Home / Nusa Tenggara Barat / Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gili Trawangan Lombok Yang Luar Biasa!
Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gili Trawangan Lombok Yang Luar Biasa

Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gili Trawangan Lombok Yang Luar Biasa!

Mengunjungi pantai pada saat liburan merupakan suatu hal yang bagi beberapa orang merupakan suatu kewajiban. Beberapa orang mengatakan bahwa berlibur ke pantai merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat dan pikiran yang selama ini membebaninya. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki wisata pantai yang mempesona adalah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan wisata alamnya, termasuk pantai. Salah satu pantai di Nusa Tenggara Barat yang memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah Pantai Gili Trawangan.

Pantai Gili Trawangan merupakan pantai yang sudah banyak dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Banyak para pengunjung yang teretarik mengunjungi pantai ini karena memiliki keunikan-keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan di pantai lain.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi pantai ini, kamu perlu mengetahui beberapa informasi penting mengenai Pantai Gili Trawangan seperti dibawah ini.

 

Lokasi Pantai Gili Trawangan Lombok    

Pantai Gili Trawangan terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gili Trawangan sendiri merupakan suatu pulau kecil yang terletak di sebelah barat pulau Lombok dan sudah cukup terkenal terutama di kalangan wisatawan mancanegara. Oleh sebab itu, jangan heran apabila ketika anda mengunjungi pantai ini, anda akan menemukan berbagai macam fasilitas yang berstandar Internasional.

 

Rute menuju Pantai Gili Trawangan Lombok

Kebanyakan para wisatawan yang mengunjungi Pantai Gili Trawangan ini merupakan wisatawan yang sedang atau sudah berlibur di Bali dan menyisihkan waktu untuk mengunjungi Pantai Gili Trawangan.

Jika dari Kota Denpasar, kamu dapat menuju Pelabuhan Padang Bai untuk membeli tiket penyebrangan dengan harga Rp. 125.000/motor atau Rp. 895.000/mobil. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penyebarangan dari Kota Denpasar ke pelabuhan Lembar kurang lebih 5 jam perjalanan.

Ketika sudah sampai di Pelabuhan Lembar, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Kota Mataram dengan mengikuti petunjuk-petunjuk arah yang telah disediakan di lokasi tersebut.

Setelah sampai di Kota Mataram, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Gili Trawangan. Terdapat 2 jalur yang dapat kamu pilih, yaitu jalur Sengigi dan jalur Pusuk. Jalur Pusuk merupakan jalur yang banyak dipilih oleh wisatawan karena merupakan jalur yang cukup cepat. Selama perjalanan, kamu akan dihadapkan dengan jalanan perbukitan yang naik turun.

Sebelum menuju ke Gili Trawangan, kamu perlu menuju ke Pelabuhan Bangsal karena dari pelabuhan inilah kamu dapat melakukan penyebarangan menuju Gili Trawangan.

Baca Juga :  Wisata Alam Majalengka Yang Menegangkan

Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gili Trawangan Lombok

Harga tiket masuk Pantai Gili Trawangan

Jika kamu ingin mengunjungi Pantai Gili Trawangan, kamu dapat mempersiapkan biaya retribusi serta fasilitas di Gili Trawangan seperti dibawah ini.

  1. Tiket penyebrangan
  2. Jika menggunakan transportasi kapal umum dari Pelabuhan Bangsal Pemenang, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya tambahan dari pemerintah sebesar Rp. 2.500 bagi wisatawan lokal dan Rp. 5.000 bagi wisatawan asing.
  3. Jika menggunakan speedboat di Teluk Nara, kamu diharuskan mengeluarkan biaya mulai dari Rp. 350.000 – Rp. 700.000 untuk sekali jalan.
  4. Penginapan

Bermalam sembari menikmati suasana pantai tentunya menambah keseruan selama liburan. Untungnya, di Pulau Gili Trawangan ini kamu dapat bermalam di homstay yang dikenakan harga mulai dari Rp. 200.000/malam. Tidak hanya homestay, kamu juga dapat bermalam di resort yang terletak di pulau tersebut dengan harga menginap mencapai jutaan rupiah.

  • Penyewaan sepeda atau cidomo

Selain dapat bermain-main sembari menikmati suasana pantai, kamu juga dapat menyewa sepeda dengan harga sewa Rp. 50.000/hari atau menyewa cidomo dengan harga sewa Rp. 100.000/hari.

 

  • Snorkeling

Karena memiliki air laut yang sangat jernih, kamu tentunya juga dapat melakukan aktivitas snorkeling di Pantai Gili Trawangan. Kamu dapat menyewa peralatan snorkeling yang tersedia disekitar pantai dengan harga sewa berkisar Rp. 150.000 selama 3 jam.

 

5 Keunikan Gili Trawangan

Selain banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannnya, Gili Trawangan ini juga banyak dikunjungi wisatawan karena keunikan-keunikan yang dimilikinya, seperti:

 

  1. Menjadi spot asik untuk menikmati sunset atau sunrise

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali para wisatawan yang mengunjungi pantai ini hanya untuk menikmati pemandangan indah saat sunset atau sunrise. Indahnya langit pada sore atau pagi hari akan berpadu dengan indahnya biru air laut sehingga membuat setiap mata yang melihatnya menjadi terpesona dengan keindahan tersebut.

 

  1. Memiliki Jogging Track sendiri

Saat ini, menemukan sebuah tempat wisata yang memiliki jogging track sendiri tentunya sangat sulit. Tetapi, kamu dapat menemukan fasilitas jogging track ini di Pulau Gili Trawangan. Perlu diketahui bahwa terdapat larangan khusus di pulau ini yang melarang adanya aktivitas kendaraan bermotor di lingkungan tersebut, sehingga kamu tidak perlu heran apabila melihat banyaknya pejalan kaki atau pengguna sepeda di Pulau Gili Trawangan ini.

Jadi, selain menikmati keindahan pulau Gili Trawangan, kamu juga dapat melakukan aktivitas olahraga dan tidak meninggalkan kebiasaan hidup sehatmu.

 

  1. Melakukan aktivitas berkuda

Salah satu aktivitas unik lainnya yang dapat kamu lakukan di pulau ini adalah kamu dapat melakukan aktivitas berkuda disekitaran pantai yang hanya dapat kamu temukan di tempat wisata ini. Mengelilingi pulau dengan berkuda tentunya merupakan kegiatan yang sangat asik bukan?

 

  1. Merupakan pulau bebas polusi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di Pulau Gili Trawangan terdapat larangan keras penggunaan kendaraan bermotor di lingkungan tersebut. Sehingga orang-orang yang berada di lingkungan tersebut memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda.

Sedangkan untuk transportasi umum yang terdapat di pulau ini, terdapat kendaraan bernama cidomo, yaitu kendaraan yang hampir sama dengan kereta yang ditarik oleh kuda atau Andong jika di Jawa.

Karena adanya larangan penggunaan kendaraan bermotor inilah yang menyebabkan pulau tersebut menjadi bebas polusi sehingga memiliki udara yang sangat segar. Suasana di pulau ini pun menjadi lebih tenang dan terhindar dari kebisingan.

Baca Juga :  17 Tempat Wisata Populer Tahun 2020 Di Bali
  1. Memiliki olahraga air yang cukup lengkap

Mengunjungi pantai tentunya akan lebih terasa asik apabila kita melakukan kegiatan olahraga air. Di Pantai Gili Trawangan, kamu dapat melakukan berbagai macam jenis aktivitas olahrga air seperti kayaking, diving, snorkeling dan selancar. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk melakukan olahrga air kayaking di pantai ini karena pantai ini memiliki ombak yang terbilang tenang.

Selain melakukan kegiatan olahraga air seperti yang telah disebutkan diatas, kamu juga dapat melakukan aktivitas Scuba Diving dimana peralatan yang dimiliki dipantai ini telah memiliki sertifikat PADI (Professional Association of Diving International), sehingga aman bagi para wisatawan yang baru-baru saja mengenal kegiatan scuba diving.

Itulah tadi beberapa informasi penting mengenai Pantai Gili Trawangan yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Check Also

wisata Dieng Wonosobo

8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Dieng,  Wonosobo  Jawa  Tengah tentunya  menjadi  suatu  hal yang  menarik untuk  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *