View Kalsel
pu.go.id

Obyek Wisata Menarik Di Kalimantan Selatan

Salah satu provinsi yang ada di Kalimantan yaitu Kalimantan Selatan memiliki segudang daya tarik yang sayang untuk dilewatkan bagi kamu yang suka menjelajahi keindahan alam Indonesia. Terdapat banyak sekali yang bisa kamu temukan di Kalimantan Selatan seperti air terjun, pulau, pantai, dataran yang indah yang bisa kamu temui di sini. Hampir semua spot wisata yang bisa dinikmati tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, bahkan gratis.

Berikut  ini  adalah  daftar  tempat  wisata  yang  bisa  kamu  kunjungi  di  Kalimantan  Selatan  dan  yang  pasti tidak akan mengecewakan.

 

Labirin Pelaihari
visitkalsel.com

1. Labirin Pelaihari

Ingin merasakan aksi seperti yangada di film The Maze Runner yang mencoba melepaskan diri dari labirin. Kamu  bisa mencobanya di  tempat  ini meskipun tidak setegang  seperti yang  ada film,  tetapi cukup seru untuk kamu coba. Labirin  Pelaihari ada di  lokasi kantor  BP3TKI,Tambang  Ulang, Kabupaten  Tanah  Laut dan kini menjadi objek wisata yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung tempat ini. Kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat yang asik untuk menjadi latar berfoto seperti danau buatan atau ingin berinteraksi secara langsung dengan rusa tutul.

 

Pasar Terapung Lok Baintan
klikkalimantan.com

2. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung Lok Baintan adalah tempat wajib yang harus dikunjungi saat kamu mampir ke Kalimantan Selatan. Pasar ini menjadi Icon provinsi Kalimantan Selatan, pasar ini masih cukup tradisional karena masih menggunakan  metode  transaksi yang  tradisional.  Warga  yang  sibuk dengan  transaksi ini dapat  menjadi latar yang menarik yang bisa kamu dapatkan di pasar ini. Untuk menuju ke pasar terapung ini, kamu harus menggunakan perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin setelah salatsubuh, dan nikmati sensasi sarapan di atas kapal yang tentunya akan menjadi pengalaman baru buatmu.

 

Danau Biru Pengaron1
nabilrental.com

3. Danau Biru Pengaron

Danau  Biru  Pengaron terbentuk  karena  adanya  bekas  tambang atau  penggalian  batubara  yang  disulap menjadi tempat  yang  sangat  keren. Danau ini terletak  di  kabupaten  Banjar  dengan  pemandangan  yang sangat  eksotis.  Air  yang  berwarna  kebiruan  dan  dikelilingi  tebing-tebing  bekas  kerukan  alat  berat membuat suasana di danau ini sangat alami. Terdapat keindahan yang sangat luar biasa dari perpaduan air yang berwarna kebiru-biruan dengan tekstur tanah berwarna warni, ditambah semburat warna hijau efek  dari  pepohonan  yang  ada  di  sekitar  bukit membuat  nuansa  eksotisme  semakin tajam.  Pertajam kejelian  untuk  mencari  tempat  yang  tepat  untuk  dijadikan  background  berfoto,  dan  jangan  coba-coba berenang karena struktur tanahnya labil dan cukup berbahaya.

Baca Juga :  Menikmati Wisata Unggulan Bali Yang Jauh Dari Kebisingan Kota

 

Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru
kanalkalimantan.com

4. Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru

Hutan  pinus  ini  memiliki  fungsi  utama  sebagai  paru-paru  kota,  namun  karena  keindahannya hutan  ini menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi traveler yang berburu tempat Instagrameble. Suasana di hutan  ini  sangat  adem,  cocok  bagi  kamu  yang  ingin  mencari  ketenangan  atau  melepaskan  penat.  Di beberapa sudut terdapat payung payung yang bergelantungan dengan beragam warna tersusun rapi yang sangat cocok dijadikan background untuk kamu mengambil gambar. Kau ingin mencari sudut hammock, di sini pun ada dan tak kalah seru. Hawa adem yang ada di Hutan pinus ini juga cocok untuk melakukan olahraga jogging, oleh karena itu di tempat ini juga disediakan jogging track yang  pada sisinya ditanami 119 jenis tanaman yang menciptakan udara semakin sejuk.

 

Rumah Pohon Cempaka Baru
pbs.twimg.com

5. Rumah Pohon Cempaka Baru

Rumah  pohon  Cempaka  Baruadalah  salah  satu  destinasi  wisata  yang  letaknya  cukup  tersembunyi dan cukup sulit untuk mencarinya karena minim penunjuk jalan menuju ke lokasi wisata ini. Objek wisata ini mengusung konsep wisata alam outbound, rumah pohon cempaka menyediakan beberapa wahana yang seru termasuk sejumlah  Spot  rumah  pohon  untuk  berfoto.  Terdapat  jembatan  gantung  yang  akan bergoyang  saat  dilewati,  dan  suasana  yang  ada membuatmu  enggan  untuk  beranjak  dari  tempat  ini. Namun masih ada beberapa hal yang harus dibenahi terutama fasilitas umum, seperti belum terdapatnya tempat  makan.  Untuk  bisa  menikmati  wahana  di  objek  wisata  ini  Kamu  tidak  akan  dipungut  biaya sepeserpun alias gratis.

 

Waduk Riam Kanan
picture.triptrus.com

6. Waduk Riam Kanan

Menurut  cerita,di  dalam  waduk  Riam  Kanan  terdapat  9  desa  yang  sengaja  ditenggelamkan untuk membangun  Waduk  tersebut.  Terlepas  dari  kisah  tersebut,pemandangan  yang  terdapat  di  Waduk  ini sangat  indah, suasananya  cukup  tenang  dan  syahdu  dengan  alam  perbukitan  yang  hijau  menambah keeksotisan waduk Riam Kanan ini. Di  Waduk ini, kamu bisa melakukan kegiatan berenang atau snorkeling hanya saja masyarakat setempat tidak Menyediakan alat yang mendukung aktivitas tersebut. Daya tarik utama  Danau  ini  adalah  pemandangannya  sangat  asri  membuatmu  tak berhenti  berdecak  kagum melihatnya.

 

RumahJomblo
cdn2.tstatic.net

7. Rumah Jomblo

Bukan  tempat  wisata,namun  tempat  ini  memiliki  keunikan  yang  menjadi  daya  tarik.  Tak  ada  yang istimewa dari rumah yang satu ini,hanya terbuat dari kayu dengan sebagian kayu yang mulai rapuh,usang dan juga rumah ini tidak terlalu besar. Yang menjadi daya tarik adalah letak dari rumah ini yang berada di atas gundukan tanah di tengah area perumahan. Letaknya yang sendirian membuat rumah ini dinamakan rumah  jomblo,  terlebih  pemandangan  yang  ada  di  sekitarnya  yang  lapang  sangat  kontras  dengan keberadaan rumah ini. Hal itulah yang menjadi daya tarik rumah jomblo ini yang tentu saja akan sangat unik dijadikan background untuk berfoto.

 

Bukit Matang Kaladan
cdn2.tstatic.net

8. Bukit Matang Kaladan

Bukit yang satu ini dapat menjadi tantangan bagi kamu para pecinta alam. Bukit yang juga disebut sebagai Bukit  Lawangan ini  memiliki  pemandangan  yang  sangat  indah  saat  kamu  telah  berhasil  menaklukkan puncaknya.  Bukit  ini  berada  di  Kecamatan  aranio,Banjar,di  tempat  ini  juga  kamu  dapat  melihat pemandangan waduk Riam Kanan dari sudut yang berbeda. Butuh perjuangan untuk menuju puncaknya,rutenya cukup menanjak bukit yang menjadi jalur yang cukup menantang. Namun di lokasi ini kamu juga dapat mengambil foto di beberapa spot yang cukup menarik.

 

Bukit Telang
indonesiakaya.com

9. Bukit Telang

Berada  di  bukit  Telang  kamu  hanya akan  menjumpai  hijaunya perbukitan  dengan  pemandangan  dan panorama yang  sangat  cantik  yang  tak kalah dengan  perbukitan  Savana di  Pulau Sumba. Perbukitan  ini memiliki landskap yang keren apalagi cahaya matahari yang menyapamu di pagi hari dan sore hari yang tentu  saja  sangat  sayang jika  kamu  lewatkan  melalui  tangkapan  kameramu.  Kamu  harus  lebih  dulu trekking yang memakan waktu 30 menit dengan rute yang menanjak,namun pemandangan yang kamu dapatkan selama perjalanan akan menghapuskan lelahmu.

Baca Juga :  Obyek Wisata Jogja Yang Tak Luntur Karena Hadirnya Wisata Baru Di Jogja

 

Jembatan Gantung Desa Nateh
3.bp.blogspot.com

10. Jembatan Gantung Desa Nateh

Jembatan  gantung  yang  berada  di  Desa  Nateh,  Kecamatan  Batang  Alai  Timur,  Kabupaten  Hulu  Sungai Tengah ini memiliki keunikkan . Jembatan ini menjadi penghubung antara dua bukit yang saling berjauhan, jembatan ini memiliki desain yang eksotis dan sangat pas dipadukan dengan pemandangan yang ada di sekitarnya. Pemandangan yang bisa kamu jumpai disini adalah perbukitan hijau dengan aliran sungai yang sangat  menyegarkan  yang  dihiasi  batuan  besar  menjadi  sebuah  panorama  yang sangat  menakjubkan.

Berada  di  ketinggian  jembatan,  kamu  akan  merasakan  angin  yang  bertiup  seolah  memeluk  tubuhmu menjadi sebuah tantangan yang harus kamu lalui. Jangan lupa manfaatkan kameramu untuk menyimpan gambar sebagai kenang kenangan pernah berada di tempat wisata yangeksotis ini.

 

Goa Batu Hapu
adira.co.id

11. Goa Batu Hapu

Goa  Batu  Hapu  berada  di  Tapin,  Kalimantan  Selatan  yang  memiliki  ruang  yang  cukup  luas  dan  tekstur dinding yang jarang ditemui di tempat lain. Stalagmit dan stalagtit yang ikut menghiasi goa ini menambah keeksotisan  goa  ini, apalagi  saat  sinar  matahai  menembus  celah  celah  goa  yang  membuatmu  serasa menyatu  dengan  alam.

Menariknya,  goa  ini  sangat  mudah  ditemukan  karena  lokasinya  yang  memiliki akses  yang  cukup  mudah  dijangkau,  dan  untuk  bisa  masuk  ke  goa  juga  tak  perlu  mengeluarkan  tenaga ekstra. Namun fasilitas yang ada di goa ini belum memadai, mungkin alasan itu yang membuat tiket masuk ke goa ini cukup murah.

 

Goa Liang Tapah
3.bp.blogspot.com

12. Goa Liang Tapah

Pemandangan  bawah  tanah  selalu  menarik  untuk  dinikmati  seperti  goa  Liang  Tapah  yang  memiliki keindahan  yang  sangat  menakjubkan  yang  bisa  kamu  nikmati.  Bagi  para  petualang,  goa  ini  jadi  sebuah tantangan tersendiri, karena harus menjelajahi goa dengan aliran sungai di bawah tanahnya. Berenang di

dalam  goa tentu juga menjadi kegiatan seru yang berbeda, airnya yang jernih, sejuk dan berwarna biru membuat  siapa  saja  tidak  akan  bisa  menahan  diri  untuk  menceburkan  diri.  Dan  satu  kegiatan  yang  tak boleh kamu lewatkan yaitu berfoto di tempat yang sangat eksotis.

 

Up House Banjarmasin
lh3.googleusercontent.com

13. Up House, Banjarmasin

Pasti tak asing lagi dengan Russell dan Mr. Carl Fredricksen dalam film animasi Up? Kamu dapat merasakan sensasi berada dalam film tersebut di Up House yang berada di daerah Kayutangi. Rumah yang ada disini sama persis seperti yang ada di film, yaitu sebuah rumah yang penuh warna cerah yang berdiri kokoh pada sebidang tanah dan dipagari dengan pagar yang pendek. Jika menurut kamu masih ada yang kurang, maka kamu dapat mengembangkan kreatifitasmu melalui ponselmu dengan menambahkan sendiri pernik yang menurutmu kurang. Saat kamu mengunjungi tempat ini, tetap jaga sikap ya? Jangan mengotori dinding dan sekitar rumah.

 

Guntung Nyaru Bungkukan
4.bp.blogspot.com

14. Guntung Nyaru, Bungkukan

Wisata alam yang terbentuk secara alami memiliki pesona tersendiri dan selalu menjadi daya tarik yang tak pernah padam. Guntung Nyaru adalah wisata alam yang terbentuk secara alami yang berupa kolam alami di antara bebatuan, perbukitan dan lanskap tanah yang tersembunyi. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini terjaga kelestariannya dan hingga kini masih sangat alami.

Sesampainya di tempat ini, kamu tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berada di tempat ini untuk merendamkan diri di kolam alami ini. Namun disarankan kamu tetap waspada di danau ini, karena kedalamannya sangat lumayan. Lokasinya yang cukup terpencil membuat tempat ini sangat alami dan sayang untuk dilewatkan, terutama untuk diabadikan melalui ponselmu.

 

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di Kalimantan selatan. Masih banyak lagi obyek wisata yang ada di Kalimantan Selatan yang bisa kamu kunjungi. Dan jangan lewatkan untuk membeli oleh oleh berupa souvenir khas Kalimatan Selatan. Semoga informasi tersebut dapat membantumu menentukan langkah berwisata di Kalimantan Selatan, selamat berlibur!

 

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …