Saturday , January 25 2020
Home / Aceh / 11 Wisata Pegunungan Terbaik Di Pulau Sumatera Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!
11 2BWisata 2BPegunungan 2BTerbaik 2BDi 2BPulau 2BSumatera 2BYang 2BBanyak 2BMenarik 2BMinat 2BPara 2BWisatawan 2521

11 Wisata Pegunungan Terbaik Di Pulau Sumatera Yang Banyak Menarik Minat Para Wisatawan!

 

 
Melakukan perjalanan ke pegunungan memang sangat seru dan juga asik, tidak hanya menikmati perjalanan menuju ke pegunungan, kamu juga dapat menyaksikan keindahan alam dari ketinggian-ketinggian tertentu. Salah satu pulau yang bisa kamu jelajahi daerah pegunungannya yaitu pulau sumatera. Seperti yang kita ketahui, pulau sumatera memiliki banyak keindahan dan keunikan yang membuat para wisatawan terus menerus berdatangan ke pulau tersebut.
 
Pulau sumatera memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, memiliki hewan yang beranekaragam dan juga tanah yang subur, tidak hanya itu kamu juga dapat menemukan berbagai macam  tempat wisata disana mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja, wisata pantai sampai wisata pegunungannya.
 
Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata ke pegunungan yang berada di Sumatera, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat banyak gunung di pulau Sumatera yang jalur pendakiannya aman. Berikut beberapa rekomendasi pegunungan yang dapat kamu kunjungi di pulau Sumatera.
 
 
1. Gunung Talamau
Gunung Talamau merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Pasmanan Barat, Provinsi Sumatera Barat. Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di provinsi Sumatera Barat dengan ketinggian mencapai 2.919 meter dari permukaan laut. Untuk melakukan pendakian di gunung ini, para pengunjung dapat memulainya dari tiga titik yaitu Desa Pinagar, Kinali dan Malampah dengan waktu tempuh kurang lebih 12 jam.
 
Ketika kamu sudah sampai di puncak gunung Talamau kamu akan dikejutkan dengan keindahan pemandangannya, mulai dari pemandangan untuk melihat Puncak Gunung Pasaman, melihat pemandangan 13 telaga yaitu:
a.         Talago Tapian Putri Mambang Surau
b.        Talago Siuntuang Sudah
c.         Talago Mandeh Rubiah
d.        Talago Tapian Sutan Bagindo
e.         Talago Cindua Mato
f.         Talago Biru
g.        Talago Putri Sangka Bulan
h.        Talago Lumuik
i.          Talago Imbang Langik
j.          Talago Buluah Parindo
k.        Talago Puti Bungsu
l.          Talago Rajo Dewa
m.      Talago Satwa
Selain menemukan 13 telaga seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu juga akan menjumpai air terjun Puti Lenggo Geni dengan ketinggian mencapai 109 meter. Bagaimana? Menarik bukan?
 
 
2. Gunung Geureudong
Gunung Geureudong atau biasa disebut Bur ni Geureudon terletak di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.885 meter diatas permukaan laut, gunung ini merupakan habitat hidup dari Gajah Sumatera yang saat ini terancam punah diduga karena terjadi penyusutan kawasan hutan.
Untuk mendaki gunung ini kamu dapat memulainya dari Desa Bukit Mulie. Sayangnya, masih banyak para pendaki yang belum melakukan pendakian ke Gunung Geureudong sehingga informasi mengenai jalur pendakian dan hal-hal lainnya masih sangat sulit ditemukan.
 
 
3. Gunung Bandahara
Gunung Bandahara merupakan gunung yang berada di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.828 meter.
Gunung Bandahara merupakan gunung yang aman bagi kamu para pendaki yang ingin mengunjungi gunung ini karena Gunung Bandahara tidak termasuk golongan gunung berapi.
Gunung Bandahara memiliki tanaman khas yang dapat kamu lihat apabila berkunjung kesana yaitu kantung semar yang memiliki nama ilmiah Nepenthaceae yang biasa memangsa serangga atau anak kodok.
  
 
4. Gunung Lueser
Bagi kamu yang sering melakukan pendakian tentunya tidak asing lagi dengan gunun Leuser. Gunung Leuser merupakan gunung yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Gunung ini memiliki ketinggian 3.404 meter diatas permukaan laut dan dikenal sebaai kawasan paru-paru dunia.
Untuk melakukan pendakian ke Gunung Leuser, terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi oleh para pendaki, antara lain:
a.         Menyerahkan foto copy kartu identitas sebanyak 4 lembar dan surat permohonan kepada Balai Besar TNGL
b.        Memiliki dan menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter
c.         Para pendaki wajib menggunakan Guide untuk menjaga keselamatan dan perlindungan dari Harimau Sumatera
d.        Menyerahkan SIMAKSI dan BBTNGL yang dibuat di seksi Pengelolaan TNGL wilayah III, Kota Blangkerjen, Gayo Lues.
 
 
 5. Gunung Marapi
Gunung Marapi merupakan salah satu gunung yang berada di provinsi Sumatera Barat, secara geografis gunung ini terletak di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam dan Kotamadya Padang Panjang. Tetapi, secara administrasi gunung ini terletak di kawasan Kabupaten Agam. Gunung Marapi memiliki ketinggian mencapai 2891,3 meter diatas permukaan laut.
Gunung Marapi sudah memiliki jalur pendakian yang tetap, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi akan kesasar ketika berada disana, tetapi meskipun begitu ada baiknya agar selalu berhati-hati ketika melakukan pendakian ke gunung ini.
Selama melakukan pendakian, anda akan dibuat terkejut dengan keindahan pemandangan yang berada di gunung tersebut, seperti pemandangan bunga edelweis atau melihat danau Singkarak ketika sudah sampai di puncak gunung.
  

 

6. Gunung Dempo
Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang tergolong aktif yang terletak di sebelah barat kota Palembang tepatnya di Desa Dempio Makmur, Kecamatan Pagar Alam, Kota Pagar Alam, provinsi Sumatera Selatan. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi yang berada di provinsi tersebut dengan ketinggian mencapai 3.195 meter diatas permukaan laut.
Gunung ini memiliki puncak dan terdapat kawah yang menjadi daya tarik para pendaki disalah satu puncaknya. Banyak para pendaki yang tertarik untuk melihat kawah di Gunung Dempo karena permukaan kawah yang mampu menghasilkan berbagai macam corak mulai dari abu-abu, biru muda dan juga hijau. Selain itu, pemandangan yang berada di gunung ini tidak kalah indah dengan tempat-tempat lainnya loh.
 
 
7. Gunung Kerinci
Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi dengan ketinggian mencapai 3.805 meter diatas permukaan laut dan terletak di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.
Bagi para pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini, mereka akan menemukan Danau Gunung Tujuh yang terletak di ketinggian 1.996 meter diatas permukaan laut. Danau ini juga disebut-sebut sebaai salah satu danau vulkanik tertinggi di kawasan Asia Tenggara.
Gunung ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk memberikan kenyaman bagi para pendaki seperti papan pengumuman bagi para wisatawan, shelter dan toilet obyek wisata Danau Gunung Tujuh serta jembatan dan canopy trail di Danau Gunung Tujuh.
 
 

 

8. Gunung Talang
Gunung Talang merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.597 meter.
 
Bagi para pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Talang, tidak lengkap rasanya apabila tidak mengunjung Danau Talang atau biasa dikenal Telaga Sunyi yang merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik Gunung Talang.
 
Selain itu, para pendaki juga bisa bermalam dengan melakukan camping di gunung tersebut, sehingga dapat menyaksikan sunset pada sore hari dan sunrise pada pagi hari. Para pengunjung juga bisa memancing ikan dan membakarnya di pinggiran Danau Talang. Bagaimana? Asik bukan?
 
 

 

9. Gunung Rajabasa
Gunung Rajabasa merupakan gunung yang terletak di kepulauan Sumatera tepatnya di sisi selatan Kabupaten Lampung Selatan dengan ketinggian 1.281 meter diatas permukaan laut.
 
Terdapat banyak sekali keindahan yang dapat kamu nikmati apabila melakukan pendakian ke gunung ini, seperti pemandangan gunung krakatau dari arah utara Gunung Rajabasa serta hamparan selat sunda yang memanjakan mata, lalu disebelah selatan dari gunung ini kamu dapat melihat hamparan laut lepas yang menyejukkan mata, selain itu terdapat kawah mati dan juga batu cukup yang menjadi daya tarik bagi para pendaki.
 
 

 

10. Gunung Seulawah Agam
Gunung Seulawah Agam terletakdi Kabupaten Aceh dan Kabupaten Pidie. Gunung ini memiliki ketinggian 1.800 meter diatas permukaan laut dengan keindahan alami yang dimilikinya.
 
Di gunung ini terdapat sebuah tugu yang bertuliskan P.137 Gunung Seulawah Agam sebagai penanda bahwa para pendaki telah sampai di puncak gunung tersebut. Siapapun yang berkunjung ke gunung ini akan dibuat takjub dengan keindahan alam dan pemandangan dari puncak gunung Seulawah Agam, tidak heran banyak pendaki yang melakukan pendakian ke gunung ini berkali-kali tanpa pernah merasa bosan.
 
 

 

11. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo dan memiliki ketinggian mencapai 2.094 meter diatas permukaan laut. Gunung ini ternyata juga masuk ke dalam bagian Taman Hutan Raya Bukit Barisan loh.
 
Terdapat beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Gunung Sibayak seperti kawah aktif seluas 40.000 meter, Pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk, Puncak Takal Kuda yang menampilkan keindahan pemandangan Gunung Sinabung dan Kota Berastagi dari ketinggian dan juga legenda “Suara Neraka”.
 
Demikan 11 wisata gunung yang berada di pulau Sumatera yang dapat kamu kunjungi saat sedang berlibur. Jangan lupa untuk menyiapkan keperluan pendakian secara lengkap agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Check Also

Serunya berwisata ke Gunung Bromo di Provinsi Jawa Timur kamu wajib coba

Serunya Berwisata Ke Gunung Bromo Di Provinsi Jawa Timur, Kamu Wajib Coba!

Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *