Home / Kalimantan Timur / Pulau Beras Basah, Pulau Cantik yang Ada di Kota Bontang
pulau beras basah

Pulau Beras Basah, Pulau Cantik yang Ada di Kota Bontang

Sebagai pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan juga mempunyai keindahan alam yang mengagumkan lho! Seperti hutan, pantai, dan pulau-pulau nya. Berbicara mengenai pulau, terdapat salah satu pulau indah bernama Pulau Beras Basah. Letaknya pulau tersebut berada di kota Bontang, Kalimantan Timur. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau pulau ini memang unik. Eitsss beras basah yang dimaksud bukan beras yang baru saja dibersihkan ya!

Pulau Beras Basah merupakan wisata laut yang pasirnya bewarna putih seperti beras. Selain menawarkan pantai pasir putih yang cantik, disini juga terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini bekerja menjadi tiang lampu cahaya yang membantu nelayan mencari ikan pada malam hari. Oh iya di pulau ini kamu bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi yang begitu sejuk disertai lambaian pepohonan kelapa yang tumbuh menghiasi pantai. Jika beruntung, kamu bisa langsung menikmati segarnya air kelapa muda secara gratis. Tetapi kelapanya ambil sendiri ya! Di sekitar kawasan wisata kamu juga akan menjumpai perkampungan yang penduduknya begitu ramah kepada wisatawan. Pokoknya kamu bakal betah deh berlama-lama di pulau indah ini!

Baca Juga :  15 Wisata Alam Sukabumi Yang Memukau Wajib Anda Kunjungi

Kisah singkat mengenai asal mula Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah diambil dari kata “beras” dan “basah” yang artinya beras yang basah. Konon katanya, terdapat kapal yang merupakan kapal milik Kesultanan Kutai. Suatu hari kapal tersebut mengangkut beras milik Kesultanan Kutai yang akan dibawa ke Bontang. Namun disaat berlayar di Selat Makassar, datang musibah sebuah badai ganas yang membuat kapal tersebut tenggelam beserta muatannnya. Tetapi anehnya, ada beras-beras yang tidak tenggelam. Beras-beras tersebut yang kemudian membentuk gundukan sehingga terbentuklah pulau dengan pasir yang bewarna putih bersih seperti beras.

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Beras Basah

Snorkeling dan diving merupakan aktivitas favorit yang bisa kamu lakukan disini. Itu karena di Pulau Beras Basah  memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Air lautnya jernih banget, sehingga saat di bawah laut kamu bisa melihat sekumpulan ikan-ikan cantik dan terumbu karang warna-warni. Nah kalau kamu tidak berani menyelam, ada kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan seperti berjemur di tepi pantai, berfoto-foto ria, dan bermain air di sekitar pantai. Tidak perlu khawatir tersapu ombak pantai karena ombak di pantai Beras Basah sangatlah tenang.

Untuk kamu yang hobi memancing, disini kamu bisa menyewa perahu lalu memancing di area sekitar pantai. Terdapat juga banana boat, yang akan membawamu mengelilingi pantai. Seru-seru banget kan ya! Dan satu lagi, saat kamu berkunjung di sore hari, sempatkan juga untuk melihat panorama sunset. Warna kemerahan akan menyelimuti langit biru ditambah hembusan angin pantai yang membuat suasana di sekitar Pulau Beras Basah menjadi sangat romantis.

Rute Menuju Pulau Beras Basah

Kalau dari Balikpapan, perjalanan akan kamu tempuh selama kurang lebih 5 jam menuju Bontang menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Perjalanan menuju Pulau Beras Basah  akan ditempuh  sejauh 12 km dengan jalur laut lewat Pelabuhan Tanjung Laut, Bontang. Kalau kamu memilih berangkat lewat jalur biasa, perjalanan akan ditempuh kurang lebih 1 jam dengan menaiki perah kecil. Nah jika kamu memilih perjalanan jalur tercepat menuju Pulau Beras Basah, hanya menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 20 menit saja lho! Perjalanan tersebut menggunakan speed boat dari dermaga Badak-NGL.

Tips saat Berwisata ke Pulau Beras Basah

Ada tips nih sebelum kamu berkunjung ke Pulau Beras Basah.

  • Pulau Beras Basah sendiri memiliki faslilitas seperti mushola, kamar mandi (airnya beli sendiri). Air tawar bersih disini dijual dengan harga 5.000 per 5 liter. Namun disini belum ada fasilitas warung-warung atau toko yang menjual makan. Maka dari itu, ada baiknya kamu membawa bekal makanan yang cukup sebelum kamu berkunjung ke Pulau Beras Basah. Selama masih di kota Bontang kamu juga bisa kok mampir dulu ke toko untuk membeli keperluan seperti makanan ringan, minuman, hingga obat-obatan.
  • Pulau Beras Basah juga belum mempunyai fasilitas penginapan. Maka dari itu kamu bisa mencari penginapan dahulu sebelum berangkat ke Pulau Beras Basah. Jika kamu berasal dari luar kota, barang-barang yang kamu bawa bisa diletakan di penginapan terlebih dahulu. Nah  jika ingin menginap di kawasan Pulau Beras Basah bisa saja kok, yaitu dengan berkemah. Jangan lupa bawa tenda, senter, sleeping bag, makanan, dan kebutuhan lain untuk berkemah ya! Di sekitar pantai juga terdapat gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk menginap.

Nah demikian informasi mengenai wisata Pulau Beras Basah. Jika kamu berada di Kalimantan Timur, belum lengkap deh kalau tidak mampir ke objek wisata yang satu ini! Pesan penting dari aku, selama berada di Pulau Beras Basah jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan ya! Semoga artikel ini bermanfaat….

Check Also

Pantai Melasti Ungasan

Mengunjungi Pantai Melasti Ungasan, Tempat Wisata Yang Banyak Menarik Minat Wisatawan!

Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia yang banyak menarik perhatian para wisatawan baik wisatawan lokal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *