Home / Jawa Barat / Objek Wisata Pangandaran Yang Berpotensi Besar Menjadi destinansi Wisata Favorit
wisata Pangandaran
cdn.pergidulu.com

Objek Wisata Pangandaran Yang Berpotensi Besar Menjadi destinansi Wisata Favorit

Kabupaten Pangandaran merupakan kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat dengan ibu kota Parigi. Pada  awalnya  desa  Pananjung  Pangandaran  ini  ditempati  oleh  para  nelayan  yang  berasal  dari  Sunda, yang datang dan dan tinggal ditempat ini karena faktor gelombang laut yang lebih kecil sehingga mudah untuk mencari ikan.

Hanya di pantai Pangandaran inilah ada sebuah daratan yang menjorok ke laut yang kini menjadi cagar alam atau hutan lindung yang menghambat gelombang besar untuk sampai ke pantai. Oleh  karena  itulah  nelayan  menjadikan  tempat  ini  untuk  dijadikan  tempat  menyimpan  perahu  dan,lama-kelamaan  banyak  orang  yang  datang  dan  menetap  di  tempat  ini,  hingga  kini  menjadi  sebuah perkampungan yang disebut Pangandaran.

pantai pangandaran
lh3.googleusercontent.com

Pangandaran   memiliki   potensi   yang   sangat   besar   dalam   bidang   pariwisata, sehingga   Kabupaten Pangandaran  memiliki  misi “Kabupaten  Pangandaran  pada  tahun  2025  menjadi  kabupaten  pariwisata yang  mendunia  serta  menjadi  pemukiman  aman  nyaman  dan  berlandaskan  norma  agama”.  Banyak objek wisata yang dapat kitatemukan yang menjadi favorit turis mancanegara maupun domestik.

Objek wisata   Pangandaran   tersebut   antara   lain   Pantai   Pangandaran,   taman   wisata   alam (cagar   alam panunjang), pantai Batu Hiu, pantai Batukaras, pantai Madasari, pantai Karapyak dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa pariwisata yang ada di kabupaten Pangandaran.

 

 

Lembah Putri Pangandaran4
awsimages.detik.net.id

Lembah Putri Pangandaran

Kawasan wisata pantai Lembah Putri Pangandaransetelah beberapa tahun terlihat terbengkalai dan ini justru  membuat  kesan  horor  yang  menakutkan  bagiwarga  sekitar,ataupun  bagi  orang orang yang mengalami kejadian  kejadian  aneh di  lokasi  tersebut.  Wisata  pantai  lembah  Putri  ini  seperti  bangunan terbengkalai  terutamabagian  waterpark.

Banyak  sekali  orang  yang  mengalami  kejadian-kejadian  aneh yang akhirnya menjadi buah bibir di tengah masyarakat tentang Lembah Putri. Seorang warga bernama Arif bersaksi, pernah mendengarkan suara seperti seseorang  yang  sedang  melakukan  sesuatu dari arah lokasi  Lembah  Putri  dan  suara orang  tertawa  setiap  malam. Ada  supir yang  membawa  gula  sering beristirahat di sekitar lokasi mendengar suara orang sedang mencuci piring kadangkala juga orang yang sedang tertawa.

Lembah Putri Pangandaran
wartawisata.id

Lembah Putri memiliki  kawasan  seluas  10  hektar  yang  di  dalamnya  terdapat  waterpark,yang  dulu sangat  ramai  dikunjungi  sebagai  tempat  liburan  bersama  keluarga.  Sejak  sang  pemilik  meninggal  dunia seolah kehilangan tuannyaakibat dari tidak ada yang melanjutkan untuk mengurus tempat ini. Wisata dilembah Putri terbengkalai, membutuhkan  bantuan dari  pemerintah  ataupun  investor  dari pihak  swasta jika ingin mengembalikan potensi wisata Lembah Putri ini.

