Home / Yogyakarta / Obyek Wisata Jogja Yang Tak Luntur Karena Hadirnya Wisata Baru Di Jogja
ikon Jogja
akparda.ac.id

Obyek Wisata Jogja Yang Tak Luntur Karena Hadirnya Wisata Baru Di Jogja

Jogja  adalah  kota  pelajar  yang  memiliki  1000  destinasi  wisata  yang  setiap  tahunnya  akan  muncul tempat-tempat  baru  yang  memiliki  daya  tarik  tersendiri  dan  akhirnya  menjadi obyek  wisata  di  jogja terbaru  2020.  Jika  anda  mampir  ke  Jogja,  jangan  hanya  jalan  ke Malioboro  atau  mengunjungi  Pantai Parangtritis  saja,  masih  banyak  tempat-tempat  yang  patut  Anda  kunjungi.

Selain  pantai,  jogja  juga memiliki candi-candi zaman dahulu yang kini menjadi objek wisata. Pantai  Parangtritis  merupakan  pantai  yang  paling  terkenaldi  Yogyakarta,  dan  bahkan  menjadi  objek wisata  pantai  di  Yogyakarta.  Perlu  Anda  ketahui,  bahwa  Sebenarnya  masih  banyak  lagi  pantai-pantai memiliki  pesona  indah  selain  Pantai  Parangtritis  yang  ada  di  Jogja,  berikut  ini  adalah nama  pantai  di jogjayang memiliki pesona yang indah.

 

Pantai Indrayanti
travelspromo.com

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti bisa dibilang sebagai pantai yang populer di Jogja, karena  pantai  ini adalah salah satu pantai yang memiliki pasir putih bersih dengan pesona alam yang menarik. Pantai ini memiliki nama lain yaitu  pantai  Pulang  Syawal  yang  diberikan  oleh  pemerintah,  tetapi  karena  beberapa  faktor  pantai  ini akhirnya disebut sebagai Pantai Indrayanti.

Seperti biasa, objek wisata pantai biasanya akan ramai pada musim liburan ataupun akhir pekan. Pantai ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara atau  wisatawan  lokal,  tetapi  meskipun  sering  di  padati  pengunjung,  pantai  ini  kebersihannya  tetap terjaga.  Berkat  ketanggapan  pihak  pengelola  dan  masyarakat  sekitar  pun  mengikuti  aturan  yang  ada untuk  tidak  membuang  sampah  sembarangan.

Pantai Indrayanti2
datawisata.com

Bagi  pengunjung  yang  melanggar  akan  dikenakan  biaya Rp10.000 jika membuang sampah sembarangan.Di  sepanjang  pantai  di  kelilingi  oleh  tebing  karang  serta  pepohonan,  warna  air  yang  ada  di  laut  ini berwarna  biru  jernih.  Tentu  anda  tidak  hanya  ingin  memandangi  pemandangan  indah,  anda  dapat melakukan  beberapa  aktivitas  di  sini  seperti  bermain  air,  bermain  pasir,  mencari  Spot  foto  untuk mengabadikannya dan masih banyak lainnya.

Pantai ini pun tersedia gazebo yang di lengkapi payung jika ingin  bersantai  menikmati  hembusan  angin  pantai  serta  pesona  Pantai  Indrayanti.  Bermain  jetski  juga salah  satu aktivitas  lain  yang  dapat  Anda  lakukan  di  pantai  ini,  yang  tentu saja akan memacu  adrenalin anda. Cukup dengan biaya Rp250.000/15 menit anda dapat menyewa dan menjelajahi ombak pantai.

Di  pantai  ini  juga  ada  banyak  kuliner  dan  jajanan  lainnya.  Anda  dapat  memesan  makanan  sambil menikmati pemandangan pantai, atau bisa sambil menunggu momen di mana matahari akan kembali ke peraduan. Fasilitas  yang  tersedia  di  Pantai  Indrayanti  sudah  cukup  lengkap  diberikan  oleh  pihak  pengelola  pantai antara lain kamar mandi, tempat makan,  parkiran, wahana bermain, Gazebo dan lain-lain.

Baca Juga :  Objek Wisata Yang Instagramable Di Jogjakarta

 

Pantai Pok Tunggal
pantainesia.com

Pantai Pok Tunggal

Kabupaten Gunung Kidul terkenal memiliki wisata pantai yang takkalah dengan Parangtritis. Anda akan menemukan  banyak sekali  pantai  yang  memiliki pemandangan yang  sangat  eksotis,  yang  salah  satunya adalah  Pantai  Pok  Tunggal  yang  tepatnya  berada  di  desa  Tepus,  kecamatan  Tepus,  kabupaten  Gunung Kidul,  yogyakarta.

Pantai ini  juga  di  apit  antara  pantai  Pulang  Syawal  atau  Pantai  Indrayanti  dengan Pantai Siung. Asal  usul  pantai  ini  dinamakan  Pok  Tunggal  karena  terdapat  pohon  durasi  yang  hanya  satu  tumbuh  di pantai  ini,  selain itu juga pohon ini  sangat  unik  jika  dibandingkan pohon-pohon yang  ada  di  sekitarnya.

Itulah alasan mengapa pantai ini disebut Pantai Pok Tunggal oleh warga setempat, yang juga diharapkan bagi pengunjung untuk tidak merusak pohon tersebut. Di  pantai  ini  cocok  untuk  melakukan  kegiatan  camping  mau  berkemah  karena  memiliki  struktur  pantai yang  landai  serta  anginnya  tidak  terlalu  kencang,  sehingga  jika  mendirikan  tenda  tidak  akan  mudah roboh.

Pantai Pok Tunggal2
pantainesia.com

Bahkan warga setempat juga ada yang menyediakan tenda untuk berkemah yang disewakan, jadi Anda tidak perlu repot membawa dari rumah.Selain berkemah, Anda  juga dapat mencari spot foto yang menarik untuk diabadikan, berada di bawah pohon durasi di pantai ini adalah lokasi favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Ada yang menjadi daya tarik di Pantai Pok Tunggal ini yang dapat kamu temukan, antara lain ,

-Anda  dapat  berjalan-jalan  di  pantai  pada  tengah  malam  karena  kondisi  pantai  sedang  surut, banyak biota laut yang bisa ditemukan mulai dari bintang laut, kepiting, ikan kecil dan lain-lain. Ada juga orang sekitar pantai yang menjual jaring kecil jika Anda ingin berburu biota laut.

-Di  pantai  ini  juga  kita  akan  menemukan  mata  air  tawar  yang  terdapat  di  kubangan  dan  tidak memiliki rasa asin, dimana pada bagian barat terdapat tiga mata air kecil yang mengalir ke pantai.

-Di pantai ini juga terdapat Gazebo kecil yang bisa anda gunakan untuk santai sambil mengobrol, meskipun tidak terlalu luas tetapi masih nyaman untuk digunakan.

-Sebelum  matahari  terbit,  Anda akan melihat  karang  yang  nampak,  dikarenakan pantainya yang memiliki air sangat bening.

 

Pantai Jogan
static.limakaki.com

Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah pantai  yang tidak bisa dipandang  sebelah mata karena memiliki keunikan yaitu, air terjun  yang  langsung  jatuh  ke  laut  Pantai Jogan. Ketinggian yang  dimiliki air  terjun  ini sekitar  10  meter, mendapatkan air yang berasal dari perbukitan Karst di sebelah utara. Lokasi pantai ini berada di sebelah barat  Pantai  Siung  yang  bisa  dibilang  cukup  populer,  tapi  entah  mengapa    Pantai  Jogan  belum  populer dan banyak dikenal oleh wisatawan.

Melihat  air  terjun  yang  indah  ini,  tentu  anda  tidak  mungkin  melewatkan  menikmati  guyuran  air  terjun unik  ini,  tetapi  untuk  merasakannya  Anda  harus  melewati  jalan  setapak  yang  lumayan  licin  dan  juga basah,  selain  itu  juga  Anda  akan  menuruni  tebing  tetapi  untuk  membantu  pengunjung  yang  datang maka  telah  disediakan  kayuuntuk  berpegangan  dan  menopang  tubuh.

