Home / Aceh / Ini Dia Rekomendasi Wisata Kota Langsa Paling Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi!
Ini Dia Rekomendasi Wisata Kota Langsa Paling Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi

Ini Dia Rekomendasi Wisata Kota Langsa Paling Menarik yang Wajib Kamu Kunjungi!

Selain disebut sebagai serambi Mekah, provinsi Aceh juga menyimpan potensi wisata yang nggak kalah bagus dari wisata yang ada di provinsi lainnya. Nah di artikel kali ini kita akan mengupas khusus mengenai potensi wisata dari salah kota yang ada di Aceh yaitu kota Langsa. Langsa merupakan kota yang letaknya paling ujung di Pulau Sumatera. Jadi, tak heran jika wisata kota Langsa begitu banyak macamnya. Sayangnya, pemerintah belum melakukan pengembangan terhadap keberadaan  objek wisata kota Langsa sehingga masih banyak yang belum mengetahuinya. Nah jika kamu sedang berada atau hendak berkunjung ke Aceh, tidak akan rugi deh kalau mampir ke kota Langsa sebab ada beragam objek wisata yang menarik yang bisa kamu kunjungi bersama teman ataupun kelauarga. Apa saja objek wisatanya? Langsung saja baca ulasan berikut.

wisata hutan mangrove langsa
yuktraveling.com
  1. Wisata Hutan Mangrove Langsa

Destinasi wisata pertama yang akan kita bahas ialah Hutan Mangrove Langsa  yang letaknya berada di Kelurahan Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Langsa, Aceh. Hutan Mangrove yang ada di kota Langsa termasuk yang paling besar dan lengkap lho! Ada sekitar 38 jenis spesies pohon bakau yang tumbuh di tengah-tengah hutan. Maka dari itu, tempat ini dibangun sebagai upaya pemerintah untuk melestarikan hutan bakau. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini akhirnya dibuka untuk umum sebagai objek wisata kota Langsa. Di area Hutan Mangrove kamu akan menemukan sebuah jembatan  panjang yang memiliki panjang sekitar 8 hektar. Jembatan ini berada di tengah-tengah hutan. Dari jembatan-jembatan inilah kamu bisa menikmati keindahan alam hutan mangrove yang begitu hijau dan asri.

Air Terjun Terujak
steemit.com
  1. Air Terjun Terujak

Destinasi wisata selanjutnya ada Air Terjun Terujak yang berlokasi di Desa Terujuk, Kecamatan Sebajadi, Langsa, Aceh. Air Terjun Terujak letaknya berada di perbukitan sehingga ruter perjalanan menuju ke lokasi wisata lumayan sulit. Meki begitu,berkunjung kesini bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan deh! Kamu bakal melihat panorama alam yang begitu asri mulai dari pepohonan hijau, lumut-lumut hijau yang menghiasi batu-batuan, hingga kejernihan air yang mengalir deras di kolam air terjun. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar 1 meter saja sehingga aman untuk tempat berenang dan berendam. Nah yang menarik dari air terjun ini ialah terdapat sumber mata air panas yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi air terjun. Nah kalau masih ingin menikmati keindahan air terjun terujak lebih lama lagi, di dekat lokasi wisata terdapat sebuah penginapan sederhana yang nyaman digunakan sebagai tempat beristirahat. Yang kurang dari air terjun ini ialah fasilitasnya kurang lengkap sebab belum ada bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan wisata alam yang satu ini.

Baca Juga :  Sayang Banget Dilewatkan! 7 Tempat Wisata di Bireuen yang Menyimpan Keindahan Tersembunyi

 

Pantai Pasir Putih
ksmtour.com
  1. Pantai Pasir Putih

Destinasi wisata kota Langsa berikutnya ialah Pantai Pasir Putih. Keberadaan pantai ini memang belum diketahui banyak orang sehingga kelestarian alamnya masih sangat terjaga. Mesikipun belum dikenal banyak orang, Pantai Pasir Putih Langsa ini menyajikan keindahan alam yang tiada duanya lho! Pantai ini dihiasi hamparan pasir putih yang begitu halus, pepohonan bakau di pinggiran pantai, hingga ombak air laut yang begitu tenang sehingga membuat siapa saja betah berlama-lama di pantai cantik ini. Pantai Pasir Putih  bahkan disebut-sebut sebagai raja ampatnya kota Langsa lho! Sebab keindahan alamnya memang mirip dengan Pantai Raja Ampat yang ada di Papua.

 

Pantai Parek Langsa
negerikuindah.com
  1. Pantai Parek Langsa

Masih membahas mengenai wisata pantai Langsa, selain Pantai Pasir Putih terdapat Pantai Parek Langsa yang juga menghadirkan panorama pasir putih yang begitu halus dan cantik. Bedanya, di Pantai Parek Langsa ini kamu akan menemukan banyak batu karang sehingga menambah keindahan alam sekitar pantai. Biota laut seperti aneka ikan-ikan cantik bisa kamu temui disini. Wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas seru mulai dari berenang, snorkeling, hingga memancing. Keberadaan Pantai Parek Langsa ini berjarak 27 km dari pusat kota Langsa yang berlokasi di Kecamatan Sungai Raya, Kota Langsa, Aceh.

 

Gedung Balee Juang
fadlyrahman.wordpress.com
  1. Gedung Balee Juang

Tempat wisata di Langsa yang menarik untuk dikunjungi berikutnya ialah Gedung Balee Juang yang menjadi salah satu ikon dari kota Langsa. Gedung ini sebagai bukti dari bentuk perjuangan pahlawan Aceh dalam melawan para penjajah. Gedung ini sudah berumur tua sebab sudah dibangun pada tahun 1924 lalu. Gedung ini dibangun dengan konsep khas Eropa yang begitu eksotis dan juga unik. Keuinkannya itulah yang membuat gedung ini dijadikan sebagai museum sejarah. Penasaran dengan gedung bersejarah ini? Langsung saja mampir ke Gedung Balee Juang yang berlokasi di Kelurahan Gamping Jawa, Kecamatan Langsa, kota Langsa, Aceh. Untuk bisa masuk ke dalam gedung, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp10.000 per orangnya.

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi

 

Pelabuhan Kuala Langsa
steemkr.com
  1. Pelabuhan Kuala Langsa

Destinasi wisata kelima dari kota Langsa yang menarik untuk dikunjungi ialah Pelabuhan Kuala Langsa. Dikarenakan Langsa berada di pesisir Aceh, tak heran jika Langsa menjadi kota penghubung Aceh dengan kota dan Negara lain. Pelabuhan Kuala Langsa ini beoperasi hanya mengirimkan dan menerima barang-barang dari kota dan juga negara tetangga seperti  Singapura, Malaysia, Thailand, dan lain-lain. Dikarenakan kawasan pelabuhan memiliki pemandangan alam yang indah, tempat ini seringkali dikunjungi orang-orang dengan maksud untuk bersantai dan berjalan-jalan sambil menikmati panorama lautan yang indah dan kapal-kapal yang sedang berlalu lalang. Pelabuhan Kuala Langsa paling ramai dikunjungi pada pagi dan sore hari. Ada aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan disini yaitu berfoto-foto, memancing, dan berwisata kuliner di warung dan restoran yang ada di sekitar kawasan pelabuhan.

 

Taman Bambu Runcing
kelilingpesonawisata.travel.blog/
  1. Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing merupakan sebuah taman yang ditengahnya terdapat sebuah monument berbentuk bambu runcing yang dinamai Tugu Bambu Runcing. Monument tersebut dibangun pada 17 Agustus 1948 sebagai bukti sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan pasukan penjajah di Aceh. Selain terdapat monument bersejarah, di area taman ini terdapat sebuah Lukisan Plakat Bambu Runcing yang bertemakan kisah perjuangan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan. Taman Bambu Runcing ini biasa digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul. Fasilitas yang ada di taman ini juga lengkap mulai dari bangku-bangku taman, mushola, hingga layanan WiFi gratis. Lokasi taman ini ada di Jalan Ahmad Yani, Gampong Jawa, Langsa Kota, Aceh.

 

Hutan Lindung kota Langsa
brandalmetropolitan.blogspot.com/
  1. Hutan Lindung kota Langsa

Terakhir, kota Langsa punya wisata bernuansa hutan alam yang bernama Hutan Lindung kota Langsa. Total  luas lahan Hutan Lindungnyaitu sebesar 9 hektar yang kawasannya berada di perbukitan sehingga membuat suasananys teramat sejuk dan nyaman. Disana, kamu akan disuguhkan dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi.  Banyaknya pepohonan disini menjadikan tempat ini sebagai kawasan paru-paru kota Langsa. Wisata alam yang satu ini pas banget dijadikan destinasi liburan keluarga sebab disini disediakan wahana permainan untuk anak-anak dan dewasa. Aneka satwa juga bisa kamu jumpai disini mulai dari kera, rusa, buaya, burung, musang, landak, hingga ular. Fasilitas yang ada disini sudah cukup lengkap yaitu ada fasilitas outbond, gazebo,toilet, warung makan, area parkir, hingga rumah pohon yang cantik. Lokasi wisata alam ini terletak di Paya Bujok Seuleumak, Langsa Baro, Kota Langsam, Aceh.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kota langsa paling menarik yang wajib kamu kunjungi. Satu hal yang perlu diingat saat mengunjungi suatu objek wisata ialah tetaplah menjaga kelestarian tempat wisata tersebut dengan tidak merusak fasilitas dan membuang sampah sembarangan. Yuk bersama-sama menjaga kelestarian wisata tersebut! Semoga bermanfaat ya…

Check Also

Wisata Subang

Wisata Favorit Di Subang Yang Wajib Anda Kunjungi

Di Subang Jawa Barat Anda dapat menemukan banyak tempat wisata menarik yang sayang jika anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *