Tuesday , December 10 2019
Home / Kalimantan Barat / 5 Macam Objek Wisata Keluarga Terbaik Di Kalimantan Yang Harus Kamu Kunjungi Bareng Keluarga
5 2BMacam 2BObjek 2BWisata 2BKeluarga 2BTerbaik 2BDi 2BKalimantan 2BYang 2BHarus 2BKamu 2BKunjungi 2BBareng 2BKeluarga

5 Macam Objek Wisata Keluarga Terbaik Di Kalimantan Yang Harus Kamu Kunjungi Bareng Keluarga

 

 
 
Kekayan alam Indonesia memang tidak ada habisnya jika dibahas. Tidak hanya pulau Jawa, Bali, atau pulai terkenal lainnya yang memilik kekayaan alam yang indah dan menarik. Kekayaan alam Pulau Kalimantan juga tidak kalah indah lho dari pulau lainnya. Pulau Kalimantan atau biasa disebut dengan pulau Borneo ini dibagi menjadi  5 provinsi yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. 
 
Nah berbagai objek wisata di Kalimantan ini sangat cocok deh kamu kunjungi apalagi bersama keluarga. Dijamin deh kamu akan merasa betah berlama-lama di pulau Kalimantan. Penasaran objek wisata apa saja yang pas banget kalau kamu kunjungi bersama keluarga? yuk langsung simak saja.
 
 
 
1.      Bukit  Kelam
Wisata bukit yang satu ini berada di Sintang,  Kalimantan Barat. Kawasan perbuktian wisata yang satu ini masih menyimpan banyak misteri. Disini juga banyak terdapat bongkahan batu monolit raksasa yang katanya merupakan bongkahan batu terbesar di dunia.  Dengan ketinggian900 Mdpl dan kemiringan 14-40 derajat, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam  kota Sintang dan luasnya hamparan hutan. Untuk bisa mencapai puncaknya, kamu harus mendaki  melewati sebuah tangga yang sudah disediakan. 
 
Dijamin rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan deh sesudah sampai di puncak Bukit Kelam ini. Walaupun namanya bukit kelam,tapi pemandangannya tidak sekelam itu kok. Oh iya tempat ini juga ramai digunakan untuk aktivitas paralayang dan panjat tebing lho! Jadi buat kamu yang suka dengan olahraga ekstrim, bisa banget datang ke tempat wisata yang satu ini.
 
 
2.      Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasionl Tanjung Puting berada di semenanjung barat daya tepatnya di Kecamatan Kumai, Kalimantan Tengah. Tempat ini awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatawa, namun kemudian diubah menjadi taman nasional pada tahun 1984. Disini kamu bisa melihat berbagai satwa yang dilindungi seperti orang utan khas Kalimantan, beruang, bekantan, monyet merah, rusa, dan kucing liar. 
 
Dengan memasuki hutan kamu akan mendapatkan pengalaman yang menarik seperti memberi makan anak orang utan yang lucu. Orang utan disini sudah dilatih untuk bersahabat dengan manusia. Jadi jangan takut ya  jika ia mendekatimu tiba-tiba! Tempat wisata yang satu ini memilik ketinggian diatas 100 Mdpl yang didalamnya dikekelilingi keindahan alam. Ada hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan bakau, dan hutan pantai. Luas total Taman Nasional Tanjung Puting ialah 415,04 ha. Luas sekali bukan?
 
Nah untuk itu tempat wisata yang satu ini cocok banget deh sebagai wisata edukasi kamu dan keluarga. Jadi selain kamu liburan, kamu juga akan mendapatkan pengetahuan tentang alam. Ada beberapa tempat yang harus kamu kunjungi saat disini yaitu Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Lakey, Natai Lengkuas, Danau Burung, dan Sungai Buluh. Kalau mau mengunjungi semua tempat  di Taman Nasional Tanjung Putting ini, sebaiknya kamu datang di bulan Juni hingga bulan September. 
 
 
3.      Bukit Rimpi Pelaihari
Tempat wisata alam yang satu ini terletak di Pelaihari,  Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.  Bukit ini dijuluki dengan buktit teletubies karena gundukan buktinya mirip sekali dengan bukit yang ada di film teletubies. Bukit Rimpi Pelaihari ini menghadirkan pemandangan padang savana hijau yang luas seperti bukit-bukit hijau yang ada di New Zealand itu lho! 
 
Kamu bisa menghirup udara segar disini sambil berfoto-foto bersama keluarga dengan latar bernuansa alam nan hijau.  Karena tempatnya di perbukitan, banyak sekali hewan-hewan ternak yang berkeliaran disini sehingga menambah keramaian  Bukit Rimpi Pelaihari ini. Dengan membayar 10 ribu per orangnya kamu dan keluarga bisa sepuasnya menikmati keindahan alam bukit indah ini.
 
 
4.      Pulau Kakaban (Danau Ubur-Ubur)
Pulau Kakaban berlokasi di gugus kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Objek wisata yang satu ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara lho! Keindahan  biota laut serta panorama bawah laut yang memukau menjadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau yang satu ini. Bahkan kepopuleran Derawan hampir mengalahkan wisata Raja Ampat yang juga memiliki kekayaan bawah laut yang mengagumkan. Pulau Kakaban sangatlah hijau dan yang menjadi keistimewaan dari pulau ini yaitu menjadi habitat ubur-ubur. 
 
Bahkan pulau Kakaban dinobatkan menjadi salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur.  Disini terdapat 4 spesias ubur-ubur yaitu Mastigias Papua,  Aurelia, Golden Jellysfish, dan Casiopea. Bagi kamu yang suka olahraga diving atau snorkeling, danau ubur-ubur bisa menjadi pilihan yang tepat karena kamu akan merasakan pengalaman menyelam sambil ditemani spesies ubur-ubur yang lucu.  Tak perlu takut disengat, karena ubur-ubur di danau ini tidak berbahaya.  Dengan membayar 20 ribu, kamu bisa diving atau snorkeling sepuasnya deh. Terjangkau banget kan? Selain spesies ubur-ubur,  pulau Kakaban juga memiliki biota laut lainnya seperti white tip, hammer shark, ikan badut, ikan barakuda, dan koleksi  terumubu karang yang cantik banget.
 
 
5.      Air Terjun Semolon
Air Terjun Semolon berada di kecamatan Mentarang, Desa Pakin, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Air terjun yang satu ini merupakan wisata air panas unik yang ada di Malinau. Keunikannya terletak pada aliran sungainya yang berbatu berbentuk seperti tangga yang bertingkat-tingkat. Tingkatannya berjumlah 9, dan setiap tingkatannya memiliki ketinggian 2 meter.  Penduduk setempat meyakini berendam disini  dapat menyembuhkan bebagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya. 
 
Air panas yang dikeluarkan berasal dari kandungan mineral bumi yang terdapat di pulau Kalimantan.Sudah banyak wisatawan dalam negeri hingga wisatawan luar negeri yang datang jauh-jauh kesini demi menikmati sensasi berendam dengan air hangat. Pengunjung dibebaskan menaiki undakan untuk meraskan segarnya air terjun yang mengalir deras. Namun, untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 2 jam an  dan berjarak 44 km dari pusat kota Malinau. Pastikan cuaca pada saat perjalanan mendukung ya! Karena nantinya kamu akan melewati lembah-lembah curam, namun bisa sambil menikmati panorama hutan tropis yang mengagumkan. 
 
Akitivitas lain yang bisa kamu lakukan selain berendam air hangat yaitu kamu bisa mencoba pengalaman ber arung jeram. Nah jangan lupa untuk membawa kamera biar bisa mengabadikan keindahan alam disini dan juga berfoto ria bersama keluarga. Fasilitas yang cocok untuk anak-anak  juga tersedia disini. Mulai dari arena permainan anak, arena bersepeda, dan outbond. Kalau kamu dan keluarga ingin beristirahat sejenak, disini juga disediakan gazebo. Bahkan jika ingin menginap di lokasi wisata ini,  disediakan cottage untuk bermalam sambil menonton pertunjukkan tari khas dayak. Seru banget kan?
Itu dia 5 macam objek wisata keluarga terbaik di Kalimantan. Yang pastinya, tempat wisata diatas cocok banget deh mengisi waktu liburanmu bersama keluarga! Sebenarnya, masih banyak wisata keluarga di Kalimantan yang nggak bisa kita bahas semua. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensimu saat liburan di Pulau Kalimantan ya!

 

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *