Home / Aceh / Sayang Banget Dilewatkan! 7 Tempat Wisata di Bireuen yang Menyimpan Keindahan Tersembunyi
Pantai Kuala Raja 2
backpackerjakarta.com

Sayang Banget Dilewatkan! 7 Tempat Wisata di Bireuen yang Menyimpan Keindahan Tersembunyi

Membahas mengenai wisata Aceh memang tidak akan ada habisnya karena Aceh memang menyimpan wisata yang beranekaragam, contohnya saja Kabupaten Bireuen. Kabupaten Bireuen merupakan kota otonom yang dulunya merupakan bagian dari provinsi Aceh Utara. Meskipun sudah menjadi kota otonom, Kabupaten Bireuen memliki potensi wisata yang menarik lho! Nah pada artikel kali ini kita akan mengupas perihal  tempat wisata di Bireuen. Penasaran  wisata apa saja yang ada di Bireuen?  Biar nggak lebih penasaran lagi, yuk simak penjelasan berikut ini.

 

Pantai Kuala Raja
wartawisata.id
  1. Pantai Kuala Raja

Pantai Kuala Raja merupakan pantai cantik yang berlokasi di Desa Kuala raja, Kecamatan Kuala, Bireuen, provinsi Aceh. Selain menikmati keindahan pantai, fasilitas disini sudah sangat lengkap mulai dari mushola, toilet, lahan parkir, dan warung-warung makan. Uniknya lagi, di pantai ini juga terdapat wahana bermain anak-anak lho! Tak perlu takut kepanasan, karena di sekitar pantai disediakan banyak gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk tempat berteduh dan bersantai. Nah bagi kamu yang suka menjelajah, kamu bisa menyewa perahu karet untuk mengililingi Pantai Kuala Raja. Di malam hari, kamu masih bisa berkunjung ke pantai ini khususnya untuk melihat penyu-penyu yang bertelur.

Ulee Kareung
koperansel.com
  1. Ulee Kareung

Ulle Kareung sebenarnya ialah nama  desa yang terletak di pinggiran laut. Nah yang menjadi tujuan para wisatawan yaitu lautnya. Desa Ulee Kareung dikenal akan pantainya yang masih begitu alami sehingga belum begitu tercemar. Maka dari itu, belum banyak orang yang mengetahui cantiknya pantai ini. Suara dan pesona ombak dari pantai Ulee Kareung bisa kamu nikmati dengan santai di pinggi pantai. Kecantikan pantai ini akan semakin terasa saat hari mulai senja dimana kamu bisa melihat pemandangan eksotis dari terbenamnya matahari sambil ditenami dengan secangkir kopi Aceh.

 

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu! 5 Tempat Wisata Aceh Tamiang Paling Menarik yang Harus Kamu Kunjungi
Air Terjun Samalanga
youtube.com
  1. Air Terjun Samalanga

Selain pantai, Bireuen juga memiliki wisata air terjun yang terkenal akan keeksotisannya. Nah Air Terjun Samalanga menjadi salah satu wisata Bireuen yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Aceh. Nah untuk bisa menikmati langsung keindahan air terjun, kamu harus melewati perjalanan panjang melalui hutan di perbukitan Desa Alue di Kecamatan Samalanga, Biruen, Aceh. Dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk bisa sampai di lokasi wisata. Meskipun begitu, lelahnya perjalanan akan segera tergantikan begitu kamu sampai di lokasi Air Terjun Samalanga. Yang unik dari air terjun ini ialah bentuknya miring dan memiliki empat tingkat. Kesegarana air bisa langsung terasa begitu kamu menceburkan diri ke kolam air terjun.

Air Terjun Ceuraceu
phinemo.com
  1. Air Terjun Ceuraceu

Tak kalah indah dari air terjun yang sudah kita bahas sebelumnya, Air terjun Ceuraceu memiliki keunikan yaitu terdapat 7 tingkatan air terjun dari tingkatan yang paling rendah hingga tingkatan yang paling tinggi. Dan yang lebih menariknya lagi, di setiap bawah tingkatan air terjun juga memiliki sebuah kolam yang dialiri air. Air yang mengalir sangatlah jernih dan menyegarkan sehingga bisa membuat tubuhmu menjadi lebih fit dan segar kembali. Lokasi Air terjun Ceuraceu berada di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Aceh yang bisa dicapai dengan jarak 8 km dari pusat kota Bireuen.

  1. Pemandian Batte Iliek

Pantai dan air terjun sudah dibahas  sebelumnya. Selanjutnya Bireuen juga punya pemandian alami yang menjadi tujuan favorit para wisatawan. Pemandian bernuansa alam ini bernama Batte Iliek. Disebut sebagai pemandian bernuansa alam sebab pemandian ini sejak awal sudah dikelilingi dengan pemandangan hijau dan aneka bebatuan. Pengunjung yang datang biasanya menyewa ban karet untuk berenang mengelilingi area pemandian ataupun hanya sekedar basah-basahan saja . Untuk lokasi, Pemandian Batte IIiek  berada dekat dengan Air Terjun Samalanga tepatnya ada di gampong Batte IIiek, Kecamatan Samalanga(dekat dengan perbatasan Kabupaten Pidie Jaya), Bireuen, Aceh.

Krueng Simpo
https://steempeak.com/indonesia/@muzammil

 

Baca Juga :  Sedang Berada Di Aceh? Yuk Mampir ke 7 Tempat Wisata di Aceh Utara yang Menyimpan Keindahan Luar Biasa
  1. Krueng Simpo

Krueng Simpo merupakan wisata alam yang biasa disebut dengan Sungai Simpo. Disini kamu bisa berenang, mandi, atau sekedar bermain air. Wisata ini juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Lokasi wisata juga dilengkapi pemandangan hijau yang begitu mempesona dan menyejukan. Untuk fasilitas, tak perlu khawatir sebab fasilitas disini sudah lumayan lengkap mulai dari kamar mandi, waung makan, sampai pedagang makanan dan minuman. Krueng Simpo berlokasi di Jalan Negara Bireuen-Takengon tepatnya di km 18 dari arah selatam kota Bireuen.

Rumah Teungku Chik
wasatha.com
  1. Rumah Teungku Chik

Rumah Teungku Chik merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Bireuen. Rumah ini merupakan peninggalan dari seorang ulama yang terkenal di Bireuen yaitu bernama Teungku Chik Abdurrahim. Uniknya, rumah ini diperkirakan sudah berumur kurang lebih 500 tahun tepatnya sejak abad ke-13. Di bagian luar dan dalam rumah kamu bisa mellihat langsung ornament-ornamen tua, dan aneka barang antik.

Itulah 7 tempat wisata di Bireuen yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Bireuen Aceh.  Semoga 7 tempat wisata diatas bisa menjadi referensi destinasi liburanmu selanjutnya!

Check Also

pantai manado 1

Pantai Di Sulawesi Utara Yang Memiliki Pesona Keindahan

Kebanyakan  orang  dan  jika  membahas  tentang liburan  mereka  akan  dominan  memilih  pantai  sebagai objek   wisata   …