Home / Kalimantan Selatan / Ragam Kuliner Khas Kalimatan Selatan Yang Wajib Dicoba
wisata Banjarmasin
beritakalimantan.co.id

Ragam Kuliner Khas Kalimatan Selatan Yang Wajib Dicoba

Setiap daerah memiliki kuliner khas daerah masing masing yang kebanyakan juga memiliki  cita  rasa  tersendiri  meskipun  ada  sebagian  yang  memiliki  kemiripan. Banjarmasin juga memiliki beberapa makanan khas yang mampu membuatmu tak mau    berhenti    mengunyah    makanan    tersebut.    Untuk    masalah    kuliner    di Banjarmasin, ada sedikit kemiripan dengan kuliner yang ada di Pontianak, namun tetap saja keduanya memiliki cita rasa yang berbeda. Jika kamu sedang berada di Banjarmasin, berikut ini adalah kuliner yang recommended yang wajib kamu cicipi.

 

Soto Banjar
upload.wikimedia.org

1. Soto Banjar

Menu  makanan  yang  satu  ini  wajib  untuk  dicoba,  dan  untuk  mendapatkannya sangat mudah karena banyak ditemukan penjual makanan wajib yang satu ini. Soto Banjar memiliki cita rasa yang tak kalah dengan kenikmatan soto Lamongan atau soto  Madura.

Soto  Banjar  memiliki  tampilan  yang  beragam,  ada  yang  berkuah bening dan juga ada yang menyajikan dengan kuah yang lebih keruh.Isi  dari  soto  Banjar  adalah campuran  suwiran  ayam,  potongan  telur  rebus,  soun, dan perkedel dan akan terasa lebih nikmat jika kamu mencicipi kuliner ini di kota asalnya dengan pilihan menikmati dengan lontong atau ketupat.

Akan terasa lebih nikmat  jika  kamu  tambahkan  sambal,  kecap  dan  perasan  jeruk  nipis  yang  akan menggugah seleramu. Ada satu tempat yang cukup populer di Banjarmasin untuk menikmati soto khas Banjar ini yaitu Depot Soto Bang Amat.

 

Nasi Kuning Banjar
kopisusu.id

2. Nasi Kuning Banjar

Nasi  kuning  adalah  salah  satu  kuliner  yang  bisa  ditemukan  di  berbagai  kota  di Indonesia  dengan  cita  rasa  khas  masing-masing.  Sama  halnya nasi kuning  Banjar yang juga akan sangat mudah ditemukankarena hampir semua warung makan atau restoran terdapat menu nasi kuning Banjar. Nasi kuning disajikan dengan siraman bumbu merah atau bumbu habang di atas nasi dengan lauk berupa daging ayam,bebek ataupun ikan.

Nasi  kuning  khas  Banjar  juga  memiliki  aroma  yang  khas,karena  pengolahannya menggunakan daun pandan, selain itu nasi kuning khas Banjar memiliki warna agak pucat bahkan tidak terlalu terang dengan tekstur nasi yang tidak lengket atau pulen karena  menggunakan  beras  asli  Banjar.  Salah  satu  tempat  untuk  menikmati  nasi kuning khas Banjar yang cukup populer adalah Rumah Makan Nasi Kuning Cempaka yang memiliki 3 cabang di Banjarmasin.

 

Mandai Banjarmasin
foodnesia.net

3. Mandai Banjarmasin

Mandai Banjarmasin  juga  makanan  khas  Banjarmasin  yang  wajib kamu  cicipi  danbisa  kamu  bawa  pulang  sebagai  oleh-oleh.  Makanankhas  banjar  ini  sedikit  unik, karena  terbuat  dari  bahan  kulit  dasar  buah  cempedak  yang  diawetkan  secara tradisional dengan cara merendamnya dengan air garam yang kemudian disimpan selama beberapa waktu agar rasanya berubah menjadi asam yang segar dan lezat.

Cara menikmatinya cukup mudah yaitu mandai yang sudah diawetkan goreng lalu disantap dengan nasi hangat dengan sambal. Kamu bisa menemukan mandai paling enak di Banjarmasin yang juga banyak ditemukan di toko oleh-oleh yang ada di Kota Banjarmasin..

 

Ikan Patin Baubar
lh3.googleusercontent.com

4. Ikan Patin Baubar

Ikan  patin  adalah  menu  makanan  favorit  yang  ada  di  Kota  Banjarmasin  jadi  tidak sulit  untuk menemukan  makanan  yang  berbahan  dasar  ikan  ini.  Menu  ikan  patin Baubar adalah ikan patin yang sudah dipotong-potong dan dibakar setelah diberi bumbu.  Ikan  ini  menggunakan  bumbu  yang  jumlahnya  cukup  banyak  sehingga memiliki rasa yang cukup unik. Kenikmatan rasa dari ikan ini membuat menu yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh Banjarmasin yang sudah cukup populer.

Bumbu-bumbu  bahan  untuk  membuat  menu  masakan  ini  antara  lain  bawang merah,bawang  putih,kemiri,  kunyit,jahe,cabe  rawit,cabe  merah,daun  salam,lengkuas,serai,daun  jeruk,garam,gula  merah,santan  dan  air  asam.  Bagaimana rasanya   tidak   unik,bumbu   yang   digunakan   cukup   banyak   variannya.   Cara pengolahan  ikan  ini  memanfaatkan  daun  pisang  untuk  membungkus  ikan  patinpepes dan menggunakan bambu jika ingin membakarnya. Jika ingin menikmati ikan patin baubar,ada salah satu tempat yang juga sudah populer yaitu Pondok Patin Bakar yang menjadi salah satumenu favoritdi Banjarmasin.

 

Ketupat Kandangan Banjarmasin
phinemo.com

5. Ketupat Kandangan Banjarmasin

Banjarmasin  juga  memiliki  makanankhas  yang  mirip  dengan opor yaitu  ketupat Kandangan,dimana   kamu   juga   cukup mudah   untuk   menemukan   menu   ini Banjarmasin. Ketupat Kandangan adalah sajian makanan dengan ketupat di mana biasanya  warga  akan  menikmatinya  menggunakan  telur atau  daging  ikan. Daging ikan yang biasa digunakan adalah ikan Haruan dengan bumbu garam,asem Jawa,kunyit  dan  air  jeruk  nipis  untuk  melumuri  ikan  yang  dipotong-potong  dansudah dibersihkan.

Agar bumbu meresap,ikan yang sudah dibumbui tersebut didiamkan beberapa saat lalu dipanggang di atas bara api. Untuk  menikmati  ketupat  Kandangan menggunakan  kuah  yang  dibuat  dengan bumbu yaitu santan,bawang putih,bawang merah,kemiri,jahe,ketumbar,merica,terasi,jinten,bumbu penyedap dan bumbu pelengkap. Bumbu-bumbu dan ditumis hingga harum lalu tuangkan santan dan aduk sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan ikan yang sudah dipanggang lalu taburi dengan bawang goreng.

Sambal acan tidak boleh ketinggalan untuk bisa menikmati ketupat Kandangan ini. Dan  sambal  Inipun  terbuat  daritomat,cabe  keriting  dan  garam  yang  digoreng kemudian  diulek  dengan  tambahan  garam  dan  gula,  bahkan  terkadang  ada  yang menambahkan   irisan   mangga   sehingga   sambal   akan   terasa   segar.   Ketupat Kandangan  Hj. Mursinah  adalah  salah satu  tempat  paling  populer  di  Banjarmasin yang banyak disukai warga lokal maupun pendatang.

 

Nasi Itik Gambut
2.bp.blogspot.com

6. Nasi Itik Gambut

Nasi  itik  gambut  belakangan  ini  sedang  jadi  perbincangan  para  pecinta  kuliner. Menu  yang  berupa  nasi  putih  dengan  lauk  daging  itik  yang  diolah  menyerupai rendang  dan  balado.  Nasi  dan  lauk  dibungkus  menggunakan  daun  pisang,  tentu akan  membuat  citarasa  semakin  komplit.  Namun  tak  semua  menyajikan  nasi  itik gambut ini dengan alas daun pisang, ada beberapa tempat yang menyajikan menu ini tanpa beralaskan daun pisang agar kamu leluasa menikmati bagian bagian itik yang ingin kamu santap.

Menu makanan ini cukup sederhana hanya berupa nasi dengan lauk yang dibumbui dengan bumbu habang atau bumbu kari. Sisi lain kenikmatan nasi itik gambut ini adalah jenis itik yang dipilh adalah itik yang sengaja dipelihara di tanah gambut, oleh karena itu menu ini dinamakan nasi itik gambut. Itik yang dihasilkan dari tanah gambut   adalah   daging   yang   terasa   lembuit   dan   empuk,   kamu   tidak   akan mendapatkan  daging  itik  yang  alot  atau  susah  digigit.  Untuk  menu  yang  satu  ini, tempat rekomendasinya adalah Nasi Itik Gambut Mama Baiti.

Baca Juga :  Obyek Wisata Menarik Di Kalimantan Selatan

 

Es Jagung Khas Banjarmasin
foodnesia.net

7. Es Jagung Khas Banjarmasin

Banjarmasin juga memiliki es yang menjadi ciri khas kota ini yaitu es jagung yang mampu  mengobati  dahagamu  setelah  lelah  menjelajahikota  Banjarmasin.  Es jagung  tak  hanya  terkenal  di  Pontianak,  karena  di  banjarmasin  minuman  ini  pun sangat  lekat  di  tenggorokan  warga  setempat.  Hampir  semua  warung  dan  rumah makan  menyediakan  minuman  segar  yang  satu  ini,  jadi  jangan  sampe  kamu lewatkan untuk mencicipinya.

Es  jagung  adalah  es  yang  menggunakan  jagung  sebagai  bahandasar,  jadi  jagung yang sudah di rebus hingga lunak dicampur dengan gula, es batu, dan susu kental manis   putih.   Baru   menceritakannya   saja   sudah   membuat   kamu   terbayang kesegarannya, apalagi sampai es ini sudah ada di depan mata, pasti kamu juga tak bisa menahan untuk mencobanya.

 

Sate Tulang
foodnesia.net

8. Sate Tulang

Dari namanya sedikit aneh ya? Pasti kamu berfikir bahwa tulang yang dijadikan sate untuk  disantap.  Jangan  khawatir,  karena  itu  hanyalah  sebuah  nama,  karena  sate tulang ini adalah daging atau bagian bagaian yang biasanya tidak digunakan untuk sate atau menu masakan lainnyaseperti kulit, lemak yang menempel pada tulang, dan leher. Semua itu digiling hingga bebrbentuk adonan yang bertekstur lebih kasar dengan ukuran lebih besar untuk kemudian di sate. Dan sate ini disantap bersama sambal kacang atau sambal kecap, dan tempat paling rekomended untuk mencicipi menu ini adalah Warung Kita.

 

Cacapan Asam Khas Banjar
pariwisataku.com

9. Cacapan Asam Khas Banjar

Cacapan  asam  Banjarmasin adalah  perpaduan  bahan  berupa garam,penyedap rasa,cabe   rawit   dan   potonganbuah   yang   memiliki   rasa   asam.   Rasa   yang ditimbulkan  dari bahn  bahan ini  beragam  ada  asam,manis,  asin  dan  pedas. Cacapan asam ini digunakan sebagai teman makan dengan lauk ikan, daging ayam dan lain-lain.

 

Apam Barabai
ecs7.tokopedia.net

10. Apam Barabai

Banjarmasin  juga  memiliki  makanan  ringan yang  berupa  kue  yaitu  kue  apam Barabai.  Apam  Barabai  sebenarnya  berasal  dari  Barabai,Kalimantan  Selatan, namun kue ini populerjuga di Banjarmasin. Bahan yang digunakan untuk membuat kue   adalah   tepung   beras,   gula   merah   atau   gula   putihdan   tape singkong menciptakan  rasa  manis  yang  sangat  pas  disantap  di  pagi  hari  sebagai  teman minum teh.

 

Kue Kelepon
cdn.idntimes.com

11. Kue Kelepon

Siapa yang tak kenal kue klepon yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa. Namun ternyata  kelepon  juga  ada  di  Banjarmasin  yang  bernama  kelepon  Martapura. Kelepon Martapura memiliki tekstur yang sedikit kenyal dengan isian gula merah cair sehingga akan terasa manis saat digigit.

 

Ikan Patin Gangan Asam
kalimantanberita.com

12. Ikan Patin Gangan Asam

Ikan  patin  gangan  asam adalah  kuliner  yang  berbahan  dasar  ikan  patin  yang memiliki  kuah kental  dan  berlemak  dan  dicampur  dengan  beragam  sayur  seperti timun, kol,kacang panjang dan cabai hijau.Sayur ini sangat segar di santapdi siang hari apalagi dengan sensasi pedas.

 

Ikan Seluang Goreng
blue.kumparan.com

13. Ikan Seluang Goreng

Banjarmasin memiliki sungai yang cukup luas dengan hasil ikan yang melimpah dan yang menjadi salah  satu  jenis  ikan yang enak  di  olah  menjadi kuliner adalah ikan seluang.  Ikan  seluang  adalah  ikan  yang  berukuran  kecil  dan  mungil  yang jika digoreng  kering  akan  terasa  renyahsaat  digigit.  Cukup  dengan  nasi  hangat  dan sambal,kamu akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.

Baca Juga :  Wisata Alam Dan Kuliner Khas Manado Yang Seru Untuk Di Jelajahi

 

Sayur Kambang Tigarun banjarmasin
cdn2.tstatic.net

14. Sayur Kambang Tigarun

Sayuran bernama Kambang Tigarun adalah tanaman yang diambil dari daun batang dan bunganya. Sayangnya sayuran inimulai langka karena memang tumbuhan ini adalah tumbuhan musiman.

 

Hampap Khas Banjarmasin
img-global.cpcdn.com

15. Hampap Khas Banjarmasin

Hampap adalah salah satu makanan yangwajib untuk kamu cicipi. Makanan khas Banjar  ini  memiliki  rasa  yang  gurih  dan  sedikit  pedas  karena  bahan  dasar  yang digunakan  adalah  ikan haruan.  Sebelum  digunakan  Ikan  haruan  akan  dijemur setelah  dimasak  dengan  campuran  bumbu  khas  serta  tambahan  kacang  panjang,labu kuning dan pucuk labu.

 

Itik Panggang Khas Banjarmasin
dfooddiary.files.wordpress.com

16. Itik Panggang Khas Banjarmasin

Itik adalah salah satu hewan ternak unggulan di Kalimantan Selatan, khususnya di Banjaramasin.  Bisa  dikatakan  Banjarmasin  memiliki  daging  ternak  itik  sangat melimpah,   jadi   tak   heran   jika   banyak   makanan   khas   Banjarmasin   yang menggunakan  itik  sebagai  bahan  dasar  makanan.  Salah  satu  makanan  yang berbahan  dasar  daging  itik  adalah  itik  panggang  yang  menggunakan  bumbu  gula merah, gula pasir, dan bumbu lainnya.

 

Otak otak Ikan Pipih
foodnesia.net

17. Otak-otak Ikan Pipih

Otak-otak  adalah  jenis  makanan  yang  sudah  cukup  dikenal  dimana-mana.  Otak-otak  biasanya  terbuat  dari  ikan  tenggiri,  namun otak-otak  khas  Banjarmasin  ini terbuat dari ikan belida atau ikan pipih. Cara membuatnya campurkan ikan pipih, santan, parutan kelapa dan telur ayam di adon hingga bertekstur kenyal dan rasa gurih.

 

Itulah beberapa kuliner khas Kalimantan Selatan yang begitu menggugah selera. Itu adalah bukti kekayaan bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman budaya yang patut untuk dibanggakan. Kalimantan yang merupakan pulau terbesar di Indonesia menyimpan  potensi  wisata  yang  mengagumkan,  termasuk  Kalimantan  Selatan sebagai salah satui provinsi yang ada di Pulau Kalimatan. Semoga informasi di atas dapat menmbah pengetahuanmu tentang kuliner yang ada di Kalimantan Selatan, dan jangan sampai tidak mencicipi jika kamu sedang berada di Kalimantan Selatan.  Selamat Berlibur!

Check Also

tempat makan murah di Bandung

Kuliner Murah Di Kota Kembang Yang Dapat Mengenyangkan

Berlibur  ke  Kota  besar  seperti  Jakarta  dan  Bandung  tentu  banyak  yang  berpikir  akan  mengeluarkan budget  …