Home / Nusa Tenggara Barat / Membongkar Pesona Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Di Provinsi Nusa Tenggara Barat
Membongkar 2BPesona 2BKeindahan 2BTaman 2BNasional 2BGunung 2BRinjani 2BDi 2BProvinsi 2BNusa 2BTenggara 2BBarat

Membongkar Pesona Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Di Provinsi Nusa Tenggara Barat


Bagi orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah salah satu situs taman nasional yang berada di Indonesia tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Banyak sekali para pendaki yang ingin mengunjungi Gunung Rinjani untuk menikmati keindahan alam gunung tersebut, tidak hanya itu Gunung Rinjani juga memiliki banyak satwa serta spot-spot wisata yang beragam.
Bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, tidak ada salahnya untuk memasukkan Gunung Rinjani sebagai salah satu destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Tetapi, sebelum itu terdapat beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang gunung tersebut. Berikut beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang Gunung Rinjani.
Lokasi dan rute Gunung Rinjani
Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi nomor 2 di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut.
Lokasi Gunung Rinjani terletak di Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Bagi para pengunjung yang ingin melakukan pendakian di gunung ini terdapat beberapa jalur yang bisa kamu pilih, yaitu:
1. Pendakian Gunung Rinjani Jalur Torean
Untuk pendakian melalu jalur Torean sebenarnya tidak disarankan oleh pihak Balai Besar Gunung Rinjani kecuali bagi masyarakat yang sudah tau betul mengenai seluk beluk jalanan tersebut. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin menggunakan jalur ini, maka kamu harus mendapatkan izin khusus terlebih dahulu.

2. Pendakian Gunung Rinjani Jalur Sembalun
Bagi kamu yang ingin melakukan pendakian menggunakan Jalur Sembalun, sebaiknya hindari melakukan pendakian melalui jalur ini setiap hari Jumat pagi, keputusan ini diambil atas permintaan masyarakat dan diperkuat degan adanya Pengumuman Nomor PG.782/T.39/TU/KSA/6/2019.
3. Pendakian Gunung Rinjani Jalur Senaru
Jalur Senaru merupakan jalur yang paling banyak digunakan oleh para pendaki. Banyak para pendaki yang memutuskan untuk mendaki menggunakan Jalur Senalur kemudian turun melalui Jalur Sembalun atau sebaliknya.
Harga Tiket Masuk Gunung Rinjani
Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Rinjani para pengunjung diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang per hari jika hari biasa dan Rp. 7.500 per orang per hari pada hari libur.
Sedangkan untuk wisatawan asing diharuskan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 150.000 per orang per hari jika hari biasa dan Rp. 250.000 per orang per hari pada hari libur.
Spot Wisata Menarik di Taman Nasional Gunung Rinjani

Di Taman Nasional Gunung Rinjani, para pengunjung dapat mengunjungi berbagai macam spot wisata yang tersedia dalam satu kali perjalanan. Berikut beberapa spot wisata menarik yang berada di Taman Nasional Gunung Rinjani.


1. Pemandian Air Panas Sebau
Pemandian Air Panas Sebau merupakan pemandian air panas yang sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Pemandian air panas ini terletak di wilayah utara kaki Gunung Rinjani tepatnya di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Air panas Sebau muncul sebagai manifestasi adanya potensi panas bumi yang merekah dan mengarah ke lokasi tersebut. Sumber panas bumi tersebut berada di sekitar Kaldera Tua Sembalun.
Untuk memasuki wisata Pemandian Air Panas Sebau, para pengunjung harus membayar biaya tiket sebesar Rp. 10.000 dan biaya parkir Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat.


2. Puncak Gunung Rinjani
Setelah melakukan perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani, para wisatawan akan dihadapkan dengan pemandangan alam puncak Rinjani yang sangat mempesona.
Dari puncak Gunung Rinjani, wisatawan dapat melihat pemandangan dari kota Lombok, Bali bahkan Sumba. Melihat kota-kota tersebut dari ketinggian disertai dengan hembusan angin yang sangat menyejukkan tentunya akan membuat siapa saja merasa betah dan nyaman sehingga ingin mengunjungi tempat ini secara terus menerus serta membuat setiap mata yang melihatnya terpanah akan keindahannya.


3. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak akan terlihat apabila anda sudah berada di Puncak Gunung Rinjani.
Terdapat banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di sekitara Danau Segara Anak, seperti berkemah, berleha-leha atau beristirahat di pinggiran danau, selain itu kamu juga dapat memancing ikan di sekitaran danau tersebut.
Kamu juga bisa menemukan beberapa sumber air panas dengan berbagai macam suhu, kamu juga bisa berendam di air panas tersebut. Terdapat kepercayaan suku Sasak yang mengatakan bahwa air panas di danau tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.


4. Air Terjun Sendang Gile
Apabila kamu melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, tentunya kamu akan lebih dulu menemukan Air Terjun Sendang Gile ini. Air terjun ini memiliki sumber air yang berasal dari Danau Segara Anak yang berada di sekitar lokasi Gunung Rinjani.
Air terjun Sendang Gile memiliki ketinggian kurang lebih 600 meter diatas permukaan laut, sedangkan untuk kedalamannya mencapai 31 meter dari dasar sungai.
Air Terjun Sendang Gile berlokasi di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000/orang.


5. Padang Savana Sembalun Lawang
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Sembalun merupakan salah satu rute jalur pendakian Gunung Rinjani.
Bagi para pendaki yang melakukan pendakian melalui Sembalun, tentunya akan menyaksikan keindahan Padang Savana Sembalun Lawang karena padang savana ini merupakan titik awal para pendaki untuk memulai pendakian.
Padang Savana memiliki panjang kurang lebih 6 kilometer perjalanan yang didominasi oleh rerumputan yang menjulang tinggi dengan ketinggian mencapai 1-1,5 meter.


6. Gunung Batu Jari
Gunung Batu Jari merupakan gunung baru yang terletak di Kaldera sebelah timur kawasan wisata. Gunung ini disebut-sebut sebagai anak dari Gunung Rinjani yang terbentuk pada tahun 1944 dengan panjang kawah mencapai 200 meter dan lebarnya 170 meter, sedangkan ketinggiannya mencapai 2.296-2.376 meter diatas permukaan laut.
Gunung Batu Jari merupakan gunung yang memiliki status aktif dan sempat dikabarkan beberapa kali meletus. Walaupun begitu, tetap banyak pengunjung yang berdatangan untuk menikmati keindahan gunung tersebut serja menikmati kejernihan dan birunya air dari Danau Segara Anak.
Rekomendasi barang yang perlu dibawa saat melakukan pendakian Gunung      Rinjani
Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, terdapat beberapa barang yang seharusnya kamu bawa saat ingin mengunjungin objek wisata tersebut, seperti:
1. Sunblock
2. Pakaian hangat
3. Pakaian cadangan
4. Kamera
5. Peralatan mandi
6. Peralatan ibadah
7. Kaos kaki tebal dan sarung tangan
8. Obat-obatan pribadi
9. Makanan dan minuman
10. Kacamata hitam
Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan menuju Gunung Rinjani. Jika kamu tidak memiliki pengalaman dalam bidang pendakian, sebaiknya kamu bergabung dengan para penyedia jasa pendakian objek wisata Gunung Rinjani. Tentunya ini untuk menjaga keamanan serta keselamatan anda, selain itu juga anda akan lebih banyak mengetahui berbagai macam cerita dari wilayah tersebut dari mereka.

Check Also

wisata Dieng Wonosobo

8 Destinasi Wisata Terbaru di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah yang Sayang Kalau Dilewatkan!

Destinasi  wisata  terbaru  di  Dieng,  Wonosobo  Jawa  Tengah tentunya  menjadi  suatu  hal yang  menarik untuk  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *