Tuesday , December 10 2019
Home / Nusa Tenggara Timur / Menikmati Sensasi Berendam Di Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
pemandian air panas soa

Menikmati Sensasi Berendam Di Pemandian Air Panas Soa Mengeruda

Pemandian Air Panas Soa Mengeruda adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pemandian Air Panas Soa Mengeruda sudah banyak dikenal oleh para wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.
 
Karena sudah dikenal di kalangan para wisatawan, tentu saja tempat ini menjadi tempat yang menarik di kunjungi. Bagi kamu yang ingin mengunjungi pemandian air panas ini, berikut beberapa info mengenai Pemandian Air Panas Soa Mengeruda.
Lokasi Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Pemandian Air Panas Soa Mengeruda ini terletak di Mengeruda, Desa Piga, Kecamatan Soa, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 
Pemandian Air Panas Soa Mengeruda merupakan pemandian air panas yang sumbernya berasal dari Gunung Inelika di Bajawa yang mengandung belerang dan zat vulkanis sehingga sangat bagus bagi kesehatan.
 
Banyak para pengunjung yang mengunjungi tempat wisata ini karena pemandian air panas ini dipercaya memiliki khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, selain itu air panas ini juga dapat digunakan sebagai media terapi.
Rute menuju Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Untuk sampai di pemandian air panas Soa mengeruda kamu dapat menggunakan angkutan umum atau objek dari arah Bajawa menuju Soa. Jarak yang harus kamu tempuh yaitu kurang lebih 35 sampai 45 menit jika berasal dari pusat Kota Bajawa dengan menggunakan kendaraan roda empat.
Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Pemandian air panas mengeruda merupakan objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada.
Untuk memasuki kawasan wisata ini para pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa bagi wisatawan lokal, sedangkan bagi wisatawan asing diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000 untuk anak-anak dan Rp 14.000 bagi orang dewasa.
Jam Operasional Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Pemandian Air Panas Soa Mengeruda buka setiap hari mulai pukul 07.00 WITA dan tutup pada pukul 18.00 WITA.
Fasilitas Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Bagi kamu yang ingin mengunjungi pemandian air panas Soa mengeruda ini kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitas-fasilitas yang terdapat di dalamnya. Pasalnya pemandian air panas ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti toilet atau kamar mandi, lahan parkir, musholla, tempat ganti pakaian, gazebo, warung makan, loket penjualan tiket dan arena perkemahan.
Daya Tarik Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
1. Terdiri dari beberapa kolam air panas
Jika kamu mengira bahwa kolam air panas ini hanya memiliki satu tempat berendam maka kamu keliru, karena pemandian kolam air panas ini terdiri dari beberapa kolam yang memiliki ukuran dan tingkatan suhu yang berbeda-beda.
Suhu di pemandian air panas ini terdiri dari tingkatan suhu yang cukup tinggi sampai tingkatan suhu suhu yang hangat-hangat kuku.
Kolam ini memiliki dasar bebatuan yang ditumbuhi lumut hijau sehingga menjadikan kolam ini terlihat segar dan berwarna hijau.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sumber air Pemandian Air Panas Mengeruda berasal dari Gunung Inelika di Bajawa yang memiliki suhu kurang lebih 44oC. Namun, ketika air tersebut mengalir ke kolam pemandian air panas suhunya menurun menjadi 36oC.
2. Memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh
Pemandian Air Panas Soa Mengeruda dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit contohnya penyakit kulit karena tingkat kepanasan nya yang bisa dijadikan sebagai media terapi. Selain karena suhunya yang layak dijadikan sebagai media terapi, kandungan zat di dalam air panas ini seperti belerang atau zat vulkanis lainnya juga mampu memberikan khasiat yang menyehatkan bagi tubuh. Manfaat-manfaat kesehatan itu juga yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.
 
3. Memiliki air terjun mini
Ciri khas yang satu ini mungkin tidak dapat kamu temukan di wisata pemandian air panas alami lainnya.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Pemandian Air Panas Soa Mengeruda ini berasal dari Gunung Inelika yang berpusat pada sebuah kolam besar yang kemudian membentuk sungai pendek dan mengalir ke sungai lainnya melalui bebatuan yang cukup tinggi sehingga membuatnya tampak seperti air terjun kecil.
4. Memiliki keindahan alam yang memukau
Selain karena memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, banyak para wisatawan yang mengunjungi Pemandian Air Panas Soa Mengeruda karena keindahan alam disekitar pemandian air panas ini sangat memukau.
 
Tempat ini memiliki nuansa hijau dan cukup rimbun sehingga udara disekitar pun menjadi sejuk. Berendam di pemandian air panas sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang sangat indah tentunya menyenangkan bukan?
 
Karena memiliki lingkungan hijau yang memukau, kawasan Pemandian Air Panas Soa Mengeruda ini dikategorikan sebagai salah satu objek eko-wisata.
 
Selain memiliki pemandangan alam yang sangat indah, hawa sejuk yang terdapat di sekitar objek wisata ini juga sangat bagus untuk dijadikan moment bersantai serta menenangkan pikiran dari padatnya kesibukan sehari-hari.
 
air panas menguruda
 
5. Memiliki lokasi yang strategis
Banyak para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini karena terletak di lokasi yang cukup strategis. Pemandian Air Panas Soa Mengeruda ini terletak di jalur perjalanan wisata, selain itu kamu dapat menemukan banyaknya jasa pelayanan wisata yang terletak di daerah tersebut.
 
Banyak juga travel agent yang merekomendasikan tempat Pemandian Air Panas Soa Mengeruda kedalam paket tour travel mereka hingga ke Kelimutu. Sebelum menuju Kelimutu, para wisatawan biasanya akan diajak untuk mengunjungi tempat pemandian air panas ini terlebih dahulu.
  
6. Memiliki banyak spot selfie
Karena memiliki pemandangan alam yang memukau, sudah dipastikan bahwa kamu dapat menemukan banyak spot selfie di tempat wisata ini. Kamu dapat berfoto ketika sedang berendam di Pemandian Air Panas Soa Mengeruda atau berfoto dengan latar pemandangan didaerah objek wisata tersebut.
 
Setelah berendam di pemandian air panas ini, kamu dapat mengeringkan diri di gazebo yang telah tersedia di tempat wisata ini sambil menikmati pemandangan alam yang tersedia. Kamu juga bisa mengambil beberapa foto selfie ketika berada di gazebo tersebut.
7. Menikmati suguhan khas di Pemandian Air Panas Soa Mengeruda
Setelah berendam dan menikmati keindahan alam di lokasi Pemandian Air Panas Soa Mengeruda, kamu dapat menikmati suguhan-suguhan khas yang dapat kamu beli di warung-warung yang tersedia di sekitar lokasi pemandian air panas ini.
 
Kamu dapat menikamti suguhan-suguhan tersebut di gazebo sembari menikmati keindahan alam di kawasan tersebut. Menikmati sajian kuliner sambil menikmati pemandangan alam dengan udara yang sejuk tentunya akan menambah keseruan liburan kita bukan?
Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi objek wisata Pemandian Air Panas Soa Mengeruda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian dari objek wisata yang kita kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

 

Check Also

puncak becici

Wisata Baru Yang Populer Di Tahun 2020 Di Yogyakarta

Jogjakarta, sebuah kota yang memiliki julukan kota pelajar ini selalu ada di hati para wisatawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *