candi borobudur candi termegah di indonesia bahkan dunia

Pesona Borobudur Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Berpergian itu memang menyenangkan, apabila bersama keluarga besar atau bersama komunitas terasa lebih seru dan asyik. Akan lebih menyenangkan bila selama perjalanan kita semua dalam satu kendaraan, Anda bisa menggunakan bus. Ada keseruan tersendiri bila menggunakan bus.

Jika anda berada diseputar jakarta Anda bisa mengunjungi jasa sewa bus pariwisata jakarta terdekat, biasanya informasi mudah kita dapatkan di travel-travel, atau Anda bisa browsing melalui handphone guna dapatkan informasi lokasi terdekat dengan posisi Anda.

Bila kita mengunjungi salah satu wisata yang menjadi icon dunia seperti Candi Borobudur, adalah merupakan keputusan yang tepat. Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia yang dibangun di abad ke 9 yang hingga kini mampu menarik wisatawan untu datang ke tempat wisata ini. Berkunjung ke Candi Borobudur menjadi ritual yang harus dilakukan saat berkunjung ke Jogjakarta, meskipun candi ini berada di Magelang, untuk menuju candi ini hanya memakan waktu 1,5 jam dari pusat kota Jogja menggnakan kendaraan pribadi atau sewaan. Bahkan disediakan transportasi umum untuk mengantarkanmu ke Borobudur.

candi borobudur dengan keajaiban dunia

Sebagai Candi Budha terbesar di dunia, tentu banyak wisatawan yang tertyarik untuk mengunjunginya. UNESCO pun mengakui bahwa Candi Borobudur adalah candi termegah dan trebesar di dunia. Pada hari raya Waisak, tempat ini semakin ramai dikunjungi oleh umat Budha untuk beribadah. Candi ini juga menjadi tempat wisata sekaligus wisata sejarah, dimana kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Borobudur.

Jika pada hari biasa Candi Borobudur akan ditutup sebelum senja, berbeda saat hari Waisak dimana kamu akan menikmati keindahan Candi Borobudur di malam hari. Candi akan terlihat sangat indah, pancaran sinar bulan membuat borobudur terlihat sangat megah serta sorotan lampu yang mendukung pemandangan menjadi seperti sebuah lukisan.
Menurut prasasti Karangtengah, Candi Borobudur didirikan oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan diselesaikan oleh putrinya, Ratu Pramudharwardani di abad ke 9. Hingga kini belum diketahui arsitek bangunan ini yang dibuat dari 2 juta balok batuan andesit yang disusun bagaikan sebuah puzzle raksasa.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Alam di Kebumen yang Menarik untuk Dijelajahi!

 

pemandangan menakjubkan candi borobudur

Hanya saja ada sebuah legenda Jawa yang menceritakan tentang Gunadarma yang terus memandangi Candi Borobudur hingga akhirnya tertidur dan tubuhnya berubah menjadi perbukitan Menoreh. Dan karena legenda itulah Gunadarma dianggap sebagai arsitek Candi Borobudur meskipun tanpa ada bukti yang menuju ke Gunadarma sebagai arsiteknya.

Terdapat 2672 panel relief, jika disusun secara memanjang akan mencapai ukuran 6 km. ada 4 kisah yang tertera pada relief yang melekat pada candi yaitu Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana dan Gandhawuya. Relief relief tersebut menceritakan tentang perjalanan hidup sang Budha dalam menyebarkan ajarannya, selain itu relief ini juga mewakilkan cerita tentang kemajuan masyarakat Jawa kala itu.

Jika ingin mengetahui cerita lengkapnya, maka kamu harus berjalan searah jarum jam yang dimulai dari pintu timur. Dan hal itu dilakukan hingga ke puncak tertinggi Candi Borobudur. Artikel ini tentu menarik minatmu untuk berkunjung ke Borobudur, dan untuk mengunjunginya kamu dapat berkunjung tiap hari karena Candi Borobudur buak setiap hari mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00. disarankan berkunjung di pagi hari, karena udara saat itu sedang sejuk dan segar.

 

menikmati sunrise di candi borobudur

Untuk harga tiket masuk sebesar 50.000 untuk dewasa dan 25.000 untuk anak yang berusia 3-10 tahun. Ada diskon untuk rombongan pelajar atau mahasiswa dengan jumlah orang minimal 20 orang. Salah satu daya tarik lain dari Candi Borobudur adalah panorama sunrise di puncak candi yang banyak tak disadari orang, bahkan ditinggalkan. Menikmati sunrise dari ketinggian membuat siapaun tak ingin berkedip menyaksikan fenomena alam yang satu ini.

Itulah sedikit informasi tentang Candi Borobudur, wisata yang satu ini tak hanya menawarkan kemegahan bangunan Candi Borobudur, tetapi juga sebagai wisata budaya dan sejarah yang merupakan budaya peninggalan bernilai tinggi. Alam sekitar candi pun sangat bersahabat, panoramanya sangat indah serta warganya yang ramah membuat siapa saja ingin kembali lagi untuk menikmati keindahan Candi Borobudur.

Check Also

Destinasi Wisata Ala Eropa di Little Venice Cianjur

Destinasi Wisata Ala Eropa di Little Venice Cianjur

Satu lagi tempat wisata yang ada di Jawa Barat yaitu Little Venice, dimana di objek …