Wisata Terlengkap di Taman Selecta Batu Malang Wajib Anda dan Keluarga Kunjungi

Wisata Terlengkap di Taman Selecta Batu Malang Wajib Anda dan Keluarga Kunjungi

Malang adalah salah satu kota  destinasi wisata favorit bagi turis lokal ataupun mancanegara, karena memang Malang memiliki beragam area liburan yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Kota Batu menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak sekali objek wisata yang menyajikan keindahan alam, terutama kawasan gunung. Bahkan beberapa destinasi wisata tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap hingga penginapan seperti Hotel, Villa, Resort dan guest house juga banyak, sehingga kamu bisa bebas memilih ingin bermalam di mana. Taman Selecta menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Mengenal Taman Selecta

Taman Selecta yang terletak di Jalan Raya Selecta, nomor 1, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur adalah sebuah obyek wisata yang telah berhasil mencuri perhatian para wisatawan. Taman Selecta menjadi destinasi wisata favorit yang jaraknya hanya 13 km dari pusat Kota. Taman Selecta berada di dataran tinggi, sehingga kamu akan merasakan suasana udara yang sejuk dan segar. Objek wisata yang berdiri di atas lahan seluas 20 hektar ini, memiliki keistimewaan berupa paduan udara sejuk dengan keindahan alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Fasilitas yang ada di Taman Selecta ini juga sudah cukup lengkap seperti kolam renang, taman bunga, hotel, restoran hingga tersedia juga area taman bermain. Taman Selecta telah ada sejak tahun 1928. Seorang warga asal Belanda Reyter Dewild membangun area lembah dengan ketinggian mencapai 1100 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya tersebut, kawasan ini memiliki suhu udara sekitar 17 derajat celcius. Ada beberapa penginapan yang sudah terkenal seperti resort Presiden Indonesia Soekarno serta Muhammad Hatta yang digunakan untuk rapat dan Hotel Bima Sakti.

Kini Taman Selecta telah diperbarui dan terus dikembangkan hingga menjadi salah satu lokasi liburan favorit di Batu. Dengan dilengkapi wahana permainan dan beberapa fasilitas seperti kolam renang, restoran dan area parkir yang luas membuat taman Selecta tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan fasilitas lain yang ditambahkan adalah pasar buah-buahan, lapangan tenis dan taman bermain yang membuat wisatawan enggan untuk meninggalkan tempat ini. Melihat fasilitas yang ada membuat Taman Selecta menjadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga.

Rute Menuju Lokasi

Menuju ke pemandian air panas Ciater bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum, karena letaknya sudah cukup strategis dan berdekatan dengan daerah Oro-oro Ombo. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menuju ke pusat Kota Batu dan kamu akan mendapati Jatim Park dan Batu Night Safari, alun-alun kota masuk ke Jalan Gajah Mada. Sekitar beberapa ratus meter kamu akan menemukan Kantor BCA dan tak jauh ada petunjuk pada sebuah papan kecil yang menunjukkan lokasi taman rekreasi, restoran dan Hotel Selecta. Ikuti papan petunjuk.

Untuk transportasi umum, awali perjalanan dari terminal Malang menggunakan kendaraan bernama “Len” berwarna biru dan berkode atau ADL menuju ke Terminal Landungsari. Tiba di Landungsari, carilah angkot berwarna pink menuju ke terminal Batu, naik angkot berwarna orange menuju terminal Batu Selecta – Coban – Talun jalan angkot ini akan mengantarkanmu hingga ke depan Taman Selecta.

Taman Selecta Batu Malang

Tiket Masuk

Taman Selecta mulai buka pukul 06.00 – 18.00 WIB dengan tarif sebesar Rp30.000. Sedangkan untuk tarif wahana Berikut ini adalah daftarnya,

– family coaster  Rp 15.000

– sky bike  Rp 20.000

– flying fox Rp 25.000

– kuda tunggang Rp 15.000

– kora-kora Rp 10.000

– kiddie ride Rp 5000

– foto digital Rp 15.000

– sepeda air dan perahu bebek Rp 20.000

– mandi air panas Rp 5000

– cinema 4 dimensi Rp10.000

Wahana di Taman Selecta

  1. Taman Bunga

Taman bunga adalah salah satu daya tarik utama Taman selecta, karena warna-warni cantik yang ada di taman ini yang berasal dari berbagai macam jenis bunga yang ada di taman ini seperti bunga kana, hortensia, lily, krisan, honje kecombrang, dondelion, dan lain-lain. Ditambah dengan pohon-pohon rindang yang mengelilingi taman yang menambah keeksotisan taman bunga ini.

Di taman bunga ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berburu foto terbaik, karena tempat ini menjadi spot yang sangat tepat untuk menghasilkan foto yang bernuansa romantis dan juga instagrammable. Paduan warna yang cantik yang berasal dari berbagai macam bunga yang ada di taman ini, membuat suasana serasa berada di dunia dongeng. Kamu juga dapat sambil menambah pengetahuan tentang jenis bunga, karena nama bunga tertulis pada papan yang telah disediakan oleh pengelola lengkap dengan nama latinnya.

  1. Family Coaster

Di Taman Selecta juga dihadirkan wahana family coaster, meskipun tak seekstim wahana yang ada di tempat wisata lainnya, tapi dijamin kamu akan tetap berteriak. Dengan lintasan sepanjang 500 meter di atas taman bunga, wahana ini sudah cukup membuat jantungmu berdetak kencang. Dengan kecepatan sedang, kamu dapat sambil melihat hamparan bunga beraneka warna yang menarik.

  1. Kora kora atau perahu ayun

Kora-kora adalah wahana yang memacu adrenalin di ataman Selecta ini. Whana yang satu ini berbentuk perahu dengan ukuran yang cukup besar dan menggantung seperti sebuah ayunan raksasa. Saat naik ke wahana ini, kamu akan diayun ke depan dan ke belakang dengan diawali kecepatan yang pelan dan semakin lama akan semakin kencang. Keberanianmu akan diuji saat posisi wahana ini turun ke bawah dari atas ketinggian yang seolah-olah jantung berhenti berdetak. Pastikan kamu benar-benar bernyali besar untuk mencoba wahana ini, dan untuk menambah keseruan maka bawalah teman-teman untuk bisa untuk menaiki wahana ini.

  1. Waterpark

Berenang masih menjadi pilihan favorit untuk berwisata dan di kawasan ini juga tersedia fasilitas kolam renang yang akan memberikan kesegaran tersendiri. Menjadi sebuah pengalaman yang unik, berenang di kawasan ketinggian dengan udara yang sejuk, sesuai untuk kamu yang ingin merasakan berenang di kolam renang bersuhu dingin. Kolam renang di tempat ini terbagi menjadi dua yaitu kolam renang khusus anak-anak dan kolam renang khusus untuk dewasa yang dilengkapi dengan berbagai macam seluncuran. Meskipun tak semegah waterpark ternama, kolam renang ini sudah dapat menjadi wahana untuk bersenang-senang bersama si kecil dan teman-teman. Untuk kebersihan tak perlu diragukan lagi, karena kolam renang di tempat ini sangat bersih dan nyaman sehingga sangat aman untuk berenang.

  1. Sepeda air

Wahana sepeda air sama seperti wahana pada umumnya yaitu berupa sepeda air berbentuk bebek yang seolah berjalan di atas air dengan cara di kayuh layaknya sepeda. Untuk menambah keseruan kamu dapat mengajak satu atau dua anggota keluarga atau teman, karena kapasitas pada masing-masing sepeda air ini adalah 2 orang dewasa.

  1. Sky Bike
Baca Juga :  Serunya Mengunjungi Wisata Malam Batu Night Spectacular Yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan!

Selain sepeda air di tempat ini juga ada wahana sepeda udara. Hampir tidak ada perbedaan hanya saja sky bike adalah permainan yang ada di udara dan juga jalurnya landai tanpa ada naik dan turun. Lintasan sepeda udara ini berada tepat di atas taman bunga, jadi kamu bisa sambil menikmati pemandangan hamparan bunga yang mempesona.

  1. Flying fox

Flying fox menjadi wahana yang juga cukup ekstrem dan untuk menguji adrenalin. Kamu akan meluncur dari atas ketinggian dengan cara bergelantungan pada tali. Saat melakukan flying fox kamu akan diberi sebuah helm dan juga tali pengaman.

  1. Outbound Kids

Outbound Kids menjadi pilihan wahana petualangan khusus untuk anak-anak. Outbound Kids juga melatih anak-anak untuk lebih dekat dengan alam. Dengan udara yang cukup sejuk, mereka juga dapat melatih otot motoriknya sambil olahraga.

  1. Cinema 4 dimensi

54 dimensi juga ada di taman Selecta. Ternyata Taman Selecta juga memiliki Cinema 4 dimensi meskipun Taman ini bertemakan alam. Kita dapat menyaksikan tayangan film dengan gambar berteknologi tinggi karena gambar yang dihasilkan seolah-olah nyata.

  1. Berkuda

Di taman Selecta juga kamu dapat merasakan sensasi berkuda di tengah pemandangan yang asri dan dan tumbuhan pepohonan hijau. Di tempat ini kamu dapat berkeliling naik kuda  sambil menikmati pemandangan yang disajikan serta menghirup udaranya yang segar. Tarif juga sangat ramah di kantong yaitu hanya sekitar Rp 15.000.

Fasilitas di Taman Selecta

Taman Selecta sudah cukup populer di kalangan wisatawan, sehingga pengelola terus mengembangkan serta melengkapi fasilitas demi kenyamanan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan di taman Selecta antara lain adalah,

– Mushola

Menjalankan ibadah adalah sebuah kewajiban, meskipun kita berada di tengah-tengah liburan. Di taman Selecta telah tersedia mushola, jadi bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah kamu dapat memanfaatkan tempat ini.

– Restoran / foodcourt

Lelah dan udara yang dingin tentu menjadi faktor utama perut menjadi mudah lapar. Menikmati keindahan serta menjajal wahana yang ada di Selecta tentu akan menguras tenaga, dan untuk memulihkan tenagamu di tempat ini tersedia restoran atau food court dengan menu pilihan yang lezat.

– Hotel Selecta

Panorama yang disajikan di taman Selecta sangat disayangkan untuk dilewatkan dan pastinya kamu ingin lebih lama menikmati pemandangan yang tersaji di Taman Selecta. Bagi kamu yang ingin bermalam di taman kawasan Selecta juga terdapat sebuah hotel yaitu Hotel Selecta. Dan yang menjadi istimewa adalah jika menginap di taman Selecta, maka kamu bisa masuk ke Taman Selecta secara gratis.

– Putri bunga Selecta

Putri bunga Selecta atau flower Princess adalah icon untuk Taman Selecta itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian wisatawan. Ikon tersebut adalah beberapa wanita yang mengenakan pakaian bertema bunga, dan pengunjung dapat puas berfoto bersama icon-icon taman Selecta.

– Pasar Selecta

Pihak pengelola benar-benar memanjakan pengunjung yang datang ke tempat ini. Hal itu terbukti dari adanya pasar yang disediakan khusus bagi kamu yang ingin berbelanja beragam oleh-oleh mulai dari buah apel, aneka keripik, sayuran hingga souvenir.

– Pasar bunga

Satu lagi pasar di taman Selecta ini yaitu pasar bunga yang menyediakan beraneka ragam tanaman hias yang dapat dibeli sebagai buah tangan, seperti kaktus dan tanaman hias lainnya.

– Toilet

– Lahan parkir yang luas

Tips Berkunjung ke Taman Selecta

Taman Selecta menjadi tempat wisata alam di Malang Raya dengan area terbuka. Tentu akan menjadi momen yang menyenangkan bisa berkunjung ke Taman Selecta, karena udaranya sangat sejuk, suasananya nyaman dan pemandangan yang indah serta jauh dari hingar bingar kota besar. Ada beberapa tips agar liburanmu di taman Selecta berjalan lancar seperti berikut ini,

– hindari hari libur dan weekend

Taman Selecta adalah objek wisata favorit bagi wisatawan. Biasanya objek wisata akan ramai dipadati oleh pengunjung saat hari libur nasional atau libur akhir pekan. Jadi akan lebih baik jika kamu datang ketika weekday untuk menikmati Taman Selecta ini lebih puas dan lebih leluasa, bahkan untuk bisa menaiki wahana kamu tidak perlu antri.

– datang lebih awal

Taman Selecta memiliki luas lebih dari 10 hektar, tentu saja jika ingin menikmati keindahan Taman Selecta kamu membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi sebaiknya datanglah lebih awal, agar waktumu bisa benar-benar dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan pada setiap sudutnya.

– datang secara rombongan

Akan lebih seru jika kamu datang ke taman Selecta bersama keluarga atau teman-temanmu. Liburanmu akan menjadi semakin seru, karena kamu tak sendiri ada teman ngobrol, ada teman untuk menjajal wahana atau sebagai teman untuk mengambil gambar atau berfoto.

– berkunjung saat cuaca cerah

90% area Taman Selecta berada di ruang terbuka, jadi berkunjunglah pada saat cuaca cerah. Jika kamu datang pada saat hujan, maka kamu akan mengalami kesulitan menjajal wahana yang ada di sana.

– membawa bekal makan dan minum

Taman Selecta tidak pernah melarang pengunjungnya untuk membawa bekal makan dan minum dari luar. Setelah berkeliling dan menjajal berbagai wahana maka lelah pun akan melanda. Untuk memulihkan energi yang hilang kamu dapat menikmati bekalmu ditengah udara segar serta pemandangan yang elok.

– menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman seperti pakaian kasual dan sepatu kets

– jika ingin berenang jangan lupa membawa baju renang dan pakaian ganti

– kamera adalah salah satu barang utama bagi kamu yang ingin berburu foto, jadi jangan lupa untuk membawanya

– tetap awasi dan dampingi anak-anak saat bermain di wahana

– sediakan uang karena untuk bisa mencoba wahana maka kamu harus membayar lagi

– udara di taman Selecta cukup dingin, karena berada pada ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut, jadi jangan lupa untuk menyediakan jaket

– pastikan fisik dalam kondisi fit

– periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan untuk meyakinkan kondisi kendaraan layak jalan.

Itulah informasi yang mungkin dapat membantu untuk kamu yang ingin berkunjung ke Taman Selecta Batu Malang Jawa Timur. Tempatnya cukup menyenangkan dan cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga guna menghilangkan penat dari aktivitas yang kamu hadapi setiap hari. Taman Selecta siap menyenangkan  waktu liburanmu, jadi kamu wajib memasukkan destinasi Taman Selecta kedalam list liburanmu. Di jamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Seperti yang sudah disebut diatas, untuk menambah keseruan bawalah anggota keluarga atau teman–teman. Tunggu apalagi, rencanakan liburanmu dari sekarang dan dapatkan momen yang tak akan terlupakan. Selamat berlibur!

Check Also

Candi Gedong Songo Semarang

Pesona Sejarah Candi Gedong Songo Semarang

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah memiliki objek wisata yang sangat menarik dan juga populer, salah …