Pulau Merah Surganya Para Pecinta Surfing

Pulau Merah, Surganya Para Pecinta Surfing

Pantai Kuta yang berada di pulau Bali adalah pantai yang sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara karena memiliki pesona yang sangat menakjubkan. Namun kini tak hanya Pulau Bali yang memiliki pantai pantai yang sangat indah, contohnya yang berada di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata yang saat ini diminati oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. Dan kini yang sedang populer di tahun 2020 adalah Pulau Merah, karena Pulau Merah memiliki keindahan pemandangan serta ombak yang cukup populer sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Banyuwangi dan juga menjadi objek wisata yang kebersihannya sangat terjaga.

Selain Pulau Merah, Banyuwangi juga sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata, sebut saja Teluk Ijo, Pantai Plengkung, Pulau Tabuhan dan banyak lagi lainnya. Banyuwangi terletak di sebelah ujung timur pulau Jawa dengan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di sebelah Utara, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di sebelah barat, Samudra Hindia disebelah Selatan dan Selat Bali di sebelah timur.

Asal Usul Pulau Merah

Ada cerita sejarah dibalik Pulau Merah, apalagi Banyuwangi memang terkenal dengan beberapa kejadian serta kegiatan mistis. Sebelumnya Pulau Merah ini bernama Pantai Ringin Pintu, dimana hanya dikenal oleh masyarakat sekitar saja. Namun nama itu berubah menjadi Pulau Merah sejak pantai ini dikenal dan mulai dikunjungi oleh banyak wisatawan, dan juga disertai dengan beberapa alasan kenapa pemerintah merubah namanya.

Di sekitar pantai terdapat sebuah bukit berukuran kecil dan berada tepat di tengah laut serta memiliki tanah berwarna merah, karena itulah pantai ini diberi nama Pulau Merah. Namun tanah merah itu tidak terlalu nampak, karena terlindungi oleh pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya. Tanah merah yang terdapat di bukit tersebut, nama merah juga didapatkan dari pasir yang ada di pinggir pantai yang terlihat hanya ketika sore tiba. Warna merah yang timbul di pinggir pantai ini disebabkan oleh pasir yang basah dan terkena sinar matahari yang akan terbenam. Warna Ini akan nampak jelas saat musim kemarau.

Banyak cerita mistis yang beredar yang dikaitkan dengan Pulau Merah, bahkan terkadang kejadian ini juga dialami oleh penduduk sekitar Pulau Merah. Beberapa cerita mistis yang tersebar adalah terlihat sebuah kilatan cahaya berwarna merah di pantai, sehingga menimbulkan nama Pulau Merah. Selain itu ada sebuah pura yang tidak bisa hancur saat tsunami melanda tahun 1990 silam, yang mencapai ketinggian ombak sekitar 13 meter.

Di sekitar Pulau Merah juga terdapat sebuah tambang emas, sehingga tempat ini sering di dipadati oleh para pencari emas, bahkan Pulau Merah kemungkinan besar juga akan terkena imbas polusi akibat pabrik tersebut. Pasir dan air laut yang ada di Pulau Merah bisa saja tercemar oleh lumpur, namun dari pihak pemerintah daerah Banyuwangi terus melakukan upaya untuk mencegah Pulau Merah tercemar polusi.

Daya Tarik Pulau Merah

Saat berada di pantai, pemandangan yang paling diburu oleh para pengunjung adalah kegiatan sang matahari dikala terbit ataupun dikala terbenam yang memang memberikan pemandangan paling indah di pantai tersebut. Namun sangat disayangkan pengunjung tidak bisa menikmati suasana matahari terbit, karena pantai ini baru mulai membuka pelayanan saat setelah pukul 07.00 pagi, namun hal tersebut tidak mengunrungkan para pengunjung untuk datang ke pantai ini.

Tak dapat menikmati matahari terbit tetapi kamu masih dapat menikmati pemandangan Sunset yang tak kalah indahnya. Saat Jam menunjukkan pukul 16.30, maka suasana matahari terbenam akan terasa, jadi bersiaplah untuk mengambil gambar dengan latar pantai berwarna orange efek dari matahari terbenam yang tentu saja akan membuat hasil foto mu semakin Instagrammable.

Pulau Merah juga memiliki ombak yang sangat pas untuk berselancar atau surfing. Segala tingkat mulai dari pemula hingga profesional dapat mencoba melakukan kegiatan tersebut di pantai ini. Jika pantai Plengkung memiliki banyak batu, pantai Pulau Merah justru tak banyak bebatuan sehingga kamu aman untuk berselancar di pantai ini. Angin yang sangat kencang akan menghembuskan ombak hingga 5 meter, sehingga bagi kamu penggemar surfing akan sangat tertantang untuk menaklukkan ombak tersebut. Ingin berselancar tetapi kamu tidak memiliki alatnya, jangan khawatir karena Pulau Merah juga menyediakan tempat penyewaan alat surfing lengkap.

Bagi kamu yang memiliki hobi memancing juga dapat melakukan kegiatan tersebut di Pulau Merah ini. Di pantai ini juga ada beberapa perahu tradisional milik nelayan yang bisa kamu sewa. Tetapi kamu harus membawa alat pancing sendiri, karena ditempat ini tidak tersedia tempat penyewaan alat pancing. Kegiatan memancing akan semakin seru dan terasa menyenangkan, karena dapat menyalurkan hobi yang kamu miliki di tengah hembusan angin lautan dan harapan membawa pulang ikan yang sudah berhasil kamu pancing.

Pulau Merah wisata sport extreme

Saat hari semakin sore Pulau Merah kadang mengalami surut, jadi pengunjung bisa memanfaatkannya untuk berjalan menuju Bukit yang ada di tengah laut. Kamu juga dapat mendaki bukit ini yang letaknya tak jauh dari bibir pantai, tapi hal tersebut juga harus disesuaikan dengan keadaan cuaca. Jika kamu berada di bukit ini, kamu dapat melihat penghuni laut yang terdampar akibat dari surutnya ombak seperti bintang laut atau ikan laut. Kamu juga dapat melihat pemandangan yang sangat indah dan eksotis yang mengelilingi Pantai Pulau Merah. Dan pemandangan yang paling indah adalah melihat matahari terbenam dari bukit ini.

Baca Juga :  Pantai Tercantik Di Sulawesi Selatan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jika cuaca mendukung wisatawan diperbolehkan bermain ataupun mandi di pantai, karena ketinggian ombak hanya sekitar 2 meter. Tetapi jika ombak sudah berada di atas 2 m, maka hanya diperbolehkan untuk berselancar itupun oleh para profesional saja. Bermain-main ombak di Pantai Pulau Merah ini ataupun bermain di pinggir pantainya saja sudah cukup menyenangkan, apalagi jika bersama kerabat, keluarga atau teman terdekat. Air lautnya yang bersih dan jernih membuat pengunjung merasa nyaman ketika bermain atau mandi di laut. Setelah selesai bermain ataupun mandi, maka kamu pasti akan membersihkan diri. Dan fasilitas kamar mandi umum sudah tersedia di tempat ini, jadi kamu dapat membersihkan diri di kamar mandi umum tersebut.

Pantai ini tergolong aman, karena ada petugas yang selalu siaga di pantai ini. Itu adalah salah satu keamanan yang tersedia di Pulau Merah, yaitu sebuah menara pandang dengan ketinggian lebih 5 meter yang ada di pinggir pantai. Fungsi menara tersebut untuk mengamati situasi yang terjadi di sekitar Pantai Pulau Merah.

Kamu masih dapat melakukan kegiatan lain jika cuaca sedang tidak mendukung kamu untuk bisa mandi di air laut. Kamu dapat melakukan kegiatan di pinggir pantai seperti bermain pasir atau sekedar menikmati pemandangan yang tersaji di Pulau Merah. Pulau merah memang dikenal memiliki pasir yang sangat halus dan lembut, jadi sambil bermain pasir kamu dapat menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan di beberapa tempat makan yang ada di sekitar Pulau Merah. Tak jauh dari pulau Merah kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata lain yaitu pulau Pura Segara Tawang Alun yang digunakan oleh umat Hindu di sekitar Desa Sumberagung untuk melakukan kegiatan ibadah. Pura ini dibangun pada tahun 1980 dan sering dikunjungi umat Hindu dari Bali maupun dari Bromo. Ada yang menarik dari pura ini yaitu pura ini tetap berdiri kokoh meskipun diterjang tsunami pada tahun 1994, bahkan tak mengalami kerusakan yang parah.

Pengunjung tidak pernah sepi yang datang ke Pulau Merah ini, jadi tak heran jika telah banyak penginapan atau homestay yang tak jauh dari Pulau Merah yang bisa kamu sewa. Kamu dapat menghabiskan waktu menikmati malam hari dengan suasana di sekeliling pulau Merah. Tak jarang warga setempat terkadang menjadikan rumah mereka sebagai homestay untuk wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin bermalam. Untuk itu dari pemerintah daerah juga berupaya membangun beberapa hotel dan penginapan khusus bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu untuk melihat sunset di Pulau Merah. Penginapan tersebut berjarak hanya sekitar beberapa meter saja dari pintu masuk Pulau Merah yang tentu saja akan memudahkan para pengunjung. Dari beberapa penginapan homestay yang ada telah dilengkapi dengan fasilitas yang menjamin kenyamanan para pengunjung. Sebagai contoh adalah Home Tirtoarum yang letaknya juga tak jauh dari pantai, atau Red Island Bungalow yang mematok tarif Rp 400.000 dengan fasilitas 2 kamar tidur yang include dengan sarapan dan masih banyak lagi penginapan-penginapan yang recommended untuk di sewa di Pulau Merah.

Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata Pulau Merah berada di desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, atau sekitar 60 km dari kota dan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam 50 menit perjalanan jika berangkat dari pusat Kota. Untuk bisa sampai ke Pulau Merah sudah banyak sarana transportasi yang dapat mengantarmu ke lokasi, atau jika tidak ingin repot maka kamu bisa menggunakan jasa Tour dan Travel yang sudah paham dengan lokasi serta rute untuk ke Pulau Merah. Namun jika kamu memilih menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dilalui memang lebih mudah walaupun harus melewati jalan pedesaan dan bukit. Rute yang harus dilalui cukup mudah, karena pada tiap persimpangan akan kamu temukan petunjuk jalan menuju lokasi. Jika kamu memilih menggunakan transportasi umum, maka kamu dapat menggunakan angkutan dari terminal Banyuwangi menggunakan bus jurusan Desa Pesanggaran, lalu lanjutkan perjalanan dengan naik ojek.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan di Pulau Merah terbilang cukup murah, karena kamu hanya diwajibkan membayar kontribusi sebesar Rp 8.000 setiap oran,g sedangkan untuk parkirnya kamu tidak akan dipungut biaya alias gratis. Area parkir juga cukup luas serta teduh, karena di sekitar area parkir banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang. Loket akan buka pada pukul 07.00 pagi hingga jam 17.00 sore, jadi kamu bisa puas menghabiskan waktu di Pantai Pulau Merah dan kamu masih bisa tetap merasakan keindahan sunset di Pulau Merah.

Informasi tersebut mungkin akan bermanfaat bagi kamu yang berencana melakukan wisata untuk mengisi liburan. Kamu dapat menambahkan Pulau Merah ke dalam list liburanmu. Selamat berlibur!

Check Also

World of Wonders Citra Raya

Dengan Budget Murah Dapat Menikmati 7 Keajaiban Dunia di World of Wonders Citra Raya

Selama ini Tangerang yang kita kenal sebagai pusat Perindustrian di nusantara ternyata juga memiliki beragam …