pesona Papua
1.bp.blogspot.com

Souvenir Khas Papua Yang Wajib Dibawa Pulang

Keanekaragaman yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, membuat Indonesia memiliki nama di mata dunia dalam bidang pariwisata. Dari Sabang sampai Merauke memiliki keberagaman budaya dengan panorama keindahan alam yang berbeda beda namun tetap menkajubkan, dengan ciri khas masing masing daerah sehingga sangat menarik untuk di ulas. Termasuk sovenir yang juga menjadi sesuatu yang wajib di bawa pulang sebagai oleh oleh, dan Papua juga memiliki hal tersebut. Papua sebagai salah satu propinsi yang juga kaya akan pesona alamnya, memiliki souvenir  yang  dapat  dijadikan  oleh  oleh  untuk  keluarga  atau  teman  terdekatmu.  Berikut  ini  adalah rangkuman  dari  beberapa  souvenir  yang  bisa  kamu  bawa  pulang  dari  propinsi  yang  terletak  di  ujung Indonesia ini.

 

Alat Musik Tifa
3.bp.blogspot.com

1. Alat Musik Tifa

Tifa adalah sebuah alat musik yang menjadi ciri khas Papua, dan souvenir yang satu ini jangan sampai tidak dibeli  sebagai  oleh  oleh.  Tifa  adalah  sebuah  alat  musik  yang  terbuat  dari kulit  pada  bagian  atasnya terdapat  ukiran  kayu  di  bawahnya.  Bentuk  dari  alat  musik  khas  Papua  ini  sangat  unik  dan  memiliki beragam bentuk.

Untuk mendapatkan souvenir ini, kamu bisa membelinya di pasar Hamadi Jayapura dengan varian harga yang beragam. Alat musik ini bisa dijadikan hiasan di lemari, atau bisa juga di gantung pada dinding, atau ada juga miniaturnya yang biasa di gunakan sebagai gantungan kunci.

 

Tas Noken
phinemo.com

2. Tas Noken

Di Papua terdapat sebuah tas yang bukan sembarang tas yang dijadikan souvenir khas Papua. Tas Noken ini telah di akui UNESCO sebagai warisan budaya dunia, karena ada beberapa makna yang tersirat di balik tas tradisional Papua ini. Berikut ini ulasaanya,

-Berbahan alami yang menggunakannya dengan diletakkan di atas kepala

Noken  adalah tas  asli  dari Papua  yang  berbahan dasar  serat  kulit  kayu.  Biasanya tas  digunakan  dengan cara  meletakkan  di  pundak,  namun  tidak  dengan  noken  yang  cara  menggunakannya  dengan  cara meletakkannya  di atas  kepala.  Cara  yang  tak biasa inilah yang  menjadikan  alasan  UNESCO menetapkan Noken sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Keunikkan lain tas noken ini adalah hanya orang Papua saja yang boleh membuat tas unik ini. Tas ini sudah menjadi   bagian   dari   keseharian   masyarakat   Papua,   terbukti   dari   250   suku   yang   ada   di   Papua menggunakan noken untuk aktivitas sehari hari seperti membawa hasil pertanian yang berupa sayuran, umbi umbian dan lain lain.

-Filosofi tas noken

Ada  makna  lain  yang  terkandung  di  balik  tas  noken,  tas  buatan  para  mama  Papua  ini  adalah  simbol kehidupan yang baik, perdamaian dan kesuburan bagi masyarakat Papua. Dulu, tas noken juga menjadi lambang  kedewasaan  seorang  perempuan.  Menurut  mereka,  jika  seorang  wanita  tidak  bisa  membuat noken maka,wanita tersebut di anggapa belum dewasa. Noken juga menjadi syarat untuk wanita yang belum menikah, jika belum bisa membuat noken maka tidak bisa menikah. Karena zaman yang semakin maju, kini banyak wanita yang tak bisa membuat noken.

Tas Noken2
oriflameid.com

-Tas serbaguna

Tas noken memiliki ukuran yang bervariasi, dimana ukuran paing besar digunakan untuk mengangkat hasil pertanian atau kayu bakar. Ukuran sedang digunakan untuk membawa perlengkapan sekolah, bahkan tas ini bisa mengengkat seorang anak. Saat  pilkada, terkadang  tasini juga digunakan sebagai  kotak suara dengan tehnik  yang  cukup  unik  dan Mahakamah Konstitusi mengsahkan sistem noken dalam pemilu.

 

Batik
s0.bukalapak.com

3. Batik

Papua  juga  memiliki  kain  batik  dengan  corak  yang  sangat  unik.  Batik  Papua  memiliki  kualitas dan keunikkan yang sudah populer. Batik Papua memiliki karakteristik yang hampir sama dengan batik batik lainnya  yang  ada  di  Indonesia,  perbedaannya  terletak  pada  motif  dan  kombinasi  warnanya.  Serta  bila biasanya motif batik dibuat simetris, di Papua dibuat dalam bentuk asimetris. Karakteristik batik Papua dapat di gambarkan sebagai berikut,

-Motif berwarna terang seperti kuning, merah atau hijau.

-Paduan warna cerah dengan motif etnik membuat batik Papua terlihat eksotis.

-Motif batik Papua banyak menampilkan unsur alam danpeninggalan arkeologi yang ada di papua.

-Selain melambangkan budaya masayarakat papua, juga menjadi lambang sejarah dan arkeolog.

-Siapapun yang mengenakan kain batik Papua akan terlihat anggun dan menarik.

-Terjadi penambahan corak khas Papua untuk mengikuti perkembangan pasar.

Motif batik Papua juga ada beragam corak seperti berikut ini,

motif asmat
bergaya.id

-motif asmat

motif kamoro
infobatik.id

-motif kamoro

motif prada
bergaya.id

-motif prada

motif cendrawasih
bergaya.id

-motif cendrawasih

motif sentani Papua
bergaya.id

-motif sentani Papua

motif tifa honai
beritapapua.id

-motif tifa honai

Bahan batik yang digunakan cukup beragam, namun alasan cuacapanas yang ada di Papua membuat batik dibuat dengan bahan katun ataupun santung. Namun apapun bahan yang dipakai untuk membuat batik Papua, saat dikenakan tidak akan kehilangan keanggunan.

Baca Juga :  Farmhouse Susu Lembang, Objek Wisata Dengan Sejuta Pesona!

 

Patung Suku Asmat
cf.shopee.co.id

4. Patung Suku Asmat

Papua  juga  terkenal  dengan  seni  ukir  yang  sangat  eksotis.  Beragam  patung  ukiran  suku  Asmat  menjadi nilai  seni  suku  ini,  bagi  mereka  patung  bukanlah  sekedar benda  bernilai  seni namun  juga  menjadi penghubung mereka dengan nenek moyang mereka, salah satunya adalah patung mbis. Patung  mbis  dibuat  sebagi lambang  nenek  moyang  mereka,  karena  kepercayaan  mereka  orang  yang sudah  meninggal  dapat  ditemukan  kembali  dalam  bentuk  patung  mbis  yang  dinamakan  sesuai  dengan orang yang sudah meninggal.

Hanya orang orang tertentu saja yang dibuatkan patung mbis, tidak semua orang meninggal. Patung terbuat dari kayu bakau yang dilumuri cairan merah yang bahannya pun terbuat dari pohon bakau. Menurut suku Asmat, batang pohon bakau adalah perwujudan nenek moyang mereka, dan cairan merah yang dioleskan ke batang pohon bakau menggambarkan darahnya. Jenis patung lain suku Asmat adalah kewenak, patung tunggal dan patung rangkap yang dibuat dari batang pohon bakau.

Namun  untuk  patung  tunggal  dan  rangkap  tidak  membutuhkan  upaca  untuk  membuatnya,  berbeda dengan    patung  mbis  yang  harus  melalui  upaca  untuk  membuatnya.  Untuk  membuatnya,  suku  Asmat masih menggunakan peralatan yang masih sederhana seperti kapak batu, pisau yang terbuat dari tulang, dan  paku  yang  sudah  dipipihkan.  Namun  itu  semua  tidak  mengurangi  nilai  estetis  yang  terkandung  di dalam patung tersebut.

 

Topeng
i.pinimg.com

5. Topeng

Selain patung asmat, topeng juga menjadi souvenir yang wajib kamu bawa sebagai  oleh oleh. Terdapat filosofi  yang  sangat  jelas  yang  dapat  menilai  orang  dan  kebudayaan  Papua.  Sangat  mudah untuk  bisa mendapatkan topeng ini yaitu dengan mengunjungi toko toko souvenir yang ada di Papua. Harga topeng khas dari Papua di bandrol sekitar Rp 300.000 hingga jutaan rupiah. Namun untuk nilai seni yang kental dengan sentuhan budaya timur Indonesia, tak sebanding dengan harga yang ditawarkan.

 

Kerajinan Kulit Kayu
beritapapua.id

6. Kerajinan Kulit Kayu

Kerajinan kulit kayu adalah kerajinan asli dari Papua yang di hasilkan oleh warga masyarakat Asei. Awalnya lukisan  kulit  ini  adalah  tradisi  yang  diturunkan  secara  turun  temurun  yang  tak  sembarang  orang  bisa membuatnya.  Awanya  lukisan  kayu  dibuat  sebagai  simbol  dan  peringatan  segala  sesuatu  tentang kehidupan kampung tersebut. Sebagai   contoh   lukisan   ikan   yang   menyimbolkan   bahan   makanan   utama,   lukisan   karang   yang menyimbolkan  perlindungan  bagi  leluhur  Asei  atau  lukisan  tombak  dan  kail  yang  menyimbolkan  mata pencaharian  warga  Asei  sebagai  nelayan.

Namun  semakin  pesatnya  perkembangan  zaman,  perlahan tradisi bergeser menjadi sebuah kesenian dengan nilai yang cukup tinggi. Sekarang hampir semua warga Asei bisa melukis di kulit kayu dengan berbagai motif yang sudah semakin beragam  karena  di  modifikasi  seperti  tifa,  atau  burung  cendrawasih.  Namun  bagi  warga  Asei,  kualitas keaslian dan nilai otentik dari lukisan sebagai ciri khas mereka tetap di nomor satukan.Warna adalah salah satukeaslian  yang  dipertahankan,  dan  warna  yang  digunakan  saat  ini  tidak  hanya  terbatas  dari  bahan alami seperti warna hitam yang di dapat dari warna cat rambut, merah dari pewarna pakaian, dan putih dari kapur.

Kerajinan Kulit Kayu2
i.ytimg.com

Keunikkan  lukisan  kulit  kayu  ini  adalah  cara  mereka  melukis  menggunakan  batang  tunas  kelapa  yang masih muda. Menurut mereka, menggunakan batang tunas kelapa ini berpengaruh pada guratan lukisan. Alhasil kini lukisan kulit kayu yang dibuat oleh warga Asei telah dikenal hingga ke mancanegara. Harga per lukisan bervariasimulai dari Rp 5000 hingga Rp 50.000, tergantung dari ukuran lukisan.

 

7. Mutiara

Mutiara menjadi ikon dari propinsi Papua, oleh karena itu mutiara menjadi souvenir yang wajib di bawa pulang.  Di  wilayah  timur  Indonesia  memang  terkenal dengan  budidaya  kerang  dengankualitas  mutiara yang berkualitas  tinggi. Jangan sampai ketinggalan  membawa mutiara khas Papua, selain bernilai tinggi tentu mutiara ini bisa dijadikan perhiasan.

Baca Juga :  Wisata Belanja Murah Di Bandung Dengan Harga Miring

 

Sarang Semut
image.cermati.com

8. Sarang Semut

Sarang semut adalah tanaman langka yang hanya bisa di temukan di Papua. Sarang semut adalah tanaman yang  bisa di jadikan  obat  untuk  menyembuhkan penyakit  kronis. Tanaman ini  bisa  di  jadikan  obat  atau jamu untuk mengobati suatu penyakit.

 

Ukiran Kayu
i1.wp.com

9. Ukiran Kayu

Suku  Asmat  memiliki  kualitas ukiran  kayu  yang  baik,  motif  dengan  kerumitan  tingkat  tinggi  membuat nilainya pun sangat tinggi. Suku Asmat dikenal sebagai pemahat kayu dengan hasil pahatan yang sudah populer  hingga  ke  mancanegara.  Dengan  kerumitan  ukiran  kayunya  dan  model  pahatan  yang  bernilai tinggi menjadi ciri khasnya yang mampu menarik wisatawan mancanegara.

Sama halnya ukiran kulit kayu, ukiran kayu juga dibuat dengan menggunakan peralatan tradisional. Untuk menghaluskan  ukiran,  biasanya  mereka  menggunakan  taring  babi,  gigi  ikan  atau  tiram.  Meskipun peralatan terbilang tradisional, namun tidak mempengaruhi kualitas hasil ukiran kayu yang antik, khas dan elegan.Ukiran kayu lebih sering mengukir wajah nenek moyang, namun jika kamu menginginkan ukiran lain, kamu bisa memintanya untuk membuatkan gambar lainseperti perahu atau binatang.

Untuk mewarnai ukiran tidak main maian karena  menurut  mereka  setiap warna memiliki  artitersendiri, dan  warna yang  sering digunakan adalah merah, hitam dan putih. Kamu dapat dengan mudah menemukan souvenir yang satu ini, karena di setiap tempat wisata telah ada yangmenjualnya.

 

Tshirt Motif Papua
s.blanja.com

10. Tshirt Motif Papua

Sama  seperti  kota  kota  lainnya,  Papuajuga  memiliki  kaos  khas  Papua  yang  cocok  dijadikan  oleh  oleh dengan motif yang unik. Siapa saja bisa menggunakannya, dari anak anak hingga dewasa. Hampir semua toko dan pasar souvenir menjual kaos ini dengan harga yang relatif murah. Dibandrol dari harga Rp 50.000 hingga ratusan ribu.

 

Itulah  souvenir  yang  khas  dari  Papua  yang  bisa  jadi  buah  tangan  untuk  orang  orang  terkasih.selamat berbelanja!

Check Also

candi borobudur candi termegah di indonesia bahkan dunia

Pesona Borobudur Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Berpergian itu memang menyenangkan, apabila bersama keluarga besar atau bersama komunitas terasa lebih seru dan …