Menurut warga sekitar puing puing bangunan dan arsitektur masih tertata rapi dan tempat berseluncur juga  masih  tetap  tegak  berdiri,  sayangnyakarena  lokasi  ini  tidak  bertuan  maka  sering  sekali  digunakan untuk  tempat mesumoleh  orangorang  yang  tidak  bertanggung  jawab.  Tak  jarang  warga  setempat kedapatan pasangan yang berbuat mesum di tempat kosong ini.

Lembah Putri Pangandaran2
1.bp.blogspot.com

Sangat disayangkan, padahal tempat ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tempat wisatayang diminati yang tentunya juga akan berdampak positif bagi warga sekitar. Objek  wisata  ini  terletak  di  Dusun  Lembah  Putri,  Desa  Putrapinggan, Kecamatan  Kalipucang,  kurang lebih  13  km sebelum  Pantai  Pangandaran  dan  5  km setelah  Pantai  Karang  Nini.

Selama  perjalanan setelah  melewati pantai  Karang  Nini,  Anda akan  disuguhkan  pemandangan  dinding  di  bagian  bawah tulisan  Lembah  Putri  yang  tepat  di  atasnya  adalah  pos  penjaga  tiket  wisata.  Di  tempat  inianda  dapat melihat  pemandangan  secara  langsung  Samudra  Hindia  dari  ketinggian  bukit.  Anda  juga  dapat  melihat beberapa tempat yang  ada  di  Pangandaran  yaitu  Pulau  Nusakambangan, Cagar  Alam  Pananjung, Pangandaran Waterpark  serta  hutan  jati.

Lembah Putri Pangandaran3
3.bp.blogspot.com

Yang  tentunya  bagi  Anda  yang  memiliki  hobi  fotografer  akan mendapatkan  objek  yangmenarikdi  tempat  ini.  Pastikan  kondisi  kendaraan  sangat fit,  karena  untuk sampai ke lembah kita akan menemui jalan yang menanjak tajam serta berkelok. Keunikan di tempat ini selain memiliki pantai, ada juga miniatur tembok Cina yang dibangun diatas bukit yang bertujuan untuk menjadikan trademark tempat ini.

Dibuat dengan bahan batu alam yang memiliki warna hitam kecoklatan dengan ketinggian sekitar 1 m,  memiliki undakan yang memiliki jarak di antara undakan cukup lebar. Saat anda mencoba untuk menyusuri tembok ini, di pertengahan jalan Anda akan menemukan sebuah pendopo berukuran 100 m. pendopo tersebut memiliki atap beton, jadi untuk bisa melihat pemandangan Samudra Hindia dari Puncak, Anda dapat menaiki atap tersebut.

Masih di sekitar pantai  Lembah  Putri, ada  juga  sebuah  bukit  dan  gua  yaitu  Gua  Ronggeng,  yang  pada  malam-malam tertentu akan  terdengar  suara  musik  dan  gamelan  ronggeng.  Berdasarkan  cerita  dari  masyarakat  di Putrapinggan  bahwa  gua  ini  memiliki  hubungan  yang  sangat  erat  dengan  cerita  Dewi  Rengganis  yangsering mengadakan kesenian ronggeng gunung yaitu kesenian asli Pangandaran.

Sayangnya  sekarang  kondisi  objek  wisata  ini  benar-benar  terbengkalai,yang  terlihat  saat  ini  hanya rumput  liar yang tumbuh karena tidak dirawat, serta infrastruktur penutup selokan  kecil di depan jalan raya ikuti rusak dan juga banyak sampah-sampah berserakan di berbagai tempat.

Baca Juga :  Mengupas Indahnya Surga Tersembunyi Dibalik Misteriusnya Goa Haji Mangku

 

Pantai Batu Karas
kategoriberita.files.wordpress.com

Pantai Batu Karas

Pantai  Batu  Karas  adalah  salah  satu  dari  sekian  banyak pantai  yang  ada  di  Kabupaten  Pangandaran,tepatnya lokasi  wisata  pantai  Batu Karas  Pangandaranberada di  desa BatuKaras,  kecamatan Cijulang, Kabupaten  Pangandaran.  Pantai  ini  adalah perpaduan  pantai  Pangandaran  dan  pantai  Batu  Hiu  karena berada  di  garis  pantai  yang  sama.  Air  di  pantai  BatuKaras  memiliki  ombak  yang  cukup  menantang, ditambah dengan batuan tinggi yang merupakan perpaduan harmonis dan menjadi ciri khas bagi pantai Batu Karas.

