Pesona Sulawesi Utara
ksmtour.com

Objek Wisata Di Manado Ini Wajib Kamu Kunjungi Untuk Mendapatkan Liburan Yang Berkesan

Sulawesi  Utara,  apa  yang  terlintas  di  benaknya  mu?  Manado?  Bunaken,  yang  populer  sebagai tempat diving di  Manado?    Tomohon?  Atau  sebuah wilayah  yang  selalu memiliki ciri khas  dengan  kuliner  yang serba pedas? Tidak salah, tetapi dalam artikel ini kami akan memperkenalkan Sulawesi utara lebih dalam lagi.

Masih banyak beragam pesona alam yang ada di Sulawesi Utara yang wajib kamu jelajahi mulai dari gunung, hutan, pantai dengan hamparan pasir yang putih serta pulau-pulau eksotis yang memang belum tereksplor secara luas. Berikut ini beberapa tempat wisata di Manado dan sekitarnya,

 

Gardenia Country Inn
r-cf.bstatic.com

Gardenia Country Inn

Saat  memasuki  tempat  ini,  kamu  akan  merasa  seperti  berada  di  sebuah  penginapan  karena, memang tempat ini  banyak  di  tumbuhi oleh  tanaman  terutama  jenis  bunga  yang  berwarna-warni yang  mampu menarik perhatian para pengunjung yang serasa berada di kebun bunga. Gardenia  Country  Inn sebuah  restoran  dan  resort  yang  mengusung  konsep  alamidi  kota  Tomohon,Sulawesi  Utara.

Restoran ini  berada di  tengah  tengah taman  yangsangat  cantik  yang  banyak dipenuhi oleh bunga warna-warni, kamu juga akan terpesona dengan adanya gunung Lokon yang megah berdiri di sebelah  Selatan  kota Tomohon.  Dari tempat  ini kamu  dapat  melihat  gunung Lokon dengan  sangat  jelas meskipun cuaca tidak mendukung.

Restoran Gardenia Country Inn
q-cf.bstatic.com

Gardenia country  Inn menawarkan tempat  untuk bisa menenangkan diri dari kesibukan dan kebisingan kota  besar,  kamu  juga  bisa  bermalam  di bungalow,di  mana kamar  initerbuat  dari  kayu.  Udara  yang sejuk  bisa  mencapai  18  derajat  Celcius,  dan  yang  menambah asri  dengan adanya  beraneka  tanaman termasuk rempah-rempah dan sayuran yang sangat mendukung kesejukan udara.

Banyaknya tanaman bunga yang tumbuh di Tomohon sehingga,dinamakan dengan kota bunga yang asri dan  hijau,  bahkan  diketahuinya  Tomohon  juga  menggelar  International  flower  Festival  yang  mampu menyedot wisatawan dari luar dan dalam negeri untuk datang menyaksikan festival tersebut. Kamu tak hanya menemukan tanaman bunga ataupun tanaman hias saja tetapi,terdapat juga beberapa tanaman  pangan  seperti  kubis,  mentimun,  wortel,  dan  buah-buahan.

Tak  ketinggalan  juga  terdapat beberapa  tanaman  bumbu  seperti  sereh,  jahe  dan  kunyit yang hasilnya  juga  digunakan  untuk  bumbu masak di restoran. Jika  kamu  ingin  datang  ke  restoran  ini,kamu  harus  pesan  tempat  dan  pesan  makanan  terlebih  dahulu karena  kamu  bisa membutuhkan  waktu yang  lama  untuk  dapat  menyiapkanmakanannya.  Salah  satu menu  yang  ada  di  restoran  ini  yaitu  makanan  khas  Manado  ikan  kuah  asam,  kangkung  bunga  pepaya, bakwan  jagung,dan  sate  ayam.

Gardenia Country Inn2
dodokugmim.com

Ikan  kuah  asam  yang  disuguhkan  terasa  sangat  menyegarkan  dengan potongan tomat  yang cukup  banyak,  sama  halnya  dengan  bakwan  jagung  khas  Manado  yang  terkenal cukup  renyah.  Sebagai  makanan  penutup  tersedia  jajanan  khas  yaitu  onde-onde, pisang  goreng  yang dilengkapi dengan sambal. Restoran ini juga menyediakan kelas masakbagi kamu yang ingin belajar cara memasak masakan Manado.

