebih dahulu untuk membayar biaya tiket masuk
  • Menggunakan pemandu wisata untuk memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian yang ada pada Candi Borobudur
  • Disarankan untuk berkunjung pada bulan Juni, Juli atau Agustus karena cuaca pada bulan-bulan tersebut cenderung cerah.
  • Gunakan tabir surya untuk agar kulit tidak terbakar

Itulah tadi beberapa info yang perlu kamu ketahui mengenai wisata Candi Borobudur. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kita kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

waterpark kediri jawa timur

Serunya Bermain Wahana Air Di Kediri Waterpark Jawa Timur!

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terbesar yang berada di wilayah Indonesia. Provinsi Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *