Home / Kalimantan Barat / Potensi Wisata Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Jelajahi
wisata Kalbar
destinasiku.com

Potensi Wisata Kalimantan Barat Yang Wajib Kamu Jelajahi

Kalimantan  Barat  merupakan  sebuah  provinsi  di  Indonesia  yang  beribu  kota  Pontianak,  dengan  luas sekitar 146.807 km2 yang membuat provinsi ini menjadi provinsi terluas ke-4 setelah Papua, Kalimantan Timur  dan  Kalimantan  Tengah.  Julukan  sebagai  Provinsi  seribu  sungai  diberikan  ke  Provinsi  Kalimantan Barat  karena  kondisi  geografisnya  yang  memiliki  ratusan  sungai  besar  dan  kecil  yang  sebagian  dapat dilayari.  Selain  itu  Kalimantan  Barat  juga  memiliki  potensi  wisata  yang  bisa  dijadikan  sebagai  tujuan wisata  favorit  saat  kamu  berada  di  Kalimantan  Barat.  Berikut  ini  adalah   objek  wisata  terindah  yang bisa kamu temui di Kalimantan Barat.

 

Danau Sentarum
upload.wikimedia.org

Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau yang berada di Kapuas Hulu,Kalimantan Barat dan menjadi sebuah danau yang unik.Keunikan  tersebut  ada pada danau yang akan dipenuhi air selama 10 bulan pada tiap tahunnya dan akan mengering pada 2 bulan dan berikutnya. Saat Danau Sentarum menyusut maka saat itu juga terbentuk kolam-kolam kecil berisi ikan-ikan kecil. Pada  musim  penghujan  danau  tergenang  air  hingga  6  sampai  14  meter,tetapi  saat  musim  kemarau maka Danau juga akan mengering.

Dan pada saat itulah masyarakat mulai turun untuk mengunduh ikan-ikan di danau. Keunikan lain yaitu kamu bisa menemukan flora dan fauna yang berbeda di tiap Anoman di Danau Sentarum di musim yang berbeda juga. Untuk  bisa  sampai  ke  danau Sentarum,kamu  membutuhkan  tenaga  extra  serta  biaya  yang  cukup lumayan.

Danau Sentarum2
kabaralam.com

Untuk bisa ke danau ini kamu harus menempuh waktu sekitar 14 jam dari kota Pontianak, dan akan dilanjutkan menggunakan perahu motor dengan biaya sewa perahu Rp1.000.000 satu perahu yang dimuat 6 orang. Danau  ini  memiliki  peran  penting  bagi  masyarakat  yang  hidup  di  sepanjang  jalur  sungai.  Danau Sentarum  juga  diakui  sebagai  salah  satu  situs  ramsaryaitu  perjanjian  internasional  perlindungan konservasi alam.

 

Sungai Kapuas
farm1.staticflickr.com

Sungai Kapuas

Kota Pontianak dipisahkan oleh aliran sungai Kapuas yang memanjang sejauh 1,443 kM yang berhulu di Kabupaten  Melawi.  Sungai  Kapuas  menjadi  habitat  lebih  dari  700  jenis  ikan,  dimana  12  jenis  ikan merupakan  ikan  yang  sangat  langka.  Sungai  Kapuas  juga  menjadi  sumber  kehidupan  bagi  masyarakat Pontianak, mulai dari penangkapan ikan tradisional hingga transportasi air yang terbilang maju di Sungai Kapuas.

Sungai  Kapuas  memiliki  pemandangan  yang  sangat  menarik  jika  menyusurinya  menggunakan  kapal wisata yang berada di taman alun Kapuas. Kapal wisata akan membawamu mengarungi keindahan Kota Pontianak  dengan  rute  Taman  alun  Kapuas  melewati  Masjid  Jami  Sultan  Syarif  Abdurrahman  alkadrie,jembatan   Kapuas dan   berakhir   di   cafe   serasan.   Sungai   ini   juga   sungai yang   sangat   cantik   jika dibandingkan dengan sungai yang ada di Kalimantan lainnya.

Baca Juga :  Aktivitas Rafting Di Bali Yang Mengesankan

 

Bukit Kelam
1.bp.blogspot.com

Bukit Kelam

Terletak di Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan atau bongkahan batu terbesar di dunia. Batu ini memiliki ketinggian 1002 mdpl dengan luas sekitar 520 hektar yang mengalahkan uluru atau  air  stop  di  Australia  yang  selama  ini  disebut  monolit  terbesar  di  dunia.  Berada  di  sebuah  batu raksasa yang menjulang tinggi kamu akan melihat hamparan hijau pemandangan dengan hutan tropis di sebelah kiri dan kanannya seolah menjadi di pagar ladang-ladang milik warga suku Dayak Borneo.

Bukit  Kelam  memang  memiliki ukuran  yang  sangat  besar  dan sangat  tinggi hal  tersebut  dibuktikan  dari sudut  manapun  memandang  di  Sintang  kamu  dapat  memandangnya,  bahkan  saat  kamu  menyusuri Sungai Kapuas yang seolah menjadi penjaga.  Banyak cerita tersimpan dari ke besaran bukit Kelam, selain itu batu Ini juga menjadi sumber kehidupan bagi warga yang hidup di sekitarnya.

Menurut cerita warga sekitar banyak yang mengatakan bahwa batu Bukit  Kelam  adalah  meteor  yang  jatuh  di  bumi  kita  dan  ada  pula  versi  yang  menyebutkan  bahwa  batu raksasa  Bukit  Kelam  jatuh  dari  seorang  pemuda  Dayak  sakti  yang  hendak  mengangkatnya  untuk menutup Sungai Kapuas.

 

Bukit Jamur Bengkayang
2.bp.blogspot.com

Bukit Jamur Bengkayang

Bukit Jamur Bengkayang adalah bukit yang yang dipenuhi hamparan batuan cukup besar, oleh karena itu bukit  ini  dikenal  juga  dengan  Bukit  Batu.  Ketinggian  bukit  ini  sekitar  500  mdpl,  kamu  akan  merasakan pengalaman  yang  tidak  Terlupakan  berada  ditempat  ini  karena  dapat  melihat  keindahan  awan  yang nampak di bawah bukit. Itu  bukit  ini  dijuluki  juga  Mahameru  nya  Kalimantan  Barat,  hal  itu  dikarenakan  berikut  ini  memiliki keindahan   yang   mirip   dengan   pemandangan   di    Gunung    Mahameru   Jawa   Timur.

Menikmati pemandangan yang tak kalah menarik yaitu keindahan matahari terbit di pagi hari jangan sampai kamu lewatkan apalagi di tempat ini juga memiliki hawa yang cukup sejuk dan masih alami. Dari ketinggian Bukit kamu dapat melihat pemandangan berupa pemukiman penduduk, hijau sawah dan ladang  serta  seberang  lembah.  Keindahan  alam  di  malam  hari  juga  tak  kalah  menari,  di  mana  kamu dapat melihat bintang-bintang bulan di langit dan lampu-lampu dari kota Bengkayang. Dan Kamu seolah diri ini sebuah lagu yang diperdengarkan berupa suara binatang malam ada di bukit ini.

 

Pantai Temajuk
2.bp.blogspot.com

Pantai Temajuk

Pantai  Temajuk  berada  di  Desa  Temajuk,  Kecamatan  Paloh,  Kabupaten  Sambas,  Kalimantan  Barat  dan berbatasan  langsung  dengan  Malaysia. Pantai  ini  memiliki  garis  pantai  yang  cukup  panjang,  sekitar  60 km.di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan pantai yang masih sangat alami dan pasang surut yang  terlihat  eksotis.  Pasir  pantainya  bertekstur  sangat  lembut  dan dipadukan  dengan  bebatuan  granit dan terbentuklah sebuah kombinasi yang sangat cantik.

Air  laut  yang  tampak  jernih  sangat  selaras dengan  cuaca  yang  cerah  di  bawah  langit  yang  membirumenjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan. Suasananya sangat nyaman untuk menikmati pantai dengan berjalan jalan di tepi pantai dan dermaga yang ada di Pantai Temajuk, atau menceburkan diri di pantai  sekedar  bermain  air  atau  ingin  berenang.

Pantai Temajuk2
pontianakpost.co.id

Bagi  kamu  yang  hobi  dengan  tantangan  air  seperti berselancar,  maka  datanglah  pada  bulan Oktober  hingga  Febuari,  karena  pada  bulan  tersebut  angin akan bertiup kencang sehingga terciptanya ombak yang bisa mencapai tinggi 2 meter, bahkan lebih. Atau  kamu  ingin  menilkmati  pemandangan  siluet  karna  efek  matahari  tenggelam,  maka  kamu  bisa  ke dermaga  Temajuk  yang  posisinya  sangat  panjang  dan  menjorok  ke  laut  sehingga  kamu  dapat  leluasa melihat matahari yang pulang ke peraduannya.

Masih ada aktifitas lain yang bisa kamu lakukan di pantai ini, yaitu menikmati keindahan alam bawah lautmenggunakan snorkel di Teluk Atong. Keseruan  lain  yang  dapat  kamu  temui  adalah  menemui  salah  satu  hewan  yang  terbilang  langka  yaitu penyu  yang  akan  datang  ke  pesisir  pantai  pada  malam  hari.  Untuk  bisa  sampai  ke  pantai  ini,  kamu memakan   waktu   sekitar6   jam   perjalanan   menggunakan   kendaraan   bermotor   atau   sekitar   200 kilometer.

Baca Juga :  Objek Wisata Pangandaran Yang Berpotensi Besar Menjadi destinansi Wisata Favorit

 

Pulau Randayan
phinemo.com

Pulau Randayan

Pulau  Randayan adalah  salah  satu  pulau  yang  berada  di  kepulauan  Lemukutan  Besar  yang  terletak  di Laut  Cina  Selatan,  bagian  timur  Pulau  Kalimantan.  Pulau  ini  memiliki  keistimewaan  pada  keindahan bawah lautnya yang sangat eksotis, dengan pasir putih yang membuat pulau ini nampak semakin indah. Pulau ini memiliki luas sekitar 4,5 hektar dan memiliki keindahan layaknya surga tersembunyi bagipara wisatawan yang berburu panorama alami.

Berada di pulau Randayan kamu dapat melakukan beberapa aktivitas seperti memancing, diving hingga snorkeling.  Keindahan  bawah  laut  pulau  ini  memang  jangan  sampai  di  lewatkan,  karena  banyak  sekali terumbu  karang  dengan  beragam  bentuk  unik  dan  warna  warna  yang  cantik.  Keadaan  pantai  yang memiliki  air  yang  sangat  jernih  dan  kedalaman  yang  tidak  terlalu  dalam,  sehingga  memudahkan  buat kamu yang ingin melihat flora dan fauna penghuni pulau ini.

Pantai ini menjadi  tempat  yang  pas  bagi wisatawan  yang  ingin  mencari ketenangan  dan jauh dari hiruk pikuk kota. Banyaknya pohon rindang beragam jenis nan hijau, keindahan itulah yang membuat tempat ini menjadi tempat favorit para wisatawan di Pontianak. Fasilitas  yang  ada  di  pulau ini  cukup  lengkap,  bahkan  terdapat  tempat  penyewaan  perlengkapan  diving dan  snorkeling.  Bagi  kamu  yang  ingin  menyalurkan  hobi memancing,  pulau  ini  punya  tempat  yang  pas untuk memancing ikan hasil tangkapanmu dan bisa kamu masak sendiri.

 

Pulau Selimpai
4.bp.blogspot.com

Pulau Selimpai

Keindahan  pantai  dan  hutan mungkin  bisa menjadi  salah  satu  alternatif  untuk  mencari suasana liburan yang  berebeda.Pulau  Selimpai  bisa  menjadi  pilihan  menikmati  suasana  pantai  yang  berbeda,  yaitu berada  di  tengah  pulau  yang  ditumbuhi  ratusan  pohon  pinus  yang  berjejer  rapi.  Jadi  selain  dapat menikmati pantainya, kamu juga dapat menikmati suasana eksotis berada di tengah tengah rerimbunan pohon pinus. Pantai yang  ada  di  Pulau  Selimpai memiliki pasir  putih  yang  dihiasi pohon pinus  yang  menjulang  tinggi, membuat  wisatawan  tertarik  ke  tempat  ini  sekedar  untuk  mencari  kesejukkan.

Pasir  putih  yang terhampar  pun  sangat  bersih,  dengan  tatanan  pohon  tinggi  yang  sangat  rapi  layaknya  ditanam  oleh manusia secara tersusun.Daya  tarik  lain  pulau  ini  adalah  pulau  ini  menjadi  tempat  persinggahan penyu  untuk  menyimpan  telur telurnya.   Tak   hanya   satu,   tetapi   beragam   penyu   menjadikan   pantai   ini   sebagai   tempat   untuk menetaskan telur  telurnya seperti penyu  hijau,  penyu  sisik,  penyu  lekang,  dan penyu belimbing. Dalam satu tahun, kurang lebih mereka akan singgah ke pantai ini sebanyak 5 kali.Jika  kamu  ingin  melihat  wujud  penyu  secara  langsung,  kamu  dapat  menunggu  malam tiba  karena biasanya  akan  ada  sekelompok  penyu  yang  akan  naik  ke  pesisir  pantai.

Tak  jarang  banyak  wisatawan yang rela menunggu bahkan hingga rela menginap demi untuk menyaksikan kegiatan penyu yang sangat langka untuk disaksikan.Adanya  ombak  natuna  yang saling  berkejaranjuga  menjadi  daya  tarik  lain  yang  di  sajikan  di  pulau  ini, dengan bibir pantai ada yang menghadap ke sungai dan ada yang menghadap ke laut. Pulau Selimpai di pisahkan  oleh  daratan  Kabupaten  Sambas,  terletak  di  Desa  Sebubus  Kaecamatan  Paloh,  Kabupaten Sambas atau sekitar7 kilometer dari pusat kota dan 45 kilometer di sebelah utara kota Sambas.

 

Tugu Khatulistiwa
barrabaa.com

Tugu Khatulistiwa

Kota Pontianak dikenal sebagai Kota khatulistiwa karena kota ini dilewati garis khatulistiwa, garis lintang 0  derajat  atau  biasa disebut  dengan  ekuator.  Oleh  sebab  itu  di  kota  ini  dibangun  sebuah  menara  yang diberi  nama  Tugu  Khatulistiwa  oleh  tim  ekspedisi  geografi  yang  dipimpin  oleh  seorang  ahli  geografi berkebangsaan Belanda. Tugu  Khatulistiwa  berada  di  Jalan  khatulistiwa,Kecamatan  Pontianak  Utara,Kalimantan  Barat.

Untuk bisa sampai ke Tugu ini kamu membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Pontianak. Pembangunan Tugu  ini  dimulai  pada  tahun  1928  menggunakan  ilmu  astronomi  di  mana  pada  saat  pengukuran  oleh para ahli geografi tidak menggunakan alat-alat yang canggih seperti satelit ataupun GPS. Para ahli hanya menggunakan  patokan  pada  garis  yang  tidak  smooth  atau  garis  yang  tidak  rata  dan  berpatokan  pada benda alam seperti rasi bintang.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata di Klaten yang Populer Dan Sayang Kalau Dilewatkan!

 

Keraton Kadriah
i.ytimg.com

Keraton Kadriah

Keraton  Kadriyah  atau  lebih  akrab  disebut  sebagai  Istana  Kadriah  berlokasi  di  Kelurahan  Dalam  Bugis,Pontianak Timur. Keraton iniadalah awal mula lahirnya Kota Pontianak. Keraton Kadriah telah memiliki usia kurang lebih 300 tahun dan memiliki Kompleks bangunan yang megah yang berada di tepi sungai. Istana ini memiliki 3 tingkat dengan ukuran sekitar 30 x50 m dan menjadi istana terbesar di Kalimantan Barat. Berada di istana Kadriyah,kamu akan menjumpai banyak sekali benda-benda peninggalan zaman dahulu seperti  pada  bagian  depan  tengah  dan  kiri  terdapat  meriam  kuno  buatan  Perancis  dan  Portugis.

Terdapat  ruangan  yang  dulunya  digunakan  oleh  Sultanuntukistirahat  atau  menikmati  pemandangan sungai Kapuas dan sungai Landak berupa anjungan yang menjorok ke depan. Di anjungan tersebut juga terdapat sebuah alat bernama Genta yang dulu berfungsi untuk alarm penanda adanya bahaya. Pada ruangutama istana,terdapat sebuah cermin antik buatan  Perancis dan masyarakat menyebutnya sebagai  kaca  seribu.  Disebut  kaca  1000  karena  cermin  ini  memiliki  pantulan  yang  bisa  memantulkan bayangan kita hingga ribuan kali. Benda-benda yang bisa kamu jumpai di istana ini antara lain beragam perhiasan, benda-benda pecah belah, foto keluarga Sultan hingga arca.

Keraton Kadriah2
sitimustiani.com

Istana Kadriah didominasi warna kuning  dan menyimpan  sebuah  Alquran  yang  berusia  lebih  dari  2  abad  dan  ditulis  sendiri  oleh  Sultan Abdurahman.  Dominasi  warna  kuning  memiliki  makna  dalam  tradisi  Melayu  adalahkewibawaan  dan ketinggian budi pekerti. Tak jauh dari istana Kadriyah,sekitar 200 meterterdapat masjid kerajaan bernama Masjid Jami Sultan Abdurrahman.  Pertama  kali  dibangun oleh  Sultan  Syarif  Abdurrahman  Alkadrie  yang  merupakan  sultan pertama kerajaan Pontianak.

 

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas
mimbaruntan.com

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Mengisi  liburan  dengan  menambah  pengetahuan  adalah  pilihan  yang  tepat  dan  jika  kalian  berada  di Kalimantan  Barat,  cobalah  untuk  mengunjungi  Museum  Negeri  Sejarah  Budaya  Khas.  Museum  ini memiliki luas bangunan sekitar 3905 meter persegi di atas lahan seluas 28.167 meter persegi. Di dalam Museum ini tersimpan banyak sekali benda-benda bersejarahpeninggalan zaman dahulu berupa replika atau  aslinya.

Benda-benda  museum  ini  juga  mengamankan  koleksi  Grafika  atau geologika  yang  berupa peta  dan  jenis  batu-batuan  koleksi  biologika,  arkeologika, historilagika dan  keramologika  yang  berupa tempayan,piring,mangkuk,sendok  dan  benda-benda  dari  China,Vietnam,Jepang,Eropa  dan  keramik lokal Singkawang. Museum  ini  terbagi  menjadi  3  zona  dimana  ketiganya  memiliki  koleksi  yang  berbeda  seperti  artefak, benda  kerajaan,  budaya  suku  Dayak  hingga koleksi  keramik  dari  Cina.

Selain  itu  museum  ini  juga menyimpan koleksi khas  suku Dayak  seperti rumah  langun,  sandung,  dan beragam  jenis  patung-patung khas suku asli dari Kalimantan.

Di zona pertama adalah zona pengenalan yang menyimpan

-Koleksi geografis atau geologis yang berupa peta dan jenis batu-batuan

-Koleksi biologika yang berupa tengkorak,rangka manusia,tumbuhan dan juga binatang

-Koleksi  arkeologi  yang  berupa  hasil  peninggalan  budaya  sejak  masuknya  budaya  Dayak seperti  kapak,perimbas,serpih,mata panah,beliung,kapak persegi,gerabah,manik-manik dan nekara

-Koleksi   historika   yang    merupakan   benda-benda   yang   pernah   digunakan   untuk   hal-hal   yang berhubungan  dengan  suatu  peristiwa  sejarah  Negara, tokoh  dan  kelompok  seperti  pakaian  Sultan Pontianak,pistol VOC dan lain-lain

-Koleksi numismatika yang berupa mata uang

-Koleksi heraldika yaitu tanda jasa,mata uang,pangkat resmi dan cap atau stempel

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas2
blue.kumparan.com

Di zona kedua adalah zona Budaya Kalimantan Barat yang meliputi tujuh unsur kebudayaan seperti religi dan upacara kebudayaan, mata pencaharian warga, organisasi kemasyarakatan, teknologi, pengetahuan, kesenian, dan bahasa.

Di  zona  ketiga  adalah  zona  keramik  dimana  dipamerkan  koleksi  keramikalogoka  dalam  bentuk  piring, tempayan, sendok, mangkuk dan masih banyak lagi. Dan juga koleksi keramik yang berasal dari Vietnam, China, Jepang, Eropa dan keramik lokal Singkawang.

 

Itulah beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kalimantan Barat, atau kamu bisa rencanakan dari sekarang untuk berlibur ke Kalimantan  Barat. Melihat banyaknya objek wisata yang ada di  Kalimantan  Barat,  maka  sangat  layak  jika provinsi yang  satu ini menjadi tujuan  wisata  untuk  mengisi liburanmu  bersama  orang  orang  terdekatmu,  dan  temukan  pengalaman  baru  dalam  menjelajahi  bumi pertiwi. Selamat berlibur!

Check Also

pesona lokal indonesia yang mendunia

3 Pesona Wisata Lokal Yang Mendunia Hingga Saat Ini

Jika ingin wisata Anda menyenangkan sebenarnya tak perlu harus ke luar negeri untuk mencari keindahan …