Lokasi  Gardenia  Country  Inn  berada di  Jalan  Kawiley,  Kakaskasen  II,Tomohon  Utara, kota  Tomohon, Sulawesi Utara.  Nikmati  berada  di Gardenia  Country Inn menyambut  matahari  pagi hari, di  balik berwarna  keemasan  dan  diiringi  suara  gemercik  air  dengan  hembusan  udara  yang  menyegarkan  khas pegunungan merupakan awal yang sempurna untuk menyambuthari.

 

Wisata Alam Puncak Tetetana Kumelembuai2
gotravelly.com

Wisata Alam Puncak Tetetana Kumelembuai

Perlahan  wisata  Sulawesi  Utara  terbuka  mulai  dari  pantai-pantai yang  terus  digarap  untuk  dijadikan objek   wisata   baru   seperti   di   di   daerah   Likupang   dan   pulau   Lembeh   yang   hingga   saat   ini   terus dikembangkan  yang  dilengkapi  dengan  Resort  lengkap  dengan water  sport.  Kini  Pemerintah  Sulut tengah  mempersiapkan  untuk  pengembangan  daerah  perbukitan  dan  puncak  gunung  sebagai  objek wisata alam, salah satunya adalah puncak Tetetana di Desa Kumelembuai,Tomohon Timur.

Awal dikenalnya Puncak Tetetana ialah sejak viral di media sosial, ada seorang warga yang mengunggah foto Puncak Tetetan lengkap dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Di Puncak Tetetana sekitar pukul 06.00pagi kamu akan melihat pemandangan alam yang terlihat sangat menakjubkan. Di sebelah tenggara kamu akan menjumpai Danau Tondano yang memancarkan kilaunya bagaikan bentangan  plastik  biru,  pada  sebelah  timur  kamu  dapat  melihat  Gunung  Klabat  dan  gunung Bersaudara  yang  kekokohannya  mulai  nampak,  serta  bagian  bawah  pantai  Bitung  juga  yang  perlahan mulai  menampakan  pesisirnya.

Wisata Alam Puncak Tetetana Kumelembuai4
publikreport.com

Beralih  ke  sebelah  utara  terlihat  samar  Pulau  Lihaga  dengan  hamparan pasir  putih  dan  tak  jauh  juga  terlintas  landasan  Bandara  Sam  Ratulangi.  Bergerak  ke  bagian  barat  laut kamu akan disambut dengan senyuman gunung Manado Tua dan seolah muncul dari Laut Bunaken. Puncak Tetetana merupakan objek wisatayang masih baru, tak banyak wisatawan yang datang ke lokasi karena    aksesnya    cukup    sulit,    jalan    masih    dipenuhi    dengan    bebatuan.

Masyarakat    setempat menyebutnya sebagai jalan roda, roda merupakan gerobak yang biasa mengangkut sayuran atau karung cengkih  danditarik  oleh  seekor  sapi.  Puncak  Tetetana  adalahspot  terbaik  untuk  berburu  momen matahari  terbit,  berada  di  puncak  ini kamu  merasa  seperti  berada  di  negeri  diatas  awan  dengan pemandangan yang sempurna. Jika  kamu  tiba  di  saat  pemandangan  masih  diselimuti  kabut  tidak  perlu  khawatir,  karena  tempat  ini masih  menyimpan  banyak  Spot  foto  yang  menarik.

Wisata Alam Puncak Tetetana Kumelembuai3
i.ytimg.com

Kamu  dapat  berburu  foto  di  sekitar  lokasi  sambil menunggu kabut hilang. Untuk  bisa  sampai  ke  lokasi  kamu  bisa melewati dua jalan  yaitu  dari  Rurukan  kota  Tomohon  atau melalui jalan Suluan yang memakan waktu kurang lebih satu setengah jam dari Manado. Puncak  Tetetana  sebelumnya  berupa  perkebunan  cengkeh  dan  sebagiannya  lagi  merupakanhutan, tetapi  sang  pemilik mengubahnyamenjadi  tempat  wisata.

