Home / Jawa Timur / Menikmati Keseruan Mengunjungi Kebun Raya Surabaya!

Menikmati Keseruan Mengunjungi Kebun Raya Surabaya!

Kota Surabaya adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota yang satu ini memiliki banyak destinasi wisata mulai dari tempat wisata bersejarah, wisata pantai sampai wisata kulinernya yang sayang banget kalu dilewatkan.

Salah satu tempat wisata di kota Surabaya yang selalu ramai dengan kehadiran wisatawan adalah Kebun Binatang Surabaya. Di kebun binatang ini, kamu dapat melihat berbagai macam binatang-binatang unik yang terdapat didalamnya, selain itu kamu juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang tentunya dapat menambah keseruanmu saat berlibur ke Kota Surabaya.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, berikut beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Lokasi Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya terletak di tengah kota dan berdekatan dengan Terminal Besar Joyoboyo. Kebun binatang ini terletak di Jl. Setail No. 1 Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kebun Binatang Surabaya memiliki total spesies kurang lebih 350 satwa yang berbeda. Selain itu, di kebun binatang ini terdapat kurang lebih 3000 binatang yang dapat kamu lihat ketika mengunjungi tempat wisata ini.

Rute menuju Kebun Binatang Surabaya

Ada banyak rute menuju Kebun Binatang Surabaya yang dapat kamu tempuh, seperti beberapa rute dibawah ini:

  1. Dari Gresik

Dari Kota Gresik kamu dapat menuju Veteran > Romokalisari > Tol          Surabaya – Gresik > Tol Surabaya – Gempol > Exit Gunung Sari > Gunung         Sari > Joyoboyo > Raya Darmo > Setail > Kebun Binatang Surabaya.

  1. Dari Lamongan

Dari Lamongan kamu dapat menuju Duduksampeyan > Bunder > Tol       Surabaya – Gresik > Tol Surabaya > Gempol > Exit Gunung Sari > Gunung        Sari > Joyoboyo > Raya Darmo > Setail > Kebun Binatang Surabaya.

  1. Dari kota Malang

Dari Kota Malang kamu dapat menuju Singosari > Lawang > Purwosari >          Sukorejo > Pandaan > Tol Gempol – Pandaan > Tol Surabaya – Gempol >         Exit Gunung Sari > Gunung Sari > Joyoboyo > Raya Darmo > Setail >                Kebun Binatang Surabaya.

  1. Dari Sidoarjo

Dari Sidoarjo kamu dapat menuju Tol Surabaya – Gempol > Exit Gunung             Sari > Gunung Sari > Joyoboyo > Raya Darmo > Setail > Kebun Binatang     Surabaya.

  1. Dari Mojokerto

Dari Mojokerto kamu dapat menuju Tol Surabaya – Mojokerto > Tol         Surabaya – Gempol > Exit Gunung Sari > Gunung Sari > Joyoboyo > Raya            Darmo > Setail > Kebun Binatang Surabaya.

  1. Dari Kota Semarang

Dari Kota Semarang kamu dapat menuju Tol Semarang terlebih dahulu     kemudian menuju jalu Tol Semarang – Solo > Tol Solo – Kertosono > Tol    Kertosono – Mojokerto > Tol Surabaya – Mojokerto > Tol Surabaya –            Gempol > Exit Gunung Sari > Gunung Sari > Joyoboyo > Raya Darmo >   Setail > Kebun Binatang Surabaya.

Baca Juga :  Wisata Bali Yang Paling Hits Di Kalangan Wisatawan

Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya

Untuk memasuki tempat wisata ini setiap pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang dan juga membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Tetapi, bagi anak-anak yang memiliki tinggi badan dibawah 85 Cm maka tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Tetapi, harga tiket masuk tersebut belum termasuk dengan biaya untuk menaiki unta, gajah, kuda atau menaiki wahana permainan perahu, harga yang ditawarkan untuk menikmati wahana-wahana tersebut cukup bervariasi mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000.

Jam operasional Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya beroperasi setiap hari. Pada hari biasa, tempat wisata ini akan beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan pada saat weekend, kebun binatang ini akan beroperasi mulai pukul 07.30 sampai dengan 16.30 WIB.

Fasilitas di Kebun Binatang Surabaya

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini, kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai tempat wisata yang ada didalamnya karena tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya.

Ditempat wisata ini kamu dapat menemukan beberapa pedagang yang menjual aneka mainan dengan ciri khas Kebun Binatang Surabaya yang dapat kamu temuka di arena bermain anak. Lalu, kamu juga dapat menemukan perpustakaan, stand foto unik, dan juga jembatan pantau.

Para pengunjung juga dapat menaiki binatang binatang di kebun binatang ini seperti kuda atau gajah. Lalu, tempat wisata ini juga memiliki jadwal pemberian makanan pada hewan yang dapat disaksikan oleh pengunjung Kebun Binatang Surabaya.

Lalu, kebun binatang ini juga memiliki jogging track dengan luas jalur mencapai 15 hektar. Dengan kawasan jogging track yang cukup luas ini dapat membuat pengunjung mengelilingi kawasan tersebut.

Tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan arena rekreasi yang didalamnya terdapat outobund, flying fox, kolam renang, wisata perahu, bom-bom car dan bungee trampoline yang dapat menambah keseruan kamu pada saat liburan.

Baca Juga :  Kini Kamu bisa Merasakan Suasana Berada di Afrika dengan Berkunjung ke Kampung Afrika Kota Blitar Jawa Timur

Koleksi satwa di Kebun Binatang Surabaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kebun binatang ini memiliki koleksi satwa kurang lebih 350 dengan jenis satwa yang berbeda-beda.

Setiap kandang yang terdapat di kebun binatang ini dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Kategori pertama yaitu kategori unggas atau burung (aves) yang didalamnya memiliki varian pelikan Australia, jalak Bali, burung merak sampai burung unta.

Kategori yang kedua yaitu kategori binatang buas yang didalamnya terdapat harimau putih, singa, beruang, macan tutul sampai harimau Sumatera juga dapat kamu temukan dalam kategori ini.

Pada bagian belakang Kebun Binatang Surabaya, para pengunjung dapat melihat kandang binatang untuk hewan primata seperti babon, simpanse, orang utan dan juga bekantan. Selain itu para pengunjung juga dapat melihat kandang jerapah, unta, kuda, rusa, elderly bison yang berasal dari Amerika dan juga kuda nil.

Kebun Binatang Surabaya juga dilengkapi dengan koleksi satwa langka seperti komodo. Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki beberapa binatang peralihat seperti babi rusa, tapir dan juga anoa.

Selain aneka binatang yang hidup di darat, di kebun binatang ini kamu juga dapat melihat beberapa hewan yang hidup di air yang dapat kamu temukan di kawasan akuarium. Di kawasan ini, para pengunjung dapat menyaksikan Araipama gigas, Araipama gigas merupakan ikan air tawar terbesar didunia yang berasal dari Amazon. Selain itu, kamu juga dapat melihat beberapa jenis buaya, iguana, penyu dan ular.

Tips aman dan nyaman mengunjungi Kebun Binatang Surabaya

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, berikut beberapa tips aman dan nyaman yang dapat kamu lakukan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

  1. Membawa makanan atau minuman untuk berjaga-jaga
  2. Memakai tabir surya
  3. Menggunakan alas kaki yang nyaman digunakan
  4. Menajaga jarak aman dengan kandang binatang
  5. Jangan memberi sembarang makanan atau minuman kepada satwa tanpa izin dari pihak pengelola

Itulah tadi beberapa informasi dan juga tips yang dapat kamu lakukan saat mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kita kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

Waterpark Manado

Taman Air Di Manado Yang Mampu Menceriakan Liburanmu

Jika   sudah   menjelang   weekend,   banyak   orang yang   tentu   akan   memanfaatkan   waktunya   untuk menghabiskan masa liburan …