Home / Yogyakarta / Pantai Unik Yang Ada Di Gunung Kidul Yang Mampu Menarik Wisatawan
Pantai Jogja
pachenews.com

Pantai Unik Yang Ada Di Gunung Kidul Yang Mampu Menarik Wisatawan

Jogjakarta merupakan salah satu wilayah yang dikenal memiliki segudang hal yang cukup menarik mulai dari  destinasi  wisata,  budaya  hingga  kuliner  yang  menggugah  selera  dan  mudah  untuk  ditemukan  di Yogyakarta.  Salah  satu  destinasi  wisata  yang  dimiliki  oleh Jogjakarta adalah  wisata  pantai,  di  mana Yogyakarta  memiliki  banyak  sekali  deretan  pantai  pantai  cantik  terutama  di  daerah  Gunung  Kidul. Berikut ini adalah pantai-pantai cantik yang ada di Jogjakarta yang sayang jika anda lewatkan.

 

Pantai Parangtritis
1001malam.com

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakarta berjarak sekitar 27 km dari pusat Kota Jogjakarta. Pantai ini juga sebagaiicon pantai  di  Jogjakarta yang  memiliki wisata pantai. Pantai  Parangtritis  merupakan salah  satu tempat wisata  yang  terpopuler  di  kawasan  selatan  pulau  Jawa.  Pantai  ini  terletak  di  kabupaten  Bantul, dan untuk  menuju  ke  Pantai  Parangtritis  tidak  begitu  jauh  dari  pusat  kota  Jogjakarta.

Pantai  Parangtritis memiliki  ombak  yang  besar,dan  selalu  dikaitkan  dengan  kisah  tentang  Nyi  Roro  Kidul  yang  penuh dengan  misteri  dan  juga  mitos  yang  beredar  di  kalangan  masyarakat.  Cerita  tentang  Nyi  Roro  Kidul sangat  dikenal  oleh  masyarakat  Indonesia  sebagai  penunggu Pantai Parangtritis, khususnya masyarakat yang  berada  di  daerah  sekitar  Jawa.

Pantai Parangtritis3
redscorner.co.id

Tentu  kita  sudah  sangat  mengenal tentang  mitos  Nyi  Roro  Kidul yang menguasai selatan pulau Jawa. Asal  muasal  penamaan  Pantai  Parangtritis  adalah  dari  seorang  pelarian  yang  berasal  dari  kerajaan Majapahit, yang  sampai  ke  areal  laut  berombak  besar  dan  lalu  bersemedi.  Ternyata saat  bersemedi banyak air yang tumaritis atau menetes dari celah-celah bebatuan, dan itulah asal nama dari Parangtritis yang  artinya  adalah  air  yang  menetes  melalui  celah  batu  karang.

Ternyata  sejak  zaman  kerajaan  dulu telah  mempercayai  keberadaan  sosok  Nyi  Roro  Kidul,dan  raja-rajanya  dipercaya  memiliki  hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Hubungan ini berawal dari semedi Panembahan Senopati sang pendiri Kerajaan Mataram  Islam  yang  bertemu  dengan  Nyi  Roro Kidul  saat  beliau  bersemedi  di  laut  selatan.  Akhirnya hubungan  tersebut  berjalan  sangat  harmonis  hingga  mereka  berjanji  bahwa  Nyi  Roro  Kidul  akan membantu dan terus ada dengan keturunan dari Panembahan Senopati.

Kita  tentu  sering  mendengar  bahwa  jika   ingin  ke   Pantai  Parangtritis, hindari  menggunakan   baju berwarna  hijau  karena  warna  hijau  adalah  warna  kesukaan  Nyi  Roro  Kidul  dan  juga  pakaian  yang dikenakan  oleh  tentaranya  berwarna  hijau.  Jadi jika  Anda  tetap  menggunakan  warna  hijau  maka Anda akan terseret  ombak  Pantai  Parangtritis  yang  konon itu  adalah  keinginan dari Nyi Roro  Kidul dan mitos ini berkembang dan di percaya hingga saat ini. , Kentalnya nuansa  mistis  dan misteri yang beredar  di  masyarakat  tidak menyurutkan minat pengunjung untuk  datang  ke  pantai  Parangtritis.

Hingga  saat  ini  pantai  ini  masih  menjadi  tempat  favorit  para wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta dari berbagai daerah bahkan hingga wisatawan asing. Karena  letaknya  yang  berada  di  kawasan  Selatan  maka  Parangtritis  memiliki  ombak  yang  cukup  deras dan  arus  bawah  laut  yang  kuat,  oleh  karena  itu  Anda  wajib  mengikuti  peraturan  yang  ada  serta himbauan dari para penjaga pantai demi menjaga keselamatan anda.

Kontur tanah di pantai Parangtritis sangat  landai  sehingga  kawasan  pasir  di  pantai  ini  cukup  luas  yang  asyik  jika  main  ATV  di  pantai  ini. Selain itu di pantai ini juga tersedia alat untuk menyusuri pantai yang lainnya seperti Bendi yaitu kereta kuda yang memiliki dua roda.

Pantai Parangtritis2
tanahnusantara.com

Gerbang  kerajaan  Nyi  Roro  Kidul

Dibalik  keindahan  pantai  Parangtritis  menyimpan  banyak  misteri  yang yang bersifat mistis seperti kerajaan Kanjeng Ratu Kidul yang cukup melegenda hingga misteri ombaknya yang besar yang sering memakan korban. Apa sajakah misteri yang tersimpan dari pantai Parangtritis ini, berikut ini  ulasannya.

Gerbang kerajaan nyi Roro Kidul Nyi  Roro  Kidul  terkenal  sebagai  salah  satu  penguasa  gaib  yang  erat  kaitannya  dengan  Kesultanan Yogyakarta, oleh  karena  itu  para  Sultan  dan  penerusnya  diwajibkan  tetap  menjalin  komunikasi  dengan Sang  Penguasa  laut  selatan  ini, dan  setiap  melaksanakan  kegiatan  harus  meminta  restu  Nyi  Roro  Kidul untuk terselenggaranya acara dengan aman dan juga lancar.

Pantai Parangtritis dipercaya sebagai pintu gerbang  untuk  menuju  ke  kerajaan  gaib,  oleh  karena  itu  di  pantai  ini  sering  sekali  dilakukan tata  cara adat untuk para Sultan agar bisa berkomunikasi dengan Sang Ratu Pantai Selatan.

Tradisi Labuhan
img.beritasatu.com

Tradisi Labuhan

Di  pantai  Parangtritis  sering  dilakukan  upacara  untuk  memberikan  sesaji  atau  Labuhan  karena  masih eratnyakepercayaan adanya hubungan kerajaan gaib di Laut Selatan. Tradisi seperti ini sudah dilakukan sejak zaman Sultan Hamengkubuwono I dan tradisi seperti ini masih diselenggarakan hingga saat ini oleh para  keturunan  Sultan  Hamengkubuwono  I.

Upacara  labuhan  dilakukan  secara  resmi  dalam  acara penobatan Sultan, peringatan hari ulang tahun penobatan Sultan  (Tingalan Panjenengan)atau Tingalan Dalem  Panjenengan,  atau  Tingalan  Jumenengan,  serta  memperingati  hari  Windu  atau  hari  ulang  tahun penobatan  Sultan  dan  Windows  berarti  setiap  8  tahun.

Tujuan  lainnya  menyelenggarakan  Upacara labuhan  adalah, untuk  memenuhi  hajat  dari  Sri  Sultan  seperti  saat sang  Sultanmenikahkan  anak-anaknya.  Diselenggarakannya  tradisi  ini  yang  masih  berjalan  hingga  saat  ini  diharapkan  terjaminnya kesejahteraan Sultan dan masyarakat sekitar Kesultanan.

Mitos baju berwarna hijau
assets.pikiran-rakyat.com

Mitos baju berwarna hijau

Tidak  asing  lagi  bagi  anda  jika  mendengar  rumor  yang  beredar  bahwa  sebaiknya  kita  menghindari menggunakan  baju berwarna hijau  terutama bagi laki-laki,  karena  warna hijau  sangat  disukai oleh  Ratu Pantai Selatan. Tetapi jika memangmasih ada orang menggunakan baju hijau maka k-pop akan terseret oleh ombak dan direkrut menjadi pegawai Sang Penguasa pantai.

Baca Juga :  Objek Wisata Yang Instagramable Di Jogjakarta

 

Pantai Sadranan
traveladvisor.id

Pantai Sadranan

Pantai  Sadranan  Yogyakarta merupakan  spot  yang  sangat  menarik  untuk  dapat  melihat  pemandangan pantai  di  Jogjakarta.  Pantai  Sadranan  memiliki  pasir  pasir  putih  dan  juga  masih  terbilang  sepi, karena belum  banyak  wisatawan  yang  tahu  tentang  keindahan  yang  dimiliki  oleh  pantai  Sadranan.  Tetapi sepinya  pantai  ini  memberi  keuntungan  di  sisi  lain  yaitu, pantai  ini  sangat terjaga  keasliannya  karena belum  banyak  terjamah  orang  dan  bagi  Anda  yang  ingin menyegarkanpikiran  sepertinya  sangat  cocok berada di tempat ini.

Pantai  Sadranan  juga  menyuguhkan  pemandangan  di  bawah  laut,  sehingga  bagi  Anda  yang  memiliki hobi  snorkeling sangat  cocok  untuk melakukan  hobi  tersebut  di pantai  ini,yang  kebetulan  karakteristik ombakyang dimiliki oleh pantai Sadranan tidak terlalu besar sehingga tidak akan berbahaya. Anda tidak perlu repot-repot membawa alat snorkeling, karena di pantai ini juga ada beberapa tempat penyewaan alat-alat  snorkeling.

Anda  patut  mencoba  untuk  menyelami  pantai  ini,karena  keindahan  bawah  laut masih sangat alami dan asri serta dapat berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut seperti ikan hias dan terumbu karang. Selain  snorkeling, di  pantai  ini  Andajuga  dapat  melakukan  kegiatan  mendayung  perahu  Kano  yang banyak  disewakan  di  sekitar  pantai  oleh  pengelola.

Pantai Sadranan2
travelisto.co.id

Pengunjung  dapat  menyusuri  pantai  sembari menikmati   pemandangan   yang   disuguhkan.   Selain   itu,momen   yang   paling   dinantikan   oleh   para pengunjung   adalah   dapat   menikmati  sunrise   dan   juga   sunset   di   pantai  ini,yang   selalu   menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Pantai  Sadranan  memang  tidak sepopuler  pantai  pantai  deretannya  tetapi,pantai  ini  telah  memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Kelengkapan fasilitas ini diharapkan dapat menjadi salah satu tujuan utama para  pelancong  Jogjakarta.

Fasilitas  yang  tersedia  cukup  lengkap  dipantai  ini  sebagai  penunjang kenyamanan  para pengunjung yang datang,termasuk penyewaanalat snorkling dan juga perahu kayak atau  kano.  Di  pinggiran pantai  pun  banyak  kita  temukan  saung  atau  gazebo  sebagai  tempat  bersantai atau  berteduh, Anda juga  dapat  menemukan  warung  makanan  dan  minuman  termasuk  Cafe  dan restoran di sekitar pantai.

Baca Juga :  Obyek Wisata Jogja Yang Tak Luntur Karena Hadirnya Wisata Baru Di Jogja

 

Pantai Samas
merahputih.com

Pantai Samas

Pantai  Samas Yogyakarta adalah salah  satu pantai yang  cukup populer  di  kalangan anak  muda, karena memiliki  keindahan  pantai  dengan  angin  yang  kencang serta  ombak laut  yang  menggulung  sangat tinggi.  Keunikan  pantai  Samas  yang  tidak  dimiliki  oleh  pantai-pantai  lain adalah delta  sungai  serta lagunanya  yang  terbentuk  dimuara  kali  Opak  yang warga  setempat menamakan  sebagai  wedi  kengser dan lagunanya disebut pengklik.

Kawasan pantai Samasmemiliki program perlindungan penyu,karena pantai ini jugamerupakan tempat persinggahan  para  penyu  penyu  langka.  Penyu  penyu  langka  tersebut  seperti  penyu  belimbing,penyu sisik dan juga penyu hijau yang sering sekali nampak singgah di pantai ini untuk bertelur. Karakteristik ombak di Pantai Samas cukup keras, oleh  karena itu para wisatawan  yang datang dilarang kerasuntuk berenangkarena dapat membahayakan nyawapengunjung.

Selain pesona pantainya yang cukup indah, pantai Samasjuga masih ada pesona lainnya yaitu nilai-nilai budaya   yang   menjadi   daya   tarik   konsumen   seperti   acara   adat   keagamaan.   Upacara   yang   sering dilakukan  partai  ini  adalah  upacara  Kirab  Tumuruning  Maheso  Suro  dan  acara  Labuhan  Sedekah  Laut yang  selalu di  selenggarakan di  pantai  ini di  setiap malam  satu suro,dan upacara  ini merupakan tradisi masyarakat Sanden dalam rangka mengenang Legenda Mahesosuro.

Daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Samas Yogyakarta ini antara lain adalah,

Konservasi penyu
bookprimera.com

Konservasi penyu

Pantai  Samas  ternyata  dijadikan  tempat  persinggahan  para  penyu  untuk    bertelur.  Dan  yang  menjadi sangat  luar  biasa  adalah  penyu  penyu  yang  singgah  untuk  bertelur  di  pantai  Samas  merupakan  penyu langka  yang  sangat  dilindungi  oleh  pemerintah  seperti  penyu  sisik,  penyu  belimbing  dan  penyu  hijau.

Sebelum  ada  program  konservasi  penyu, banyak  penduduk  lokal ataupun  pengunjung  yang  berburu telur  di  pantai  ini,  tetapi  saat  pemerintah  dan  LSM  lingkungan  mensosialisasikan  kesadaran  untuk melindungi  telur-telur  penyu, apalagi  penyu-penyu  yang  berjenis  langka  dan   hampir  punah.  Ada kelompok  kerja yang melakukan  konservasi  penyu  seperti  aktivitas  untuk  menetaskan  telur  penyu dengan  metode  semi  alami  yang  akhirnya  menghasilkan  banyak  penyu  yang  menetas.

Dan  di  musim musim  tertentu  akan  dilakukan  pelepasan  Tukik  atau  anak  penyu ke  laut  Pantai  Samas  oleh  para kelompok kerja ini. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri oleh para pengunjung, karena pengunjung juga  ikut  berperan  untuk  melepaskan  anak-anak  yang  telah  menetas.  Akan  menjadi  pengalaman  yang mengesankan  saat  anda  ikut  membantu  anak-anak penyu untuk  masuk  ke  habitat  air  pertama  kalinya, yang pastinya akan menumbuhkan kesadaran untuk lebih mencintai kehidupan.

Laguna
4.bp.blogspot.com

Laguna

Pengklik adalah Laguna air tawar yang ada di muara sungai kali Opak dan dibatasi dengan laut oleh delta sungai  Opak.  Delta  ini  bertekstur  keras  dan  juga  dapat  menahan  abrasi  karena  tersusun  dari  material lava  letusan  gunung  berapi yang  terbawa  oleh  sungai  kali  Opak  dan  lantas  mengendap.  Di  Laguna  ini juga  tersedia  beberapa  fasilitas  seperti  perahu, gardu  pandang,wisata  kuliner  terapung,wahana bermain anak dan juga tempat untuk memancing.

Jembatan bambu
2.bp.blogspot.com

Jembatan bambu

Jembatan bambu yang menjorok ke laut merupakan spot foto yang cukup menarik. Jembatan bambu ini terletak  di bagian  belakang  tulisan  Pesona  Pengklik.  Lebar  jembatan  ini  1  mdengan  memiliki  panjang 210 m dan menurut cerita yang beredar,di jembatan ini dibangun dari 4 ribuan batang pohon bambu.

Taman bunga matahari
arenawisata.co.id

Taman bunga matahari

Selain pesona keindahan pantai,ada lagi panorama yang dibuat oleh penduduk lokal yaitu Taman Bunga Matahari Pantai Samas. Area tempat ini terbilang kecil  tetapi taman bunga ini sangat unik dan menarik untuk dijadikan latar berfoto dan tak kalah dengan taman sejenis di Bogor atau Magelang.

Wisata kuliner terapung

Setelah  lelah  menikmati  pesona  pantai  yang  disuguhkan  oleh  Pantai  Samas,anda  tentu  ingin  sekali beristirahat menghilangkan rasa haus dan juga lapar. Tetapi untuk mengatasi haus dan lapar,Anda tidak akan  sulit  untuk  mengatasinya  karena  di  pantai  ini  juga  dapat  kita  temukan  beberapa  wisata  kuliner yang dijajakan yang ada di sekitar pantai.

Dan ada yang  unik dalam menjajakan makanan, yaitu tempat kuliner terapung atau meletakkan gazebo diatas ponton ponton di dalam laguna atau pengklik. Dengan harga  yang cukup murah dan kualitas rasa yang enak,tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri dalam mengatasi lapar dan haus anda.

Baca Juga :  Dari Tempat Wisata Ini Dapat Menikmati Pemandangan Gunung Merapi Dan Merababu

 

Pantai Timang Yogyakarta
image.vsco.co

Pantai Timang Yogyakarta

Pantai  Timang  yang  ada  di  Gunung  Kidul  adalah  satu  pantai  indah  yang  sudah  cukup  populer. Pantai Timang Yogyakarta memiliki pemandangan yang cukup eksotis dan sangat menawan, di mana pantai ini juga  memiliki  sebuah  pulau  yang  bernama  Pulau  Timang.  Pulau  Timang  yang  ada  di  pantai  ini  tidak seperti pulau-pulau  pada  umumnya,  memiliki  sebidang  tanah dengan  pesisir  dan berpasir.

Hal itu tidak akan kita temukan di Pulau Timang, karena di Pulau Timang hanya berupa bongkahan batu karang tajam dan  juga  tebing  yang  sangat  curam.  Jika  ingin  menuju  ke  pulau  Timang, anda  harus  menyebrang menggunakan   gondola   tradisional  atau  kereta  gantung  sederhana  yang  dibuat  dari  kayu  dengan menggunakan  tambang  tali  plastik  yang  sangat  kuat,  tetapi  untuk  menggunakannya  masih  dibutuhkan tenaga  manusia  untuk  menggerakkan  ke  arah  Pulau  Timang.

Kereta  gantung  akan  mengantarkan pengunjung yang ingin ke pulau Timang dengan jarak 100 m dan dan ketinggian 9 hingga 11 meter dari permukaan laut. Untuk menuju ke pulau Timang dibutuhkan mental yang cukup kuat, karena anda akan meluncur  sendirian  menaiki  gondola  di  atas  lautan  dengan  ombak  yang  sangat  besar  yang  terkadang ombak  itu  akan  menyentuh  siapapun  yang  menyebrang  ke  pulau  Timang.

Setelah  sampai  ke  pulau Timang, anda  tidak  akan  menyangka keindahan yang di  miliki Pulau  Timang  yang  merupakan  tempat terbaik di Gunung Kidul untuk mencari hasil laut terutama lobster yang banyak dicari oleh orang. Yang  menjadi  ciri  khas  Pantai  Timang bukanlah  pemandangan  hamparan  pasir  putih  ataupun  birunya laut,  tetapi  yang  menjadi  Icon  pantai  Timang  adalah  gondola  atau  kereta  gantung  yang  terbuat  dari kayu.

Sebelumnya pulau Timang bukanlah objek wisata yang patut di dipopulerkan, karena medan yang cukup sulit dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan pribadi pada umumnya. Pantai ini hanya sebagai pusat mata pencaharian nelayan untuk berburu lobster yang memang hidup di karang dan juga bebatuan. Dan untuk ke pulau  Timang  dalam  rangka  mencari  lobster  tersebut  para  nelayan  menggunakan  kereta gantung atau gondola sebagai alat transportasi.

Lama-kelamaan banyak wisatawan yang tertarik dengan wahana  ini,  lalu  warga  setempat  berinisiatif  untuk  mengkomersilkannya.  Terlebih kepopuleran Pulau Timang  makin  lama  makin  pesat,terutama  setelah  adanya  variety  show  asal  Korea  Selatan  yaitu Running Man datang dan berkunjung ke tempat ini. Untuk menyebrang menggunakan gondola ini lumayan menguji adrenalin anda, karena kita akan berada di atas kumpulan air laut biru dengan ombak tinggi, tetapi jika cuaca sedang cerah ombak akan terlihat tenang.

Jika  cuaca  kurang  baik  maka  anda  yang  di  atas  gondola  dapat  tersentuh ombak  meskipun  di ketinggian 11 m. Berikut  ini  adalah  yang  menjadidaya  tarik  Pantai  Timang, sehingga  dapat  menjadi  magnet  wisatawan untuk datang dan berkunjung menikmati pesona keindahan pantai serta wahana yang cukup ekstrim.

Pantai Timang Yogyakarta5
rentalsepedayogyakarta.files.wordpress.com

Kereta gantung

Kereta  gantung  merupakan  icon  dari  pantai Timang  yang  sekaligus  menjadi  wahana  ekstrem  untuk dapat  menyeberang  ke  pulau  Timang.  Kereta  gantung  di  pantai  Timang  ini  sangat  sederhana,karena hanya menggunakan bahan dari kayu dan ditarik masih menggunakan tenaga manusia menggunakan tali tambang. Anda membutuhkan mental dan juga nyali besar untuk dapat melewati ganasnya ombak yang ada di bawah untuk sampai ke pulau Timang.

Pantai Timang Yogyakarta4
2.bp.blogspot.com

Pulau Timang

Setelah  anda  sampai  ke  pulau  Timang  anda  akan  melihat  pesona  sangat  indah  di  pulau  yang  berbeda dengan pulau-pulau pada umumnya ini. Sayang sekali Jika tidak Anda abadikan berada di Pulau ini, yang tentunya akan menjadi momen-momen dan pengalaman yang cukup seru.

Pantai Timang Yogyakarta3
4.bp.blogspot.com

Jembatan gantung

Selain  wahana  gondola  atau  kereta  gantung,  kini  telah  dibangun  jembatan  gantung  sebagai  sarana alternatif untuk menyebrang ke pulau Timang. Jika anda tertarik dan berani untuk mencoba , anda akan merasakan sensasi anda berjalan di atas ombak yang bergulung yang bahkan dapat menyentuh anda.

Lobster
i.ytimg.com

Lobster

Warga  setempat  berburulobstermenjadi  nelayan  sebagai  mata  pencaharian.  Lobster  dapat  diolah menjadi  makanan  yang  bergizi  tinggi  dan  banyak  dicari  yang  tentunya  dengan  harga  jual  yang  tidak sedikit.

Baca Juga :  Berburu Tempat Instagrammable Di Seminyak Dan Ubud Bali

 

Pantai Sepanjang
pantainesia.com

Pantai Sepanjang

Pantai  Sepanjang Yogyakarta memiliki  garis  pantai  terpanjang  dan  juga pasir  pantai yang  berwarna putih  yang  banyak  digemari  oleh  wisatawan  untuk  berlibur bersama keluarga  ataupun  teman.  Sejarah dari  penamaan  pantai  sepanjang  yang  diberikan  oleh  pengelola,  iyalah  karena  menyesuaikan  dengan realita  yang  ada  yaitu,  pantaiini  memiliki  garis  pantai  terpanjang  dibandingkan  dengan  pantai  pantai yang ada di kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sepanjang masih berdekatan dengan pantai sundak, Kukup, Indrayanti dan juga Baron dan pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis dan juga sangat  menakjubkan  dengan  hamparan  pasir  putihnya  yang  semakin  menambah  kesan  dan  juga keindahan pantai ini. Berada di  pantai  Sepanjang yang  memiliki  suasana  yang  cukup  tenang cocok  untuk  Anda  yang  ingin menenangkan  fikiran.

Pantai Sepanjang2
jogjaonstage.com

Ketenangan  itu  tergambar  dari  hamparan  pasir  pantai  putih  kecoklatan disertai tumbuhnya  beberapa  pohon  palem  di  bibir  pantai  yang  membuat  pantai  semakin  memanjakan  mata para pengunjung yang memandangnya, terlebih momen di pagi hari saat Matahari mulai terbit. Ada  keunikan  saat  air  laut  sedang surut yaitu,  pengunjung  akan  mendapati batu  karang berserakan  di dasar pantainya yang merupakan tempat tinggal dan hidup habitat yang ada di pantai ini.

Biota laut yang sering dijumpai di pantai ini antara lain bintang laut,gagang laut,kerang-kerangan, bulu babi, ikan-ikan kecil, dan rumput laut yang tersangkut sela sela batu karang tersebut. Dan kesempatan seperti ini tidak disia-siakan penduduk setempat, dengan sigap mereka akan berburu boita laut seperti kerang kerangan, rumput  laut,dan  juga  makhluk  lain  sebagai  konsumsi  hari-hari,ataupun  diolah  dan  dijual  untuk mendapatkan  keuntungan.

Di  pantai  ini  juga  mudah  kita  dapati  penduduk  yang  menjajakan  aneka minuman  dan  makanan  hasil  dari  berburu  laut  yang  terdapat  di  sekitar  pinggir. Berada  di  pantai  kita dapat melakukan beberapa aktivitas antara lain adalah berenang. Anda tentu tidak akan menyia-nyiakan untuk  bermain  dan  berenang  di  tepian  pantai,  tetapi  perlu  diwaspadai  bahwa  jangan  terlalu  ke  tengah karena  Pantai  Selatan  terkenal  dengan  ombaknya  yang  cukup  besar  dan  berbahaya.

Di  pantai  ini  juga sering   digunakan   sebagai   tempat   untuk   mengadakan   camping,   dan   anda   juga   tidak   perlu   repot membawa peralatan camping karena di sekitar pantai juga ada penyewaan tenda. Pantai   sepanjang   memiliki   beberapa   daya   tarik   yang   mampu   menarik   wisatawan   untuk   datang berkunjung yaitu,

Berburu biota laut

Berburu  biota  laut  yang  ada  di  pantai  sepanjang,  biota  laut  itu  antara  lain  ikan  hias, rumput laut, bulu babi  dan  juga  kerang-kerangan.  Jika  Anda  beruntung  anda  akan  mendapatkan  biota  laut  tersebut  di antara sela sela karang saat laut sedang  surut menjelang sore. Anda dapat menjadikan hasil  perburuan sebagai buah tangan atau bisa juga mencari buah tangan dalam bentuk lain seperti makanan. Di sekitar pantai ada warga yang menjajakan aneka jajanan yang dapat Anda bawa pulang.

Pantai Sepanjang3
dolandolen.com

Filosofi pantai sepanjang

Nama  pantai  sepanjang  diambil  karena pantai  ini memiliki  garis  pantai  yang  terpanjang  dibandingkan dengan  pantai-pantai lainnya yang  ada  di  Gunung Kidul.  Gunung  Kidul  memiliki  banyak  sekali  objek wisata pantai yang berdekatan tetapi, pantai pantai yang ada tidak memiliki garis pantai panjang karena adanya perbukitan karang yang cukup tinggi sebagai pembatas antara pantai. Tetapi tidak dengan pantai Sepanjang,  di  sebelah  timur  dan  barat  terdapat  bukit  akan  tetapigaris  pantainya  lebih  panjangdan menjadi daya tarik pantai Sepanjang ini.

Situs Banyu Sepuh

Situs Banyu sepuh adalah daya tarik lain yang bisa anda telusuri di pantai Sepanjang. Situs Banyu sepuh berupa mata air yang juga sering digunakan para wali untuk mencuci senjata pusaka yang mereka miliki, tetapi kadang juga warga memanfaatkannya sebagai sumber air untuk keperluan sehari-hari. Tetapi situs ini sudah tidak lagi berfungsi.

Kurangnya perawatan yang membuat mata air menjadi kotor dan juga kering serta tanaman tanaman liar yang ada di sekitar situs. Anda dapat bersantai di pinggir pantai sambil menikmati hembusan angin sepoi-sepoi,menyaksikan ombaknya yang saling berkejaran. Anda dapat bersantai di gubug yang banyak kita dapati di tepian pantai, ini sengaja di buat sangat sederhana yang hanyaterbuat dari kayu dengan atap jerami yang membuat suasana semakin eksotis.

Tak lupa andaakan dengan mudah mendapatkan spot foto yang menarik yang dapat anda simpan di sosial media. Dengan latar belakang lautan berpadu dengan pasir putih serta garis pantai yang panjang akan menghasilkan foto yang instagramable.

Check Also

pantai manado

Wisata Eksotis Di Manado Yang Wajib Di Jelajahi

Indonesia  telah  di  kenal  dunia  sebagai  negara  yang memiliki  kekayaan  alam  melimpah,  tak  hanya  dari …