Wisata Alam Puncak Tetetana Kumelembuai
raw.cdn.baca.co.id

Dengan  luas  sekitar  3  hektar  lokasi  ini  pun dibuka sekitar 2 tahun. Pemandangannya sangat eksotis, kamu dapat melihat pemandangan hutan, kota Manado,  Bitung,  Minut,  Tondano,  Bandara  Sam  Ratulangi,  gunung  Klabat  dan  masih beberapa  tempat lainnya lagi. Pengunjung  akan  membludak  saat  liburan  sekolah  tiba  untuk  memadati  lokasi,  yang  bisa  mencapai ratusan  orang. Hanya membayar Rp5.000 kamu sudah  dapat  menikmati pemandangan alam yang  tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Baca Juga :  Informasi lengkap tentang wisata The Lehu Garden Medan

 

Hutan Pinus Lahendong
i02.appmifile.com

Hutan Pinus Lahendong

Hutan  Pinus  Lahendong  oleh  masyarakat  sekitar  di  namai  sebagai  tanah  putih,  tanah  putih  ini  berupa belerang  yang  dikelilingi  lumpur  panas  dengan  air  yang  mendidih.  Kawasan  ini  pun  terasa  sejuk  saatadanya gugusan hijau pohon pinus yang mengelilingi sekitarnya. Bernama  kawasan  wisata Hutan  Pinus  Lahendong  yang  terletak  di  Kelurahan  Lahendong, Kecamatan Tomohon  Selatan,kota  Tomohon, Sulawesi  Utara.

Kawasan  wisata  pinus  Lahendong  sudah  cukup dikenal bahkan hingga ke mancanegara. Saat memasuki kawasan tersebut kamu akan disambut dengan jalanan paving menurun, kendaraan pun bisa di parkir karena areanya cukup luas. Saat mulai menjelajahi kawasan ini maka yang pertama kali kamu temui adalah bau menyengat belerang terutama saat melalui jalan-jalansetapak yangdibuat oleh pengelola. Untuk  bisa  menikmati  objek  wisata  ini  kamu  hanya  dikenai  biaya  masuk  Rp20.000,  dan  ada  sedikit perbedaan  dengan  wisatawan  mancanegara  yaitu  Rp30.000/orang.

Hutan Pinus Lahendong2
4.bp.blogspot.com

Dan  tanda  masuk  yang  kamu dapatkan bisa kamu tukar dengan kopi atau teh hangat beserta dengan cemilan berupa pisang goreng. Kamu  akan  menemui  banyak  sekali  Spot  foto  yang  menarik,  selain  itu  fasilitas  juga  sudah  tersedia seperti  café,gazebo,kolam  pemandian  air  panas  ataupun  kamar-kamar  mandi  air  panas.  Kamu akan semakin merasa betah ketika menikmati indahnya danau buatan dengan air yang memancarkan warna-warni  saat  diterpa  sinar  matahari.

Permukaan  tanah masih cukup  licin  serta  juga  masih  terdapat beberapa  tempat-tempat  yang  cukup berbahaya,disarankan kamuberhati-hatidiarea-areasepertiini. Jangan abaikan petunjuk-petunjukyang ada yang ditunjukkan melalui papan-papan yang terpasang dan jangan sesekali berani untuk keluar dari batas jalan setapak. Terdapat  Lumpur  panas  serta  area  yang terlihat  indah tetapi,muncul  uap  yang  keluar  dari  tanah  atau bahkan batu-batu air yang mendidih, itu sangat berbahaya.

Datang  ke  tempa tini  memanfaatkan  kesempatan  yang  adauntuk  menikmati  kolam  pemandian  air panas atau mandi belerang di kamar kamar mandi yang sudah disediakan. Kolam pemandian tersedia di dua  lokasi  yakni  dekat  pos  masuk  dan  untuk  melaluinya  kamu  harus  menyusuri  jembatan  bambu  atau jalan  setapak dan  tempatnya berada di bawah bukit  pohon pinus  tak jauh dari  kamar  mandi  air  panas.

Hutan Pinus Lahendong3
indonesia.tripcanvas.co

Air panas  belerang  di  hutan  pinus  Lahendongmenurut  kepercayaan  dapat  memperindah  maupun mengobati berbagai penyakit kulit. Kawasan  wisata hutan  pinus  Lahendong  selain  menjadi  objek  wisata  ternyata  juga  menjadi  tempat penelitian  dari  beberapa  perguruan  tinggi  seperti  UGM  dan  Universitas  Sam  Ratulangi.  Kawasan  ini sudah dikenal sejak Tomohon masih Kecamatan, tak sedikit yang telah mengangkat tempat eksotis ini ke sebuah artikel.

Objek wisata yang sudah cukup dikenal ini tengah dibenahi oleh pengelola seperti,pembangunan kolam pemandian  serta  kamar-kamar  yang  terus  ditambah.  Terlihat  adalah  fasilitas  penginapan  yang  akandibangun menggunakan bambu, pondasinya pun nampak telah berdiri di sisi danau buatan, sama halnya dengan cafe-cafe yang juga terus diperluas.

Baca Juga :  Segudang Pesona Wisata Di Manado Dan Sekitarnya Yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Rumah Alam Adventure Park Manado3
trapedia.com

Rumah Alam Adventure Park Manado

Manado  memiliki  alam  yang  begitu  indah  dan  udara  yang  sejuk,  oleh  karena  itu  masih  banyak  tempat wisata  di  Manado  yang  belum  dikenal  seperti  rumah  alam  Manado  Adventure  Park  yang  merupakan wisata  petualangan  alam  yang  hijau,sejuk  dengan  wahana  permainan,banyak  sekali  spot  foto  selfie yang instagramable.

Wisata  rumah  alam  Manado  Adventure Park merupakan  wisata  yang  berada  di  alam  terbuka  dengan tujuan  agar  dapat  berinteraksi  dengan  alam  bebas,  tempat  wisata  ini  menyediakan  berbagai  fasilitasyang bisa kamu nikmati bersama keluarga untuk bermain, berekreasi dengan aman. Objek  wisata  ini  memiliki  luas  sekitar  10  hektar,  rumah  alam  Manado  Adventure  Park  ini  bisa  menjadi pilihan untuk mengisi liburan bermain bersama anak-anak, terutama buat foto yang berlatar keindahan panorama sekitar.

resto Rumah Alam Adventure Park Manado
i.ytimg.com

Jenis permainan yang ada di rumah  alam Manado Adventure Park antara lain adalah sand   playground,   playground,   playzone,   outbound   untuk   anak-anak,   flying   fox,   campingground, hammock, rumah pohon, ATV, mountain bike, trampolin, golf dan lain-lain.Wahana  yang  menjadi  Primadona  adalah  kolam  renang  anak-anak  dan  dewasa,  dimana  di  tempat  ini tersedia dua kolam renang dewasa dan 7 kolam untuk anak-anak. banyak  sekali  Spot  foto  menarik  di  rumah  alam  Manado  adventure  Park  seperti  tanda  love,  sarang burung,  rumah  pohon,  areal swing  dan  masih  ada  beberapa  spot  lainnya  yang  menarik.

Dan  yang pertama kali akan menyambut  kita  saat  kita masuk ke  kawasan  ini adalah pemandangan  alamnya yang sangat asri, untuk menikmati pemandangan alam yang sangat asri tersebut tersedia gazebo. Ada spot foto berupa Angel Wings yang wajib kamu kunjungi yaitu berupa sayap yang terbuka. Atau foto recommended  lainnya  adalah Manado  swing  yaitu  berfoto  saat  kamu melayang di  udara  dengan  latar pemandangan alam dan sungai yang ada di bawah.

Rumah Alam Adventure Park Manado
i.pinimg.com

Tertarik untuk mengunjunginya? Datang saja ke wisata rumah alam Manado yang tak jauh dari pintu tol Manado tepatnya diRingroad Manado II, Kairagi I, Kecamatan Mapanget,Kota Manado. Jam operasional buka pada pukul jam 10.00-18.00, dengan tiket sebesar35000 per orang. Untuk menikmatiWahana juga akan dikenakan tiket tambahan seperti,

Rumah Alam Adventure Park Manado2
cdn2.tstatic.net
Outbond Rumah Alam Adventure Park Manado
s3.ap-southeast-2.amazonaws.com

 

Spot foto                         Rp10.000

Flying fox                        Rp25.000

High Rope                      Rp50.000

ATV                                  Rp50.000

bentuk lintasan paving, 100.000

kategori alam dan        Rp150.000

untuk kategori Adventure

Trampolin                        Rp35.000

Tempat bermain anak   Rp25.000

Kolam renang                  Rp25.000

Zorbing                              Rp75.000

Paket outbound                Rp300.000 per pax

 

Itulah beberapa objek wisatayang ada di Manado selain Bunaken yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan   waktu   liburmu   bersama   teman   atau   keluarga.   Semoga   informasi   tersebut   dapat bermanfaat dan selamat berlibur.

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …