Home / Jawa Barat / Pesona Objek Wisata Alam Kuningan Sebagai Destinasi Liburanmu
wisata alam kuningan
https://wisatalengkap.com/

Pesona Objek Wisata Alam Kuningan Sebagai Destinasi Liburanmu

Kuningan adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat yang memiliki segudang bahkan penuh dengan panorama dan pesona alam yang sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya. Belum semua keindahan wisata di Kuningan terekspos ke publik, karena masih ada wisata alam lainnya yang tersembunyi, yang bahkan orang Kuningan sendiri pun masih belum mengetahuinya.
Kuningan memiliki berbagai jenis objek wisata yang mampu menarik perhatianmu seperti air terjun atau Curug, Danau atau Waduk, situs peninggalan sejarah atau museum, serta Spot foto untuk berburu foto kekinian yang sangat Instagramable, hingga wisata kuliner yang mampu menggoyang lidah anda. Wisata Kuningan memang sangat luar biasa karena mampu memanjakan mata anda, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang objek wisata di Kuningan yang dapat kamu jelajahi untuk mengisi liburan mu.
ikan dewa
https://m.ayobandung.com/

Cibulan Kuningan

Sedang berada di Kuningan jawa Barat? Jangan sampai kamu melewatkan destinasi yang satu ini, karena kamu akan mendapatkan pengalaman berenang bersama Ikan Dewa di kolam air alami tanpa menggunakan kaporit. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda berenang bersama Ikan Dewa yang dikeramatkan oleh warga sekitar.
Airnya sangat dingin dan juga segar, dan tidak perlu takut karena keberadaan ikan-ikan di dalam kolam karena ikannya cukup jinak dan kamu dapat mencoba untuk memegangnya. Di wisata Cibulan Kuningan terdapat dua kolam besar untuk berenang dan satu lagi kolam dangkal yang memiliki kedalaman sekitar 2 hingga 3 meter.
Objek wisata Cibulan telah menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kuningan dan juga sekitarnya, hal itu terbukti dari kunjungan wisatawan yang membengkak di saat akhir pekan ataupun musim liburan tiba, terutama pada saat musim libur lebaran. Cibulan adalah salah satu objek wisata yang ada di kota Kuningan, di mana kamu akan mendapati sebuah kolam renang yang berbeda dengan kolam renang pada umumnya, karena di tempat ini kamu akan merasakan berenang bersama Ikan Dewa yang hanya dapat kamu temui di Kuningan.
Pemandian Cibulan memiliki dua kolam utama dengan kedalaman yang berbeda, di kolam pertama memiliki kedalaman 2 m dan kolam kedua berkedalaman sekitar 60 hingga 120 cm. Kedua kolam Ini diisi oleh  ikan Dewa yang dikeramatkan dan sangat akrab dengan warga sekitar.
Cibulan memiliki cerita sejarah yang diceritakan secara turun temurun. Nama Cibulan awalnya berasal dari kata “Cal”yang dalam bahasa Sunda artinya air dan juga “Katimbulan”yang artinya muncul. Konon Putri Bukit manis terkenal memiliki kecantikan yang akhirnya membuat Putra Buyut Talaga jatuh cinta dan ingin meminangnya menjadi istri.
Tetapisang putri menolak karena telah memiliki pujaan hati, hingga akhirnya Sang Putri lebih memilih pergi dan menghilang dari bumi. Sesaat sebelum menghilang, Sang Putri menginjakkan kakinya di satu tempat yang kemudian menjadi sebuah mata air yang dinamakan Cibulan oleh warga setempat.
Lain cerita penamaan Cibulan, lain pula sejarah Ikan Dewa yang ada di pemandian kolam Cibulan. Ikan Dewa adalah ikan berjenis Kancra Bodas yang juga dianggap sakral oleh masyarakat setempat, karena terdapat mitos dibalik Ikan Dewa tersebut. Mitos tersebut adalah cerita saat Prabu Siliwangi raja dari kerajaan Pajajaran dengan pengikutnya yang berani membangkang dan tidak mengikuti perintahnya, hingga amarah pun memuncak dan sang raja mengutuk semua pengikutnya menjadi seekor ikan.
Hingga saat ini ikan-ikan yang menurut kepercayaan adalah bekas prajurit Prabu Siliwangi masih berdiam di pemandian Cibulan. Di pemandian Cibulan yang memiliki hawa sejuk dengan nuansa alam, terdapat beberapa wahana dan juga spot menarik yang menjadi tujuan pengunjung, dan beberapa wahana yang sayang untuk kamu lewatkan adalah, Kolam renang lengkap dengan Ikan Dewa, Waterboom, Sumur tujuh keramat, Petilasan Prabu Siliwangi, Sepeda gantung, Flying fox, terapi ikan, Taman Batu Gajah dan Taman Kelinci.
Fasilitas yang ada di Wisata Cibulan sudah cukup lengkap seperti toilet, mushola, area parkir, gazebo, warung makan, penjual souvenir, playground, penginapan dan hotel. Tiket masuk Cibulan Kuningan 2019 tidak berubah di tahun 2020, hanya dengan rp17.000 untuk dewasa, dan Rp12.000 untuk anak anak kamu sudah dapat menikmati kolam dan wahana yang ada di objek wisata Cibulan.
Baca Juga :  Wisata Favorit Di Subang Yang Wajib Anda Kunjungi
Wisata Cibuntu Kuningan
https://holamigo.id/

Wisata Cibuntu Kuningan

Desa wisata Cibuntu adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang mengusung konsep keindahan alam serta masyarakat yang sangat ramah kepada pengunjung. Desa ini terletakdi Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Kuningan, dimana Perjanjian Linggarjati terjadi di Kuningan pada tahun 1946. Desa wisata Cibuntu Kuningan merupakan destinasi wisata yang meraih penghargaan sebagai desa wisata terbaik di provinsi Jawa Barat.
Desa Cibuntu juga pernah meraih urutan ke-5 wisata terbaik di tingkat ASEAN pada tahun 2016. Dan yang lebih membanggakan lagi, ditahun 2017 Cibuntu kembali mendapatkan penghargaan di posisi ajang Community Based Tourism dari kementerian pariwisata Indonesia.
Desa wisata Cibuntu berada di lereng gunung Ciremai yang membuat udara disekitar masih terasa bersih dan juga sejuk, Desa ini juga memiliki sumber mata air yaitu sumber Kahuripan. Selain itu Desa ini juga memiliki sebuah air terjun atau Curug yaitu Gongseng. Desa Cibuntu sangat cocok dijadikan wisata rekreasi keluarga, jadi tidak heran jika kamu akan menemukan camping ground yang bernama Perkemahan Pageur Gunung dan juga kolam renang.
Desa wisata Cibuntu, Pasawahan, Kuningan, merupakan Desa binaan program pasca sarjana Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang letaknya berada di perbukitan Gunung Ciremai. Desa Cibuntu merupakan desa ujung yang berada di lereng gunung Ciremai yang merupakan Desa terakhir sebelum kamu menemui hutan pinus yang merupakan area hutan gunung Ciremai.
Desa Cibuntu memiliki keunikan yang terdapat pada hadirnya beberapa peninggalan zaman purbakala. Desa Cibuntu konon sudah ada sejak zaman batu atau megalitikum, di mana kamu akan banyak menemui situs-situs yang berupa kuburan batu yang berasal dari zaman megalitikum dan terletak di pekarangan rumah warga. Dan dari dalam kuburan tersebut banyak ditemukan kapak genggam, yang terbuat dari batu dan masih ada beberapa situs peninggalan lainnya yang diperoleh dari Desa Cibuntu yang disimpan di Museum Cipari.
Di desa tersebut terdapat situs situs purbakala yang terletak di pekarangan rumah warga, tetapi hal tersebut tidak mengganggu aktivitas penduduk setempat. Mereka justru merasa sebaliknya, mereka dengan sukarela memelihara situs situs tersebut yang bahkan ada warga yang dengan sukarela menjadi juru pelihara. Situs-situs lain yang ada di Desa Cibuntu antara lain adalah situs Bujal Dayeuh, situs Hulu Dayeuh, situs Sahurip Kidul, situs Cikahuripan, dan curug Bongsreng.
Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas di desa Cibuntu seperti bersepeda gunung, agrowisata dan wisata sejarah. Di tempat ini juga tersedia penginapan berupa homestay lengkap dengan kuliner khas Desa Cibuntu.
Taman Wisata Desa Cisantana
https://2.bp.blogspot.com/

Taman Wisata Desa Cisantana

Taman Wisata Desa Cisantana dibuka untuk umum di Januari 2017, yang meskipun masih baru tetapi telah memikat banyak pengunjung kurang lebih 10.000 wisata di awal pembukaannya. Dan hingga saat ini masih banyak pengunjung yang datang karena terpikat dengan suasananya yang instagramable yang jarang dimiliki oleh objek wisata lain.
Awalnya Taman Cisantana adalah sebuah tempat penambangan batu, oleh karena itu kamu akan banyak menemukan tebing bebatuan yang akhirnya menjadi sebuah ciri khas tempat ini dan menjadi daya tarik tersendiri. Tak jarang banyak pengunjung yang tak akan melewatkan untuk berfoto dan diunggah ke sosial media, atau sekedar untuk menambah koleksi foto di Instagram dengan latar belakang kering bebatuan di wisata Cisantana Kuningan.
Baca Juga :  Wisata Favorit Di Subang Yang Wajib Anda Kunjungi
Pondok Pinus Palutungan
https://i1.wp.com/www.knginfo.com

Pondok Pinus Palutungan

Pondok Pinus Palutungan adalah sebuah rumah makan yang juga sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata di bukit daerah Kuningan. Di Indonesia memang memiliki banyak bukit yang indah yang lengkap dengan pemandangannya yang sangat eksotis, tetapi untuk fasilitas yang lengkap dan memadai seperti yang ada di Pondok Pinus Palutungan sangat jarang.
Palutungan berada di bukit yang dikelilingi oleh perkebunan dengan sudut pandang yang sangat keren. Pondok pinus ini merupakan sebuah rumah makan, tetapi karena penambahan spot selfie membuat rumah makan ini dijadikan objek wisata. Spot spot foto menarik yang dapat kamu jumpai antara lain Spot sangkar burung, rumah Hobbit, rumah balon, landung sky bike, jembatan kastil dan masih banyak lagi.
Rumah makan Palutungan menyediakan banyak menu mulai dari sop kambing, garang asem, cah kangkung, bawal, nasi goreng, ikan mujair, dan masih banyak lagi. Cukup dengan harga yang terjangkau kamu sudah dapat menikmati hidangan dan pemandangan bukit serta perkebunan.
Palutungan adalah salah satu daerah wisata Cigugur Kuningan yang belakangan ini sering diperbincangkan warga karena memiliki destinasi wisata yang sangat instagramable. Banyak wisata daerah Palutungan yang menyajikan beberapa pemandangan yang dapat dinikmati dari ketinggian, curug yang memiliki air yang sangat dingin dan juga bersih, bumi perkemahan, barisan pohon pinus yang menghijau, serta spot foto menarik yang lagi hits untuk memenuhi Instagram mu.
Berikut ini adalah destinasi di Palutungan yang dapat kamu kunjungi,
Sukageuri view
Sukageuri view menyediakan banyak spot-spot foto yang menarik yang terbuat dari bambu, dengan penataan sedemikian rupa sehingga terlihat sangat instagramable. Spot spot foto yang tersaji tersebut kamu dapat berfoto atau berselfie ria dengan latar pemandangan kota Kuningan yang sangat memukau dari ketinggian.
Hanya dengan Rp15.000 per orang, kamu dapat menikmati berada di tempat ini untuk berfoto sepuasnya di spot foto yang menarik seperti spot bulan, bintang, love, V, rumah Hobbit, mahkota Raja, kotak, dan masih banyak lagi spot-spot unik lainnya. Jurang Landung Berjarak sekitar 200 meter dari Sukageuri view, kamu akan mendapati sebuah lokasi wisata jurang Landung yang keberadaannya juga tidak kalah hits dari Sukageuri view.
Berada di jurang Landung kamu akan disuguhkan Curug Landung yang berada di dasar jurang. Cukup dengan tiket Rp15000 per orang kamu dapat merasakan adrenalin terpacu dengan ayunan di ketinggian jurang dan juga spot balon udara seperti di Delod Maribaya Bandung.
Tenjo Laut
Tenjo laut ikut menunjukkan eksistensinya yang tidak ingin kalah dengan objek wisata sebelumnya. Berada di Tenjo laut kamu dapat berburu foto dengan latar pemandangan yang indah, di mana ditempat ini juga menyediakan spot foto kekinian.
Buper Ipukan
Di bumi Palutungan kamu juga akan menemukan Bumi Perkemahan yang sangat recommended yang juga tengah naik daun di Instagram, yaitu Bumi Perkemahan Ipukan. Di tempat ini disuguhkan area perkemahan yang juga memberikan suasana terbaik dengan panorama alamnya yang sangat natural.
Curug Putri
Curug Putri adalah salah satu curug yang ada di bumi Palutungan. Saat pertama kali melangkahkan kaki di area Curug Putri, maka kamu akan merasakan menyatu dengan alam saat menghirup bau khas hutan pinus, dengan suasana sejuk yang akan membuatmu betah berlama lama di tempat ini.
Itulahbeberapa objek wisata yang ada di Kuningan yang memiliki keindahan sangat luar biasa dan sayang sekali jika dilewatkan saat kamu sedang berlibur di Kuningan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kamu sebagai bahan referensi untuk berlibur. Selamat berlibur ke Kuningan, dan tetaplah untuk menjaga kebersihan, serta kearifan lokal terhadap warga setempat.

Check Also

wisata jawa tengah

9 Destinasi Wisata Favorit Semarang Jawa Tengah yang Lagi Hits dan Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi wisata favorit Semarang Jawa Tengah yang lagi hitstentunya membuat banyak orang  tertarik  untuk  mengunjungi  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *