Wisata Air Panas Ciater, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Barat

Wisata Air Panas Ciater, Kawasan Wisata Terbesar di Jawa Barat

Pemandian air panas Ciater secara administratif masuk ke dalam wilayah kabupaten Subang, namun lokasinya tak jauh dari tempat wisata di Lembang, kabupaten Bandung Barat sehingga kebanyakan orang menganggap bahwa Ciater berada di Bandung. Pemandian air panas di daerah Ciater ini berada di kaki gunung Tangkuban Perahu yang berketinggian 800 meter diatas permukaan air laut, jadi tak heran jika kawasan pemandian air panas ini bersuhu udara sejuk, menyegarkan dan kerap diselimuti oleh kabut. Sumber air panas yang sendiri berasal dari gunung Tangkuban Perahu, jadi wajar saja jika pemandian air panas ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang.

Mengenal Pemandian Air Panas Ciater

Ciater menjadi salah satu bagian dari kawasan wisata terbesar di Jawa Barat yang memiliki luas mencapai 30 hektar, dari waktu ke waktu kawasan ini semakin berkembang dan terus mempercantik serta melengkapi fasilitas dan wahana wisatanya, tak salah jika pemandian air panas Ciater ini menjadi salah satu objek wisata terpopuler dan terfavorit bagi wisatawan di sekitar Bandung. Bahkan menurut data, dalam satu bulan pemandian air panas Ciater dapat menerima wisatawan baik di lokal hingga mancanegara kurang lebih 60.000 orang.

Ada dua pilihan sensasi untuk bisa menikmati air panas yaitu,

– pemandian air panas alami langsung di mana pengunjung dapat berenang di air panas di sungai yang mengalir dari hulu Ke hilir

– dan yang satu lagi berupa kolam umum yang juga tersedia kamar-kamar pemandian air panas yang disewakan, kamu yang ingin menikmati sensasi air panas Ciater secara privacy maka kamu dapat menyewa kamar-kamar tersebut.

Fasilitas Pemandian Air Panas Ciater

Karena pemandian air panas Ciater ini telah populer di kalangan wisatawan, maka dari pihak pengelola terus mengembangkan kawasan wisata ini termasuk melengkapi fasilitas yang ada, demi kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di pemandian air panas antara lain adalah,

  1. Bungalow

Bungalow adalah sebuah penginapan yang ada di kawasan pemandian khusus bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati suasana malam di kawasan ini. Pengunjung akan puas dan lebih leluasa untuk menikmati keindahan alam di sekitar pemandian air panas dengan menginap di bungalow tersebut. Jenis penginapan lain di lokasi wisata ini juga ada hotel dan villa salah satunya adalah hotel Ciater yang juga dilengkapi dengan kolam air panas yaitu Sari Ater Subang.

  1. Area outbound

Area outbound menjadi salah satu Spot favorit bagi remaja dan anak-anak, arena menaklukan Wahana outbound dapat menguji adrenalin dan menjadi alternatif jika kamu sudah puas berendam. Menjadi kawasan yang komplit berlibur ke pemandian air panas ini, karena selain air panasnya berhasiat sehingga menyehatkan seperti outbound yang cukup menantang.

  1. Terapi pijat

Selain berendam, di tempat ini juga ada fasilitas terapi pijat tradisional bagi kamu yang ingin merasakan sensasi relax.

  1. Restoran

Di pemandian air panas Ciater juga dilengkapi dengan fasilitas restoran. Meskipun di tempat ini banyak disediakan Gazebo atau Saung yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat menyantap bekal yang dibawa, namun kehadiran restoran juga dibutuhkan bagi pengunjung yang tidak sempat menyiapkan bekal makanan.

  1. Mushola

Mushola menjadi salah satu bagian terpenting di kawasan wisata pemandian air panas Ciater ini. Jadi bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah, maka di tempat ini disediakan bagi pengunjung yang mau menjalankan ibadah salat di tempat yang bersih dan juga telah disediakan seperangkat alat salat. Ingin menjalankan ibadah kamu tak perlu bingung mencari alat salat, bagaimanapun kita tidak boleh melupakan dan melewatkan kewajiban ibadah meskipun berada di tengah-tengah liburan.

  1. Wisata kuliner

Setelah puas melakukan beberapa kegiatan, maka perut pun akan berkurang isinya sehingga akan merasakan lapar. Ada area wisata kuliner dengan menu lezat yang  disediakan di restoran pemandian air panas Ciater. Menu yang sering dipesan oleh wisatawan antara lain sate dan sop kelinci yang menjadi menu andalan di daerah Ciater.

  1. Fasilitas lainnya

Selain fasilitas yang sudah disebutkan di atas, di tempat ini juga tersedia beberapa fasilitas lain yang bisa di manfaatkan seperti,

– area pemancingan ikan

– lapangan golf

– lapangan tenis

– lapangan voli

– lapangan basket

– area bersepeda

– berkuda

– arung jeram

– Sewa Perahu

– taman bermain anak

– lahan parkir yang luas

– gazebo

Melihat fasilitasnya yang cukup lengkap, tak salah jika banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pemandian air panas Ciater ini dan wisatawan yang datang pun merasa betah.

Baca Juga :  Obyek Wisata Jogja Yang Tak Luntur Karena Hadirnya Wisata Baru Di Jogja

 

Wisata Air Panas Ciater

Khasiat Berendam di Air Panas Ciater

Terkadang kita lebih mengetahui objek wisata di luar negeri yang menyajikan pemandangan alam, tanpa disadari bahwa di negara kita sendiri memiliki potensi wisata yang melimpah yang mungkin lebih cantik dibandingkan dengan negara luar. Salah satu objek wisata yang patut dibanggakan dan cukup terbuka dan populer di Indonesia khususnya Subang Jawa Barat adalah pemandian air panas Ciater.

Pemandian air panas Ciater sudah cukup populer dan menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Barat. Pemandangan alam yang memikat serta manfaat pemandian air panas di tempat ini, membuat wisatawan penasaran dan ingin merasakan berendam di pemandian air panas Ciater. Selain dapat menghibur tempat ini juga dapat menjadi relaksasi karena memiliki cukup banyak manfaat. Sumber air panas Ciater mengalir di pemandian dan terbentuk secara alami, dengan sumber air dari kaki gunung Tangkuban Perahu. Bagi kamu yang ingin merasakan berendam pada malam hari, maka kamu dapat mampir di pemandian air panas Kunang-kunang karena tempat ini di buka 24 jam.

Kawah Gunung Tangkuban Perahu hingga saat ini masih aktif dan masih menghasilkan belerang serta beberapa sumber mata air panas juga. Oleh sebab itu, berendam di pemandian air panas Ciater ini memiliki banyak manfaat seperti tubuh yang akan terasa lebih segar dan rileks. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika berendam di pemandian ini adalah untuk kesehatan dan ampuh mengobati berbagai macam penyakit kulit dan jerawat, mengendorkan otot-otot tubuh, melancarkan sirkulasi darah, meringankan rematik dan penyakit tulang lainnya, dapat mendetox tubuh atau mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Wahana di Pemandian Air panas Ciater

  1. Pancuran 7

Pancuran 7 menjadi wahana yang sering digunakan wisatawan untuk membasahi tubuh. Wahana ini mengalirkan air melalui Kendi dengan ukuran yang sangat besar dalam jumlah 7 buah, kendi tersebut mengalirkan air yang bersumber langsung dari mata air alami di pemandian air panas Ciater.

  1. Curug jodoh

Curug jodoh juga sering dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki keunikan yaitu cerita yang konon katanya jika  mandi di area ini, maka akan segera mendapatkan jodoh. Tak sedikit pengunjung yang mandi di Curug jodoh dan berharap untuk segera diberikan jodoh yang baik. Jadi bagi kamu yang masih jomblo, maka kamu bisa mencoba untuk mandi di Curug jodoh, mungkin jodohmu akan segera datang setelah mandi di Curug jodoh ini.

  1. Offroad

Wahana terakhir yang ada di pemandian air panas Ciater ini adalah offroad, di mana hanya orang bernyali besar dan suka dengan tantangan yang sering berkunjung ke wahana yang satu ini. Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin untuk mengukur kemampuan mu, maka kamu bisa menggunakan wahana Jeep offroad dengan menyewa paket Offroad mulai dari Rp 550.000hingg Rp 1.900.000.

Tiket masuk pemandian air panas Ciater

Ketika berada di pemandian air panas Ciater tentu setiap pengunjung ingin mencoba menikmati berbagai macam wahana yang tersedia, oleh karena itu jika kamu berniat untuk mencoba wahana tersebut berikut ini adalah tarif tiket pada setiap wahananya,

– umum Rp 20.000  sampai dengan Rp 80.000

– parkir motor Rp 20.000

– Parkir mobil Rp 30.000

– Parkir bus Rp 45.000

Rute menuju ke pemandian air panas Ciater

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Ciater cukup mudah dijangkau, menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Tak jauh dari kawasan wisata Tangkuban Perahu yaitu sekitar 7 km. Dari kota Bandung atau Lembang, maka hanya harus menempuh jarak sekitar 30 km atau memakan waktu sekitar 45 menit.

Dari pusat Kota Bandung kamu harus melintasi Jalan Dr. Setiabudi menuju Ledeng – Lembang – Cikole – Ciater. Wisata Tangkuban Perahu bakal terlihat, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan saja hingga akhirnya sampai ke pemandian air panas Ciater.

Alternatif lain jika berangkat dari Jakarta ada 2 pilihan jalur yaitu tol Cikampek – Bekasi dengan jarak yang harus ditempuh 185 km atau menuju jalanan Puncak yang menghabiskan sekitar 212 kilometer perjalanan. Jika menggunakan transportasi umum, maka dari Terminal Ledeng jurusan Lembang-  Subang, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 25 menit.

Tunggu apalagi, tidak usah berfikir panjang setelah kamu membaca artikel di atas. Di pastikan kamu akan mendapatkan liburan yang bermanfaat dan berkesan. Selamat berlibur!

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …