pesona gunung pancar sentul bogor jawa barat

Mengeksplor Pesona Gunung Pancar Dengan Berbagai Aktivitas

Pegunungan menjadi salah satu alternatif penghilang stress di tengah kesibukkan dan hiruk pikuk kota besar.  Keindahan pemandangan dari ketinggian serta angin yang bertiup mampu menyejukkan tubuh menjadi obat mujarab untuk menghadapi segala masalah di keseharian. Daerah pegunungan masih menjadi tempat favorit untuk dijadikan tempat menikmati keindahan alam,  tak heran jika pegunungan masih menjadi target penjelajahan bagi wisatawan hingga para pecinta alam.

Salah satu yang menjadi rekomendasi pegunungan indah adalah Gunung Pancar yang berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Pancar menjadi salah satu target wisatawan yang tidak boleh dilewatkan, bahkan telah menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Sentul, Kabupaten Bogor.

Tak sedikit wisatawan yang datang dari luar daerah terutama dari Jakarta dan Bogor yang penasaran dengan keindahan serta pesona yang ditawarkan oleh Gunung Pancar ini. Gunung Pancar sangat recommended untuk wisatawan yang ingin rehat sejenak dari rutinitas serta hiruk-pikuk kota besar, terutama daerah Jakarta. Jadi buat kamu yang ingin mengistirahatkan pikiran dan tenaga mu, maka Gunung Pancar dapat kamu kunjungi dikala sedang libur.

 

 

pesona gunung pancar sentul bogor jawa barat

Berada di Gunung Pancar kamu akan melihat keindahan alam serta megahnya pegunungan yang masih asri, kagum melihat pesonanya yang mampu memanjakan mata wisatawan. Selain keindahan alam dan pesona pegunungan, kamu juga dapat melakukan hal lain seperti mandi air panas yang dapat menyegarkan tubuhmu. Wisata Gunung Pancar menjadi salah satu kawasan wisata alam yang sudah cukup dikelola dengan baik, terbukti dengan lengkapnya fasilitas serta kebersihan alamnya. Paduan area tempat pemandian air panas di tengah kemegahan alamnya, menjadi daya tarik yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Wisata Gunung Pancar ini berada di ketinggian 300 hingga 800 meter diatas permukaan laut dengan kemiringan sekitar 15 hingga 40%. Untuk bisa sampai ke kawasan ini kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Gunung Pancar juga memiliki vegetasi dan hutan alam dataran rendah serta hutan tanaman serta adanya semak belukar. Gunung Pancar juga sama seperti pegunungan lainnya yang memiliki udara dan suhu yang sangat sejuk di tengah pemandangan alam yang masih sangat alami, serta dikelilingi pepohonan rindang yang berbaris rapi. Gunung Pancar menawarkan suhu yang tidak terlalu dingin namun cenderung segar, bersuhu 24 derajat Celcius tentu menjadi suhu yang pas untuk beristirahat atau bersantai di luar ruangan.

Namun pada siang hari Gunung Pancar akan terasa sedikit panas yaitu sekitar 33 derajat Celcius, pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar, membuat suhu sedikit tertolong karena terlindungi dengan rindangnya pepohonan di sekitar Gunung ini. Jawa Barat memang identik dengan kawasan wisata alam yang sangat indah termasuk tempat pemandian air panas seperti walini Ciwidey, Ciater dan juga Cipanas hingga Garut. Gunung Pancar menjadi salah satu objek wisata yang menambah kekayaan pariwisata Jawa Barat dan siap menyambut para wisatawan yang datang untuk menikmati alamnya.

Pepohonan rindang yang berada di wisata Gunung Pancar memiliki varian pohon yang cukup variatif seperti pohon pinus, rasamala, puspa hingga rotan. Kamu juga dapat menemukan tanaman jamuju, saninten serta vegetasi lain yang mendukung kawasan wisata ini lebih sejuk. Selain pepohonan rindang, Gunung Pancar juga ditinggali beberapa hewan yang hidup bebas seperti kera, owa, babi hutan hingga jelarang. Jika kamu melakukan pendakian di sekitar Gunung maka kamu akan sering melihat hewan-hewan tersebut dan yang paling banyak kamu temui adalah hewan imut yang bisa terbang yaitu aneka jenis burung. Kutilang, ayam hutan merah,  jalak dan elang adalah hewan yang dilindungi dan dipelihara di sekitar kawasan Gunung Pancar.

 

pesona gunung pancar sentul bogor jawa barat

Dibalik keindahan Gunung Pancar, terdapat cerita dan legenda oleh masyarakat lokal dimana Gunung ini dipercaya sebagai pondasi bumi utama. Pasalnya Gunung Pacar dipercaya sebagai gunung yang pertama kali ada di pulau Jawa. Konon saat bumi diciptakan, bumi masih rata dengan tanah belum ada yang namanya pegunungan ataupun gunung. Tak adanya gunung membuat bumi sering terjadi gempa, sehingga membuat bumi tidak stabil. Kepercayaan masyarakat mengatakan bahwa saat bumi tidak stabil karena kerap terjadi gempa, akhirnya diciptakannya gunung dengan tujuan sebagai pondasi atau pasak agar bumi bisa lebih tenang dan gempa pun tidak terjadi. Gunung Pancar inilah yang dipercaya sebagai gunung yang pertama kali dibuat, oleh sebab itu Gunung ini dinamakan Gunung Pancar yang artinya adalah pertama kali muncul.

Tertarik untuk datang dan menikmati keindahan kawasan Gunung Pancar ini. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata ini, kamu harus membayar tiket dengan harga Rp2.000 per orang, benar-benar harga yang sangat ramah di kantong. Namun jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir kendaraan yaitu untuk roda empat dikenakan biaya sebesar Rp1.500 dan roda dua Rp1.000.

Gunung Pancar bisa jadikan spot untuk dapat melihat keindahan alam di Bogor dari ketinggian. Kamu dapat dengan puas menikmati kemegahan serta eksotisme panorama yang telah disiapkan Gunung Pancar, pemandangannya yang alami serta hutan lindung yang masih terpelihara mampu memberikan kesan tersendiri. Keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Gunung Pancar ini mampu memberikan keunikan tersendiri, dan yang menjadi daya tarik adalah kamu juga bisa mendengarkan hewan-hewan di sekitar hutan lindung terutama suara burung kutilang yang bersahutan di sekitar seakan sedang melantunkan sebuah lagu.

Masih disekitar kawasan Gunung Pancar, kamu juga dapat melihat wisata budaya masyarakat lokal yang hidup di kaki Gunung Pancar. Kamu bisa lebih dekat serta melihat bagaimana kehidupan masyarakat setempat untuk menghormati serta menjaga kelestarian kawasan tersebut. Wisata budaya yang dilakukan di kawasan wisata ini juga termasuk berziarah ke makam keramat yang ada di kawasan Gunung Pancar ini. Memang di area Puncak telah ada makam-makam, dimana toko-toko yang dimakamkan di kawasan Gunung Pancar ini sangat dihormati oleh masyarakat sekitar seperti Raden Lawunung, Ki Mas Bungsu,  H Dalam Putih serta Raden Surya Kencana hingga Kalijaga. Selain itu juga terdapat beberapa tokoh lokal yang juga ikut dimakamkan di tempat ini. Tak heran jika pada saat-saat tertentu di tempat ini juga sering digelar pertunjukan seni dan upacara keagamaan.

pesona gunung pancar

Keindahan yang ditawarkan oleh wisata Gunung Pancar ini sangat sayang untuk dilewatkan, aneka kicauan burung yang bersahut-sahutan, indahnya hutan pinus yang membuat suasana menjadi sejuk serta luasnya area Gunung Pancar membuat wisatawan bisa melakukan kegiatan selama berada di kawasan wisata ini. Kamu yang hobi bersepeda terutama sepeda gunung, maka Gunung Pancar menjadi tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan tersebut karena jalur untuk menuju ke Gunung Pancar tidak mulus yang tentu saja menjadi incaran para penggemar sepeda guna memuaskan hasratmu, ditambah lagi pandangan matamu yang hanya akan tertuju dan terkagum pada suasana dan panorama Gunung Pancar.

Baca Juga :  Menyusuri Wisata Dusun Bambu Lembang Yang Membuat Wisatawan Terpesona

Kamu juga dapat melakukan jogging di Gunung Pancar, karena meskipun jalannya tidak mulus layaknya stadion atau di taman, namun setidaknya kamu dapat menguji kemampuan kamu sambil menikmati pemandangan di kawasan wisata ini. Berlari ditengah hutan pinus kamu tidak akan merasa panas, karena di kawasan ini memiliki angin yang sangat sejuk. Hikking mungkin juga bisa menjadi kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di tempat in,i dimana para wisatawan dapat melihat keindahan alam yang ada di sekitar hutan lindung. Rute hikking sudah dapat dilewati dengan aman, karena tidak terlalu terjal sehingga bagi pemula tidak terlalu berat melakukan hiking  di kawasan ini.

Ingin menikmati kawasan ini dengan menaiki kuda, yang akan membawa wisatawan yang ingin berkeliling area hutan pinus. Harga sewa kuda juga tidak terlalu mahal, menikmati pemandangan sambil menaiki kuda menjadi sesuatu yang berbeda untuk menikmati  eksotisme yang ditawarkan kawasan wisata ini.

Kamu juga akan menemukan lapangan tenis yang memang sengaja disediakan bagi kamu yang gemar berolahraga, terutama permainan tenis. Tentu akan meninggalkan kesan tersendiri di tengah pemandangan alam dengan udara yang jauh dari polusi. Dan kegiatan yang paling favorit dilakukan oleh wisatawan yang datang ke tempat ini adalah mandi di pemandian air panas Gunung Pancar. Semua wisatawan yang datang kebanyakan bertujuan untuk mandi air panas di Gunung Pancar, selain menikmati pemandangannya.

Sambil berendam merilekskan tubuh, kamu dapat menikmati serta mengamati pemandangan hutan pinus yang sangat eksotis. Untuk menikmati pemandian kamu harus membayar Rp10.000 dan bagi kamu yang berhijab jangan khawatir karena tersedia pemandian khusus untuk wanita yang berhijab. Pemandian air panas yang berada di Gunung Pancar mendapatkan sumber mata air panas dari pegunungan dan memang terasa sangat alami dan menyegarkan. Ikan secara langsung melalui pancuran mengarah ke dalam kolam. Wisatawan juga percaya bahwa pemandian air panas di Gunung Pancar ini sangat berhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal dan membuat tubuh terasa lebih fresh. Air panas ini juga terkandung belerang dan mineral yang dapat digunakan untuk terapi otot.

Hunting foto menjadi salah satu aktivitas yang tak boleh terlewatkan, karena kawasan wisata Gunung Pancar ini memiliki keindahan alam serta pesona hutan pinus yang sangat eksotis. Wisatawan juga akan diminta untuk membayar saat berada di depan pintu masuk kawasan Taman wisata alam Gunung Pancar ini sebesar Rp20.000. Terbilang tidak mahal jika dibandingkan yang akan kamu dapatkan saat masuk ke wilayah kawasan wisata ini. Mulai dari pintu masuk wisatawan sudah bisa merasakan hawa hutan pinus yang rindang dan sejuk. Di area bernama Pin Forest, kamu sudah dapat melihat keindahan hutan pohon pinus yang sangat mempesona. Bahkan banyak wisatawan yang mengambil keindahan hutan pinus ini sebagai latar untuk melakukan prewedding atau sekedar berfoto di tempat-tempat yang terlihat instagramable.

Bahkan foto observasi burung juga dilakukan di tempat ini, karena banyaknya habitat kutilang dan elang yang hidup di sekitar hutan pinus. Memang kawasan Gunung Pancar ini mirip dengan hutan pinus di Imogiri. Dan jika kamu ingin melihat momen indah di pagi hari, maka sebaiknya kamu datang pagi untuk melihat keindahan sunrise yang menebarkan pesonanya.

Mencoba camping atau berkemah, Gunung Pancar dan hutan pinus juga sering dijadikan tempat untuk kemping bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam di malam hari. Kegiatan ini tentu saja sering dilakukan bagi kamu pencinta alam yang dominannya gemar dengan petualangan. Jika kamu berencana untuk berkemah, maka sebaiknya membawa sendiri perlengkapan kemah karena di tempat ini tidak disediakan perlengkapan untuk berkemah. Pengelola juga memberikan kebebasan pengunjung untuk memilih area camping, dari lokasi yang agak tersembunyi, hingga area yang luas namun biasanya camping banyak yang memilih menyendiri karena ingin menikmati ketenangan di malam hari. Tetapi kamu perlu waspada, karena hewan liar sering lalu-lalang di malam hari.

Selain Camping,  glamping juga menjadi pilihan aktivitas bagi kamu yang memiliki uang banyak dengan berkemah di hutan pinus. Gampling menjadi salah satu pilihan yang pas bagi kamu yang ingin mencoba sensasi berkemah. Glamping atau camping glamour menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, Kamu akan mendapatkan tempat kemping yang lengkap dengan fasilitas dan semua yang mewah di dalamnya. Dengan membawa diri saja, kamu sudah dapat langsung berkemah di salah satu tenda yang telah disiapkan di area glamping Gunung Pancar.

Bagi kamu yang enggan untuk camping tetapi tetap ingin menikmati nuansa malam di sekitar daerah kawasan wisata tersebut, maka kamu dapat memilih beberapa penginapan yang telah banyak tersebar di sekitar kawasan wisata. Yang cukup ternama yang keberadaannya cukup dekat dengan Gunung Pancar seperti hotel Neo Green Savana Sentul City, Rukun Senior Living Residence atau Harris Hotel Sentul City Bogor di mana kamu akan mudah untuk mengaksesnya. Untuk bisa sampai ke kawasan wisata Gunung Pancar ini, kamu dapat memilih beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa kamu tempuh dengan mudah. Rute menuju ke kawasan Taman wisata alam Gunung Pancar dapat diakses dari Bandung, Jakarta atau pusat kota Bogor.

Jika kamu berniat untuk berlibur ke kawasan wisata Gunung Pancar ini maka ada beberapa saran untuk membawa perlengkapan demi kenyamanan salah satunya adalah sepatu, karena rute Gunung Pancar tidak terlalu halus. Jalan untuk menuju ke Gunung Pancar sebagian masih berupa Jalan tanah dan bebatuan. Kamu yang hendak hiking atau jogging dan bersepeda, maka yakinkan perlengkapan yang kamu bawa harus komplit dan aman. Perlengkapan seperti helm dan alat safety lainnya harus benar-benar dipergunakan sama halnya dengan perlengkapan untuk berkemah. Jadi, agendakan dari sekarang untuk bisa berlibur ke Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar dan nikmati pesonanya.

Check Also

Dusun Bambu Lembang yang mempesona

Menyusuri Wisata Dusun Bambu Lembang Yang Membuat Wisatawan Terpesona

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang terletak di Jawa Barat, dan kota ini …