Belajar Sambil Bermain Hanya Ada Di Taman Pintar Yogyakarta

Belajar Sambil Bermain Hanya Ada Di Taman Pintar Yogyakarta

Libur panjang tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan terutama untuk anak-anak, namun terkadang ada hal yang ditakutkan oleh para orang tua, yaitu ketakutan anak yang lupa dengan pelajaran di sekolah, bahkan hingga anak-anak tak mau belajar atau malas karena mereka lebih memilih bermain atau pergi berlibur ke tempat wisata. Hal itu tentu akan menimbulkan rasa khawatir untuk orang tua jika sudah waktunya untuk bersekolah lagi, anak anda tak lagi mengingat tentang semua pelajaran yang pernah diajarkan di sekolah. Semua orang tua pasti akan memutar otak untuk mencari solusi mengatasi masalah tersebut.

Berlibur memang menjadi menyenangkan mengunjungi tempat wisata, namun tempat wisata tak harus permainan atau wahana bermain, anda bisa mencoba mengajak putra-putri Anda untuk mengunjungi wisata edukasi, salah satunya adalah taman pintar Yogyakarta. Taman Pintar Yogyakarta juga dapat menjadi solusi untuk anak – anak yang terlalu asyik menikmati liburannya hanya dengan bermain.

Di kota lain seperti Bandung, Surabaya, Solo dan Jakarta juga memiliki taman pintar, namun Taman Pintar yang ada di Jogja ini berbeda dengan taman pintar yang ada di kota-kota tersebut. Taman  yang ada di Jogja adalah taman pintar yang memadukan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana edukasi dalam satu lokasi. Jadi tak heran jika Taman Pintar Yogyakarta juga memiliki arena bermain dan juga sarana belajar, dan semua itu terbagi dalam beberapa zona berbeda. Dengan adanya pembagian zona tersebut, para pengunjung bisa tahu dan memilih tempat mana yang akan dituju.

 

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Sejarah Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta menjadi salah satu wahana bermain dan juga sarana edukasi yang memang dikhususkan untuk anak-anak. Pemerintah sengaja mendirikan Taman Pintar Yogyakarta yang menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa, tentu akan mendukung kurikulum pendidikan serta merangsang anak-anak untuk terus mencintai ilmu sains terutama bagi generasi muda. Tempat wisata edukasi ini juga menyediakan berbagai wahana permainan, sehingga anak-anak ini juga akan mendapatkan edukasi secara tidak langsung. Di Taman Pintar ini dapat dinikmati oleh siapapun, dari seluruh golongan anak-anak, mulai yang belum sekolah hingga yang sudah mengenyam pendidikan. Hal ini karena Taman Pintar dapat memberikan pelajaran mengenai ilmu sains di sekolah dengan Pengamatan yang dilakukan secara langsung.

Pengamatan yang dilakukan memang sederhana namun  Taman Pintar Jogja menjadi laboratorium  di balik rekreasi, sehingga pengunjung terutama anak-anak tidak akan merasa jenuh. Awalnya bangunan taman pintar adalah bekas pusat perbelanjaan hingga pemerintah setempat berinisiatif dengan melakukan relokasi area diawali tahun 2004 dalam beberapa tahap pembangunan.

Tahap pertama diawali dengan pembangunan playground dan gedung PAUD Barat dan Timur dan berhasil dirampungkan pada tanggal 20 Mei 2006, langsung dilanjutkan pembangunan tahap kedua yaitu pembangunan gedung oval dan gedung kotak dan lagi-lagi sukses diselesaikan pada tanggal 9 Juni 2007. Dan Tahap terakhir gedung lantai 2 dan lantai 3, gedung memorabilia dan tapak presiden. Setelah selesai menyelesaikan semua tahap, pembangunan Taman Pintar ini diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Desember 2008.

Didirikannya Taman Pintar ini adalah untuk mendukung program pembelajaran reguler anak-anak sejak ini. Diharapkan anak-anak sedini mungkin dapat menggali kreativitasnya agar kedepannya akan tumbuh bibit-bibit baru pakar teknologi dari Indonesia terutama dalam bidang sains.

 

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati, nomor 13, Yogyakarta tepat di depan gedung Bank Indonesia atau sekitar 200 meter di sebelah timur perempatan Jalan Malioboro. Lokasi taman pintar terletak di tempat yang cukup strategis, yaitu di antara Taman Budaya, Gedung Agung dan Benteng Vredeburg, dimana ketiganya merupakan objek wisata yang juga menawarkan wisata edukasi. dengan begitu dapat berfungsi sesuai tujuannya dan juga karena didukung adanya bangunan-bangunan yang ada.

Di belakang Taman Pintar juga ada beberapa toko yang menyediakan berbagai macam buku, bagi mereka yang belum puas dengan pengamatan di taman pintar, mereka dapat memperdalam dengan ilmu  yang ada di dalam buku-buku tersebut.

Aktivitas di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah laboratorium yang dikemas dengan taman rekreasi, anda dapat bermain hingga melakukan pengamatan secara langsung. Taman Pintar Yogyakarta juga memiliki banyak wahana yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung, daftar wahana yang ada di Taman Pintar tersebut adalah sebagai berikut,

  1. Wahana Gedung Kotak

Di dalam Gedung Kotak pengunjung akan menemui 10 macam zona yaitu zona koleksi keris, zona batik, zona air untuk kehidupan, zona otomotif, zona replika Candi Borobudur, zona pengolahan susu, zona peraga turbulensi, zona planning city, dan zona pengolahan minyak gas dan bumi. Setiap zona pengunjung akan  melihat berbagai macam aktivitas yang sesuai dengan zona masing-masing.

  1. Gedung Oval
Baca Juga :  Inilah Wisata Yang Letaknya Searah Dengan Garuda Wisnu Kencana Yang Dapat Kamu Kunjungi

Pada Gedung Oval adalah gedung yang berisi segala macam yang identik dengan ilmu sains dan kamu juga dapat melakukan penelitian secara langsung di gedung yang satu ini. Pada Gedung Oval terdapat sekitar 12 wahana yang bisa dinikmati seperti zona teknologi komunikasi, tV trainer, zona cuaca iklim dan gempa, terowongan ilusi, pojok kreasi sains, akuarium air tawar, zona nuklit, ICT melihat bumi, zona kehidupan purba, generator pedal, generator Van De graff dan zona nuklir.

  1. Gedung Memorabilia

Gedung Memorabilia adalah gedung yang berisi tentang perjalanan atau sejarah yang ada di Indonesia. Terdapat tiga macam zona di Gedung Memorabilia yaitu zona tokoh pendidikan yang menceritakan tentang tokoh-tokoh di dalam dunia pendidikan yang ada di Indonesia, yang kedua zona sejarah keraton yang menceritakan tentang sejarah yang ada di dalam Keraton Yogyakarta dari awal berdirinya hingga saat ini, zona kepustakaan kepresidenan di mana di zona ini berisi tentang biografi para presiden yang sempat memimpin bangsa Indonesia mulai dari awal kemerdekaan RI hingga saat ini.

  1. Gedung Planetarium

Gedung Planetarium berfungsi memberikan pembelajaran tentang ilmu tata surya dan antariksa melalui pertunjukan sebuah film.

  1. Gedung PAUD

Gedung PAUD menjadi gedung yang pertama kali dibangun di taman pintar ini, terbagi menjadi dua bagian yaitu gedung PAUD barat khusus untuk anak TK dan gedung PAUD Timur untuk anak-anak dimana di kedua gedung ini akan diberikan edukasi sesuai dengan umur.

  1. Kampung Kerajinan

Area Kampung Kerajinan adalah area khusus yang mengajak pengunjung melatih tingkat kreativitas yang dimiliki oleh anak-anak, di mana di tempat ini pengunjung dan anak-anak dapatnmelakukan aktivitas kerajinan secara langsung.

  1. Playground

Tepat di depan Gedung Kotak ada sebuah playground yang menjadi sebuah wahana yang sengaja disiapkan sebagai ruang publik dengan beragam alat peraga gratis, tentu saja para pengunjung akan merasa senang dan tak akan merasa bosan.

Aktivitas di Taman Pintar Yogyakarta

Harga tiket masuk

Taman Pintar Yogyakarta mulai dibuka pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dan buka setiap hari, kecuali hari Senin Taman Pintar ini libur, jika bertepatan dengan hari libur nasional Taman Pintar akan tetap buka.

Untuk bisa menikmati wisata edukasi maka setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 18.000 untuk dewasa, dan harga tersebut belum termasuk tiket wahana yang ada di Taman Pintar. Dan untuk bisa menikmati wahana yang ada di taman pintar maka pengunjung akan dikenakan biaya lagi, di mana pada masing-masing wahana memiliki harga yang berbeda, berikut ini adalah harga tiket wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta,

  1. Wahana teater 3 dimensi

– umum Rp 20.000

– pelajar Rp 15.000

– rombongan Rp 15.000 minimal 20 orang

  1. Program kreativitas

– kreasi batik Rp 5000

– kreasi gerabah Rp 5000

– melukis gerabah Rp 10.000

– melukis kaos Rp 30.000 untuk anak- anak dan Rp 40.000 untuk dewasa

– hand on science Rp 5000

– latihan menjadi presenter TV Rp 10.000

  1. Gedung PAUD

– untuk anak-anak yang berusia 2 hingga 7 tahun dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000/ anak.

  1. Planetarium

– harga tiket Planetarium Rp 15.000 untuk semua usia

  1. Wisata bahari

– harga tiket wisata bahari Rp 15.000 / orang

Fasilitas Taman Pintar Jogjakarta

Taman Pintar Yogyakarta telah menyediakan fasilitas lengkap yang dapat mempermudah para pengunjung seperti,

– lahan parkir yang luas

– toilet

– mushola

– ruang kesehatan

– foodcourt

– pusat Informasi

– ATM Center

– pelayanan pengunjung

– lift untuk difabel

– ruang audio visual yang berkapasitas 40 orang

– space yang disewakan guna keperluan kegiatan sekolah atau instansi dalam ruang

Kelengkapan fasilitas yang ada di Taman Pintar ini membuat anda tidak khawatir jika membutuhkan sesuatu, karena taman pintar telah menyiapkan  segala kebutuhan di Taman Pintar Yogyakarta.

Jika anda ingin berencana untuk mengunjungi tempat wisata edukasi ini bersama rombongan sekolah, maka ada beberapa prosedur yang harus ditaati seperti berikut ini,

  1. Saat telah berada di lokasi taman pintar maka wakil dari rombongan tersebut segera menuju ke tempat pengelola untuk menunjukkan surat pemberitahuan kunjungan dari sekolah.
  2. Dalam satu rombongan harus berjumlah minimal 20 orang sudah termasuk murid dan guru, jadi ada baiknya jika rombongan berjumlah lebih dari 20 orang.
  3. Pada hari libur nasional dan hari Minggu tidak diberlakukan pendaftaran rombongan, atau jika ingin berkunjung maka berlaku tiket masuk secara normal.

Itulah keseruan yang bisa Anda temui, selain mendapatkan edukasi anak Anda juga dapat bermain di wahana – wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta. Selamat berlibur!

Check Also

25 Tempat Makan Recommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

25 Tempat Makan dan CafeRecommended yang Ada Di Bogor dan Patut Dicoba

Bogor menjadi pilihan utama bagi warga ibukota yang ingin menyegarkan pikiran di akhir pekan, karena …