yogyakarta
image source: sindonews.net

Objek Wisata Ini Bisa Menjadi Tempat Yang Asik Di Jogja

Yogyakarta adalah Daerah Istimewa yang ada di Indonesia,   karena Yogyakarta masih memiliki kerajaan yang masih aktif hingga saat ini. Selain sebagai kota pelajar, Jogja juga memiliki banyak tempat wisata yang menjadi tempat asik di Jogja yang tak hanya usia tertentu tetapi semua usia dapat menikmatinya dari anak anak hingga para lansia. Berikut ini akan kita bahas tentang 3 tempat wisata yang sedang ramai di perbincangkan saat ini.

Blue Lagoon jogja
image source:
hargatiket.net

Blue Lagoon Tempat Pemandian Mata Air

Blue Lagoon Jogja adalah objek wisata air di Jogjakarta. Blue Lagoon Jogja merupakan tempat pemandian berasal dari mata air yang muncul di permukaan tanah dan juga di kolam. Saat kita berada di dalam kolam, kita akan melihat gelembung-gelembung kecil yang muncul dari permukaan tanah, hal itu membuktikan bahwa ada air yang terus mengalir yang berasal dari mata air. Wisata ini sudah lama didirikan tetapi mulai dikenal pada pertengahan tahun 2014.

Wisata ini terletak di Desa Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke objek wisata ini, tidak sulit, cukup berangkat dari pusat Kota dan mengikuti jalan Kaliurang sampai ai ditemukan pertigaan besi Jangkang yang berada sekitar 13 km. Di pertigaan itu, ambilah jalan ke arah kanan hingga menemukan pasar jangkang. Di pasar Jangkang kita akan menemukan lagi pertigaan belok lagi ke kanan, sekitar 100 meter kita sudah dapat menemukan Blue Lagoon.

Bagi warga setempat Blue Lagoon lebih dikenal dengan nama Tirta budi, yang biasanya akan padat pengunjung pada saat weekend ataupun hari libur lainnya. Kebanyakan pengunjung yang datang seusia anak-anak yang ingin bersenang-senang bermain air atau berenang, dan  selfie seru seruan bersama teman, saran jika ingin berkunjung ke sini sebaiknya membawa pakaian cadangan karena tempat ini merupakan wisata air. Air kolam di Blue Lagoon memiliki warna yang sangat jernih dan biru kehijauan yang menggambarkan kesegarannya, yang membuat mata Anda tidak akan menahan keinginan untuk segera mandi di kolam ini. Di kolam ini akan membuat tubuhmu menjadi lebih rileks dan juga dapat melepaskan stress. Bentuk kolam ini seperti ceruk dengan bebatuan alam yang berada mengelilingi kolam sehingga mirip seperti pemandian putri raja.

The Blue Lagoon juga telah tersedia beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung antara lain toilet umum, ruang ganti, juga pastinya terdapat beberapa warung makan untuk sekedar beristirahat atau mengisi perut.  Di tempat ini juga menyediakan penyewaan pelampung sehingga kamu bisa tiduran di atas air sambil menikmati alam sekitar. Anda bisa bersantai dengan tenang di Gazebo yang dikelilingi pepohonan hijau yang sangat indah dan juga udara yang sangat bersih dari polusi. Jika masih ingin tinggal dan menikmati bulagon lebih lama tersedia juga homestay yang siap menemani anda untuk tetap berada di Blue Lagoon Yogyakarta.

Baca Juga :  Inilah Candi Yang Hits Di Jogja Layak Untuk Dikunjungi

Untuk dapat menikmati Blue Lagon Jogja ini pada pukul 06.00 – 17.00 WIB telah dibuka pada dari Senin – Jumat. Dengan tiket hanya Rp2.000 anda dapat berenang dan bermain air sepuasnya sambil menikmati pemandangan alam sekitar dari pagi hingga ke sore hari.

 

Green Canyon Jogja
image source:
https://noesatrio.files.wordpress.com/

Green Canyon Hampir Mirip Blue Lagoon

Di Kabupaten Sleman Jogjakarta ada salah satu wisata alam baru yang belakangan ini ramai diperbincangkan oleh masyarakat dan juga wisatawan yaitu Green Canyon Jogja. Sejarah  di namakan Green Canyon karena air yang ada pada Green Canyon ini berwarna hijau tua dan dan dihiasi dengan lumut lumut yang menempel di bebatuan tebing sungai dan Canyon diambil dari dusun wisata ini berada. Green Canyon jika diamati secara seksama hampir mirip dengan pemandian Blue Lagoon yang juga masih ada di daerah Sleman arah Kaliurang, tidak hanya terletak di airnya yang terlihat lebih jernih. Green Canyon memang sekilas tidak memiliki keistimewaan, tapi jika Anda memasuki Green Canyon maka pernyataan bahwa Green Canyon biasa saja itu adalah salah. Hari ke hari wisatawan yang datang semakin padat mengunjungi tempat wisata ini bahkan penduduk sekitar telah membangun berbagai fasilitas seperti tangga untuk mempermudah pengunjung datang mengunjungi Green Canyon.

Sama dengan Blue legend disini juga terdapat loncatan tinggi 3 meter lebih, yang tentunya akan menguji adrenalin anda. Untuk menikmati suasana di Green Canyon ini tidak mengeluarkan biaya sedikitpun, hanya membayar uang untuk biaya parkir kendaraan saja, pengelola wisata dan juga warga sekitar bekerja sama untuk membangun fasilitas yang akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Tetapi ada satu hal yang sangat disayangkan yaitu tak jauh dari lokasi Green Canyon terdapat tumpukan sampah yang merusak pemandangan dan berpengaruh pada air yang menjadi kehitaman dan agak berbau yang sangat menjadi PR untuk pihak pengelola.

 

Museum De Arca
image source:
pegipegi.com

Museum De Arca, Madame Tussaud Ala Indonesia

Tak perlu jauh-jauh hanya untuk berfoto bersama replika tokoh idola di Madame Tussaud, karena kini di Jogja juga memiliki Museum De Arca yang juga tak kalah menarik. Museum ini adalah karya dari Dunadi seniman tersohor dalam negeri yang berasal dari Yogyakarta. Gunadi membuat patung tokoh ini sangat mirip seperti aslinya, yang bahkan hingga gaya pun sama. Patung-patung yang dipajang terbuat dari lilin, yang menggunakan resin atau getah dari tumbuhan lalu menyesuaikan dengan iklim yang ada di Jogja.

Dengan konsep museum patung lilin Madame Tussaud yang berada di Hong Kong, De Arca Jogja adalah museum pertama terbesar yang ada di Indonesia. De Arca berlokasi di XT Square tepatnya di lantai basement gedung Umar Kayam. XT Square berlokasi di Jalan Veteran Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang untuk menuju ke sana sangat mudah menggunakan kendaraan pribadi ataupun Trans Jogja. Jika dihitung dari Nol Kilometer, museum ini berjarak sekitar 3,7 km, hanya dengan membayar tiket masuk Rp50.000 kita sudah dapat  berfoto dengan tokoh idola kita di De Arca Yogyakarta juga sebuah mesium patung pertama yang ada di Indonesia, yang juga merupakan destinasi wisata yang sangat seru dan juga sekaligus dapat menambah pengetahuan bagi para pengunjung.

Perbedaan museum ini dibandingkan dengan musium yang lain adalah masih terasa kental nya budaya Jogja sebagai unsur penataan ruangan. Segala sesuatunya benar-benar kental dengan budaya Jogjakarta seperti adanya patung spider-man yang mengenakan baju adat Yogyakarta yang merupakan pertunjukan yang sangat unik dan sangat favorit dikunjungi oleh para wisatawan. Di museum ini kita dapat melihat berbagai macam patung yang menyerupai tokoh terkemuka di Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri. Sebagai contoh mulai dari Presiden, penyanyi, pahlawan hingga para pemain sepak bola.

Baca Juga :  Seribu Wisata Di Propinsi Terkecil Di Indonesia, Daerah Wisata Jogjakarta

Museum De Arca memiliki 3 zona yaitu zona tokoh nasional yang berisi tokoh-tokoh indonesia seperti dahlan Iskan, Mbah Maridjan, Pangeran Diponegoro, RA Kartini, Cut Nyak Dien dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Zona kedua yaitu presiden dunia antara lain Presiden Soekarno, Megawati, BJ. Habibie, Ratu Elizabeth II, Barack Obama, Susilo Bambang Yudhoyono, dan lain-lain. Di zona terakhir adalah zona tokoh dunia, di mana pengunjung dapat menjumpai idolanya seperti Michael Jackson, Brad Pitt, Jackie Chan, Cristiano Ronaldo, Hitller, hingga Dalai Lama. Tak ketinggalan Jack Sparrow sang bajak laut, Hulk, Captain America, dan Bunda Teresha.

Yang menjadi daya tarik di museum ini adalah keberadaan objek fotografi yang unik, pengunjung dapat mengambil foto di tempat yang menurutnya sangat menarik yang bertemakan tiga dimensi. Tak hanya melihat, pengunjung juga dapat berfoto bersama tokoh idolanya walaupun hanya patung yang terbuat dari lilin. Kita dapat menikmati patung-patung De Arca ini setiap hari karena buka setiap hari dari pukul 10.00 – 22.00 WIB dan dengan tiket masuk 50.000  kita sudah dapat puas bertemu dengan idola meskipun hanya dalam bentuk lilin.

Check Also

candi borobudur candi termegah di indonesia bahkan dunia

Pesona Borobudur Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Berpergian itu memang menyenangkan, apabila bersama keluarga besar atau bersama komunitas terasa lebih seru dan …