pesona Bangka Belitung
asset.kompas.com

Pesona Wisata Bangka Belitung Yang Tak Mudah Terlupakan

Ingat  dengan  sebuah  film  yang  pernah  populer  beberapa  tahun  silam,  Laskar  Pelangi.  Laskar  Pelangi adalah sebuah film yang digarap di provinsi Bangka Belitung, yang melibatkan beberapa destinasi wisata yang memukau. Bagi kamu yang ingin membuktikan keindahan provinsi Bangka Belitung, kamu tak salah pilih  karena  Provinsi  ini  memiliki  pantai  pantai  yang  masih perawan,  tempat  tempat  wisata  yang menyimpan nilai sejarah tinggi seperti bangunan bangunan peninggalan yang wajib di eksplor.

 

Pantai Penyusuk
explorebangkabelitung.files.wordpress.com

1. Pantai Penyusuk

Pulau Bangka terkenal memiliki pantai yang sangat menawan, salah satunya adalah Pantai Penyusuk yang berada  di  Belinyu,  Bangka  Utara,  Kepulauan  Bangka  Belitung.  Di  kawasan  Pantai  Penyusuk  terdapat sebuah  pelabuhan  yang  nampak  terbengkalai,  yaitu  pelabuhan  Tanjung  Gudang.  Pelabuhan  tersebut menjadi  sebuah  pelabuhan  yang  penuh sejarah bagi  masyarakat  Kepulauan  Bangka Belitung,  meskipun bukan  satyu  satunya  pantai  indah  yang  ada  di  bagian  utara  Bangka,  pantai  ini  tetap  menjadi  pantai unggulan yang juga dijadikan sebagai ikon pariwisarta.

Pantai  Penyusuk,  memiliki  hamparan  pasir  pantai  yang  dihiasi  susunan  batu  granit  berbagai  ukuran bahkan  hampir  70  %  pantai  ini  tertutupi  oleh  butiran  batu  granit.  Selain itu,  di  tengah  pantai  terdapat sebuah   batu   granit   berukuran   besar   yang   menjulang,   yang   membuat   pengunjung   tertarik   untuk mendakinya dan menikmati semilir angin pantai Penyusuk.

Pantai Penyusuk2
pakettourbelitung.net

Batu granit ini seolah membelah lautan menjadi 2, yaitu bagian utaramemiliki ombak yang sangat besar karena  berbatasan  langsung  dengan  laut  Natuna  dan pengunjung  juga  di  larang  berenang  di pantai  ini. sementara di sebelah barat gelombangnya lebih tenang karena tertutup oleh pulau pulau yang berjejer, sehingga pengunjung bebas berenang di kawasan ini.

 

Pantai Tikus
pakettourbelitung.net

2. Pantai Tikus

Pantai Tikus juga salah satu pantai indah yang recommended yang ada di Bangka yang juga masih alami. Pantai  ini  sangat  terjaga,  sehingga  tak  mudah  bagi  orang  orang  tak  bertanggung  jawab  yang  berniat merusak  wilayah  sekitar  pantai.  Pantai  ini  memiliki  panorama  sangat  indah,  laut  yang  berwarna  biru menjadi perpaduan yang indah denagn hamparan batuan granit.

Pantai Tikus2
astrocn.com

Dari  ketinggian  bukit,  kamu  dapat  melihat sebuah  kuil  yang  digunakan  untuk  beribadah,  bangunannya sangat megah dengan hamparan pemandangan yang memanjakan mata. Kuil atau klenteng ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu bulat yang menandakan bahwa kuil itu berada di Pantai Tikus. Keberadaan pantai ini tepatnya di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.

 

Gunung Menumbing
wisatamentok.ubb.ac.id

3. Gunung Menumbing

Gunung  Menumbing  adalah  destinasi  wisata  yang  tak  boleh  dilewatkan  di  Bangka  Belitung.  Destinasi wisata ini menawarkan wisata alam dan wisata sejarah yang tertuang menjadi satu di Taman Hutan Raya Gunung Manumbing. Selain berfungsi sebagai Taman Hutan Raya, di tempat ini juga menyimpan sejarah bangsa Indonesia yaitu tempat pengasingan Presiden Soekarno pada zaman penjajahan Belanda.

Dinamakan Taman Hutan Raya Gunung Menumbing karena di tempat ini terdapat Gunung Menumbing, atau warga setempat lebih akrab menyebutnya Bukit Menumbing yang letaknya d sebuah bukit di wilayah Kota Muntok,  Kabupaten  Bangka Barat. Tepatnya di  puncak bukit  ini  terdapat  Wisma Menumbing  atau pesanggrahan Menumbing yang dulu menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno.

Gunung Menumbing2
babarentcar.com

Pemandangan  yang  di  tawarkan  di  tempat  ini  sangat  memanjakan  mata,  kesejukkannya  pun  mampu menghipnotis  pengunjung  untuk  tinggal  berlama-lama  di  tempat  ini.  Tepat  di  belakang  wisma  juga terdapat panorama yang sangat menakjubkan berupa pemandangan hamparan hijau hutan dan terlihat Kota Bangka Barat dari ketinggian.

 

Pantai Parai Tenggiri
rimbakita.com

4. Pantai Parai Tenggiri

Bangka Pantai Parai Tenggiri terletak di Desa Sinar Baru,Kecamatan Sungailiat,Bangka yang berjarak 43 KM atau sekitar  45  menit  dari  pusat  Kota  Pangkalpinang Ibukota  Bangka.  Dinamakan  pantai  Parai  karena  dulu banyak  nelayan  yang  mendatangkan ikan  tenggiri  dari  pesisir  pantai  ini,  namun  kini  pantai  ini  telah berubah. Kamu tak akan lagi menemukan nelayan yang ada di tepian pantai, kamu hanya dapat melihat berbagai penginapan yang berada di pinggir pantai.

Pantai ini  memiliki hamparan Pasir  Putih yang  lembut  yang  bahkan menyerupai tepung dengan  batuan granit yang ikut menghiasi pantai. Warna air laut yang biru kehijauan membuat pengunjung engganuntuk meninggalkan tempat ini.  Kegiatan yang  bisa  kamu  lakukan  di  pantai ini seperti  berjalan  di  tepi  pantai, berenang atau bermain ombak yang terbilang aman. Jika cuaca mendukung,pengunjung dapat mencoba berbagai wahana permainan seperti jetski banana boat parasailing yang disediakan oleh pihak pengelola.

Pantai Parai Tenggiri2
explorebabel.com

Bagi pengunjung yang ingin mengadakan acara di pantai tersebut,pengelola juga menyediakan paket yang bersifat pribadi, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana pantai dengan orang-orang terdekat. Di pantai ini juga terdapat lokasi yang terhubung dengan jembatan sepanjang 200 meter. Jembatan ini cukup unik, terdapat  hiasan lampu-lampu  cantik  dan  pada  saat  malam  tiba  lampu-lampu  akan  menambah kecantikan Rock Island.

Memang kecil namun indah hanya mampu membuat pengunjung terpesona. Ada batuan granit yang bisa didaki,sehingga para pengunjung dapat melihat tepian pantai  berhiaskan batu granit di atas pasir putih.Setelah  lelah  menjelajah  pantai,  tak  jauh  kamu  akan  menemukan  restaurant  yang  menawarkan  menu hidangan laut yang menggugah selera.

Baca Juga :  Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

 

Pulau Memperak
rancah.com

5. Pulau Memperak

Pulau memperak terletak diPulau Buku Limau,Manggar,Kabupaten Belitung Timur,Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Memperak juga disebut sebagai surga tersembunyi dengan keindahan lautnya dengan air yang berwarna jernih, biru,kehijauan yang memanjakan mata. Kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling di di tempat ini,karena air lautnya masih sangat jernih dan jarak pandang sekitar 15 meter di dalam air.

Selain itu Pulau ini juga memiliki pasir putih yang benar-benarputih yang belum banyak dijamah oleh wisatawan,sehingga kamu bisa menikmati liburan dengan tenang. Biota laut di tempat ini juga cukup banyak, kamu yang  memiliki hobi memancing bisa kamu salurkan di Pulau ini. Disarankan untuk tidak melepaskan alas kaki karena masih banyak terdapat bulu babi.

 

Pulau Lengkuas
superadventure.co.id

6. Pulau Lengkuas

Pulau  Lengkuas  terletak  di  wilayah  Kecamatan Sijuk,Bangka  Belitung,  meskipun hanya  memiliki  luas sekitar  satu  hektare, Pulau  Lengkuas  tetap  dapat  dinikmati  oleh  pengunjung.  Pulau  Lengkuas  sudah memiliki berbagai macam fasilitas dan juga terdapat mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Jika ingin melihat keindahan Pulau Lengkuas, kamu dapat mencoba untuk menuju puncak mercusuar, di mana kamu dapat melihat dengan pantai-pantai cantik lainnya yang ada di Bangka Belitung.

Pulau Lengkuas2
upload.wikimedia.org

Mercusuar ini didirikan pada tahun 1882 yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Hingga saat ini mercusuar tersebut  masih  berfungsi  dengan  baik  sebagai  petunjuk  lalu  lintas  kapalyang  melalui  pulau  Bangka Belitung. Pulau Lengkuas dihiasi dengan batu granit yang unik di atas pasir putih serta indahnya air laut yang jernih menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pulau ini.

Di Pulau ini kamu dapat melakukan kegiatan seperti berenang, snorkeling atau ingin menikmati keindahan bawah lautnya dengan berenang di  mana  kamu  akan  mendapati  berbagai  macam  binatang  laut  hingga  terumbu  karang  yang  beraneka warna.

Baca Juga :  Wisata Belanja Recommended di Bangka Belitung Sebagai Penutup Perjalanan Wisata

 

Pantai Tanjung Pesona
pantainesia.com

7. Pantai Tanjung Pesona

Kepulauan Bangka banyak pakai pantai cantikyang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tanjung Pesona. Sesuai dengan namanya, pantai Tanjung Pesona memiliki panorama yang sangat indah. Pantai  ini  terletak  di  Desa  Rambak, Kecamatan  Sungailiat,  Pulau  Bangka  dimana  letaknya  juga  cukup strategis karena kamutak akan kesulitan untuk mendapatkan lokasinya.

Pantai Tanjung Pesona2
papinkavacation.files.wordpress.com

Pantai ini terletak di antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Panorama adanya susunan bebatuan besardi atas tanjung membuat pantai ini terlihat sangatelok. Fasilitas yang ada juga cukup lengkap,termasuk hotel berbintang 4 yang ada di sekitar pantai. Air lautnya cukup tenang,  sehingga aman untuk melakukan kegiatanberenang.  Atau  kamu  juga  dapat  sekedar  menikmati  suasana  pantai  dengan  hembusan  angin laut yang sangat sejuk,ditemani pepohonan besar yang akan membuatmu betah berada di tempat ini.

Kawasan wisata Tanjung Pesona juga dilengkapi dengan hotel berbintang 4 yaitu Tanjung Pesona Beach Resort atau Hotel Tanjung Pesona yang terletak di pinggir pantai. Selain itu juga ada watersport seperticano, banan boat, jet sky, fishing at sea with speedboat,fishing at coral & speedboat tour. Yang istimewa di tempat bermain watersport di Tanjung Pesona yaitu pantai dan karangnya yang indah, bersih, dan laut lepas pantai, serta fasilitas water sport disewakan dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Tanjung Pesona3
assets-a1.kompasiana.com

Keindahan  panorama  pantai  Tanjung  Pesona  dilengkapi  dengan  tiga  tingkatan  pantai  yaitu  pantai  yang yang berupa pantai pasir landai dengan pasir lembut, di tingkat kedua berupa Gazebo yang menjorok ke laut  dan  tingkat  ketiga  yang  berupa  susunan  bebatuan  besar  yang  Exotic.  Kesempurnaan  pantai  juga disertai  dengan  hotel  dan  penginapan,  rumah  makan,gedung  pertemuan  hingga  arena  billiard  dan funbike.

 

Pantai Tanjung Tinggi
ksmtour.com

8. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi menjadi pantai yang menawan dan terpopuler di Belitung, terlebih pantai ini juga pernah  dijadikan  sebagai  lokasi  syuting  film  Laskar  Pelangi  yang  sudah  cukup  ternama.  Pantai  Tanjung Tinggi  Belitung  memiliki  luas  area  sekitar  81  hektar  dengan  hamparan  pasir  putih  yang  menawan.  Dan sama sepertipantai-pantai  lainnya,  pantai ini juga  terdapat  bebatuan  granit  dengan  ukuran  yang  besar dan tersebar di sekitar pantai.

Pantai  yang  terletak  di  Desa  Ciput,Kecamatan  Sijuk,Kabupaten  Belitung, provinsi  Bangka  Belitung  ini memiliki ombak yang cukup tenang, hal itu disebabkan  karena lokasinya yang merupakan sebuah Teluk kecil dan diapit oleh dua semenanjung. Susunan  batu-batu granit  yang  tertumpuk menyerupai bukit-bukit dan  goa  goa pantai  yang  menyekat pantai. Kamu dapat berenang dengan sensasi yang berbeda yaitu kamu dapat melewati lorong-lorong goa atau memanjat batu-batu granit untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi dari ketinggian.

Pantai Tanjung Tinggi2
miro.medium.com

Air lautnya sangat  jernihserta  ombaknya  juga  tidak  terlalubesar,  jadi  kamu  aman  untuk  melakukan  kegiatan berenang atau sekedar bermain di pinggir pantai. Pantai ini juga telah menyediakan berbagai fasilitas dan akomodasi seperti toilet,hotel hotel berbintang, rumah makan dengan aneka masakan khas Belitung, serta warung yang menyediakan makanan seafood.

 

Sungguh  menjadi  suatu  pengalaman  baru  yang  tak  terlupakan  pernah  menginjakkan  kaki  di  Bangka Belitung  yang  mempesona.  Susunlah  rencana  dari  sekarang  untuk  menghabiskanj  waktu  liburanmu  di Bangka Belitung. Selamat berlibur!

Check Also

Desa wisata Raja Ampat

Desa Wisata Di Kepulauan Raja Ampat yang Menambah Keeksotisan Alam Papua

Raja  Ampat  adalah  sebuah  pulau  yang  memiliki  keindahan  alam  bawah  lautnya,  dan  menjadi  tempat favorit  …