Home / Jawa Timur / Serunya Mengunjungi Alun-alun Kota di Jawa Timur Pada Malam Hari
Serunya Mengunjungi Alun alun Kota di Jawa Timur Pada Malam Hari

Serunya Mengunjungi Alun-alun Kota di Jawa Timur Pada Malam Hari

Bondowoso merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Timur yang menyimpan banyak objek wisata murah meriah. Salah satu objek wisata meriah yang diminati banyak orang ialah Alun-alun Bondowoso. Wisata murah yang satu ini sangat cocok sebagai tempat berkumpulnya keluarga dan teman-teman. Kawasan alun-alun ini terbilang sangat asri, bersih, dan  indah sehingga berbeda dengan alun-alun kota pada umunya.

Terlebih suasana Alun alun Bondowoso malam hari  bertambah indah dan romantis dengan adanya lampu warna-warni yang berada di hampir semua tempat di alun-alun. Setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.  Apalagi pada saat hari libur, ada banyak orang yang memenuhi tempat ini untuk kumpul-kumpul bersama keluarga, teman-teman, atau bahkan pacar. Nah yang unik dari Alun-alun Bondowoso ini ialah terdapat sebuah monument pahlawan yang bertuliskan “Monumen Cerbong Maut” yang letaknya ada di kawasan alun-alun.  Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai Alun alun Bondowoso, yaitu sebagai berikut.

Fasilitas yang Terdapat di  Kawasan Alun-Alun Bondowoso

Sebelum berkunjung ke suatu tepatnya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja fasilitas yang tersedia di tempat tersebut. Jika kamu pernah berkunjung ke Alun alun kota batu malang jawa timur, pasti kamu sudah mengetahui fasilitas yang tersedia disana begitu nyaman dan lengkap. Nah sama halnya dengan Alun-alun Bondowoso  yang juga menyediakan fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari toilet umum, lapangan basket, air mancur, area parkir yang luas, dan masjid.  Semua fasilitas tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

ika kamu sudah merasa lapar, kamu bisa mampir ke rumah makan yang berada di kawasan alun-alun. Oh iya di sebelah barat Alun-alun Bondowoso kamu bisa menemukan aneka penjual yang menjajakan makanan dan camilan khas Bondowoso. Makanan yang dijajakan disini dijual dengan harga yan relatif murah sehingga tidak menguras kantong. Bagi kamu yang penasaran dengan apa saja makanan khas Bondowoso, kamu bisa langsung datang kesini ya! Oh iya di kawasan Alun-alun Bondowoso juga tersedia wahana permainan khsusus anak-anak, seperti rumah balon,  biang lala mini, kapal terbang, perahu mini di kolam kecil, motor mini, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Farmhouse Susu Lembang, Objek Wisata Dengan Sejuta Pesona!

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Alun-Alun Bondowoso

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Alun-alun Bondowoso selalu dipadati pengunjung baik anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakuakn disini, seperti jogging mengitari area alun-alun, duduk santai  di gazebo yang sudah disediakan, serta berfoto di spot-spot foto kekinian. Nah yang perlu kamu ketahui dari Alun-alun Bondowoso ini ialah terdapat spot-spot fotonya yang hits dan kekinian. Khususnya pada malam hari, di sepanjang kawasan alun-alun kamu bisa mengambil beberapa foto dengan latar pemandangan yang indah pada malam hari. Pemandangan malam hari di kawasan Alun-alun Bondowoso  ini memang terkenal cantik, malah dibilang mirip dengan pemandangan Alun alun Jombang malam hari. Disini kamu bisa berfoto dan berselfi bareng keluarga, teman-teman, ataupun pacar dengan latar belakang lampu-lampu yang cantik. Dijamin hasil jepretannya bakal keren dan kekinian deh!

Lokasi dan Akses Perjalanan Menuju Alun-Alun Bondowoso

Lokasi Alun-alun Bondowoso  berada di Kauman, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Bagi kamu yang tidak hapal jalan yang ada di kota Bondowoso namun ingin tetap pergi ke Alun-alun Bondowoso, tak perlu cemas karena kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. Secara jelasnya, kamu hanya perlu melewati  jalan utama yaitu Jalan Raya Pakistan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit kalau tidak macet. Sedangkan kalau macet, akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Untuk menghindari terjadinya kemacetan, sebaiknya periksa dulu kondisi lalu lintas yang bisa diakses di aplikasi Google Maps.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Alun-Alun Bondowoso

Untuk bisa masuk ke lokasi alun-alun, pengunjung tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Jadi kamu hanya perlu mengeluarkan uang jika ingin menikmati wahana permainan ataupun makan. Untuk jam operasional, Alun-alun Bondowoso buka selama 24 jam alias tidak pernah tutup. Hanya saja waktu terbaik berkunjung yaitu pada sore dan malam hari.

Nah bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Alun-alun Bondowoso? Pokoknya wisata yang satu ini cocok banget deh untuk semua kalangan umur! Ada satu hal yang perlu kamu ingat ketika berkunjung ke Alun-alun Bondowoso, yaitu tetaplah menjaga kebersihan lingkungan alun-alun dengan tidak membuang sampah. Dengan begitu, lingkungan alun-alun pun akan tetap bersih sehingga kamu merasa nyaman saat berada disana.  Sekian dulu pembahasan destinasi wisata kali ini, semoga bermanfaat dan semoga liburanmu menyenangkan ya!

Check Also

panorama wisata Jogja

Wisata Jogja Ala Eropa Ini Terbilang Baru, Tetapi Langsung Hits

Jogjakarta,  sebuah  provinsi  yang  memiliki  banyak  sekali  objek  wisata  yang  terus  bermunculan.  Banyak sekali  para  …