Home / Jawa Timur / Asyiknya Berlibur ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur Indonesia
Asyiknya Berlibur ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur Indonesia

Asyiknya Berlibur ke Objek Wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur Indonesia

Membahas mengenai kota Malang, yaitu sebagai salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang dipenuh beragam objek wisata menarik dan bahkan sebagaian besar diantaranya sudah terkenal hingga ke mancanegara lho! Nah salah objek wisata yang diminati banyak orang ialah wisata air terjun. Di Malang sendiri terdapat banyak wisata air terjun, salah satu yang terkenal ialah Coban Pelangi. Air terjun Coban Pelangi Malang Jawa Timur Indonesia  ini sejatinya terletak di kaki gunung Semeru dan juga berada di jalur pendakian gunung tertinggi di Jawa. Tak heran jika suhu disini terkenal dingin yaitu sekitar 19-23 derajat celcius dengan ketinggian 1400 mdpl. Untuk itu ketika hendak kesini jangan lupa untuk memakai jaket tebal ya! Air terjun ini juga cukup tinggi karena curahan airnya memiliki ketinggian mencapai 110 meter. Pada pembahasan berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai objek wisata Coban Pelangi ini.

Daya Tarik Coban Pelangi

Momen unik yang bisa kamu rasakan saat berada disini ialah melihat langsung fenomena munculnya berbagai macam warna seperti pelangi. Dikarenakan sering dijumpai fenomena kemunculan pelangi, air terjun ini dinamakan  Coban Pelangi. Untuk bisa melihat keindahan pelangi, disarankan untuk datang pada pukul 10.00- 14.00 WITA ketika pergantian antara musim hujan dan kemarau. Pada waktu tersebut, letak matahari sudah mulai tinggi sehingga menimbulkan warna-warni layaknya seperti pelangi dari percikan air terjun yang kamu lohat.  Nah kalau pada saat musim kemarau, pihak pengelola menutup objek wisata ini pada jam 4 sore untuk menghindari terjadinya bencana longsor dari atas air terjun. Oh iya letak Coban Pelangi sebetulnya masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tak heran jika suasana sekitar air terjun terbilang masih sangat alami. Ada banyak pepohonan hijau yang tumbuh disekitar kawasan air terjun. Belum lagi terdengar suara merdu burung yang berkicau semakin membuat suasana ramai di tempat ini.

Kegiatan Seru yang Bisa Dirasakan di Coban Pelangi

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu nikmati saat berada di objek wisata Coban Pelangi, yaitu sebagai berikut.

  1. Bermain air

Di Coban Pelangi ini, kamu diizinkan bermain air yang jaraknya sekitar 50 meter dari air terjun.  Pengunjung dilarang berenang di dekat air terjun sebab arus airnya sangat deras sehingga berbahaya berenang disana.

  1. Berkuda

Nah momen seru yang bisa kamu coba saat berkunjung kesini ialah fasilitas berkuda yang disediakan pihak pengelola wisata. Dengan menaiki kuda, kamu akan dibawa mengelilingi kawasan Coban Pelangi sambil menikmati pemadangan alam yang begitu indah. Tak perlu takut cemas terjadi apa-apa, karena kuda disini sudah jinak dan pada saat menunggangi kuda kamu juga akan ditemani seorang pemandu kuda. Dengan membayar  Rp30.000, kamu sudah bisa mengelilingi area air terjun selama 30 menit dengan menaiki kuda.

  1. Berkemah

Bagi kamu yang suka menyatu dengan alam, tidak ada salahnya mencoba berkemah di kawasan air terjun Coban Pelangi ini. Kawasan berkemah ini disediakan oleh pihak pengelola dengan luas lahan mencapai 800 meter. Jika kamu tidak mempunyai peralatan berkemah, tak perlu cemas karena disini terdapat tempat penyewaan peralatan berkemah yang super lengkap.

  1. Tubing dan Rafting

Di Coban Pelangi juga terdapat aliran sungai yang dimanfaat pihak pengelola untuk kegiatan tubing dan rafting. Tubing ialah kegiatan yang dilakukan perorangan dalam satu ban karet, sedangkan rafting dilakukan per tim dalam satu perahu. Dikenakan tarif Rp5.000/orang untuk bisa mengikuti kegiatan tubing dan tarif Rp35.000/tim untuk bisa mengikuti kegiatan rafting. Untuk peralatan tubing dan rafting ini bisa kamu sewa di tempat penyewaan milik masyarakat sekitar. Uniknya lagi, kedua kegiatan tersebut dilakukan di dua lokasi sungai yang berbeda namun masih bersebrangan dan tentunya dengan besar arus yang berbeda pula.

Baca Juga :  Wisata Air Terjun di NTT dengan Keindahan yang Memukau dan Sayang Kalau Dilewatkan!

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang ada di Coban Pelangi juga sudah lumayan lengkap. Misalnya saja sebuah jembatan penyebrangan berbentuk bambu yang letaknya berada di diantara dua sungai yang ada di Coban Pelangi. Jembatan ini juga sering digunakan para pengunjung sebagai spot foto lho! Untuk fasilitas umum, disini tersedia rainbow hill (sebuah tebing pandang), gazebo, mushola, warung makan, area parkir, kamar mandi, dan toilet.

Lokasi  dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi Coban Pelangi

Wisata yang satu ini terletak di Desa Gubuklakah, Kecamatan Poncoksumo, Kabupaten Malang, Jawa Timut. Jika dari pusat kota Malang, perjalanan ditempuh dengan jarak sekitar 30 km. Nantinya kamu akan menemukan beberapa petunjuk jalan yang akan membawamu ke lokasi wisata. Rute perjalanan dimuali dari kota Malang, kemudian ke kawasan Tumpang, lalu dilanjutkan menuju arah Desa Gubung Klakah. Saat melewati jalan menuju Coban Pelangi, kamu harus tetap berhati-hati sebab jalannya licin dan menanjak. Nantinya kamu akan menemukan air terjun Coban Pelangi yang lokasinya berada di jalur pendakian Gunung Bromo dan Gunung Semeru, tepatnya sebelum persimpangan Desa Jemplang.  Setelah sampai, di pintu masuk akan terlihat papan yang bertuliskan “Air Terjun Coban Pelangi”. Dari tempat parkir, kamu harus berjalan kaki sejauh 1,5 km agar bisa sampai di lokasi utama air terjun. Rute yang dilalui berupa jalan setapak dan jembatan penyebrangan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Coban Pelangi di buka 24 jam alias tidak ada kata tutup, sehingga pengunjung bisa bebas berkunjung kapan saja. Untuk bisa menikmati keindahan alam Coban Pelangi, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp6.000. ditambah lagi biaya parkir kendaraan, yaitu untuk kendaraan roda dua sebesar Rp5.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp10.000.

Objek Wisata Air Terjun di Malang Selain Coban Pelangi

Jika kamu masih penasaran dan ingin mengeksplor lebih jauh mengenai wisata air terjun, di Malang terdapat banyak sekali wisata air terjun lainnya yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Coban Rondo Jawa Timur, Coban Talun, Coban Kembar, Coban Nirwana, Coban Rais, Coban Putri, Coban Gintung, Coban Sewu, Coban Tengah, Sumber Pitu Pujon, Coban Jahe, Coban Siuk, dan masih banyak lagi.

Nah itu dia informasi menarik mengenai objek wisata Air Terjun Coban Pelangi. Selamat liburan dan selamat bersenang-senang!

Check Also

wisata Manado

Destinasi Wisata Favorit Di Sulawesi Utara

Manado terkenal dengan wisata lautnya yang sudah cukup dikenal bahkan hingga ke mancanegara yaitu Bunaken, …