Home / Yogyakarta / Museum di Jogja Sebagai Wisata Edukasi
Ngayogyakarta
tagar.id

Museum di Jogja Sebagai Wisata Edukasi

Wajar  saja  jika  Jogja  diberi  julukan  Daerah  Istimewa  Jogjakarta,  karena  Jogja  selalu  menghadirkan keistimewaan. Kota gudeg ini memiliki destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburan bersama keluarga  ataupun  orang  terdekat  dengan  berbagai  pilihan fasilitas  yang  lengkap.  Bagaimana  jika  kamu mencoba  untuk  melakukan  wisata  sejarah  dan  budaya  dengan  mengunjungi  beragaman  museum  yang ada di Jogja, hal tersebut tentu tidak akan merugikan karena justru akan menambah pengetahuan.

 

Museum Sonobudoyo
travelspromo.com

Museum Sonobudoyo

Museum  ini  berkaitan  erat  dengan  kebudayaan  Jawa  yang  bisa  dibilang  memiliki  koleksi  yang  cukup lengkap  setelah  Museum  Nasional  Indonesia.  Koleksi  yang  ada  di  museum  ini  sekitar  lebih  dari  43  ribu dan  menjadi  sejarah  penting  bagi  Indonesia.  Jenis-jenis  benda  bersejarsah  tersebut  ada  pada  kategori filologi,   seni   rupa,   arkeologi   hingga   historika.   Bahkan   pada   waktu-waktu   tertentu   museum   yang berlokasi si di jalan Pangurakan No 6 Ngupasan Gondomanan menyelenggarakan pagelaran wayang.

 

Museum Batik Jogjakarta
piknikdong.com

Museum Batik Jogjakarta

Batikmenjadi salah satu icon dari budaya Indonesia yang tak bisa dilepaskan,terutama oleh masyarakat Jawa. Jogja termasuk pusat kebudayaan dengan ciri khas tersendiri yang nampak pada gaya serta motif batik.  Kamu  juga  akan  mendapatkan  informasi  serta  koleksi tentang  perkembangan  batik  yang  ada  di Jogja  jika  kamu  mengunjungi  museum  milik  Hadi  Nugroho  dan R.  Ng Dewi Sukanngsih  di  Jalan  Dr. Sutomo 13 A,Jogjakarta. Selain informasi,kamu juga bisa mengikuti kegiatan pelatihan membatik.

 

Museum Monumen Pahlawan Pancasila
sobatjogja.com

Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Museum ini adalah bekas lokasi terbunuhnya Brigjen Katamso dan Kolonel Sugianto yang dilakukan oleh gerakan komunis,  dengan  alasan  itulah maka  dibangunlah  Monumen  dan museum  untuk menghormati para  pahlawan.  Di  museum  ini  terdapat  2  buah  patung  pahlawan  revolusi,  lubang  untuk  membuang mayat mereka serta pakaian dinas yang saat itu dikenakan. Museum ini berdiri di atas lahan seluas 7.972 m2 dan berada di komplek batalyon 403.

Saat ini museum ini dibawah binaan Dinas Sosial DIY. Museum terbagi manjadi 2 ruangan yaitu indoor dan outdoor. Pada ruangan indoor kamu dapat melihat benda  benda  seperti  kunci,  batu,  sepatu  dan  atribut  yang  digunakan  pada  saat  kejadian.  Sedangkan pada  ruang  outdoor  adalah  tempat  untuk  memamerkan  tank  yang  saat  itu  diunakan  untuk  membawa jenazah Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono menuju ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, serta mobil yang digunakan untuk menculik Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono.

 

Museum Keraton Ngayogyakarta
backend.sas-hospitality.com

Museum Keraton Ngayogyakarta

Keraton Ngayogyakarta adalah tempat bersejarah yang hingga saat ini masih aktif dan dijadikan tempat tinggal  Sri  Sultan  Hamengkubuwono  X.  Dari  waktu ke  waktu  tahta  penerus  Mataram  terus  diwariskan kepada  keturunan  berikutnya,  dengan  adat  istiadat  yang  hingga  saat  ini  masih  mendarah  daging  dan menjadi  magnet  untuk  menarik  wisatawan.  Area  ini  berisi  museum  yang  menampilkan  jejak  Sultan Hamengkubuwono  IXserta  benda-benda  dengan  nilai  dan  sejarah  yang  ada,  dari  foto  hingga  pakaian  kebesaran Keraton.