Pantai Jogan2
awsimages.detik.net.id

Tak  sampai  di  situ  saja,  Anda  juga  akan  melewati  karang  di  mana  Anda  akan  banyak  menemukan  bayi  kepiting  berkeliaran  yang memiliki ukuran sekitar 5 mm, yang biasa diambil warga sekitar untuk dikonsumsi menjadi lauk. Setelah anda sampai ke tujuan, maka anda dapat merasakan percikkan air yang sejuk yang cukup menenangkan fikiran.

Pantai  Jogan  berada  di  kecamatan  Tepus,  kabupaten  Gunung  Kidul,  Daerah  Istimewa  Yogyakarta  dan dikelilingi oleh pantai Nglambor, pantai Siungdan pantai Timang. Untuk sampai ke pantai ini pun sangat mudah, sekitar 79 km dari pusat kota Jogjakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Karena  Pantai  Jogan  belum  terlalu  banyak  dikenal  wisatawan,  fasilitas  di  pantai  ini  termasuk  minim.

Pantai Jogan3
pantainesia.com

Fasilitas  yangtersedia  hanya  ada  gazebo,  toilet,  tempat  parkir,dan  ada  beberapa  warung  makan  dan minum. Air  terjun  Pantai  Jogan  Gunung  Kidul  memiliki  ketinggian  10  m  yang  sumber  airnya  didapat  dari perbukitan  di  sebelah  utara  Pantai  Jogan.  Keunikan  yang  dimiliki  oleh air  terjun  ini  adalah  airnya langsung  mengalir  ke  laut  tanpa  memiliki  garis  batas  laut.

Berada  di  atas  air  terjun,  Anda  tidak  akan berhenti tertegun karena dapat  menyaksikan gulungan ombak yang besar. Anda  tak perlu takut  ombak besar  itu  akan  menghantam  Anda,  karena  ombak  besar  itu  akan  tertahan  oleh  kokohnya  batu  karang pantai,  selain  itu  Anda  juga  dapat  menikmati  suasana  senja  dimana  langit  akan  berwarna  ungu  dan terlihat sangat indah.

 

Pantai Sundak
4.bp.blogspot.com

Pantai Sundak

Pantai  Sundak  identik  dengan  pemandangan  pantai  dan  asal  usul  kisah  namanya.  Berada  di  Pantai Sundak  anda  akan  mendapatkan  pemandangan  yang  menakjubkan  serta  sejarahnya  di  mana  pantai Sundak ini dinamakan. Pantai Sundak adalah pantai yang pernah mengalami evolusi, dan hal itu terbukti dari evolusi di sekitarpantai.

Pada  bagian  barat  pantai  terdapat  sebuah  masjid  serta  lahan  yang  kosong  yang  biasa  dijadikan tempat parkir oleh pengunjung, dan pada bagian timur terdapat gua alami yang terbuat dari batu karang dengan tinggi 12 meter, dengan sumur alami di dalamnya dan menjadi sumber air tawar bagi penduduk sekitar.

Pantai Sundak2
visitingjogja.com

Menurut  cerita pada tahun  1930,  area  gua  dan masjid masih  terendam  oleh  air  laut  tetapi dari waktu ke  waktu perubahan  struktur  pantai  selatan  membuat  permukaan laut  menyempit  dan akhirnya tercipta  daratan  baru  yang  kini  menjadi  lokasi  masjid  dan  gua  yang  juga  mampu  menopang  ekonomi warga setempat. Pantai  Sundak  memiliki  pasir  putih  yang  pemberian  namanya  juga  dikaitkan  dengan  sebuah  fenomena alam  yang  unik,  yang  sering  terjadi di  pantai  ini.

Pada  musimhujan  tentunya  debit  air  akan  besar  yang akan  sampai  ke  daratan  dan  mengalir  ke  lautan,  sehingga  daratan  di  sebelah  timur  pantai  seperti terbelah   menyerupai   sungai.   Sedangkan   jika   musim   kemarau   belahan   tersebut   akan   hilang,   dan fenomena inilah yang menjadi asal usul pemberian nama pantai  Wedimbedah atau pasir yang terbelah yang kini lebih dikenal dengan Pantai Sundak.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Jogjakarta Terbaru Hingga Malioboro

 

Pantai Nglambor
ainonholidays.co.id

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah pantai yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan anda, yang tidak hanya menikmati  pemandangannya  saja,  tetapi  anda  juga  bisa  melakukan  kegiatan  seperti  snorkeling.  Pantai Nglambor  berada  di  deretan  pantai  pantai  yang  yang  menghadap  ke  Samudera  Hindia  yang  ombaknya yang besar dapat sampai ke bibir pantai, tetapi hal itu tidak terjadi pada pantai Nglambor karena pantai Nglambor  memiliki  dua  buah  gunung  karang  yang  besar,  yang  berfungsi  untuk  memecah  ombak sehingga tidak akan mencapai bibir pantai sehingga aman untuk berenang.

Dulu  bisa  dibilang  pantai  Nglambor  adalah  pantai  yang  sangat  sepi  dan  bukan  pantai  yang  layak dikunjungi  wisatawan.  Pantai  ini  tidak  begitu  luas  dengan  akses  jalan  menuju  pantai  yang  masih  sulit, dan  hal  itulah  yang  membuat  pantai  ini  jarang  dikunjungi  oleh  wisatawan.

Pantai Nglambor2
ainonholidays.co.id

Tetapi  di  pantai  ini  ada  1 keluarga  yaitu  Mbah  Tukiyem  dan Mbah  Kartomo  yang  tinggal  di  pantai  ini  untuk  menjaga  ternak  dan juga  ladang  milik  mereka  dari  monyet  yang  sering  datang  untuk  mencari  makan  dengan  merusak  hasil panen   mereka.   Meskipun   di   daerah   Gunung   Kidul   wisata   pantai   mulai   meroket,   hal   itu   tidak berpengaruh pada  pantai Nglambor  yang  masih  sepi.

Tetapi  sejak  sekelompok  orang  yang  mengangkat potensi  wisata  pantai  Nglambor,  mulai  saat  itu  pantai  Nglambor  mulai  dilirik  wisatawan  sebagai  pusat snorkling.  Kini  pantai  Nglambor  sudah  menjadi  destinasi  wisata favorit  bagi  para  penyelam  yang  ingin menikmati dunia bawah laut pantai di Gunung Kidul.

 

Pantai Krakal2
datawisata.com

Pantai Krakal

Pantai  Krakal  adalah  salah  satu  pantai  yang  sudah  populer  yang  yang  ke  populerannya  udah  dapat disamakan dengan pantai-pantai yang ada di Jogja. Pantai krokoh memiliki sejarah konon menurut cerita pantai  Krakal  berada  di  bawah  permukaan  air  laut  adalah  perubahan.  Bunyi  tidak  berhenti  bergerak peristiwa epirogenesa negatif yang mengakibatkan lapisan bumi.

Itu yang mengakibatkan  Pantai Krakal muncul ke permukaan, dan akhir-akhir ini menjadi salah satu destinasi wisata di yogyakarta. Alam yang terjadi yang bisa dibilang menjadikan pakai kapal dipenuhi ekosistem beberapa biota laut. Pantai Krakal memiliki daya tarik tersendiri antara lain, Mendaki ke bukit Karang Tujuan  utama  untuk  mengunjungi  Pantai  Krakal  selain  menikmati  pemandangan  panorama  pantainya, tentu  juga  dapat  mendaki  di  bukit  karang  yang  menjadi  ikonnya.

Pantai Krakal
rentalmotorjogja.org

Akses  untuk  menuju  ke  bukit  karang cukup  mudah,  karena  telah  terbantu  dengan  tersedianya  jalan    bentuk  struktur  tangga  yang  aman. Sesampainya  di  sana  anda  akan  menikmati  panorama  yang  sangat  luar  biasa  dengan  alas  lautan  yang berwarna biru dan disambut dengan hawa pantai yang sejuk. Anda pasti menyangka bahwa bukit karang adalah tempat yang gersang tanpa ada tanaman apa pun, tetapi tidak di bukit karang yang ada di Pantai Krakal.

Bukit  karang  di  pantai  ini  sangat  subur  dan  anda  akan  mendapati  banyak  jenis  tanaman  dan bunga yang ikut memberi warna suasana perbukitan.

Surfing
kanaljogja.id

Surfing

Di  pantai  di  Pantai  Krakal  Anda  juga  dapat  melakukan  kegiatan  surfing  melawan  ombak,  pantai  Krakal memang dikenal juga sebagai surganya para peselancar. Gulungan ombak yang besar memang menjadi sebuah  tantangan  bagi  Anda yang  ingin  mencari pengalaman  surfing.  Tetapi kegiatan  surfing  tidak  bisa dilakukan  sewaktu-waktu,  pada  bulan-bulan  tertentu  akan  terjadi  gelombang  yang  terlalu  tinggi  yang dapat membahayakan.

Berburu biota laut
ardiantoyugo.files.wordpress.com

Berburu biota laut

Pada  saat  pantai  Krakal  mengalami  air  surut  anda  akan  menjumpai  karang  karang  yang  dihiasi  rumput laut  berada  di  pinggiran  pantai,  akan  ada  beberapa  ikan  yang  terjebak  di  antara  batuan  Karang.  Bagi Anda yang gemar memelihara ikan hias, ini adalah kesempatan bagi anda untuk mendapatkannya. Jenis ikan hias damselfish yang memiliki warna kuning dengan garis kebiruan di punggung dan juga ikan yang berwarna biru terang adalah ikan yang paling sering ditangkap untuk dijadikan ikan hias.

Snorkeling
mytrip123.com

Snorkeling

Bagi  anda  yang  lebih  senang  melihat  biota  laut  secara  langsung  tanpa  harus  membelinya  maka  anda dapat  melakukansnorkeling.  Di  sekitar  pantai  juga  ada  yang  menyewakan  perlengkapan  snorkeling dengan harga sekitar Rp50.000.

 

Itulah  beberapa pantai yang terkenal karena panorama pantainya yang indah,  masih banyak lagi pantai indah yang ada di Yogyakarta yang dapat Andakunjungi. Selain pantai, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata  candi  yang  penuh dengan  sejarah. Berikut  ini  adalah  beberapa nama  candi  di  Jogja yang  dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan liburan Anda.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata di Kudus dan Sekitarnya yang Paling Populer!

 

candi borobudur
cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Candi Borobudur

Candi  Borobudur  adalah  candi  terbesar  di  Indonesia,  dimana  Candi  Borobudur  ini  adalah  salah  satu candi  Budha  yang  terletak  di  Magelang,  Jawa  Tengah,  sekitar  40  km  di  sebelah  barat  laut  Kota  Jogja. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 750 hingga 800-an Masehi pada masa penganut ajaran Buddha Mahayana.  Candi  Borobudur  ini  pernah  masuk  ke  dalam  daftar  7  keajaiban  dunia,  karena  Candi Borobudur  adalah  candi  yang  terbesar  dan  candi  Budha  yang  tertua  karena  dibangun  sebelum  adanya Candi  Angkor  Wat  di  Kamboja  yang  dibangun  kira-kira  abad  ke  12  oleh  Raja  Suryavarman  II.

Candi Borobudur  dibangun  pada  masa  pemerintahan  Dinasti  Syailendra,  candi  Borobudur  belum  di  temukan asal-usulnya sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai siapakah sendiri awalnya. Nama candi Borobudur berasal dari kata baraa dan budur yang artinya adalah “kompleks biara di atas”. Candi Borobudur memang terletak tepat di atas sebuah bukit yang sangat megah.

Candi Borobudur3
jowonews.com

Hingga kini belum ada satu orang pun yang tahu siapakah pendiri Candi Borobudur, para peneliti pun belum menemukan bukti tertulis  atau  bukti lain yang  menjelaskan  tentang  penjelasan  sejarah tentang  Candi  Borobudur  ini. Para peneliti hanya dapat memperkirakan bahwa Candi Borobudur dibangun di tahun 750 –800 Masehi, hal itu   dikarenakan   adanya   jenisaksara   yang   tertulis   pada   kaki   Karmawibhangga   Candi   Borobudur karmawibangga.

Aksara yang digunakan adalah aksara yang umumnya digunakan pada prasasti kerajaan di abad 8 –9 Masehi, dan itulah yang menjadi patokan bahwa Candi ini dibangun pada kerajaan dinasti Syailendra di Jawa Tengah. Diperkirakan  karena  lokasinya  yang  berada  di  atas  perbukitan,  kompleks  biara  Candi  Borobudur  ini memakan waktu dari 5 hingga 100 tahun lebih lamanya untuk merampungkan pembangunan candi, dan diperkirakan  Candi  Borobudur  rampung  100%  di  masa  pemerintahan  raja  Samaratungga  di  tahun  825.