Para  penggemar surfing sangat  cocok  untuk  melakukan  kegiatan  ini,karena  bisa  dikatakan pantai  ini  merupakan  tempat surfingterbaik  di  pulau  Jawa.  Batu  Karas  merupakan  pantai  yang  paling datar  yang  memiliki sebuah  telukkecil,sehinggaberselancar  tidak perlu  mendayung  terlalu  jauh  untuk mencari pusat awal gelombang. Di pantai ini ada 3 titik pantai yang perlu di ketahui yaitu,

Bulak Pendak2
static.limakaki.com

-Bulak Pendak

Di  Bulak Pendak,gelombang  yang  datang  dapat membuatgelombang  yang  berdinding  tinggi  dan panjang  yang  hanya disarankan  untuk  Anda  yang  sudah  mahir berselancar karena ombaknya  yang sangat tinggi, tapi untuk sampai ke titik ini peselancar harus menggunakan perahu.

-Legok Pari

Lego Pari sangat cocok bagi anda peselancar pemula karena,ombaknya dan tidak tidak terlalu tinggi.

-Karang

Untuk  dapat  berselancar  di  titik  ini, Anda  hanya  dapat  melakukannya  pada  saat  air  laut  sedang  pasang saja karena di sekitarnya banyak terdapat bebatuan. Selain  berselancar, masih  ada  kegiatan  lain  yang  dapat  dilakukan  di  pantai  ini  seperti  jet  ski,  banana boat, berenang, naik kereta kuda, dan masih banyak lagi.

Bulak Pendak
2.bp.blogspot.com

Bagi anda yang suka berpetualang, kawasan ini juga   memiliki   sejumlah   tempat   yang   dapat mengapresiasikan   hobi   anda   seperti   hiking ataupun mendirikan tenda untuk bermalam. Jika anda ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang lagi, Anda juga bisa pergi ke Karang Nunggal yaitu sebuah pantai kecil dan terpencil yang masih berada di kawasan Batu Karas.

Tidak  sulit  untuk  menuju  ke  kawasan  wisata  pantai  BatuKaras,karena  banyak  kita  temukan  penunjuk arah  yang  terpasang  di  sisi  jalan.  Jika  Anda  menggunakan  kendaraan  pribadi  ataumobil sewaan, saat berada  di  daerah  Pangandaran  maka,  ambillah  arah  menuju  Cijulang  dan  ikuti  petunjuk  arah  yang tersedia,  jika Anda memilih  transportasi umum  Anda wajib untuk singgah  di  terminal  Pangandaran dan melanjutkan  perjalanan  dengan  minibus  tujuan  Cijulang,  dan  setibanya  di  Cijulang  anda  hanya  dapat menggunakan ojek untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai di Pantai Batu Karas.

Bulak Pendak3
1.bp.blogspot.com

Di  pantai  Batu Karas  juga  sudah  banyak  kita  temukan  tempat  penginapan  dengan  tarif  yang  bervariasi, seperti hotel Java Cove Beach, hotel Pondok Putri, hotel Teratai, hotel High and Low, dan masih banyak lagi.  Di  pantai  ini  anda  juga  dapat  menyewa rumah  penduduk  setempat  jika  ingin  mengetahui  adat istiadat penduduk lokal. Souvenir  atau  cinderamata  pasti  menjadi  incaran  terakhir  sebelum  anda  meninggalkan  pantai  Batu Karas,  di  sepanjang pantai  pun  banyak  berjejer  toko-toko yang  menjual  aneka souvenir seperti T-shirt, pakaian renang,bermacam kerajinan alam dan lainnya.

 

Green Canyon Pangandaran3
4.bp.blogspot.com

Green Canyon Pangandaran

Jika  di  Amerika  Serikat  memiliki  GreenCanyon  maka  di  Indonesia  juga  memiliki Pangandaran Grand Canyonyang  keindahannya  juga  tak  kalah  dengan  milik  Amerika.  Green  Canyon  Pangandaran  adalah objek  wisata  yang berupa  ngarai  yang  letaknya  di  hulu  sungai  yang  membuat  kecuraman  bebatuan tebing  di  di  tepi  sungai  dan  menjadi  lokasi  wisata  favorit.

Tebing-tebing  hijau  lumut  menjadi  Cukang Taneuhdan  dijuluki  Green  Canyon  yang  membuat  wisata  ini  sedikit  ekstrem, karena  untuk  menuju  ke objek  wisata  ini pengunjung  diwajibkan  menyusuri  sungai  menuju  hulu  dengan  melewati  tebing-tebing curam.  Pengunjung  akan  basah-basahan  turun  ke  sungai  demi  melawan  arus  agar  dapat  sampai  ke tebing hulu sungai diiringi dengan suara gemuruh air terjun yang mengalir dari tiapsisi tebing.

Green Canyon Pangandaran
cdn.idntimes.com

Jika  air  dalam  keadaan  surut  pengunjung  dapat  menelusuri  bawah  gua  besar  dan,lihatlah  keindahan yang ditunjukkan  oleh kedua tebingnya. Green Canyon  memiliki kebersihan yang  sangat terjamin, anda tidak  akan  menemukan  sampah  berserakan  ataupun mengambang  di  sekitar  tebing.  Nama  Green Canyon   diberikan   oleh   Bill   John,seorang   warga   Perancis   pada   tahun   1993,   yang   awal   mulanya penamaan  ini  hanya  sekedar  parodi  dari  objek  wisata  Green Canyon  yang  ada  di  Colorado.

Mungkin karena eksotisme yang sama maka Green Canyon Indonesia ini  dinamakan sama seperti GreenCanyon yang ada di Colorado. Pada  zaman  dahulu,  GreenCanyon  dinamai  oleh  warga  sekitar  Cukang  Taneuh  yang  artinya  jembatan yang  terbuat  dari  tanah.  Penamaan ini  dikarenakan  terdapatnya  jurang Green Canyon  di  atas  lembah yang memiliki jembatan yang terbuat dari tanah dan digunakan petani untuk pergi ke kebun mereka.

Green Canyon Pangandaran4
affendy.files.wordpress.com

Anda  akan  merasakan  keseruan  saat  berada  ke  Green  Canyon  telah  dimulai  dari  mulut  Grand  Canyon yang  sangat  curam  dan  alur  yang  yang  sempit,  yang  bahkan perahu  pun  akan  sulit  untuk  melewatinya, debit  air  yang  yang  disuguhkan  begitu  jernih  sekali  dengan  warna  hijau  kebiruan.  Anda  akan  merasa puas berwisata  di  Green  Canyon  karena  Anda  dapat  menyusur iindahnya  alam  menggunakan  perahu yang  tersedia.

Sungai  yang  Anda  akan  susuri  memiliki  kedalaman  sekitar  5  sampai  10  meter  dan dilengkapi  dengan  tumbuhan  rimbun  yang  ada  di  sekitar sungai  Green  Canyon  ini.  Ujung  dari  sungai GreenCanyon  ini  akan  berada  pada  Batu  Payung,  di  mana  anda  dapat  melompat  dari  atas  ketinggian batu ini untuk terjun ke sungai. Selain itu anda juga dapat menyelam untuk melihat pemandangan indah sembari berpetualang melalui cekungan yang ada di dalam air.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Wajib Anda Kunjungi

 

Hutan Mangrove Pangandaran2
2.bp.blogspot.com

Hutan Mangrove Pangandaran

Meskipun hutan  mangrove Pangandaranbelum  lama  dibuka,  tetapi  kawasan ini  sudah  menjadi perhatian  masyarakat  untuk  mengunjungi  tempat  ini  yang  berada  di  dusun  Sanghyang Kalang,  desa Batukaras, kecamatan Cijulang, kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Hutan mangrove Batukaras dikenal sebagai kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove atau PRPM Batu Karas.