 

Museum Kereta Keraton
ursaasu.files.wordpress.com

Museum Kereta Keraton

Museum ini dibangun sejak masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono ke-VII yang saatitu bertahta di  Jogja.  Letaknya  berada  di  bagian  barat  alun-alun Keraton,  dimana  museum  ini  berisi  koleksi  berupa kereta-kereta Kesultanan  yang  berumur  puluhan bahkan ratusan  tahun.  Setiap  tanggal  1  Suro menurut penanggalan  Jawa,  diadakan  ritual  jamansanatau  memandikan  kereta-kereta  pusaka.  Kereta  Kanjeng Nyai Jimat adalah salah satu kereta yang tertua yang diproduksi pada tahun 1750.

Baca Juga :  Dari Tempat Wisata Ini Dapat Menikmati Pemandangan Gunung Merapi Dan Merbabu

 

Museum Perjuangan Yogyakarta
myeatandtravelstory.files.wordpress.com

Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono nomor 24, jika berangkat dari Jogja maka  kamu  akan  menempuh  jarak  sekitar 2  km.  Museum  ini  memamerkan  patung-patung  pahlawan nasional seperti Pangeran Diponegoro dan RA Kartini. Selain itu juga terdapat relief sejarah perjuangan bangsa,  museum  ini  juga  melengkapi  koleksinya  dengan  perlengkapan  perang  para  pahlawan  pada zaman dahulu.

 

Museum Wayang Kekayon
alodiatour.com

Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang kekayon menyimpan koleksi wayang dari abad ke 6, dengan beragam bahan membuat wayang seperti kulit kayu kain dan kertas. banyak hal yang berkaitan dengan wa yang bisa kamu lihat di museum yang berada di jalan jalan raya Yogyakarta Sari KM 7. Museum ini dibangun sejak tahun 1990.

Banyak sekali koleksi wayang dan topeng yang tersimpan di museum ini lengkap dengan sejarah wayang dari  abad  ke  6  hingga  abad  20.  Beberapa  koleksi  wayang  yang  ada  di  museum  ini  antara  lain  wayang Purwa, Wayang Madya, wayang Thengul, wayang Klithik, wayang Beber, wayang Ghedog, wayang Suluh dan masih banyak lagi.

 

Museum Pura Pakualaman
widyalokawisata.com

Museum Pura Pakualaman

Kamu  akan  menemukan  museum  Pura  Pakualaman,  sekitar  2  km  dari  Malioboro ini  diresmikan  pada tanggal  29  Januari  1998.  Museum Pura  Pakualam  masih  satu  kawasan  dengan  Keraton  Pakualaman. Sebelum   memasuki   museum   kamu   akan   disambut   gerbang   Regol   Wiwara   Kusuma.   Koleksi   yang disimpan di Museum ini antara lain Singgasana,keris, payung tanggul naga dan masih banyak lagi.

 

Museum Biologi UGM
direktorionlinemuseumdiindonesia.files.wordpress.com

Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM terletak di Universitas Gadjah Mada yang menyimpan koleksi berbagai jenisflora dan fauna. Banyak  herbarium  berukuran  besar  yang  bisa kamu  temukan  di  tempat  ini,baik basah  atau kering.Terdapat  berbagai  jenis  hewan dankerangkanya  yang  diawetkan  dan  sebagian  besar  koleksi museum  Biologi  UGM  berasal  dari  pelosok  Indonesia.  Museum  ini  didirikan  dengan  tujuan  sebagai Wahana pendidikan serta menambah pengetahuan bagi masyarakat umum.

 

Museum Candi Prambanan
lh3.googleusercontent.com

Museum Candi Prambanan

Jogja  terkenal  memiliki  destinasi  wisata  berupa  candi  Prambanan  yang  menyimpan  keindahan  sangat luar  biasa.  Masih  di  dalam  area  Candi  terdapat  museum  yang  menyimpan  peninggalan  bersejarah dengan  gaya  bangunan  tradisional  Jawa  dan  beberapa  ruang  koleksi.  Di  musim  ini  juga  kamu  dapat melihat  proses  pembuatan  candi,  dan  kamu  dapat  beristirahat  sejenak  di  taman-taman  yang  sangat sejuk disekitar museum.

Baca Juga :  Wisata Minahasa Yang Seru Untuk di Kunjungi

 

Museum Sasmitaloka
myeatandtravelstory.files.wordpress.com

Museum Sasmitaloka

Tujuan  museum  Sasmitaloka adalah  untuk mendedikasikan  Panglima Besar  Jenderal  Sudirman.  Sasmita sendiri  artinya  pengingat  atau  menuju  pada  benda-benda  yang  menjadi  saksi  bisu  perjuangan  serta pengorbanan  pahlawan  dalam  mempertahankan  kemerdekaan.  Bangunan  museum  ini  dulu  digunakan sebagai  rumah  dinas  pejabat  keuangan  Pura  Pakualaman.  Museum  ini  menyimpan  koleksi  599  jenis logam,kulit,kayu hingga kain di dalam 14 ruangan.

 

Museum Affandi
1001malam.com

Museum Affandi

Museum  Affandi  bertemakan  senirupadan  terletak  di  tepi sungai  Gajah  Wong.  Museum  Affandi memamerkan  karya-karya  buatan  Affandi  yaitu  seorang maestro Indonesia.  Museum Affandi  terbagi menjadi  empat  bagian,pada  bagian  galeri  pertama memajang barang-barang  yang biasa  digunakan Affandi  dan ada  galeri  khusus  untuk pelukis  lain  yang  juga  ikut  memamerkan  hasil  karyanya.  Museum Affandi berada di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167 Caturtunggal Sleman.

 

Museum Ullen Sentalu
1001malam.com

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berada di Pakem,Kaliurang,Kabupaten Sleman yang menyimpan barang-barang dari  Kesultanan  Mataram  dan  penerusnya  yaitu  Kasunanan  Surakarta,  Kasultanan  Yogyakarta,Raja Mangkunegaran dan Kadipaten Pakualaman. Museum Ullen Sentalu juga memberikan informasi tentang jenis  serta  pengetahuan  mengenai  batik yang menjadi  ciri  khas,kamu juga bisa ikut  terjun  langsung belajar mengenai sejarah serta cara membatik.

 

Museum Dewantara Kirti Griya
genpijogja.com

Museum Dewantara Kirti Griya

Museum  Dewantara  kirti  Griya  adalah  museum  peninggalan  tokoh  pendidikan  Indonesia  yaitu  Ki  Hajar Dewantara.  Museum  ini  berbentuk  pendopo  yang  didalamnya  menyimpan  barang-barang  ki  Hajar Dewantara dan keluarganya, dan barang bersejarah yang berkaitan dengan Tamansiswa. Saat masuk ke museum ini kamu akan disambut dengan patung perunggu dan bertuliskan Tut Wuri Handayani.

 

Museum Monumen Jogja Kembali
1.bp.blogspot.com

Museum Monumen Jogja Kembali

Tujuan  dibangunnya  Museum  Jogja  Kembali  untuk  mengenang  perjuangan  kemerdekaan  Indonesia. Musiumini  selain  menyimpan barang  barang  yang  cukup  unik, bangunannya  pun  berbentuk  kerucut. Museum   Jogja   Kembali   selalu   dikunjungi   oleh   wisatawan   yang   ingin   mengenang   sejarah   bangsa Indonesia serta mengetahui sejarah yang ditampilkan melalui relief dandiorama.

 

Museum Tembi
cf.bstatic.com

Museum Tembi

Museum  Tembi  memamerkan  kebesaran  budaya  Jawa  yang  juga  sering  disebut  sebagai  rumah  budaya yang pada  waktu  tertentu  akan  menggelar  pertunjukan  seni.  Museum  ini  memamerkan  musik  hingga tarian  serta peralatan dapur,senjata tradisional,gamelan,batik  dengan  motif  khas  tak ketinggalan  ada perpustakaan yang menyimpan ribuan naskah.

 

De Mata trick Eye Museum
lh3.googleusercontent.com

De Mata trick Eye Museum

Museum yang satu ini menyimpan keunikan serta menjadi tempat seru-seruan anak muda zaman now. Kamu  dapat  menemukan  berbagai  macam mural serta  gambar  3  dimensi  yang  sangat  lucu  dijadikan tempat untuk bergaya. Museum yang kekinian ini berada XT SquareJogja.

 

MuseumAnak Kolong Tangga
alodiatour.com

Museum Anak Kolong Tangga

Museum anak kolong tangga adalah museum yang menyimpan mainan anak-anak dengan tempat yang sangat nyamandan dindingbergambar penuh warna yang membuat anak-anakmerasa betah berada di sini.   Kamu   bisa   melihat   sejarah   perkembangan   mainan   dari   zaman   dulu   hingga   saat   ini,   selain menambah pengetahuan kamu juga bisa bernostalgia pada masa kecil.

 

Itulah  museum  yang  ada  di  Jogja,  tapi  belum  semua  yang museum  disebutkan,karena  masih  ada beberapa  museum  lagi  yang  tidak  kalah  menarik.  Museum  menjadi  aset  dan  wajib  untuk  dilestarikan agar bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

Check Also

Panorama Kaltim

Cinderamata Khas Kalimantan Yang Wajib Dibawa Pulang Sebagai Oleh-oleh

Traveling   adalah   kegiatan   yang   cukup   melelahkan   meskipun   akan   hilang   lelahmu   hilang   setelah mendapatkan  apa  yang  …