Pesona Pacitan
tempatwisataunik.com

Oleh-oleh Khas Pacitan yang Wajib Dibawa Pulang

Kota seribu goa ini menjadi destinasi wisata yang di unggulkan di Pacitan, Jawa Timur. Selain banyaknya goa eksotis yang bisa kamu temukan disana, Pacitan juga memiliki beberapa pantai indah yang menarik perhatian.  Banyaknya  pantai  yang  indah  tersebut  karena  Pacitan  berbatasan  langsung  dengan  laut selatan, jadi memiliki garis pantai yang panjang. Namun meskipun masih dalam satu garis pantai, ditiap pantai memiliki karakteristik yang berbeda.

Tiap pantai memiliki keindahan yang berbeda-beda yang membuat wisatawan penasaran dan berkunjung ke pantai tersebut untuk menjawab rasa penasarannya. Membeli buah tangan menjadi sebuah kewajiban saat berwisata atau traveling di sebuah daerah, karena memang setiap daerah memiliki ciri khas yang tergambar dari souvenir atau jajanan yang ditawarkan.

Saat kamu berwisata ke Pacitan atau dijuluki Kota Seribu Goa, berburu buah tangn akan menjadi acara penutup sebelum kamu meninggalkan kota Pacitan. Sebagai kawasan wisata unggulan yang sudah punya nama di mata wisatawan, Pacitan memiliki berbagaijenis  oleh-oleh  yang  sangat  mudah  di  temukan  di  pusat  oleh-oleh  mulai  dari  makanan  ringan  hingga kerajinan tangan yang sangat bermacam jenisnya.

Bingung?  Karena  tidak  tahu  apa  yang  bisadijadikan  oleh  oleh  untuk  orang orang  yang  menunggu kedatanganmu di rumah. Rangkuman di bawah ini akan membantumu untuk menginformasikan apa saja yang bisa di bawa pulang sebagai souvenir atau jajanan dari Pacitan.

 

Kerajinan Gerabah
raw.cdn.baca.co.id

1. Kerajinan Gerabah

Pacitan sebagai kota dengan sejuta potensi, membuat warga Pacitan memiliki semangat yang tinggi untuk memajukan daerahnya, termasukdalam hal sumber daya manusia ( SDM ). SDM yang diunggulkan inilah yang menjadikan Pacitan memiliki ciri khas lain yaitu pengrajin gerabah di Desa Purwoasri, Kebonagung, Pacitan, Jawa Timur. Desa ini memang sudah lama populer dengan kerajinan gerabahnya, sekitar 30 orang pengrajin yang setiap harinya memproduksi gerabah yang kebanyakkan berupa peralatan dapur dan pot bunga.

Tak hanya sekedar sebuah gerabah, karena gerabah ini dibuat dengan sentuhan seni. Produk gerabahnya pun didominasi berupa guci, pot dengan beragam bentuk dan motif.Hasil gerabah yang di hasilkan Desa Purwoasri menjadi paling favorit di pasar diantaranya guci bermotif batik dan wayang, vas bunga, tempat payung, asbak dan beberapa produk lainnya.

Produk  gerabah  buatan  Desa  Purwoasri  ini  telah  tersebar  hingga  ke  Surabaya,  Malang,  Ponorogo  dan Jakarta. Meskipun  kualitasnya  sangat  baik,  gerabah  Pacitan  tergolong  murah  mulai  dari  Rp  1.500 –Rp 150.000, dan paling mahal ada di harga Rp 700.000.

 

Batu Mulia
herlandsoebandono.files.wordpress.com

2. Batu Mulia

Pacitan juga terkenal karena Batu akik Pacitan, yang keberadaannya sudah terkenal di Indonesia. Pacitan menjadi rekomendasi untuk mencari batu akik, dimana tak jarang banyak wisatawan yang datang ke pusat pengrajin batu akik yang terletak di Desa Gendaran, Donorojo.Banyak sekali terdapat potensi batu mulia, sehingga warga sekitar langsung mengolahnya menjadi barang yang berseni tinggi.

Hampir semua warga desa ini menjadi pengrajin batu akik dan dijual. Sekitar 50 rumah yang  membuka  industri  rumahan yang  membuka  sendiri  home  industri  batu  akik  Pacitan.  Sayangnya kerajinan batu akik belum berkembang secara maksimal, terbukti  dari penelolaannya yang dikelola secara mandiri atau oleh swadaya masyarakat setempat.

 

Olahan ikan Tuna
media.karousell.com

3. Olahan ikan Tuna

Pacitan  terkenal  dengan  kuliner  yang  terbuat  dari  ikan  tuna,  di  mana  makanan  itu  ada  berbagai  varian mulai  dari  tahu  tuna  bakso  tuna  otak-otak  kaki  naga  tuna  rolade  tuna  pangsit  tuna.  Hampir  seluruh wisatawan yang berkunjung ke Pacitan akan mampir ke tempat ini untuk membeli oleh-oleh khas Pacitan. Yang menjadi makanan wajib dibeli yaitu otak-otak tuna dan tahu tuna.

Baca Juga :  Ketahuilah 5 Alun-Alun Terindah di Jawa Timur yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Liburanmu!

 

Sale pisang
s2.bukalapak.com

4. Sale pisang

Di  Pacitan  terdapat  makanan  khas  daerah    yaitu  sale  anggur.  Jika  mendengar  namanya  pasti  yang terpikirkan pertama kali makanan ini terbuat dari buah anggur. Namun pada kenyataannya makanan saleanggur adalah makanan yang berbahan dasar buah pisang. Dikatakan saleanggur karena makanan ini dikemas menyerupai bentuk anggur yang bulat dan berukuran kecil. Untuk membentuk makanan seperti ini cukup sulit, namun bagi yang sudah membuatnya setiap hari maka tidak akan kesulitan.

Makanan sale pisang bisa bertahan hingga 6 bulan,karena sebelumnya sudah dikeringkan dan dikurangi pada  airnya.  Proses  penggilingan  menjadi  faktor  yang  sangat  penting  karena  dapat  mempengaruhi keawetan sale pisang. Sebenarnya semua jenis pisang bisa untuk membuat sale pisang, hanyasajajenis pisang yang paling bagus digunakan adalah pisang awak dan pisang raja karena memiliki rasa yang manis.

 

Rengginang manis
ecs7.tokopedia.net

5. Rengginang manis

Rengginang manis menjadi makanan yang telah akrab tak hanya oleh warga Pacitan, tetapi sudah terdapat di penjuru tanah air.  Biasa warga Pacitan menyantap rengginang di pagi hari sebagai teman minum kopi. Rengginang adalah salah satu cemilan ringan yang hampir mirip kerupuk,namun ada bagian yang lebih tebal  jika  dibandingkan  dengan  kerupuk.

Bahan  yang  digunakan  untuk  membuat  rengginang  biasanya adalah ketan putih atau ketan hitam. Rengginang biasanya memiliki  rasa  yang  gurih  dan  renyah, namun  berbeda  dengan  rengginang  khas Pacitan  ini.  Rengginang  khas  Pacitan  memiliki  rasa manis  dan  gurih  dan  tidak  menggunakan  bahan pengawet  apapun.

Untuk  membuatnya biasanya dikeringkan  dengan  bantuan  sinar  matahari,sehingga sangat aman untuk disimpan dalam waktu yang lama. Penjaja ada yang menjual rengginang yang sudah matang,namun untuk dijadikan oleh-oleh sebaiknya membeli yang mentah yang biasanya dipatok dengan harga Rp10.000 –Rp 20.000, tergantung dari besar atau kecil kemasannya.

 

Itulah beberapa jenis oleh-oleh khas Pacitan yang wajib kamu bawa pulang. Selain gua gua yang eksotis dan  pantai-pantai  yang  mempesona,  Pacitan  juga  memiliki  beragam  buah  tangan  yang  sayang  untuk dilewatkan. Selamat berbelanja!

Check Also

Pesona Pontianak

Jelajah Kuliner Di Kalimantan Barat

Berwisata  bukan  berarti  hanya  menjelajahi  tempat  tempat  wisata  di  suatu  daerah,  kamu  juga  harus memasukkan …