Home / Sulawesi Utara / Pantai Di Sulawesi Utara Yang Memiliki Pesona Keindahan
pantai manado 1
pegipegi.com

Pantai Di Sulawesi Utara Yang Memiliki Pesona Keindahan

Kebanyakan  orang  dan  jika  membahas  tentang liburan  mereka  akan  dominan  memilih  pantai  sebagai objek   wisata   yang   dipilih   untuk   bersenang-senang, wisata   pantai   dijadikan   andalan   untuk   bisa menyaksikan  pesona  keindahan  alam  yang  ada.  Akan  banyak  Spot  foto  yang  bisa  ditemukan  yang menarik  untuk  bisa  diabadikan  bersama  keluarga  dan  sahabat  karena,sajian  pesonanya  yang  sangat sayang jika dilewatkan.

Nah berikut ini adalah pantai-pantai yang ada di Sulawesi Utara yang wajib kamu kunjungi karena memiliki panorama yang sangat luar biasa.

 

Pantai Temboko Lehi
indonesia.go.id

Pantai Temboko Lehi

Pantai  Temboko  Lehi  berada  di  Pulau  Siau,  Kecamatan  Siau  Barat,  Kabupaten  Siau  Taulandang  Biaro, Sulawesi  Utara  yang  jika  berangkat  dari  kota  Manado  menuju  ke  Pantai Temboko  Lehi kamu  harus menempuh jarak sekitar 137 km. Berniat untuk berkunjung ke pantai ini maka kamu memerlukan 2 kali perjalanan yaitu kapal dan kendaraan darat.

Pantai Temboko Lehi memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lain yaitu memiliki air panas. Air laut  yang  ada  di  pantai inimemang  terlihat  dingin  tetapi,jika  kamusudah  menyentuhnya  maka  kamu akan merasakan sensasipanaspada  airnya. Hal inilah  yang  menjadikan pantai Tembako  Lehi atau yang lebih akrab disebut pantai Lehi menjadi satu-satunya pantai yang memiliki air panas di Indonesia.

Untuk menuju ke pantai ini sangat jauh tetapi,kamu tidak akan menyesali perjalanan yang jauh karena saat  melihat  keindahan  pantai  ini  yang  seketika  akan  membuat  lelahmu  hilang.  Untuk  bisa  menikmati pantai  ini  kamu  tidak  akan  dikenakan  biaya  sepeserpun  alias  gratis.  Kamu  hanya  perlu menyediakan biaya untuk transportasi menuju ke pantai ini.

Berikut  ini  adalah  beberapa  daya  tarik  dari  pantai  tembok  polisi  sebagai  alasan  mengapa  kamu  wajib mengunjunginya.

Pantai Temboko Lehi2
i1.wp.com

1. Sebagai satu-satunya air panas di Indonesia

Pantai Temboko Lehi adalah satu satunya pantai yang  memiliki air panas yang  ada di Indonesia karena, letaknya  yang  berada  di  kaki  gunung  api  Karangetang  yang  masih  aktif.  Karena  suhu  air  yang  sangat panas,  pengunjung  dilarang  untuk  menyentuh  air  pantai  ini  yang  bersuhu  panas  secara  langsung.

Dan sangking panasnya kamu bahkan bisa merasakan sensasi hangat yang keluar dari uap panas bebatuan di pantai  Temboko  Lehi. Kamu  tidak  akan  menemukan  ikan  di  pantai  ini  karena  suhu  airnya  yang  panas, selain itu air di pantai Temboko Lehi tidak berasa asin layaknya pantai pantai pada umumnya.

2. Pemandian air panas

Sebuah keunikan yang  benar-benar berbeda bisa  mandi  air  panas  di  pantai.  Kamu  bisa  merasakan sensasi  berendam  air  panas  di  kolam  kecil  yang  ada  di  pinggir  pantai.  Kolam  ini  juga  seperti  biasanya digunakan  oleh  para  wisatawan  ataupun  masyarakat  setempat  yang  ingin  mandi dengan  sensasi berendam  air  panas  di  Pantai Temboko  Lehi.  Air  di  kolam  kecil  ini  tidak  sepanas  air  yang  ada  di  laut lepas, kamu akan merasakan seperti berada di kolam pribadi karena memang sangat terasa nyaman.

Pantai Temboko Lehi3
phinemo.com

3. Spot foto menarik

Bagi kamu yang suka hunting mencari tempat tempat menarik untuk dijadikan latar belakang foto, maka kamu  wajib  untuk  datang  ke  pantai  ini.  Pantai  Temboko  Lehi  memiliki  pemandangan  yang  akan membuat fotomu  anti  mainstream.  Kamu  bisa  menggunakan  batu  yang  ada  di  pantai,  berendam  di kolam air panas atau juga menunggu matahari terbenam untuk bisa mendapatkan gambar siluet dengan latar belakang matahari terbenam.

Pantai Temboko Lehi5
phinemo.com

4. Panorama senja di pantai Temboko Lehi

Kebanyakan pengunjung yang datang bertujuan untuk menikmati senja di saat matahari terbenam yang berpadu  dengan  pemandangan  indah  pantai. Tetapi  bukan  berarti  kamu  hanya  datang  di  sore  hari, karena pagi ataupun siang juga kamu dapat melihat pemandangan yang juga indah.

5. Pemandangan yang indah

Keindahan pantai  yang  ada di  Indonesia  tidak perlu  kamu ragukan lagi, termasuk pantai  Temboko  Lehi. Pantai  ini  memiliki  air  laut  yang  biru  lengkap  dengan  bebatuan  besar  yang  memancarkan  keindahan pantai.

 

Pantai Malalayang 1
blog.airyrooms.com

Pantai Malalayang

Pantai Malalayangyang berada di Selatan Kota Manado Sulawesi Utara,dimana pantai ini memiliki daya tarik  yang  sayang  jika  tidak  dinikmati.  Daya  tarik  tersebut  antara  lain  adanya  taman  laut  yang  masih alami yang masih banyak terdapat jenis koral berwarna-warni dengan beragam jenisikan. Untuk bisa ke pantai   ini   maka   kamu   membutuhkan   waktu   10   menit   Jika   berangkat   dari   pusat   Kota   Manado menggunakan angkutan umum.

Hanya sekitar 4 kmsaja kamu sudah bisa sampai ke pantai yang menjadi satu-satunya rakyat yang murah meriah dan menjadi tempat wisata di Malalayang Manado. Tak  perlu  menyebrang  Pulau dandana  yang  lebih  karena  tempat  ini  merupakan  objek  wisata  yang sangat  ekonomis  untuk  menikmati  keindahan tempat  wisata  di  Manado.

Pantai Malalayang2
live.staticflickr.com

Tak  jarang  wisatawan  lebih memilih  tempat  ini  untuk  dijadikan  tujuan  wisata  di  akhir  pekan  karena  dengan  biaya  yang  terbilang murah, kamu  sudah  dapat  menikmati  pemandangan  bawah  laut  dimana  terdapat  beragam  jenis  ikan khas  perairan  Sulawesi  yang  sebagian setelah  dinyatakan  langka  ada  di  Pantai  Malalayang.  Struktur Pantai Malalayang juga dipenuhi dengan batu-batu kali yang bisa kamu temui di sepanjang pantai serta kondisi ombaknya yang tenang membuat tempat ini cocok dijadikan untuk tempat bersantai.

Masih di kawasan pantai Malalayang, kamu juga dapat menemukan banyak sekali kuliner khas yang tak hanya lezattetapi  juga  harga  yang  cukup  terjangkau,  seperti  sambal  dabu-dabu  yang  terkenal  dapat kamu  nikmati  sembari  memandang  keindahan  pantai  yang  menawan.  Hanya  di  Pantai  Malalayang  kita mendapatkan  harga  yang  ekonomis  tanpa  harus  menyebrang  pulau,  karena  rata-rata  pantai  yang menyediakan fasilitas seperti ini harus terlebih dulu menyeberangi pulau.

Baca Juga :  Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

 

Pantai Lakban
4.bp.blogspot.com

Pantai Lakban

Pantai Lakban adalah tempat wisata alam terkenal yang ada di Manado terbaru yang memiliki pesona bawah  laut  yang  tidak jauh  berbeda  dengan  Bunaken yaitu Teluk  Buyat,  terdapat  sekitar  24  titik  diving yang  wajib  kamu  eksplore.  Jika  ingin  menikmati  pemandangan  Teluk  Buyat yang  mempesona,  kamu dapat  menjelajahi  spot  menarik dan  bisa  dijadikan  objek  foto.  Pantai  Lakban  juga  sering  dipadati  oleh pengunjung terutama  di  akhir  pekan,  dan di hari biasa  pantai  ini akan serasa  milik  pribadi karena  tidak terlalu ramai.

Daya tarik apa saja yang ada di pantai Lakban, berikut ini ulasannya.

Jembatan merah pantai Lakban
1.bp.blogspot.com

1. Jembatan merah pantai Lakban

Pertama  kali  kamu  masuk  ke  Pantai  ini  maka  kedatanganmu  akan  disambut  dengan  jembatan  merah, selain  gapura  di  mulut  pintu pantai  lakban.  Jembatan  merah  ini yang  menghubungkan  pelataran  parkir dengan  area  pantai  Lakban  yang  bermuara  ke  ruang  terbuka  teater  yang  juga  bisa  dijadikan  temapt bersantai sambil menunggu senja.

2. Menikmati sunrise di Pantai Lakban

Jika  kamui  ingin  menikmati  sunrise  yang  menciptakan  suasana  romantis,  maka  datanglah  pada  pukul setengah 6 pagi. Suasana pagi hari di pantai ini sangat sunyi, jadi lebih baik datang bersama teman atau keluarga saat menikmati fenomena alam terindah yaitu sunrise.

Simbol toleransi antar umat beragama berupa Bukit Harapan pantai Lakban
samleinad.files.wordpress.com

3. Simbol toleransi antar umat beragama berupa Bukit Harapan pantai Lakban

Di  pantai  ini  kamu  juga  akan  menemukan  sebuah  bukit  Harapan  di  mana  di  bukit  itu  terdapat  2  buah simbol agama yang  melambangkan adanya keharmonisan antar umat beragama di  Minahasa Tenggara. Simbol  tersebut  lebih  terlihat  seperti  sebuah  tiang  di  samping  kanan  salibnya,  menurut  cerita  seorang teman itu adalah agama baru artinya sebuah tiang pemancar BTS.

Dan hal tersebut bukan isapan jempol karena,saat  kamu  berada di dekat  tiang  tersebut  maka  kamu akan memperoleh  sinyal  yang  maksimal, sedangkan  di area  terpencil  layaknya  pantai  Lakban  sinyal  adalah  hal  yang  paling  susah  dicari  padahal sangat dibutuhkan pada zaman saat ini.

Baca Juga :  Wisata Kota Bitung Yang Wajib Kamu Kunjungi
Hutan Bakau
4.bp.blogspot.com

Hutan Bakau

Pada  sebelah  kiri  jalan  jembatan  terdapat  sebuah  gundukan  jalan  yang  memisahkan  muara  sungai menuju pantai lakban dan juga sungai yang menggenang di sekitar hutan bakau bakau. Dan hutan bakau inilah yang menjaga ekosistem sekitar pantai agar tetap terjaga.

Monumen Tambang pantai Lakban

Monumen   Tambang   merupakan   Landmark   yang   menandakan   bahwa   dahulu   pernah   berdiri   PT Newmont Minahasa Raya di Kecamatan Ratatotok, meskipun kini tambang ini telah berhenti beroperasi dan akan dialihkan kepada pemerintah. Kini area reklamasi bekas tambang PT Newmont Minahasa Raya telah menjadi besar dan dijadikan Kebun Raya Megawati SoekarnoPutri, dan rencananya reklamasi dan rehabilitasi  seluas  221  hektar  ini  akan  menjadi  Kebun  Raya,  pusat  penelitian  dan  juga  tempat  wisata seperti Kebun Raya Bogor.

Ruang pertunjukan warga

Di  pantai  ini  terdapat  sebuah  teater  terbuka  yang  sering  dijadikan  tempat  penyelenggaraan  festival budayamasyarakat. Fasilitas ini dibangun oleh PT Newmont Minahasa Raya sebagai kebutuhan dan juga untuk dipergunakan masyarakat Ratok Minahasa Tenggara.

Perahu sandar

Di pantai ini terdapat beberapa perahu yang sengaja diselenggarakan di hari-hari tertentu terutama hari libur,  karena  pantai  Lakban  ini  hanya  ramai  pada  saat  akhir  pekan  saja.  Sama  halnya  dengan  warung-warung  yang  menjajakan  makanan  dan  minuman. Sayangnya  untuk  bisa  menuju  pantai  ini  aksesnya belum memadai jika menggunakan transportasi umum.

 

Itulah  beberapa  pantai  yang  menyimpan  pesona  yang  luar  biasa,  yang  merupakan tempat  wisata  di Manado yang terkenal. Jadi, agendakan dari sekarang rencana liburanmu.

Check Also

Daftar Wisata Gianyar Dan Karangasem Yang Memanjakan Mata Anda

Pulau Bali memiliki objek wisata dan juga tempat rekreasi yang tersebar di seluruh kabupaten, dan …