wisata pantai Jogja
static.limakaki.com

Pantai Baru Yang Ada Di Gunung Kidul Jogjakarta

Jogjakarta  tak  pernah  berhenti  untuk  terus  memberikan  potensi  potensi  wisata  alamnya,  yang  bahkan hingga  kini  masih  ada  potensi  potensi  wisata  yang  belum  terjamah  oleh  banyak  wisatawan.  Kawasan Jogjakarta pada bagian selatan terutama di Gunung Kidul dan Bantul banyak sekali kita temukan deretan pantai pantai cantik dan eksotis.

Hempasan gelombang yang menggulung tinggi, pasir putih, batu karang hingga  penghuni-penghuni  laut  yang  menjadi  alasan  para  traveler  untuk  terus  menguak  wisata-wisata yang  ada  di  Jogjakarta.  Berikut  ini  adalah  pantai-pantai  terindah  yang  ada  di  daerah  Jogja  yang  dapat menjadi pilihan liburan anda untuk berekreasi dan spot wisata Jogjayang menarik.

 

Pantai Wohkudu
niagawisata.com

Pantai Wohkudu

Pantai  Wohkudu  diapit  oleh  dua  tebing  dan  juga  perbukitan,tetapi  pesona  yang  dimiliki  tidak  akan terhalangi  oleh  tebing  dan  perbukitan  tersebut.  Letak daripantai  ini  cukup  tersembunyi,  tetapi  justru menambah  rasa  penasaran  dan  juga  daya  magis  di  pantai  itu.  Pantai  Wohkudu  yang  masih  sepi  dari pengunjung  membuat  gelombang-gelombang  yang  menyapu bibir  sangat  terdengar  jelas  di  telinga dan membuat kita hanyut dalam ketenangan.

Pantai  Wohkudu  adalah  salah  satupantai  yang  berada  di  gugusan  laut  selatan  Jogjakarta  yang  masih sepi  pengunjung,karena  memang  pantai  ini  belum  terekspos  secara  luas  dan  juga  pengaruh  dari letaknya  yang  cukup  tersembunyi.  Saat  kita  berada  di  pantai  ini,maka  kesan  pertama  kali  yang  kita dapatkan adalah sunyi tetapi sangat terasa damai.

Pantai Wohkudu2
mantai.id

Pantai  Wohkudu  hanya  memiliki  hamparan  pasir yang  tidak  terlalu  luas,hal  itu  disebabkan  karena pantai  ini  berada  di  antara  dua  bukit  karang.  Lokasi  pantai  ini  sangat  cocok dijadikan  destinasi  anda untuk  mengisi  liburan  menghilangkan  kepenatan  dan  bisingnya  daerah  perkotaan.  Kondisi  di  pantai Wohkudu  masih  sangat  alami hampir-hampir  tidak pernah  tersentuhtangan, karena  memang  jarang dikunjungi  oleh  wisatawan dan tidak  terlalu  populer  untuk  dijadikan  tujuan  wisata.

Selain  itu  jalur Imogiri-Panggang adalah  jalur untuk mencapai pantai  Wohkudu dari Jogjakarta adalah jalur yang sepi karena,memang  bukan  jalur  penting  untuk  mencapai  Gunung Kidul.  Tetapi  anda  tidak  perlu  khawatir dengan  jalann-jalan yang berupa  tanjakan  dan  kelokan  ini  karena,  jalan  initak  semata-mata  hanya berupa  jalan, kita  juga  dapat  menikmati  pemandangan  sepanjang  jalan  yang  sangat  memanjakan  mata melihat pepohonan rimbun pada sisi jalan.

Pantai Wohkudu3
phinemo.com

Pantai  ini  memang   tidak   sepopuler  pantai-pantai di    Gunung  Kidul  karena  letaknya  yang  cukup tersembunyi.  Untuk  mencapai  pantai  ini  penuh  perjuangan  karena, anda  harus menuruni  bukit  yang cukup terjal, tetapi semua itu terbayar saat kita sudah berada di pantai Wohkudu karena pemandangan yang  disajikan  sangat  indah,  dimana  anda  akan  melihat  berbagai  macam  flora  tumbuh  di  sekitar perbukitan.

Bahkan pada waktu-waktu  tertentu  anda  akan  menemukan  sekelompok kera  liar  dengan tingkah polahnya. Tak hanya kera yang menjadi penghuni wilayah ini, tetapi anda juga akan menemukan burung beraneka warna yang kadang hinggap di dahan pepohonan, tak jarang juga terdapat anjing yang ikut lalu lalang di sekitar rute menuju pantai.

Saat Anda mendengar suara deburan ombak yang  terhempas angin serta nampaknya dua tebing kokoh yang  berada  di  antara  pantai  Wohkudu  maka  anda  sudah  sampai  di  tujuan.  Anda  akan  disambut hamparan  putih pasir  pantai lengkap  dengan pernik karang  dan juga rumput  liar yang  ikut  menyambut kedatangan anda.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata Sabang Terkeren yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur ke Kota Sabang

 

Pantai Depok
travelspromo.com

Pantai Depok

Yogyakarta adalah pantai yang terkenal memiliki keindahan pantai, lengkap dengan wisata kuliner yang menyajikan  beraneka  ragam  olahan  menu  bertema  seafood yang  sangat  menggoda  lidah.  Menu  yang tersaji di pantai ini adalah menu yang diolah dari ikan  segar,karena diambil langsung dari para nelayan di sekitar. Jadi anda tidak akan mencium bau apek dari menu makanan seafood yang tersaji di pantai ini.

Kawasan Pantai Depok Yogyakarta adalah kampung nelayan yang aktivitas di setiap pagi datang dengan membawa  ikan  yang  banyak.  Sejarah  dari  pantai Depok  adalah, dahulu  ada  nelayan  penangkap  ikan berasal  dari Cilacap, dan  tidak disangka  ternyata di  pantai  ini dapat menghasilkan  tangkapan ikan  yang sangat  luar  biasa.  Sejak  saat  itu  warga  di  sekitar  pantai  Depok  beralih  menjadi  nelayan  sebagai  mata pencaharian  mereka.

Adanya  tempat  pelelangan  ikan  bertujuan  agar  orang  dapat  menikmati  santapan kuliner seafood.  Pantai Depok sangat banyak memiliki eksotisme pantai dan laut serta pesona lain yang mampu menjadi magnet wisatawan untuk datang berkunjung. Yang menjadi daya tarik pantai Depok antar lain adalah,

sunrise pantai depok
jogjaempatroda.com

Pesona sunrise terindah

Di  pantai  Depok  anda  dapat  menikmati  pesona sunrisesembari  menikmati  belaian  semilir  angin  yang ikut  menyentuh tubuh. Di  pantai  ini sering  sekali  diburu  oleh  para pemburumomen alam  yang  satu inikarena  di  pentai  ini  adalah  tempat terbaik  melihat  matahari  terbit.  Untuk  mendapatkan  pemandangan ini anda harus datang dini hari, jangan lupa membawa kamera untuk dapat mengabadikan momen indah ini.

Para layang pantai depok
gudeg.net

Aero Sport Center

Pantai  Depok  telah  diresmikan  sebagai  pusat  kegiatan  wisata  olahraga  Dirgantara  atau  Aero  Sport Center  di  Jogjakarta.  Pantai  Depok memiliki Landasan  Pacu yang  cukup  luas, sehingga tempat  ini  kerap dijadikan lokasi terjun payung ataupun terbang layang. Bahkan tempat ini juga sering di gunakan untuk tempat  berlatih  para atlet  dari luar  negeri seperti Filipina,Thailand,  Amerika dan Norwegia.