Candi Borobudur awalnya  rancangan bangunan yang berupa stupa tunggal sangat besar yang berada di puncaknya,  tetapi  karena  pertimbangan  bahwa  stupa  yang  besar  akan  mempengaruhi  berat  yang akhirnya  akan  beresiko  jika  diletakkan  di  atas,    akhirnya  dibongkar  lalu  digantikan  dengan  3  stupa berukuran kecil dan 1 stupa induk seperti saat ini.

Candi Borobudur2
ecs7.tokopedia.net

Bangunan candi Borobudur terbagi menjadi 10 tingkat dengan bentuk punden berundak. Makna dibalik 10 tingkat tersebut adalah melambangkan langkah dan proses hidup manusia. Candi Borobudur memiliki 6 teras yang berbentuk segi empat, pada dinding candi juga  tergambar  kira-kira  2.672  panel  relief  dan  504  Arca  Buddha,  dan  stupa  utama  yang  paling  besar berada di tengah yang menjadi mahkota pada bangunan ini.

Stupa  yang berada paling atas dikelilingi 3 bagian  dari  72  stupa  yang  di  dalamnya  terdapat    Arca  Buddha  yang  sedang  duduk  bersila  di  tengah bunga teratai.

 

Candi Prambanan
i0.wp.com

Candi Prambanan

Candi  Prambanan  memiliki  arsitektur  keindahan  bangunan  candi  yang  menarik  wisatawan,  sehingga tidak  pernah  sepi  dari  pengunjung  yang  datang.  Konon  Candi  Prambanan  dibangun  oleh  Bandung Bondowoso  hanya  dalam  waktu  satu  malam  saja  yang  dibantu  oleh  beberapa  makhluk  gaib,  tetapi sebenarnya  yang  membangun  Candi  adalah  Rakai    Rakai  Pikatan  menurut  tulisan  pada  prasasti  Wantil dan  Siwargha.

Candi  Prambanan  dibangun  oleh  Rakai  Pikatan  pada  tahun  850  Masehi  yang  kemudian dilanjutkan oleh Balitung Maha Sambu pada masa kerajaan Medang Mataram. Candi  Prambanan  memiliki  sebutan  lain  yaitu  Rumah  Siwa,  dimana  sebutan  itu  digunakan  sebagai bentuk  penghormatan  terhadap  sang  Dewa  dengan  sosok  yang  sangat  istimewa.

Candi Prambanan2
rentalmobiljogja.id

Bahkan  arca  Siwa Mahadewa setinggi 3 meter juga terdapat di ruang utama candi, karena Dewa Siwa sangat berpengaruh pada zaman pemerintahan Rakai Pikatan. Menurut kosmologi Hindu, candi Prambanan sengaja dibentuk dengan  bentuk  yang  sama  dengan  puncak  Mahameru  yang  konon  sangat  dipercaya  sebagai  rumah Dewa.  Pada  setiap  ruang  candi  juga  mengikuti  pola  semestayang  memiliki  beberapa  lapisan  dari  yang paling suci hingga kurang suci.

Puncak Candi Prambanan juga berbentuk seperti mahkota  yang memiliki sebutan Puncak Mastaka sebagai lambang halilintar. Candi  Prambanan  memiliki  3  area  yang  berbatasan  dengan  batu  andesit.  Bagian  pertama  adalah  zona luar,  pada  bagian  kedua  adalah  zona  tengah  yang  memiliki  ratusan  candi  dan  zona  ketiga  adalah  zona dalam atau zona paling suci dari 8 candi utama serta 8 kuil kecil.

Candi Prambanan3
upload.wikimedia.org

Sebelumnya terdapat 240 candi besar  dan kecil di kompleks ini, tetapi kini yang tersisa hanya 18 candi antara lain 8 candi utama, 8 candi kecil dan  2  candi  perwara.  Pada  dinding-dinding  candi  Prambanan  gambar  relief  yang  berbentuk  ukiran untaian  kisah  Ramayana.  Jika  kita  mengikuti  dari  sisi  timur  komplek  candi  Siwa,  maka  anda  dapat menikmati  alur  cerita  secara  utuh  yang  kemudian  pada  sisi  barat  akan  diteruskan  dengan  relief  pada candi Brahmana.

Pada  tahun  1991  candi  Prambanan  diresmikan  sebagai  salah  satu  situs  warisan  budaya  dan  sebagai candi Hindu  terbesar di Indonesia  serta Candi  terindah  di  Asia  Tenggara.  Arca    yang  dimiliki  oleh  Candi Prambanan antara lain arca Siwa Mahadewa, Brahmana, Wisnhu, Ganesha serta terdapat juga beberapa panel  Dewata  di  bagian  relief.  Pada  Mei  2006  Candi  Prambanan  direnovasi  akibat  terjadinya  gempa bumi.

Baca Juga :  Pantai Baru Yang Ada Di Gunung Kidul Jogjakarta

 

Candi Tara
gotravelly.com

Candi Tara

Candi  Tara  adalah  salah  satu  candi  Buddha  yang  ada  di  Yogyakarta,  tepatnya  terletak  di  Kalibening Kalasan  dengan  konseptor  yang  sama  dengan  Borobudur  yaitu  Rakai  Panangkaran.  Karena  letaknya berada  di  daerah  Kalasan  maka,  candi  ini  oleh  masyarakat  sekitar  disebut  juga  dengan  nama  candi Kalasan.  Candi  Kalasan  atau  candi  Tara  adalah  candi  yang  tertua  di  Jogja,  karena  pembangunannya diselesaikan  pada  tahun  778  Masehi,  yang  dibangun  sebagai  penghargaan  atas  perkawinan  Pancapana yang berasal dari Dinasti Sanjaya dengan Dinasti Dyah pramudya Wardhani dari Dinasti Syailendra.

Candi  Tara  memiliki  tiga  bagian  yaitu  kaki  candi,  tubuh  candi  dan  atap  candi.  Pada  bagian  kaki  Candi yang  merupakan  bangunan  beralaskan  batu  berbentuk  bujur  sangkar  dengan  sebuah  batu  lebar,  serta tangga  yang  dipenuhi  hiasan  pada  ujungnya.  Candi  Tara  memiliki  bentuk  dasar  bujur  sangkar  dengan ukuran  45  m,  dan  tinggi  34  m  pada  setiap  sisinya,  dikelilingi  dengan  stupa  stupa  dengan  ukuran  tinggi sekitar 4,6 m sebanyak 52 buah.

 

Candi Plaosan
1.bp.blogspot.com

Candi Plaosan

Candi  Plaosan  terletak  dekat  dengan  candi  Prambanan  yang  berjarak  kurang  lebih  1  km  ke  arah  utara dari Candi Prambanan, jadi jika anda berkunjung ke Candi Prambanan maka anda akan bisa melanjutkan perjalanan  untuk  ke  candi  Plaosan.  Candi  ini  memiliki  2  kompleks  yang  berbeda  yaitu  yang  pertama Candi  Plaosan  Lor  dan  Candi  Plaosan  Kidul  yang  keduanya  memiliki  banyak  kesamaan,  oleh  karena  itu Candi ini sering dijuluki sebagai Candi kembar.

 

Candi Ijo
hargatiket.net

Candi Ijo

Candi Ijo  adalah candi tertinggi di  Jogjakarta, dan dinamakan Candi Ijo  karena  lokasi candi yang  berada di Bukit Ijo di desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Bukit Ijo berada di ketinggian 410 mdpl sehingga tak salah jika candi Ijo dikatakan sebagai Candi tertinggi di Jogjakarta.

 

Masih banyak lagi candi-candi yang di Jogjakarta yang bisa anda kunjungi, seperti Candi Pawon, candi Mendut, candi barong, istana Ratu Boko, dan Candi Sambisari yang keindahannya tidak kalah dengan candi-candi yang  di  atas.  Itulah  beberapa  destinasi  wisata  pantai  dan  wisata  candi  yang  ada  di  Jogjakarta  yang sayang  untuk  Anda  lewatkan  jika  berkunjung  ke  Daerah  Istimewa  Yogyakarta.  Untuk  menghabiskan liburan kita tidak harus pergi jauh keluar negeri Karena di tanah air kita ini masih banyak sekali definasi yang keindahannya bisa disandingkan dengan wisata alam di luar negeri.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …