wisata Jawa Barat
busbluestar.co.id

Pesona Wisata Alam Jawa Barat Yang Mampu Menyihir Mata Wisatawan

Wilayah  Jawa  Barat  adalah  salah  satu provinsi di Indonesia yang  dikenal memiliki keindahan alam  yang sangat  jarang  dimiliki  oleh  wilayah  lain di  Indonesia. Kita akan  menemui  banyak tempat  wisata di  Jawa Barat   yang   menjadi   favorit   wisatawan, karena keeksissannyadi   dunia   maya   dengan eksotisme pemandangan yang   dimiliki.

Sejuknya   wilayah   Jawa   Barat   dikarenakan   banyak   dikelilingi   oleh pegunungan   yang   menambah   tempat   wisata   ini   semakin   indah, sehingga   tak   heran   jika   banyak wisatawan yang memilih wisata alam di Jawa Barat sebagai destinasi wisata pilihan mereka. Selain  wisata  alam  yang  pegunungan,Jawa  Barat  juga  memiliki  daya  tarik  di  bidang  wisata  budaya, kuliner  dan  juga  tempat  hiburan  yang  berkonsep  sangat  unik  dan  menarik.

Jawa Barat  juga termasuk  surgawisata  tersembunyi, tetapi  karena  kurangnya  promosi serta kemampuan  pemerintah  setempat untuk mengenalkan tempat wisata tersebut, sehingga wisatawan lokal saja yang mengenalnya yang jika dikembangkan tempat itu akan menjadi potensi wisata yang sangat tinggi. Di Jawa   Barat   juga   disebut   sebagai   surganya   wisata   pemandian   air   panas,   dimana   anda   dapat menyegarkan  diri  sejenak  di  kolam  air  hangat  sekaligus  pikiran  anda  karena  menikmati  pemandangan alam yang disuguhkan yang tentunya dapat menjadi hiburan yang mengesankan.

Pemandian  air  panas  juga  bisa  menjadi  solusi  yang  sangat  tepat  sebagai  destinasi  liburan  anda  untuk menyegarkan pikiran  dari  aktivitas  sehari-hari.  Pemandian  air  panas  di  Bandung  rata-rata berada  di dataran  tinggi  yang  mendukung  kita  dapat  melihat  pemandangan  alam  yang  indah.  Berikut  ini  adalah rekomendasi pemandian air panas di Jawa Barat yang bisa Anda coba untuk menikmati liburan anda.

 

Pemandian Air Panas Tirta Sanita
blog.airyrooms.com

Pemandian Air Panas Tirta Sanita

Pemandian air panas Tirta Sanita yang berada di Bogor bisa menjadi tempat untuk Anda menghilangkan lelah fisik  maupun  fikiran. Salah  satu  tempat  pemandian  air  panas  yang  ada  di  Jawa  Barat  adalah  Tirta Sanita  Ciseeng  yang  berada  di  area  gunung  kapur, wilayah  Parung, Bogor. Pemandian  air  panas Tirta Sanita  Bogor Jawa  Barat ini  letaknya  tidak tidak jauh dari kota Jakarta, sehingga tempat  ini cocok  buat Anda yang tidak dapat menghabiskan waktu libur yang lama bersama keluarga.

Lokasi  tepatnya  kolam  air  panas  Tirta Sanita  Ciseeng  berada  di  Jalan  Cogreg, Desa  Bojong  Indah, Kecamatan  Parung, Bogor,  kurang  lebih  50  km  dari  Jakarta  atau  memakan  waktu 1,5  jamperjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Air  panas  di  Tirta  Sanita  berasal  dari  gunung  kapur  yang  memiliki  kandungan  belerang  alami  dengan manfaat mengobati penyakit tulang dan kulit. Selain itu air panas di tempat ini mengandung garam yang berefek kulit menjadi semakin mulus setelah selesai berendam.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita3
blog.airyrooms.com

Pemandian  air  panas  Tirta Sanita tak hanya memiliki  wisata kolam  air  panas  saja,  di  sisi lain Anda juga akan  menemukan  area outbound  serta  penginapan  agar  pengunjung  dapat  puas  menikmati  keindahan yang  ada  di  tempat  wisata  ini.  Luas  area  pemandian  air  panas  Tirta  Sanita  sekitar  8  hektar,  karena letaknya di daerah pegunungan, maka dari tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat asri dan juga sejuk.

Saat kita memasuki gerbang utama pemandian, maka anda akan disambut dengan deretan pohon palem raja  pada  sisi  kanan  dan  kiri  jalan,  di  mana  di  samping  pohon  palem  raja  tersebut  banyak  sekali ditemukan  area  bermain  anak. Dan  jika  anda  terus menelusuri jalan,maka  anda  juga  akan  menemukan warung-warung yang  menjajakan  ikan  cupang yang  sangat  unik  dengan  beraneka  ragam warna dan dikemas dalam botol plastik.

Yang  menjadi  inti  dari  pemandian  Tirta  Sanita  adalah, adanya  batu yang  memiliki  ukuran  sangat  besar yang berubah menjadi putih karena banyaknya kandungan belerang yang ada di Gunung Kapur ini. Dan Anda  akan  menemukan  kolam  air  panas  dengan  warna  putih  kehijauan  sebagai  pemandian  terbuka untuk  umum.  Di  tempat  ini  anda  juga  akan  menemukan  pemandangan  bagaikan  gunung  salju  karena endapan gunung kapur yang menutupi puncaknya yang menyerupai salju.

Pemandian Air Panas Tirta Sanita4
awsimages.detik.net.id

Tirta  Sanita  juga  menyediakan  tempat  pemandian  tertutup  Jika  anda  ingin  menikmati  hangatnya  air panas  sendirian.  Pemandian tertutup  ini  hanya  bisa  digunakan  oleh  satu  orang  per  biliknya.  Dan  akses menuju  ke  pemandian  tertutup  ini  anda  harus  melewati  jembatan  dan  juga  wahana  permainan  flying fox, dan keasrian akan semakin terasa karena letak pemandian berkelas VIP ini berada di kolamyang di tengahnya terdapat tanaman teratai merah.

Wahana  lain  yang  ada  di Tirta  Sanitaselainoutbound  adalah  high  rope,  bola  air,fun  kart,  motor  cross, sepeda  air,  flying  fox,  rumah  balon,  pesawat  bombomkart,  kolam  renang  anak-anak,  motor  ATV,  fancy Trans, monorel, dan yang terakhir adalah terapi ikan. Ada juga Lapangan utama serta Gedung Serbaguna yang biasanya sering digunakan jika menyelenggarakan konser artis dari ibukota di tiap akhir pekan.

Baca Juga :  Menikmati Indahnya Pesona Pantai Gili Trawangan Lombok Yang Luar Biasa!

 

Gracia Hot Spring
r-cf.bstatic.com

Gracia Hot Spring

Gracia  Hot  Spring, sudah  menjadi  salah satu  tempat  yang  direkomendasikan  di  Jawa  Barat.  Pemandian air  panas  ini  terbagi  menjadi  3  kolam  pemandian  air  panas  utama  untuk  orang  dewasa  serta  sebuah kolam  khusus  untuk  anak-anak.  Di  tepian  kolam  pun  disediakan  8  kursi  payung  untuk  digunakan  untuk beristirahat setelah direndam.

Air  panas  yang  mengandung  sulfur  serta  suhu  air  yang  hangat  yang  dipercaya  mampu  menyembuhkan berbagai  penyakit  kulit. Berada di  tempat  ini, anda  dapat  menikmati suasana  sekitar  Gracia  Hot  Spring, anda  juga  akan  menemukan  kuda jika  ingin  mengelilingi  hamparan  pohon  yang  berjajar  di  sekitar pemandian air panas. Gracia Hot Spring memiliki kapasitas 3 kolam untuk orang dewasa dan 1 kolam untuk anak-anak.

Setiap kolam memiliki ukuran yang berbeda, dimana kolam terbesar adalah kolam untuk dewasa yang tersedia tempat pancuran air yang aman digunakan untuk memijit leher dan pundak. Lokasi  pemandian  air  panas  Gracia  ini  berada  di  kawasan  paling  selatan  Ciater,  meskipun  berada  ditempat  yang  jauh  dibandingkan  dengan  tempat  pemandian  lain,  tetapi  yakinlah  bahwa  Anda  akan merasa puas berada di Gracia Hot Spring ini.

Gracia Hot Spring2
storyafterrain.files.wordpress.com

Tempat ini jauh sekali dari polusi dan kebisingan yang selalu hadir di kota besar, oleh karena itu suasana yang  kita dapatkan  di  tempat  ini sangat  sejuk dan asri apalagi didukung  dengan rimbunnya  pepohonan hijau yang mengelilingi lokasi sekitar pemandian. Ada beberapa fasilitas yang cukup menarik di Gracia Spa n Resort Lembang ini dan yang menjadi andalan di tempat ini yaitu,

Kolam renang di luar ruangan.

Daya tarik di  tempat ini  berupa  tempat  pemandian  air  panas,  oleh  karena  itu di  tempat  ini juga menjadikan  sebuah  kolam  renang  yang  berada  di  luar  ruangan  dengan  ukuran  yang  cukup  luas.  Hal  ini diharapkan  dapat  menarik  pengunjung  untuk  menikmati  pemandian  air  panas  dengan  nuansa  yang berbeda.

Villa

Villa juga  banyak  di  temui di  tempat  ini,  villa  yang  menjadi  daya  tarik  utama  tempat  wisata ini karena mengusung  konsep  sebuah  pemandian air  panas  di  Bandung. Vila vila  tersebut  memiliki fasilitas  antara lain, sebuah  kolam renang  kecil  atau berupa  lintasan  kecil  private,  TV  satelit  dengan  layar  datar  serta pemutar DVD,dan teras pribadi di mana anda dapat melihat pemandangan yang di suguhkan di tempat ini. Ruang  makan  dan  tempat  duduk untuk  bersantai, dan kamar  mandi  dilengkapi  dengan  shower  apa pengering rambutjuga fasilitas yang di tawarkan di tempat ini.

Restoran

Biasanya  setelah  lelah  berendam  dan  beraktivitas  di  kawasan  ini  maka  anda  akan  merasa lapar,tetapi tidak perlu khawatir karena di tempat ini ada sebuah restoran yang menyajikan sajian lengkap dan juga lezat yang menyediakan menu makanan mulai dari menu western hingga tradisional.

Wi-fi gratis

Akses  internet  kini  menjadi  kebutuhan  primer  bagi  banyak  orang,  dan  hal  itu  juga  terjadi  pada kebanyakan  wisatawan.  Pada sebagian besar  wisatawan  pasti akan mempertimbangkan  adanya  wi-fi di lokasi wisata yang akan mereka kunjungi, ini yang membuat pihak pengelola juga menyediakan fasilitas wi-fi untuk pengunjung.

Taman

Taman-taman  yang  tumbuh  di  sekitar  lokasi  membuat tempat  ini  memiliki  kesan  asri  dan  juga  alami yang bahkantak  hanya  di  sisi  resort,tetapi  di  sekeliling  kolam  renang dandi  dalam vila  Anda  bisa melihat taman. Parkir gratis

Sebagian  objek  wisata  selalu  mengenakan  biaya  parkir  bagi  pengunjung,tetapi  hal  tersebut  tidak berlaku di Gracia spa Resort. Di tempat ini para pengunjung tidak akan dibebani untuk membayar biaya parkir, parkir yang   tersedia   juga   cukup   luas   sehingga   Anda   tidak   perlu   untuk   mencari   tempat memarkirkan kendaraan pribadi anda. Fasilitas istimewa yang ada di Gracia spa Resort dan jarang ditemui di tempat lain adalah layanan kamar, sewa  mobil, 24  jam  penerimaan  tamu,  lounge  area  dan  babby  sitter, tersedia  juga  ruang  untuk  rapat, ruang bisnis dan layanan fotokopi.

Baca Juga :  Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Wisata Sejarah di Malang yang Sangat Menarik Untuk Dikunjungi!

 

Pemandian air panas Ciater
liburanih.com

Pemandian air panas Ciater

Pemandian air panas Ciater adalah pemandian terbesar se-jawa barat, dengan pengelolaan yang sangat baik   membuat   pemandian   air   panas   ini   tertata   dengan   baik   dengan   fasilitas   yang   menunjang kenyamanan pengunjung juga cukup lengkap. Pemandian air panas Ciater memiliki luas lahan sekitar 30 hektar,dimana dapat menampung wisatawan hingga  60000  orang.

Air  alami  yang  mengalir  di  tempat  pemandian  ini  dipercaya  dapat  memberikan manfaat  kesehatan  untuk  tubuh  anda  seperti  mengobati  berbagai  macam  penyakit  kulit, gangguan syaraf bahkan juga dapat menjadi proses penyembuhan kelumpuhan akibat darah tinggi ataupun stroke. Fasilitas seperti arena outbound, pemancingan, dengan arena olahraga dan lain-lain adalah bukti bahwa  pemandian air panas Ciater sangat memanjakan pengunjungnya.

Fasilitas-fasilitas  yang  yang  tersedia  di  pemandian  air  panas  Ciater  iniantara  lain  adalah  mushola,  areabersepeda,  area  berenang,  area  pemancingan,  wC  umum,  perahu,  arung  jeram,  berkuda,  outbound, lapangan voli, lapangan basket, golf, wahana permainan anak, kerajinan dan masih banyak lagi.

Pemandian air panas Ciater2
piknikdong.com

Di  pemandian  air  panas  Ciater  juga  tersedia  wisata  untuk  kalian  yang  sudah  pasti  akan  merasa  lelah setelah selesai mencoba berbagai wahana di tempat ini. Beberapa hidangan yang tersedia di tempat ini dengan  rasa  yang  lezat  antara  lain  adalah  sate  dan  sop  kelinci  yang  tentunya  menjadi  menu  andalan khas Ciater.

Selain  pemandian  air  panas  alami,Jawa  Barat  juga  dikenal  dengan air  terjun atau  dalam  bahasa  Sunda disebut curug, yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat yang masih terasa asri sehingga Anda dapat merilekskan  tubuh  dan  pikiran  dari  penatnya  aktivitas  sehari-hari. Berikut  ini  adalah air  terjun  di  Jawa Barat yang patut untuk di kunjungi,

 

Curug Mala
4.bp.blogspot.com

Curug Mala

Curug  Mala  atau  Curug  Cikawung  merupakan  salah  satu air  terjunyang  ada  di  Kabupaten  Garut,Kecamatan   Cisewu, provinsi   Jawa   Barat.   Keunikan   Curug   Mala   adalah   wisatawan   hanya   dapat mengunjungi  dan  menikmati  Curug  tersebut  hanya  di  musim  hujan,karena  sumber  mata  air  yang didapatkan hanya berasal dari hujan saja dan oleh sebab itu Curug ini dijuluki sebagai Curug musiman.

Curug Mala menawarkan  pemandangan  yang  sangat  asri  dan  juga  eksotis,  anda  akan  mendapati undakan  batu  yang  ada  di  dasar  Curug  dengan  tebing  yang  dipenuhi  dengan  tumbuhan  liar.  Selain  itu terdapat  kolam  kecil  yang  Jika  diperhatikan  menyerupai  bentuk  hati,  tetapi  disarankan  untuk  tidak berenang di kolam tersebut. Banyak  sekali  wisatawan  yang  datang  untuk  memanfaatkan  keindahan  Curug  dalam  mengamati  dan momen  berada  di  tempat  ini.

Curug ini  mulai  dikenal,  tetapi  sayangnya  karena  lokasinya  yang  cukup tersembunyi membuat jumlah wisatawan yang datang tidak terlalu banyak. Tetapi di sisi lain sedikitnya pengunjung  yang  datang hanya  sedikit, akan  menambah  nilai  tambah  tersendiri  dan  juga  kurangnya jamahan manusia sehingga curug ini masih terjaga keasliannya.

 

Curug Citambur
travelspromo.com

Curug Citambur

Curug  Citambur  terletak  di  kabupaten  Cianjur,  sebelah  selatan  dengan  keistimewaan  ketinggian  yang dimiliki mencapai sekitar 130 meter. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan yaitu 12 m, 116 m dan 2 m, dengan  ketinggian  1400  mdpl  mengakibatkan  airnya  memiliki  suhu  yang  sangat  dingin  dan  selalu diselimuti Kabut tipis. Curug  Citambur  ini  lebih  tinggi  dan  volume  air  jatuh jauh lebih  besar  jika  dibandingkan  dengan  Curug Cimahi di daerah Cisarua,kabupaten Bandung ataupun Curug Malela di Bandung Barat.

Meskipun tak ada orang yang berani mandi dibawaairterjun tersebut, Curug ini memiliki pesona yang sangat  indah.  Keindahan  panorama  Curug  Citambur  sangat  alami,  suasana  dan  udara  juga  sangat menyejukkan karena di sekitar Curug dikelilingi hamparan sawah dan perkebunan teh.

Baca Juga :  8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Curug Awang
ridwanderful.files.wordpress.com

Curug Awang

Curug  Awang  terletak  di  desa  Tamanjaya,Ciletuh,Sukabumi,Jawa  Barat  yang  kebanyakan  orang menyebutnya  sebagai  Niagara Mini  Sukabumi.  Ketinggian yang  dimiliki  oleh  Curug  Awang  mencapai  40 m dengan lebar 60 m serta kedalaman Curug  sekitar 8 meter. Airyang dimiliki oleh terjun ini berwarna keruh sehingga disarankan untuk tidak berenang di Curug ini. Meskipun tidak dapat bermain air di Curug ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya dengan bersantai di atas bebatuan besar yang ada di sekitarnya.

 

Curug Lontar
catatanpringadi.com

Curug Lontar

Curug  Lontar  berada  di  desa  Karacak,  kecamatan  Leuwiliang,kabupaten  Bogor  memiliki  ketinggian sekitar 37 m dengan debit air yang deras. Curug Lontar tidak populer dan tidak didukung dengan sarana wisata di sekitar tempat wisata tersebut,karena jarang dikenakan oleh pemerintah daerah. Keunikan Curug ini adalah Curug Lontar tidak akan pernah surut meskipun musim kemarau,itu sebabnya curug Lontar dijadikan sumber air untuk PLTA Karacak.

Karena Curug Lontar ini tidak populer,maka tidak semua orang tahu sehingga pengunjung yang datang hanya  sedikit,  tetapi  hal  itu  membuat  lingkungan  di  sekitar  Curugmasih  sangat  asli  dan  juga  sejuk dengan debit air yang deras serta dikelilingi pohon yang rimbun.

Check Also

Panorama Papua

Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

Jika  kita  menyebut  Provinsi  Papua,  maka  yang  terlintas dibenakmu  adalah  Raja  Ampat  yang  memang telah  …