pesona karimun jawa yang memukau

Inilah Pesona Bahari Karimun Jawa Yang Memikat Wisatawan

Jepara adalah kota yang terletak di Jawa Tengah yang  terkenal dengan ukirannya yang indah. Dibalik kepopulerannya sebagai Kota Ukir, Jepara juga menyimpan berbagai tempat wisata yang mampu menjadi magnet wisatawan, salah satunya adalah Karimun Jawa. Bisa dibilang Krimun Jawa adalah Pulau Dewata-nya Jawa Tengah, karena keindahan yang tersimpan di daerah ini tak kalah dengan Pulau Bali yang keindahannya telah di akui oleh dunia.

Ingin berlibur di pantai yang menawan dan memiliki pemandangan bawah laut yang indah? Kamu tak salah pilih jika Karimun Jawa menjadi tujuanmu. Karimun Jawa juga sebuah wilayah kepulauan, jadi tak heran jika banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan dengan lautnya. Karimun Jawa kini telah dilirik wisatawan lokal maupun mancanegara, itu semua karena suguhan lautnya yang tak dapat dielakkan keindahannya. Keeksotisan suansana serta kealamian lautnya membuatmu betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Sebaiknya, sebelum kamu mengunjungi Karimun Jawa untuk menikmati keindahannya, kamu kenali dahulu lebih dalam tentang Karimun Jawa. Sehingga kamu dapat memilih tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, penginapan terbaik agar pengeluaran dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

 

Inilah Pesona Bahari Karimun Jawa Yang Memikat Wisatawan

Kisah Karimun Jawa

Sejarah Karimun Jawa sangat erat kaitannya dengan Sunan Muria dan anaknya Amir Hasan yang bergelar Sunan Nyamplungan. Karimun jawa adalah nama pemberian Sunan Nyamplungan, semua itu berawal dari kemnajaan Amir Hasan yang segala keinginannya selalu dituruti oleh ibunya. Namun semua kemanjaan yang diberikan oleh ibunya sangat ditentang oleh sang ayah yaitu Sunan Muria. Sejak itu Sunan Muria mengajarkan tentang nilai-nilai Islam kepada sang anak, dan berharap sang anak akan berubah sifatnya.

Hari demi hari Sunan Muria tidak berhasil merubah sifat anaknya dan menyerah menghadapi anaknya, lalu Sunan Muria menyerahkan anaknya kepada Sunan Kudus untuk mendapatkan pengajaran dari Sunan Kudus dengan harapan Aunan Kudus berhasil merubah anaknya, dan ternyata benar. Sunan Kudus berhasil mendidik Amir Hasan menjadi anak yang jauh lebih baik, dan karena perubahannya itu Amir Hasan dipulangkan oleh Sunan Kudus dan ayahnya menerima dengan senang hati.

Untuk membuktikan pengetahuan sang anak tentang Islam, Sunan Muria menyuruh Amir untuk pergi ke sebuah pul;au yang terisolasi untuk mengenalkan agama Islam dengan ajaran-ajarannya. Pulau yang terisolasi itu terlihat samar. Dalam perjalanan, Amir didampingi 2 orang sambil membawa 2 lembar pohon nyamplung. Setelah perjalanan yang cukup panjang hingga menyebrang lautan, Amir Hasan pun sampai ke daerah tujuan.

Amir Hasan memutuskan untuk menetap di pulau itu dan mulai memikirkan bagaimana cara menyampaikan tentang ajaran agama Islam. Amir Hasan pun memberi nama pulau itu Karimun Jawa hingga saat ini. Dalam perjalanan Amir selalu membawa pohon nyamplung, maka di tanamlah pohon nyamplung dan hingga saat ini pohon nyamplung banyak ditemukan disana, hingga akhirnya beliau mendapat julukan Sunan Nyamplungan. Sunan Nyamplungan juga disebut-sebut erat kaitannya dengan lel dumbo di Krimun Jawa, kuku tindik, buta ular, kayu dewadaru, kayu setigi, dan kayu kalimasada yang ada di pulau ini.

 

karimun jawa salah satu wisata yang wajib dikunjungi

Aktivitas di Karimun Jawa

Dari asal usul penamaan, pulau ini cukup menarik untuk dijelajahi. Setelah mengenal pulau ini, kamu jadi tahu kegiatan apa yang ingin kamu lakukan di tempat ini. Keindahan alamnya membuatmu merasa menyatu dengan alam, apalagi lautnya yang masih sangat alami lengkap dengan pemandangan laut yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Karimun Jawa.

  1. Bermain di tepi pantai

Saat kamu tiba di Karimun Jawa, maka kamu tak akan menyia-nyiakan berada di tempat ini. Pantainya yang cantik seakan menarik mu untuk bermain di tepi pantai diatas pasir putih nan elok. Paduan laut biru yang jernih serta pemandangan sekitar pantai menciptakan sebuah paduan yang eksotis yang dapat menyegarkan pikiranmu. Saat itu pula segala masalah yang terpendam di kepalamu akan menghilang dan berganti senyuman di ketenangan alam Karimun Jawa.

  1. Tracking di hutan mangrove

Karimun Jawa juga memiliki hutan mangrove yang sangat alami. Kamu dapat melakukan tracking menembus hutan mangrove sembari menikmati pemandangan sekitar. Rimbunan pepohonan yang menghijau mampu meneduhkan pikiran serta hawa yang menyejukkan. Untuk bisa masuk ke hutan mangrove kamu hanya membayar Rp2.500, dan sebaiknya jika ingin ke hutan mangrove kamu membawa lotion anti nyamuk.

  1. Menjelajahi pulau kecil
Baca Juga :  10Tempat wisata di Cilacap Jawa Tengah Terbaik dan Populer!

Karimun Jawa adalah sebuah wilayah kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau. Ada sekitar 27 pulau yang termasuk dalam kepulauan Karimun Jawa, dimana setiap pulaunya memiliki keistimewaan berupa keindahan yang sayang untuk dilewatkan termasuk Pulau Menjangan kecil. Untuk bisa mendapatkan liburan yang berkesan di tempat ini, kamu dapat menyewa perahu motor dengan biaya Rp400.000 – Rp Rp600.000, cukup mahal tetapi kepuasan yang kamu dapatkan tak ternilai harganya. Dalam satu perahu bisa memuat 20 orang jadi kamu bisa bersama rombongan mu untuk membayar biaya perahu motornya.

  1. Menikmati keindahan bawah laut

Wisata unggulan di Karimun Jawa adalah wisata baharinya. Lautnya menyimpan sejuta pesona yang istimewa, beragam biota laut yang dapat menemanimu berfoto. Ada sekitar 200 spesies jenis ikan dan terumbu karang yang berhabitat di tempat ini dan ikut mewarnai keindahan bawah laut Karimun Jawa.

  1. Berinteraksi dengan hewan bertubuh besar

Biasanya kamu hanya dapat melihat hiu atau penyu melalui televisi, di Pulau Tengah dan Menjangan besar kamu dapat melihat secara langsung. Selain itu kamu juga dapat menemukan hewan langka yaitu penyu karena Karimun Jawa adalah lokasi taman nasional Karimun Jawa yang menjadi penangkaran hiu dan penyu.

  1. Memancing

Kamu yang hobi memancing juga bisa kamu realisasikan di tempat ini, dan menariknya kamu bisa langsung mengkonsumsinya. Tempat ini menjadi tempat favorit bagi para penggemar memancing, bahkan tak jarang di tempat ini sering diselenggarakan event lomba memancing.

  1. Menikmati suasana senja

Ingin menikmati suasana sore di Karimun Jawa sambil merasakan kuliner khas Karimun Jawa, kamu bisa mampir ke alun-alun yang juga sangat ramai. Di alun-alun tersebut banyak kamu temukan penjual yang menjajakan kuliner lezat dengan aneka macam menu masakan laut dengan harga yang terjangkau. Di alun-alun juga ada pasar souvenir untuk kamu bisa membeli buah tangan atau souvenir untuk keluarga atau teman terdekat mu.

Fasilitas di Karimun Jawa

Karimun Jawa kini tengah menjadi perbincangan, karena keindahannya yang tentu saja akan menarik banyak wisatawan yang datang di tempat ini. Oleh sebab itu kini fasilitas di Pulau ini terus dibenahi termasuk penginapan seperti Homestay, Hotel ataupun Villa. Di tempat ini sudah terdapat berbagai pilihan penginapan wisata untuk bermalam, dan jika ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda kamu bisa mencoba untuk menginap di Wisma Apung dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp150.000 per malam.

Sebelum tiba ke tempat ini sebaiknya lakukan reservasi tiket kapal dan penginapan seperti Homestay, Hotel atau Villa untuk mempermudah kamu saat telah tiba di Pulau ini. Namun ada yang sedikit terkendala yaitu masalah pasokan listrik. Karimun Jawa yang terpisah jauh dengan kota, maka ada keterbatasan fungsi listrik yaitu listrik hanya hidup pada jam 6 sore hingga jam 6 pagi saja. Jika soal makanan jangan khawatir, karena di tempat ini banyak sekali tempat makan yang tidak menguras kantong namun tetap menyajikan rasa yang enak meskipun tidak mewah.

Rute menuju Karimun Jawa

Kepulauan Karimunjawa terletak di utara Kabupaten Jepara yang secara administrasi masih masuk dalam Kecamatan Karimun Jepara, Kabupaten Jepara. Jika berangkat  dari Jepara hanya sekitar 83 KM bila diakses dengan kapal.

Dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara kamu berangkat menggunakan kapal Feri Siginjai yang memakan waktu kira-kira 4 jam perjalanan. Terkadang saat cuaca sedang buruk perjalanan akan sedikit terhambat, jadi jika perjalanan ingin lancar maka datanglah pada musim panas karena keadaan laut akan stabil. Jika ingin lebih mudah lagi, kamu dapat berangkat menggunakan pesawat dari Semarang, Jadi tak perlu lama di perjalanan kamu sudah bisa menapakkan kaki di Kepulauan indah ini.

Itulah ulasan tentang destinasi wisata Karimun Jawa yang bisa kamu jadikan panduan jika ingin melakukan perjalanan ke sana.

Check Also

25 Tempat Makan Recommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

25 Tempat Makan dan CafeRecommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

Bogor menjadi pilihan utama bagi warga ibukota yang ingin menyegarkan pikiran di akhir pekan, karena …