Hutan   mangrove   memiliki   area   seluas   20   hektar   dan   memiliki  beberapa   jenis   mangrove   seperti bruguiera,  exaristata,  parviflora,  gymnorrhiza  dan  masih  banyak  lagi  jenis  lainnya  dengan  proses penghijauan yang terus dilakukan secara bertahap di sepanjang pantai di Pangandaran. Di  Pangandaran  terdapat  beberapa  lokasi  ekosistem  mangrove  seperti  Bojong  Salawe,  Bulaksetra, Batukaras dan Karangtirta yang kebetulan artikel ini akan membahas tentang Saung edukasi Bulaksetra.

Hutan Mangrove Pangandaran4
i.ytimg.com

Kawasan   Bulaksetra   adalah   tanah   yang   timbul   dan   membentuk   pulau,hasil sedimentasi   sungai Putrapinggan  dan  Cikandang  juga  Sungai  Cibuntung.  Untuk  sungai  Cibuntung  adalah  sebagai  pemisah antara  daratan  utama  dengan  Bulaksetra. Bulaksetrasendiri  adalah  lahan  yang  dimiliki  oleh  negara tetapi  dimanfaatkan  oleh  masyarakat  sebagai  pemukiman  dan lahan  pertanian  dan  juga  tambak. Sebelum  terjadinya  tsunami  di  tahun  2006,  Bulaksetra  pernah  menjadi  pemukiman  bagi  38  keluarga pindahan   proyek   pembangunan   pelabuhan   Samudera   Pangandaran.

Saat   tsunami   menghantam Pangandaran,pemukiman  pun  menjadi  hancur  sama  halnya  dengan  lahan  pertanian  dan  tambak  yang lantas  ditinggalkan  dan  tidak  terurus.  Dan  pasca  tsunami  itu  membuat  warga  masyarakat  tersadar mengenai  pentingnya  menjaga  kelestarian  kawasan  hutan  mangrove,  dan  kini  terbukti  dari  Bulaksetra yang berubah fungsi menjadi lahan mangrove. Tak sedikit biaya yang  dikeluarkan untuk membangun  hutan  mangrove ini, dan pengelola memberikan solusi keterbatasan  dana  ini  dengan  cara wisatawan  yang  datang  diharapkan  berpartisipasi  untuk menanam  bibit  atau  berkontribusi  dalam  bentuk  materi.

Hutan Mangrove Pangandaran3
jurnalasia.com

Pengelola Bulaksetra  mengemukakan  bahwa Bulaksetramemiliki manfaat sebagai pelindung ancaman dari bencana laut bagi pemukiman masyarakat yang  paling  dekat  dengan  laut  seperti  Kalapa  Tiga,  Bojong  Karekes  dan  Kamurang  dengan  penghuni kurang  lebih  ih1.556  kepala  keluarga.  Selain  itu  konsep  konservasi  mangrove  dapat  melindungi  garis pantai terhadap ancaman abrasi,serta membantu menangkap sedimen yang terbawa air sungai ke laut hingga melindungi ekosistem lain seperti terumbu karang.

Namun  sebelum  terjadinya  tsunami  kondisi  mangrove  Pangandaran  sudah  mengalami  kerusakan  baik karena  alam  ataupun  karena  manusia  terutama  adanya  pemukiman  dan  tambak  ikan  yang menjadi penyebab  kerusakannya. Meskipun  bibit  telah  ditanam  belum  tentu  akan  tumbuh  karena  terkendala seperti banjir dan kemarau karena bila saat banjir maka bibit akan tersapu dan mati sedangkan kemarau bibit memerlukan perawatan ekstra.

Check Also

Panorama Papua

Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

Jika  kita  menyebut  Provinsi  Papua,  maka  yang  terlintas dibenakmu  adalah  Raja  Ampat  yang  memang telah  …