Tempat  ini juga pernah dijadikan lokasi acara Jogja Air Show yang menampilkan berbagai macam kompetisi seperti paralayang,   gantole   dan   mikrolet.   Mikrolet   yang   dimaksud   bukanlah   mikrolet   angkutan   umum,melainkan pesawat nyamuk yang dikendalikan oleh para penerbang profesional.

spot pantai depok
tempatasik.com

Tempat yang strategis

Pantai Depok terletak tidak jauh dengan pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Siapa yang tidak kenal  dengan    Pantai  Parangtritis, yang  merupakan  ikon  wisata  Jogjakarta  yang  tentu  saja  sudah cukup populer, pantai Parangkusumo juga tak kalah populer dengan pantai Parangtritis. Kelebihan yang kamu  bisa  dapatkan  adalah, untuk  menuju  ke  Pantai  Depok  kamu  juga  dapat  menikmati  dua  pantai lainnya yang juga menyuguhkan keindahan pesona pantainya.

 

Pantai Kesirat2
backpackerjakarta.com

Pantai Kesirat

Berada  di  pantai  Kesirat,Andatidak  akan  mendapati  hamparan  pasir  putih,  deburan  ombak  yang menyapu bibir pantai, ataupun hewan-hewan kecil yang lalu lalang dipasir pantai, hal-hal tersebut tidak akan  anda  temukan  di  pantai  Kesirat.  Anda  pasti bertanya,apakah  yang  menjadi daya  tarik  pantai Kesirat jika memang tidak memiliki hal tersebut di atas. Pantai Kesirat memiliki pesona tersendiri melalui panorama menjelang malam yang sangat luar biasa, dengan icon pohon abadi yang justru menjadi daya tarik wisatawan  karena  pantai  ini tidak  seperti  pantai  pada  umumnya.

Pantai  Kesirat atau  yang  lebih dikenal  dengan  nama  Pantai  Gesirat ini  menyuguhkan  pemandangan  berupa  tebing karang  yang  membuat pasir putihtak tampak di pantai ini. Tebing di pantai kesirat langsung berbatasan dengan laut lepasdan  para  pengunjung bisa melihat  keindahan  pantai  dari  atas  tebing  yang  menghijau.

Pantai Kesirat
widyalokawisata.com

Yang menjadi  daya  tarik  pantai  tersebut  adalah  adanya  pohon abadi    yang  tumbuh  di  bibir  karangdan tentunya  sangat  mencolokdan  menyita  perhatian  pengunjung.  Daun hijau  akan  tumbuh  lebat  pada pohon abadi di musim penghujan, tetapi di musim kemarau, daun yang ada pada pohon akan mengering dan  gugur satu  persatu hingga akhirnya  akan  menyisakan batang  dan ranting-ranting hingga  nyaris gundul.

Kehadiran  pohon  tersebut  semakin  terlihat  cantik  terutama  saat  senja  mulai  menyapa,  akan datang wisatawan untuk bergayadi bawah pohon dan mengabadikan momen tersebut. Dulu  hanya pemancing saja  yang  kenal  dengan  pantai  yang  satu  ini,terutama  karena  memiliki spot terbaik untuk memancing  dari  atas  tebing  karang.

Hingga  akhirnya keindahan  pantai  ini mulai  terkuak dan  lambat-laun  wisatawan  pun  datang  berkunjung  ke  sini  untuk  menikmati  panorama  senjadan melakukan  aktivitas  yang  menarik. Aktivitas  yang  dapat  kamu  lakukan  di  pantai  kesirat  ini  antara  lain adalah,

Memancing

Pantai  Kesirat  dinobatkan  sebagai  salah  satu  rockfishing  terbaik,karena  memiliki  garis  pantai  yang berupa  tebing  dan  berbatasan  langsung  dengan  laut  lepas.  Wilayah  Kesirat juga kaya  akan  jenis-jenis ikan, berdasarkan hasil penuturan dari para pemancing.

Camping

Hamparan  rumput  yang  cukup  luas  membuat  pantai  ini  sangat  cocok  digunakan  untuk  camping.  Anda akan sangat puas menghabiskan waktu sambil menikmati senja di pantai kesirat. Tak hanya di sore hari, pada  malam  hari  pun  pantai  Kesirat  tetap  menampakan  pesona  keindahannya.  Deburan ombak  yang pecah menghantam tebing Karang seolah menjadi lagu tidur anda.

Baca Juga :  6 Rekomendasi wisata Jogja 2019 yang wajib banget kamu kunjungi!

 

Pantai Gesing
travelingan.net

Pantai Gesing

Pantai Gesing terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, sekitar 45 km dari kota Yogyakarta. Pantai Gesing  termasuk pantai baru daerah  Jogja,  dan  bisa  dibilang  pantai  ini  masih  perawan,karena  masih sepi dari pengunjung. Karena pantai ini belum  populer seperti pantai di kawasan Gunung Kidul lainnya,anda  akan  jarang  menemukan  para  pedagang  di  sekitar  Pantai  Gesing.

Karakter  dari  pantai  ini  adalah pasir  putih  yang  memiliki  ombak  yang  sangat  yang  kecil  yang  disebabkan  karena  bentuknya  berada  di teluk  dengan  gradasi  permukaan  air  dari  warna  hijau  terangke  warna  biru  dan  diapit  oleh  tebing sehingga Pantai Gesing ini semakin menampakan pesonanya. Daya  tarik  utama  yang  dimiliki  oleh Pantai  Gesing Yogyakart aadalah  adanya  daerah  air  yang  sangat dangkal  dan  juga  batu-batukarang,  dimana  anda  akan  dengan  mudah  mencari  ikan  hias  laut  yang biasanya  berada  di  sela-sela batu  karangtersebut.

Pantai Gesing3
i.pinimg.com

Di  pantai  ini  kita  tidak  hanya  dapat  melihat pemandangan  yang  indah  atau  bermain  dengan  ombaknya  saja,  tetapi  pantai  ini  memiliki  wisata  yang cukup  lengkap.  Anda  dapat mengapresiasikan hobi  anda  di  pantai  ini  seperti  memancing, fotografi ataupun bagi Anda yang hobi makan Anda juga dapat menyantap kuliner seafood di pantai ini.

Pantai  Gesing  memang  cukup  terkenal  memiliki tempat untuk  memancing  dengan  seni  yang  berbeda yaitu,  melalui  atas  bukit  karang  yang  ada  di  kedua  sisi  ataupun  bibir  pantai  yang  cukup  landai.  Pantai Gesing  pun  sangat  layak  untuk  dijadikan objek  foto yang  sangat  indah  melihat  pemandangan  dari  atas tebing  yang  cukup  curam,serta pantai  yang  memiliki  pasir  putih.

Tidak hanya  pemandangan  pantainya saja  yang  dapat  menjadi  objek  foto Anda,tetapi nelayan yang  lalu-lalang  berlabuh membawa ikan  juga sangat menarik untuk di jadikan objek foto anda. Di  Pantai  Gesing  juga Anda  akan mendapati warung-warung  yang  dapat  menjadi  tempat  peristirahatan Anda  setelah  lelah  memancing,berfoto-fotoataumenikmati  keindahan  Pantai  Gesing.  Di  warung  ini anda  dapat  memesan  berbagai  macam  makanan  yang  terbuat  dari  bahan seafood  khas  Wonosari dengan  masakan  pedasnya.

Ikan  yang  diolah  untuk  menjadi  panganan  di  warung-warung adalah ikan-ikan yang sangat segar karena diambil langsung dari hasil tangkapan para nelayan di Pantai Gesing, atau Anda juga  dapat  membawa  pulang  ikan  segar  hasil  tangkapan  nelayan  yang  dapat  anda  beli  di  tempat pelelangan ikan.

 

Pantai Sinden
pbs.twimg.com

Pantai Sinden

Pantai  sinden  adalah  pantai  yang  memiliki  ciri  khas  pegunungan  Karst  yang  mampu  menarik  perhatian jutaan  pesona  wisata  alam  dan  patut  dikunjungi  oleh  para  Traveler.  Pantai  Sinden  belakangan  ini menjadi perbincangan di kalangan para wisatawan melalui media sosial, terutama munculnya foto Pulau kalong yang ikut melengkapi kawasan pantai Sinden.

Di  pantai ini terdapat pulau Kalong  yang letaknya agak    menjorok    ke    pantai    dan    menjadi    kawasan    menarik    setelah    jembatan    gantung    yang menghubungkan bukit utama ke pulau Kalong. Pulau Kalong terlihat sangat hijau, karena ditumbuhi  oleh rerumputan hijau menambah kesan segar. Di Pulau  kalong  juga  Anda  dapat  menemukan  jembatan  yang  hampir  mirip  dengan  pantai  Balaikambang yang ada di Malang.

Pantai Sinden2
non-indonesia-distribution.brta.in

Namunperbedaannyadi pantai Sinden,jembatan gantung yang digunakan dengan tali  berwarna  biru  untuk  tumpuanjuga  untuk  pegangan  bagi  pengunjung  yang  melewati  jembatan  ini. Pulau Kalong juga sering disebut sebagai Pulau Gelatik,karena Pulau kalong ini dihuni oleh banyak sekali burung  gelatik.  Di pulau  Kalong  ini anda  akan  semakin  merasakan berada  di  alam  luas  dengan  suara deburan ombak serta tebing-tebing yang ikut menghiasi pulau yang indah ini.

Terutama dengan adanya jembatan  gantung,maka  banyak  sekali  pengunjung  yang  tertarik  untuk  bisa  berswa  foto atauselfie  di jembatan  ini.  Tetapi  disarankan  bagi  Anda  yang  takut  dengan  ketinggian,sebaiknya  tidak  mencoba untuk  naik   ke   jembatan   ini   terutama   ketika   datang   ombak   menggulung   yang   seakan-akan ingin menangkap yang berada di atas jembatan.

Hembusan angin yang ikut membeli tubuhmu,akan menambah bisa menyatu anda dengan alam sekitar yang  menjadi  sensasi  tersendiri  bagi  wisatawan.  Di  pantai  ini  juga  Anda  tidak hanyadapat  menikmati pemandangannya  saja,tetapi  banyak  aktivitas  yang  dapat  anda  lakukan  seperti  memancing  karena Pantai Sinden terkenal memiliki ikan yang cukup besar.

Baca Juga :  Pusat Oleh Oleh Kota Jogja Yang Recommended, Berkualitas Namun Harga Murah

 

Pantai Watulawang
phinemo.com

Pantai Watulawang

Pantai  Watulawang  berada  di  sebelah  timur  kota  Jogjakarta,tepatnya  di  Kabupaten  Gunung  Kidul.  Ciri khas dari pantai di Gunung Kidul adalah banyaknya terdapat karang dan juga ombak yang besar, tetapi di pantai  Watulawang  adalah  adanya  batu  karang  yang  cukup  besar  di  mana  kita  dapat  memandang  ke arah  laut,  yang  bahkan  warga  sekitar  ataupun  pengelola  membuat  jembatan  berbahan  bambu  untuk menyeberang  ke  karang  agar  pengunjung  dengan  leluasa  dapat  menuju  ke  atas  karang.

Pantai Watulawang2
2.bp.blogspot.com

Berada  di  atas karang Anda akan menemukan gazebo atau kartu pandang yang langsung menuju ke arah laut,sehingga Anda dapat memandangi pesona lautan ataupun untuk sekedar berfoto. Sejarah  nama dari  pantai  Watulawang  adalah  di  pantai  ini  terdapat  goa  Watulawang,  dimana  goa tersebut memiliki bentuk seperti pintu yang akhirnya diberi nama pantai Watulawang,tetapi wisatawan lebih mengenal pantai ini sebagai pantai yang memiliki gardupandang di atas batu karang. Goa tersebut dapat  digunakan  masyarakat  sekitar  untuk  mengadakan  upacara “nyadran”yang  diadakan  pada  setiap bulan Sya’ban pada kalender Jawa dan itu pun tidak semua orang yang boleh memasukinya.

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …