Home / Papua / Pulau Pulau di Raja Ampat Sebagai Destinasi Wisata Pilihan
Raja Ampat
d99i6ad9lbm5v.cloudfront.net

Pulau Pulau di Raja Ampat Sebagai Destinasi Wisata Pilihan

Kepulauan  Raja  Ampat  adalah  sebuah  kepulauan  yang  ada  di  Papua  Barat,  yang  belakangan  ini  telah menjadi trending di kalangan wisatawan karena keindahan pulaunya yang bagaikan sebuah lukisan. Di Kepulauan Raja Ampat pada lautan lepas, kamu akan terpesona melihat pulau pulau karang yang berjejer seolah  sengaja  disusun  dan  tingkah  hewan  lucu  yaitu  lumba  lumba  yang  abermain  di  tengah  lautan seakan mencari perhatian dari wisatawan yang melihatnya. Sapuan  ombak yang  seolah  menyapa  pengunjung  yang  berada  di  tepian  pantai  yang  menikmati  pantai dengan tiupan angin yang sepoi sepoi.

Keceriaan burung burung camar yang lalu lalang dengan kicauannya seakan  juga  ikut  menikmati  keindahan  pulau  ini.  Tak  kalah  dengan  alam  bawah  lautnya  yang  juga menyambut hari, ikan cantik bermain di antara karang karang beragam warna yang seakan memberitahu bahwa mereka pun ada. Gambaran tersebut bukanlah menceritakan sebuah khayalan atau dongeng, namun keberadaan sebuah pulau  bernama  Raja  Ampat  yang  nyata  keberadaannya. Pulau ini  berada di  ujung  barat  laut  Papua memang dikenal sebagai surga tersembunyi bagi para petualang.

Raja Ampat adalah sebuah Kabupaten yang berada di Propinsi Papua Barat. Raja Ampat adalah kepulauan yang memiliki banyak pulau karang yang tersebar, namun ada empat pulau utama yang menjadi daya tarik pulau  ini  yaitu  Pulau  Waigeo,  Pulau  Batanta,  Pulau  Salawati,  dan  Pulau  Misool.  Raja  Ampat  memiliki banyak  pulau  yang  dapat  dijadikan  pilihan  berwisata,  namun  sebaiknya  berkunjunglah  pada  bulan Oktober –Mei, karena pada bulan tersebut keadaan perairan cukup tenang dan cuaca yang bersahabat. Berikut ini pilihan wisata yang ada di Raja Ampat yang bisa kamu kunjungi,

 

Piaynemo
piaynemo.com

1. Piaynemo

Puncak  Piaynemo  menawarkan  panorama  indah  yang  menjadi  tempat  mengabadikan  gambar  dengan backgroundmenghadap laut. Terdapat beberapa pulau kecil yang ada disekitar dan membentuk laguna dan nampak semakin indah dengan gradasi berwarna pink. Banyak  warga  lokal  yang  menawarkan  dagangannya  seperti  es  kelapa  yang  dijual  seharga  Rp  15.000. warga yang berjualan berasal dari tiga desa yang dekat dengan objek wisata ini yaitu Desa Saupapir, Desa Pam,  dan  Desa  Saukabu.

Para  pedagang  yang  berasal  dari  tiga  desa  tersebut  memiliki  solidaritas  yang tinggi, hal itu terbukti dari cara mereka berdagang yang di jadwal secara bergantian agar mendapatkan penghasilan yang sama.Untuk menikmati panorama aduhai di lo0kasi ini, kamu harus melewati anak tangga sebanyak 320 buah, kamu akan  memakan  waktu  kurang  lebih  20  menit.  Sepanjang  perjalanan  kamu tak  akan merasa lelah, karena kamu ditemani pemandangan yang bisa kamu lihat.

 

Manta Point
papuaexplorers.com

2. Manta Point

Manta  Point  menjadi  spot  favorit  para  penyelam  di  Misool.  Arus  di  lokasi  ini  cukup  besar,  tetapi  ada beberapa bebatuan yang membentuk bukit yang bisa di jadikan untuk pijakan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat ikan pari manta yang berenang di antara bebatuan tersebut.Untuk  bisa  menyelam  menikmati  alam  bawah  lautnya,  kamu  tidak  bisa  berlama-lama  hanya  sekitar  45 menit   saja.

Hal   itu   dikarenakan   agar   bisa   bergantian   dengan   penyelam   yang   lain,   karena   tidak diperkenankan  ada banyak penyelam yang menyelam di lokasi ini agar ikan tidak menjauh.Oleh sebab itulah untuk bisa menyelam, kamu harus terlebih dulu lapor pada penjaga agar tahu jadwal menyelam.  Jangan  kecewa  ya  jika  tidak  mendapat  giliran  menyelam  di  hari  itu,  karena  kamu  bisa mendaftar untuk menyelam keesokkan harinya.

 

Puncak Harfat
2.bp.blogspot.com

3. Puncak Harfat

Puncak  Harfat  menjadi  tempat  trekking  di  Misool,  tetapi  terdapat  tangga  kayu  untuk memudahkan wisatawan menaiki puncak bukit ini dan siapa saja bisa menikmati pemandangan dari ketinggian bukit ini, lansia  sekalipun.  Selain  melihat  pemandangan  hamparan  laut,  Puncak  Harfat  juga  memiliki  sebuah  gua dengan  ukiran  indah  dan  alami,  dan  uniknya  lagi  ukiran  tersebut  adalah  buatam  alam,  tanpa  sentuhan tangan manusia. Daya  tarik  gua  tersebut  adalah  adanya  lafal  Allah  pada  dinding  gua  yang  terbentuk  secara  alami.

Gua tersebut  oleh  masyarakat  setempat  dinamakan  Gua  keramat,  karena  bagi  masyarakat  Muslim  yang berada di Raja Ampat gua ini di anggap keramat. Biasanya saat bulan Ramadan mereka sering mendengar lantunan salawat dan bunyi rebana dari gua. Jika kamu berminat untuk mengunjungi gua tersebut, kamu harus memenuhi beberapa aturan yang harus di taati, seperti jaga sikap dan kata kata, jangan sampai mengeluarkan kata kata yang tidak pantas serta dilarang  berisik.  Di  dalam  gua  juga  ada  laguna,  dimana  kamu  bisa  berenang  atau  sekedar  melihat pemandangan gua seperti stalaktit.

 

Wayag
experience.yoexplore.co.id

4. Wayag

Wayag adalah sebuah pulau yang juga sering dijadikan pilihan liburan olehwisatawan, selain Piaynemo. Wayag juga menawarkan sebuah pemandangan yang tak kalah elok dengan Piaynemo. Wayag memiliki sebuah  sebuah  keunikkan  berupa  laguna  yang  dijadikan  tempat  nursing  ikan  pari  manta.  Di  tempat  ini kamu  tidak  diperbolehkan  menggunakan  jet  ski,  speed  boat  dengan  kecepatan  tinggi,  karena  di khawatirkan baby manta yang akan ketakutan. Selain ikan pari, disini juga menjadi habitat penyu yang terkadang lalu lalang berenang yang dapat terlihat dari puncak Wayag.

Jika kamu berputar arah tubuh ke arah barat, maka kamu juga dapat melihat Pulau Gebe yang ada di Maluku utara. Namun semua itu tidak semua orang dapat menikmatinya, terutama bagi kamu yang punya riwayat penyakit jantung. Sebelum  melakukan  perjalanan  untuk  naik  ke  puncak  Wayag,  kamu  akan  ditanya  oleh  guide  tentang riwayat  penyakit  jantung  dan  diminta  untuk  tanda  tangan  sebuah  perjanjian.  Hal  itu  karena  untuk  bisa naik  ke  puncak  harus  melewati  bebatuan  dan  tanpa  ada  tangga  kayu.

Wayag2
lh3.googleusercontent.co

Cukup  berbahaya  dan  menguji adrenalinmu, sehingga jika terjadi sesuatu tidak menjadi tanggung jawab pengelola wisata.Jadi sebaiknya difikirkan sebelumnya untuk mencoba menuju puncak Wayag, namun jika kamu memenuhi syarat  untuk  bisa  menikmati  pemandangan  dari  puncak  Wayag,  maka  siapkan  stamina  tubuh  dan perbekalan di perjalanan terutama air minum. Terkadang ada wisatawan yang dehidrasi namun tidak di sadari, karena mungkin terlalu girang hingga lupa atau karena sebab lainnya.

 

Telaga Bintang
backpackerjakarta.com

5. Telaga Bintang

Telaga   Bintang   juga   menjadi  tempat   yang   juga   sering   dipilih   wisatawan   untuk   dapat   menikmati pemandangan Raja Ampat. dan yang menjadi ciri khas pulau ini adalah adanya beberapa pulau kecil yang ada  di  sekitarnya  yang  menciptakan  sebuah  laguna  menyerupai  bintang.  Dari  puncak  Telaga  Bintang, kamu dapat dengan leluasa menikmati pemandangan, yang terkadang jika air sedang surut kamu dapat melihat koral koral yang ada di antara pasir putih.

Bahkan terkadang ada penyu atau bayi hiu yang sedang berenang. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan ditempat ini seperti dilarang menggunakan sendal. Lansia sebaiknya tak pergi ke tempat ini karena akses yang kurang mendukung, tidak ada tangga kayu untuk menaiki puncak Telaga Bintang, hanya berpijak pada karang karangyang ada. Hanya 10 orang saja yang diberi kesempatan berada di puncak pada suatu waktu, dan untuk menikmati pemandangana di atas  hanya diberi waktu selama 30  menit  saja.

Telaga Bintang2
kataomed.com

Bahkan,  jika  sedang  ramai  wisatawan hanya  diberi  kesempatan  berada  di  atas  15  menit  saja.  Memang  bukan  waktu  yang  cukup  untuk mengagumi  ciptaan  Tuhan,  oleh  karena  itu   manfaatkan  waktu  sebaik  mungkin  untuk  menikmati pemandangan,  dan  yang  terpenting  siapkan  kameramu  untuk  mengabadikan  gambar  sebagai  kenang kenangan.

 

Misool
tvlk-prod-asset.imgix.net

6. Misool

Menginjakkan  kaki  di Misool menandakan  bahwa  kamu  sedang  berada  di  Raja  Ampat,di  mana petualanganmu di Indonesia bagian timur kamu mulai dari sini. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang  wajib  untuk  diselami  dan menikmati  pemandangan  yang  tersaji  yang  sangat  luar  biasa.  Tidak  ada kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan pulau Misool yang ada di Raja Ampat yang menjadi wisata paling populer.

Misool berbatasan langsung dengan laut Seramdan perairan laut lepas,sehingga tak heran di perairanini sering ditemukan hewan-hewan berukuran besar termasuk paus. Pemandangan alam bawah laut sudah dapat dilihat  sebelum  kamu  menceburkan  diri  kedalam  airnya,karena  warna  air  laut  yang  bening, sehingga dapat terlihat dari permukaan air keindahan alam bawah laut.

Misool2
jejakpiknik.com

Raja Ampat termasuk daerah segitiga Karang dunia yang tersimpan 75% jenis ikan hias yang ada di dunia. Ada beberapa titik penyelaman yang menawarkan pemandangan bawah laut yang wajib dijelajahi,karena memiliki kekayaan lautyang luar biasa bahkanhingga kelas dunia. Banyak jenis ikan,terumbu karang,hiu, penyu.pari dan biota laut lainnya yang menjadikan pulau Misool sebagai habitatnya.

Jadi  jangan  sia-siakan kesempatan kamu  berada  di sini  dengan melakukan berbagai kegiatan  seperti snorkeling,diving,berenang  atau  sekedar  menikmati sepoi  sepoi  angin  di  pantai yang  terbilang  sepi sehingga kamu leluasa menikmati liburan mu yang berkesan di Pulau Misool. Selain kekayaan dan keindahan alam bawah lautnya, Pulau Misool juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat  warga  lokalnya.  Terdapat  peninggalan  sejarah  yang  berupa  lukisan  di  dinding-dinding gua yang bisa kamu temukan di kawasan ini.

 

Itulah beberapa pulau yang biasa dikunjungi oleh wisatawan untuk mengisi liburannya. Jika kamu berniat untuk  menyaksikan  keindahan  pulau,  maka  sebaiknya  ikuti  aturan  yang  ada,  terutama  ikut  menjaga kebersihan lingkungan di sekitar lokasi wisata. Keindahan Raja Ampat memang sudah tidak dipungkiri lagi, keindahannya  membuat  kawasan  ini menjadi  trending  topik  bagi  wisatawan  termasuk  para  selebritis hingga pejabat mengunjungi tempat ini.

Bagi  kamu  para  traveler,  kawasan  ini  mungkin  sudah  tidak  asing  lagi,  atau  bahkan  sudah  pernah menjelajahi Raja Ampat. Sungguh menjadi pengalaman yang tak terlupakan pernah berada di Raja Ampat yang memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa. Selamat Berlibur!

Check Also

Panorama Papua

Mutiara Wisata Di Tanah Papua Yang Menyejukkan Mata

Jika  kita  menyebut  Provinsi  Papua,  maka  yang  terlintas dibenakmu  adalah  Raja  Ampat  yang  memang telah  …